Jenis jenis Cupang Avatar : Ciri, Cara Merawat, Harga Hingga Makanan

Posted on 103 views
Jenis jenis Cupang Avatar berhasil melengserkan posisi black mamba yang hits tahun 2019 silam. Membahas tentang ✓ Ciri ✓ Cara Merawat ✓ Harga ✓ Jenis Makanan
Bagikan artikel ini

Tahukah kamu kalau tahun sejak tahun 2020 kemarin,cupang avatar menjadi primadona? Bukan saja karena keindahan jenis jenis cupang avatar tapi juga keunikan dan prosesnya menjadi ikan dengan warna menarik membutuhkan waktu tak sebentar. Alhasil ikan ini masuk deretan jenis termahal di Indonesia maupun dunia.

Cupang Avatar adalah cupang yang berhasil melengserkan posisi black mamba yang jadi hits tahun 2019 silam. Jadi, buat kamu yang mau memeliharanya perlu tahu sebenarnya seperti apa ciri-ciri hingga makanan apa yang cocok untuk ikan yang juga disebut black star galaxy ini. Supaya saat memilih sampai memeliharanya benar – benar dengan cara tepat.

Jenis jenis cupang avatar
Jenis jenis cupang avatar

Jenis jenis Cupang Avatar Dilihat Dari Cirinya

Saat ini perpaduan warna dari ikan cupang jenis avatar memang sangat banyak, akan sulit membedakannya dengan beberapa jenis lain jika Anda tak kenal ciri utamanya. Biar tidak bingung, berikut ini deretan ciri ciri cupang avatar tersebut.

  • Bentuk Dari Tubuhnya

Jika dilihat secara detail, tubuh dari ikan cupang yang satu ini terlihat memanjang dan proporsional antara panjang dan lebarnya. Kemudian ekornya punya beberapa bentuk, yang sangat populer adalah bentuk ekor menyerupai kipas atau huruf D besar dan berbentuk huruf C besar.

Sedangkan pada bagian wajah, terlihat lancip seperti segitiga sama sisi. Dimana mulutnya runcing seperti orang sedang melakukan gerangan monyong. Pada beberapa varian di bawah insang terdapat bagian tubuh yang menggembung, menjadi salah satu ciri khas tubuh cupang avatar berikutnya.

  • Warna Tubuh

Cupang avatar memiliki warna utama hitam di seluruh tubuhnya, kemudian berpadu dengan bintik – bintik kecil. Ada yang warna bintiknya biru dan disebut avatar blue black, kemudian ada pula jenis jenis cupang avatar yang warnanya memadukan hitam dan merah pada ekornya disebut avatar red.

Jika kamu ingin memiliki avatar dengan corak lebih cerah, bisa memilih avatar gold dimana dominasi hitam berpadu bintik keemasan di bagian tubuh hingga ekornya. Terakhir, ada warna utama hitam dengan bintik biru acak di sejumlah bagian tubuhnya. Kemudian sedikit guratan merah pada bagian lainnya.

  • Bentuk Matanya

Mata yang dimiliki ikan ini membulat seperti lingkaran sempurna, tapi pada jenis blue black dan gold matanya tak terlihat karena di area wajah berwarna hitam pekat.

Jenis jenis cupang avatar
Jenis jenis cupang avatar

Cara Merawat Cupang Avatar

Lanjut dengan cara merawat yang secara garis besar sama dengan ikan cupang jenis lainnya. Tapi, berhubung harganya mahal, ada baiknya kamu memaksimalkan perawatannya sehingga ikan bisa hidup lebih lama dan nyaman selama menjadi peliharaan di rumah.

  • Perawatan Akuarium

Ada beberapa trik perawatan akuarium yang perlu kamu terapkan, jika ingin memelihara salah satu atau beberapa jenis jenis cupang avatar. Mulai dari pemilihan akuarium, hingga bagaimana penggantian air yang tepat.

  1. Mulailah dengan memilih ukuran dari akuarium, dimana biasanya untuk pengembangbiakan awal dibutuhkan akuarium dengan ukuran 20 cm x 15 cm x 15 cm. Jangan lupa untuk memberikan bebatuan dan tanaman air untuk membantunya beradaptasi dengan lebih mudah.
  2. Untuk jenis air yang dipakai sebaiknya air tawar, karena ikan ini memiliki habitat utama di air tawar seperti rawa dan sawah. Jika kamu tak bisa menemukan air tawar murni, bisa menggunakan air PDAM tapi harus diendapkan beberapa hari untuk memastikan tidak ada klorin dan zat kimia di dalamnya.
  3. Lakukan penggantian air secara berkala, caranya dengan mencampur air di dalam akuarium dengan air baru. Tapi, selama proses penggantian air, pastikan memindahkan terlebih dahulu ikan ke wadah baru yang diisi dengan air dari akuarium lama.
  4. Saat mencuci akuarium cukup menggunakan spons saja tanpa memakai sabun, karena ikan ini sangat rentan terhadap zat kimia.
  • Pemberian Vitamin

Untuk memaksimalkan kesehatan jenis jenis cupang avatar yang kamu pelihara, tak salah jika memberikan vitamin tambahan. Pilih yang bisa membantu memaksimalkan daya tubuhnya, kemudian membentuk tubuhnya secara lebih proporsional, juga menambah tingkat cerah warna ikan tersebut.

