Ikan Cupang Super Gold : Ciri, Cara Merawat, Harga hingga Makanan

Posted on 3 views
Pastinya pecinta cupang sangat menginginkan ikan cupang super gold seperti emas 24 karat. Tentu ikan super gold ini sangat spesial di mata para pecinta cupang.
Bagikan artikel ini

Pastinya pecinta cupang tidak ada yang tidak menginginkan mempunyai ikan cupang super gold dengan warna murni seperti emas 24 karat. Tentu saja ikan super gold ini sangat spesial di mata para pecinta cupang.

Warna emas murni yang menyeluruh ke tubuh ikan cupang tersebut menambah kesan mahal dan elegan bagi siapapun pemiliknya. Namun untuk merawat ikan cupang yang unik dan mahal itu perlu ekstra kehati-hatian.

Apalagi ikan cupang terkenal sebagai ikan yang cukup sensitif. Meskipun kebanyakan ikan cupang memang memiliki fisik yang cukup kuat dibandingkan ikan yang lain.

Ikan cupang super gold
Ikan cupang super gold

Mengetahui Sejarah Ikan Cupang Super Gold

Ikan cupang dengan warna ini (Gold) merupakan ikan cupang buatan. Dalam artian ikan cupang ini adalah hasil eksperimen para peternak cupang untuk menciptakan warna emas yang dominan dan tanpa warna lainnya.

Beberapa sumber menyebutkan cupang super gold adalah ikan cupang yang dibudidayakan di Thailand. Menurut sumber tersebut terdapat seseorang yang bernama Uncle Aah yang merupakan breeder dari ikan cupang ini. 

Namun ada sumber yang menyebutkan pula ikan cupang ini diternakkan di Kalimantan. Apapun asal ikan cupang jenis super gold ini berada, yang pasti ikan ini sudah banyak di daerah kita. 

Ikan cupang ini tentu memiliki jenis-jenis yang berbeda, mulai dari sirip, corak dan bentuk tubuh.  Tentu saja proses untuk menghasilkan ikan cupang super emas dengan warna yang mencolok dibutuhkan waktu yang cukup panjang.

Banyak yang menganggap ikan cupang ini hasil kawinan dari ikan cupang berwarna metalik dan cooper untuk menghasilkan warna atau corak logam kuning. Sehingga dengan perawatan yang ekstra telaten, lahirlah super gold ini.

Baca Juga : Ikan Cupang Black Samurai : Ciri, Cara Merawat, Harga Hingga Makanan

Ikan cupang super gold
Ikan cupang super gold

Ciri Ikan Cupang Super Gold

Uniknya beberapa peternak atau breeder tidak berhenti di situ saja. Ikan cupang Gold ini dikembang biakan menjadi beberapa jenis, ciri dan model. Berikut ciri dan model cupang super gold yang tengah beredar di pasaran:

1. Ikan Cupang Double Tail Super Gold

Jenis cupang yang memiliki ciri dengan dua ekor yang terpisah. Ikan cupang ini memang banyak beredar di pasaran. Sehingga terkadang mendapatkannya tidaklah sulit dan tentu harganya pun murah.

Namun breeder cupang super gold mengembangkan ikan cupang tersebut menjadi beberapa ciri. Sehingga lahirlah super gold twin tail atau cupang super gold dengan ekor kembar.

2. Ikan Cupang Halfmoon Super Gold

Cupang bulan atau cupang halfmoon lebih banyak ditemukan di pasaran. Kini lahir cupang halfmoon dengan corak super gold yang berarti ikan tersebut memiliki warna emas di keseluruhan tubuhnya.

Halfmoon ini diambil dari ciri khas pada ekor belakang yang dianalogikan sebagai potongan dari sebuah bulan. Bila dilihat jenis cupang ini memang memiliki ekor setengah lingkaran yang lebih condong ke bentuk huruf “D”.

3. Ikan Cupang Spade Tail Super Gold

Kita tentunya mengetahui alat skop sebagai pengaduk pasir atau semen. Nah, ikan cupang ini memiliki bentuk ekor yang hampir mirip seperti kepala skop. Oleh karena itu ikan cupang ini dinamakan ekor skop atau spade tail.

Dengan kepiawaian breeder maka ikan cupang ekor skop ini dapat dibentuk menjadi beberapa model. Salah satunya dengan corak super gold yang berwarna keemasan.

Namun terkadang banyak yang bilang ekor skop ini lebih mengarah kepada bentuk skop pada permainan kartu. Tentunya keunikan dari bentuknya membuat cupang ini sangat unik dan terlihat mahal.

4. Ikan Cupang Big Ear Super Gold

Seperti namanya, Ikan Cupang ini memiliki bentuk sirip yang besar seperti telinga gajah. Maka itulah asal usul nama Kuping besar atau Big Ear disematkan kepada ikan cupang ini.

