Cara Merawat Kucing British Shorthair dengan Benar?Ini yang Perlu Kamu Pahami!

Posted on 5 views
Bagikan artikel ini

Materi yang akan dibahas di artikel ini adalah cara merawat kucing British shorthair dengan benar. Yang perlu kamu ketahui di awal adalah cara merawat kucing British shorthair bisa dikatakan memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi, sehingga bagi para pemilik jenis kucing yang satu ini disarankan untuk selalu bersabar dan teliti saat merawatnya.

Kucing British shorthair sendiri baru diakui oleh warga negara Inggris pada tahun 1800-an karena warga negara Inggris mulai menyadari kecantikan dan keindahan yang dimiliki kucing jenis ini. Selain itu, mereka juga menyadari kelucuan dari tingkah laku yang ditunjukkan kucing jenis British shorthair.

Setelah mulai dikenal oleh sebagian besar warga Inggris, akhirnya pada tahun 1871 diadakan sebuah kontes yang baru saja dimulai untuk para kucing yang dilakukan di Crytas Palace, London. Pada kontes ini, kucing British shorthair menerima penghargaan yang berlimpah sehingga semakin dikenal oleh banyak warga di Inggris maupun di luar negeri.

Kembali ke topik awal, alasan mengapa cara merawat kucing British shorthair terbilang cukup susah karena kucing ini memiliki bentuk tubuh yang cukup besar, bulu yang tebal dan pendek, dan merupakan hasil persilangan dari kucing domestik Eropa dan kucing Mesir yang berarti sudah terbiasa dengan udara dingin yang ada di negara Eropa.

Maka dari itu, tidak sedikit pemelihara kucing jenis ini yang merasa bingung untuk merawat kucing British shorthair dengan benar. Nah, dengan membaca artikel ini, kamu bisa dengan perlahan mengetahui poin-poin yang harus kamu perhatikan pada saat merawat kucing British shorthair.

merawat kucing british shorthair
Merawat kucing british shorthair

Penjelasan lebih lanjut mengenai cara merawat kucing British shorthair dengan benar

Meskipun pada dasarnya merawat kucing British shorthair tidak jauh berbeda dengan merawat kucing jenis lainnya, akan tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan karena beberapa hal inilah yang membuat cara perawatan yang harus dilakukan berbeda. Perhatikan dengan baik cara merawat kucing British shorthair yang ada di bawah ini:

1. Perhatikan dengan baik makanan dan minuman si kucing

Karena kucing jenis British shorthair termasuk kucing yang mudah gemuk, jadi kamu yang berperan sebagai pemiliknya perlu memperhatikan dengan baik konsumsi makanan dan minumannya supaya tidak sampai berlebihan.

Selain itu, kucing yang mudah gemuk akan memiliki resiko terkena penyakit lebih tinggi, sehingga kamu perlu memenuhi kebutuhan lemak dan protein omega pada si kucing, contohnya unggas, salmon, tuna, daging merah, dan makanan-makanan sejenis ini lainnya. Tidak ketinggalan juga, kamu wajib menyediakan minuman di dekat kandang supaya kucing tidak sampai dehidrasi karena kurang minum.

merawat kucing british shorthair
Merawat kucing british shorthair

2. Secara rutin memandikan si kucing

Tidak berbeda dengan merawat kucing jenis lainnya, kamu juga perlu memandikan kucing British shorthair secara rutin dan tepat. Hal ini akan berguna untuk merawat bulunya dan menghindari kutu yang akan menyerang bulu-bulunya. Perlu kamu ingat, pemilik kucing jenis ini tidak boleh menggunakan sabun yang sembarangan namun gunakan sampo yang memang khusus untuk digunakan oleh seekor kucing.

Untuk jangka waktu mandinya, kamu bisa memandikan kucingmu paling tidak seminggu sekali. Lalu setelah kucing dimandikan, sisir dengan baik bulu-bulu mereka sehingga bulu yang jatuh akan terangkat dan rambut akan terasa lebih halus.

3. Bersihkan gigi, telinga, dan mata si kucing

Bersihkan gigi, telinga, dan mata si kucing secara rutin paling tidak seminggu sekali. Untuk membersihkannya, kamu bisa menggunakan sikat gigi kucing khusus. Namun, untuk membersihkan telinga si kucing, lebih baik kamu menggunakan kapas yang diberi lotion khusus. Jika kamu tidak memperhatikan kebersihan gigi, telinga, dan mata si kucing dengan baik, maka kucing peliharaanmu akan rentan terkena penyakit.