Cara memberikan vitamin, sama dengan pemberian vitamin pada ikan cupang biasa yaitu tinggal dimasukkan ke dalam akuarium saja. Lalu biarkan ikan memakannya dengan cara sendiri.

  • Pemberian Makan

Jika kamu ingin memberikan makanan pada jenis jenis cupang avatar yang kamu punya, usahakan untuk memberi makan secukupnya dengan jadwal yang rutin. Sehingga ikan tahu kapan waktunya untuk makan dan kapan harus bermain dan istirahat.

Cara pemberian makanan, tinggal ditebarkan di permukaan akuarium. Ketika makanan sesi pertama habis dan ikan masih terlihat lapar, maka Anda bisa memberikan makanan tambahan dengan jumlah yang lebih sedikit. Supaya permukaan akuarium dan kondisi air tidak keruh dan terkontaminasi.

Jenis jenis cupang avatar
Jenis jenis cupang avatar

Berapa Harga Ikan Cupang Avatar?

Berhubung ikan ini masuk kategori mahal, jadi untuk mendapatkan satu ekornya saja kamu perlu mempersiapkan dana lebih banyak ketimbang saat membeli cupang biasa. Mulai dari harga anakannya yang memang masih relatif murah yaitu berkisar Rp. 10.000/ekor sesuai ukuran anakan dan jenis cupang avatar yang Anda pilih.

Kemudian untuk ukuran dewasa, harganya tergantung jenis jenis cupang avatar yang kamu pilih. Beberapa yang paling banyak dicari adalah:

  1. Cupang avatar betina yang harganya berkisar Rp. 150.000/ekor
  2. Cupang avatar gordon dengan harga Rp. 100.000/ekor hingga Rp. 300.000/ekor tergantung ukuran.
  3. Cupang avatar cooper harganya mencapai Rp.150.000/ekor
  4. Cupang halfmoon harganya Rp. 100.000/ekor
  5. Cupang avatar black vampire harganya sekitar Rp. 100.000/ekor
  6. Cupang avatar gold cooper harganya Rp. 150.000/ekor

Masih banyak jenis lainnya dengan harga yang juga variatif, tapi paling tidak kisaran harga di atas bisa jadi panduan kamu untuk mempersiapkan budget pembelian ikan tersebut. Ada juga harga cupang avatar termahal yang merupakan cupang avatar unggul. Buat pemula, tak masalah membeli anakan asalkan sudah tahu cara merawat yang benar.

Tapi, kalau Anda ingin melihat langsung keindahannya maka bisa membeli langsung jenis jenis cupang avatar yang sudah berukuran besar atau indukan. Sehingga nantinya bisa dikembangbiakkan menjadi beberapa generasi, tinggal beli satu pasang dan biarkan mereka hidup dengan nyaman hingga proses kawin tiba.

Jenis jenis cupang avatar
Jenis jenis cupang avatar

Ini Makanan Terbaik Untuk Cupang Avatar

Jenis ikan cupang yang satu ini memang agak unik, karena ada beberapa jenis makanan yang sangat digemarinya. Tentunya bisa membantu tumbuh kembang ikan, termasuk menampilkan warna yang lebih menarik pada tubuhnya. Beberapa makanan yang disukainya adalah:

  • Spirulina

Makanan ini disukai dan bisa membantu mempercepat terjadinya mutasi warna pada tubuh ikan. Begitu juga untuk memaksimalkan warna alami dari ikan tersebut, sehingga terlihat lebih indah. Anda bisa membeli bubuk spirulina yang khusus dijual untuk pakan ikan cupang.

  • Salmon

Walaupun ikan cupang suka dengan daging salmon, namun pemberiannya tidak boleh terlalu sering. Sebab dilihat dari kandungan gizinya sangat tinggi untuk ukuran ikan mungil tersebut. Tapi, manfaatnya ketika diberikan dengan takaran tepat adalah bisa memaksimalkan warna dari ikan tersebut.

  • Kutu Air dan lainnya

Selain dua makanan di atas, kutu air, daphnia, dan udang laut juga bisa diberikan kepada ikan cupang avatar. Tentunya tidak sekaligus, kamu bisa memberikan secara selang seling supaya semua manfaatnya bisa dirasakan oleh ikan kesayanganmu itu.

Jenis jenis cupang avatar
Jenis jenis cupang avatar

Penutup

Semoga penjelasan tentang cupang avatar mulai dari ciri, jenis jenis cupang avatar, hingga makanan terbaiknya bisa menambah wawasan Anda. Terutama yang ingin memilikinya sebagai koleksi ikan hias di rumah.

Baca Juga : Kenali Jenis Ikan Cupang Hias dan Harganya