Sebelum muncul generasi Super Gold, ikan cupang ini lebih condong ke corak-corak mencolok. Dengan begitu ikan cupang ini terlihat indah dengan banyaknya sirip di badannya.

Karena sangat unik memang jenis cupang Big Ear saja sudah sangat sulit ditemukan di pasaran. Apalagi bila kita menginginkan big ear dengan warna super gold, maka harus mengeluarkan modal yang cukup besar untuk mendapatkannya.

5. Ikan Cupang Veil Tail Super Gold

Ikan cupang veil tail atau ekor kerudung merupakan ikan cupang yang sejatinya lahir karena proses alamiah dalam habitat liar. Jadi sebetulnya ikan cupang ini memang sudah ada sejak ikan cupang tersebut ditemukan di alam liar.

Namun oleh para peternak diolah dan dikembangkan lagi menjadi veil tail yang lebih panjang dan lebar. Tentu saja dengan hadirnya varian super gold, menambahkan popularitas dari ikan cupang ini.

Ikan cupang super gold
Ikan cupang super gold

Tips Merawat Ikan Cupang Super Gold

Agar Cupang Super Gold ini berumur panjang dan warnanya terawat maka perhatikan langkah umum di bawah ini:

  • Seimbangkan Gizi Ikan

Memberi makan ikan cupang tidak seperti memberi makan ikan lainnya. Karena ikan cupang memiliki aksesoris di tubuhnya yang dipengaruhi oleh makanan ikan tersendiri.

Pada dasarnya memberikan pakan ikan cupang jenis apapun dapat diaplikasikan ke seluruh jenis cupang itu sendiri. Namun yang perlu diperhatikan adalah intensitas untuk memberikan makanannya tersebut.

Selain intensitas maka perhatikan jenis makanan ikan cupang yang kita miliki. Agar warnanya keluar dan tampak sehat, maka kita bisa memberikan pakan udang kering, kutu air, ulat sutra dan lainnya.

  • Perhatikan pH air

Mengatur kadar air atau pH air sangatlah penting bagi keberlangsungan ikan cupang jenis ini. Terkadang banyak yang salah kaprah dan hanya memberikan air alakadarnya.

Karena tentunya air sumur dan air pump akan jauh berbeda dari segi kadar pH airnya. Agar cupang super gold ini tampak sehat maka kita harus mengakalinya dengan memberikan vitamin alami.

Contohnya dengan memasukkan daun ketapang, atau mengendapkan air sebelum cupang tersebut masuk. Hal ini bertujuan agar pH air yang baru akan disesuaikan oleh metode tersebut. Sehingga cupang kita akan tetap sehat dan segar.

Baca Juga : Ketahui Cara Merawat Anakan Ikan Cupang Umur 1 Bulan yang Benar

Harga Ikan Cupang Super Gold

Terdapat beberapa harga cupang super gold yang bervariatif. Berikut adalah harga cupang super gold di pasaran:

NoJenisUsiaHarga
1Ikan Cupang Super Gold 24 Karat0,5 BulanRp 300.000 – Rp 400.000
2Ikan Cupang Super Gold Big Ear~Rp 300.000 – Rp 350.000
3Ikan Cupang Super Gold Double Tai~Rp 100.000 – Rp 200.000
4Ikan Cupang Super Gold Veil Tail~Rp 150.000 – Rp 200.000
  • Ikan Cupang Setengah Bulan Super Gold 24 karat dengan harga pasaran 300 sampai 400 ribu rupiah.
  • Ikan Cupang Kuping Besar Super Gold dengan harga pasaran 300 sampai 350 ribu rupiah.
  • Ikan Cupang Dua Ekor Double Tail Super Gold dengan harga pasaran 100 sampai 200 ribu rupiah.
  • Ikan Cupang Ekor Kerudung Super Gold dengan harga pasaran 150 sampai 200 ribu rupiah.
Ikan cupang super gold
Ikan cupang super gold

Kesimpulan

Meskipun kita hanya sebagai pemain atau penghobi saja, kita wajib merawat ikan ini dengan sepenuh hati. Ikan cupang tentu merupakan makhluk hidup yang biasanya hidup di alam liar. Sehingga perawatannya pun sebenarnya tidak mudah.

Bila kita ingin mempelajarinya lebih dalam maka kita wajib berteman dengan para peternak. Kita wajib menimba ilmu untuk menternakan dan merawat ikan ini dengan benar. Agar hasilnya pun baik, apalagi jenis ikan cupang super gold yang memiliki harga yang tidak murah.

Baca Juga : Mengetahui Bagaimana Cara Mengobati Ikan Cupang Kembung