4. Siapkan tempat untuk buang air besar si kucing

Satu hal yang perlu kamu lakukan untuk merawat kucing jenis British shorthair adalah menyiapkan wadah untuk buang air besar kucing ini dengan kualitas yang aman dan tidak memiliki bau yang menyengat. Pasalnya, kucing adalah termasuk hewan yang menjaga kebersihan dengan baik, sehingga jika kamu tidak memperhatikan poin ini dengan benar, maka itu bisa mengganggu kesehatan si kucing.

merawat kucing british shorthair
Merawat kucing british shorthair

5. Secara rutin memotong kuku si kucing

Selain selalu memperhatikan dengan baik kesehatan dan kebersihan gigi, telinga dan mata si kucing, kamu juga wajib memperhatikan kesehatan dan kebersihan kuku si kucing. Jangan pernah lupa untuk memotong kuku kucing peliharaanmu. Jika kamu melakukan hal ini dengan benar, maka itu akan mencegah terjadinya kerusakan-kerusakan yang akan terjadi akibat garukan si kucing yang memiliki kuku panjang.

Kamu bisa menutup mata si kucing dengan handuk pada saat memotong kukunya. Hal ini biasanya dilakukan supaya kucing tidak banyak bergerak sehingga kamu akan lebih mudah untuk memotong kukunya.

6. Sediakan mainan yang menarik

Kamu perlu memperhatikan mainan yang akan kamu berikan ke kucing peliharaanmu ini, usahakan mainan ini semenarik dan semenyenangkan mungkin. Sebab, kucing akan menghilangkan stressnya melalui mainan tersebut, apalagi pada dasarnya kucing adalah hewan yang gemar bermain.

7. Vaksinasi si kucing

Dan yang terakhir namun tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah vaksinasi si kucing. Vaksinasi bertujuan untuk membuat sistem kekebalan tubuh kucing akan lebih baik lagi sehingga akan mencegah si kucing terkena penyakit yang berbahaya atau bahkan penyakit mematikan. Karena beberapa penyakit kucing ada yang bersifat menular ke manusia, jadi penting untuk kamu melakukan vaksinasi ke kucing peliharaanmu. Tidak usah bingung bagaimana caranya, karena kamu hanya perlu mengunjungi dokter hewan yang ada di dekat rumahmu.

merawat kucing british shorthair
Merawat kucing british shorthair

Ciri-ciri kucing British shorthair

Semua jenis kucing pasti akan memiliki ciri khasnya tersendiri, begitu pun juga dengan kucing British shorthair, kucing ini juga memiliki ciri khas yang perlu untuk diketahui oleh banyak orang. Apa sajakah ciri-ciri dari kucing British shorthair? Berikut jawabannya:

  • Bentuk tubuh cukup besar, bahkan berat badannya bisa mencapai 4 hingga 10 kg.
  • Bentuk postur tubuhnya sangat padat namun pendek, serta memiliki otot di bagian dadanya.
  • Bentuk kepalanya bulat lengkap dengan pipi yang tampak penuh.
  • Bentuk hidung kucing British shorthair sangat pesek dan memiliki lekukan yang terbilang cukup lebar namun lurus.
  • Bentuk dagunya bulat.
  • Untuk ukuran kucing British shorthair jantan akan lebih besar jika dibandingkan dengan kucing British shorthair betina. Kucing British shorthair jantan dikatakan akan memiliki berat badan sampai 10 kg, sedangkan untuk yang betina biasanya memiliki berat badan hanya sampai 7 kg saja.
merawat kucing british shorthair
Merawat kucing british shorthair

Penutup

Itu dia informasi lengkap mengenai cara merawat kucing British shorthair dengan benar dan ciri-ciri yang membuat kucing British shorthair berbeda dengan kucing jenis lainnya. Karena kucing jenis ini memiliki wajah yang lucu dan kelakuan yang unik, jadi semakin ke sini semakin banyak orang yang memelihara kucing British shorthair. Yang terpenting, kamu tidak boleh lupa untuk merawat kucing peliharaanmu dengan benar dan jangan asal-asalan.

2 comments

Comments are closed.