Ikan Cupang Cooper : Ciri, Cara Merawat, Harga hingga Makanan

Posted on 22 views
Kali ini kami akan membahas seputar ikan cupang cooper yang sedang digemari para penggemar ikan cupang. Membahas: ✓ Ciri ✓ Cara Merawat ✓ Harga ✓ Jenis Makanan
Bagikan artikel ini

Pada pembahasan kali ini, kami akan membahas seputar ikan cupang cooper : ciri, cara merawat, harga hingga makanannya yang memang saat ini sedang digemari oleh para penggemar ikan cupang. Ikan cupang cooper ini sendiri sebenarnya berasal dari negara Vietnam, akan tetapi peminatnya bisa dibilang berasal dari hampir seluruh dunia.

Untuk informasi lengkap seputar ikan cupang cooper, sebenarnya bisa kamu temukan dengan mudah melalui internet. Pasalnya, kepopuleran ikan cupang cooper semakin ke sini semakin mengalami peningkatan yang signifikan, sehingga tidak mengherankan jika informasinya pun akhirnya mudah untuk kita temukan.

Sementara itu, pembudidayaan ikan cupang cooper di Indonesia sendiri, bibitnya dikirim langsung dari negara aslinya yaitu Vietnam, sehingga para penggemar ikan cupang jenis cooper yang ada di Indonesia tidak perlu khawatir tidak bisa memelihara ikan cupang jenis cooper yang satu ini.

Baca Juga : Mengetahui Bagaimana Cara Mengobati Ikan Cupang Kembung

Ikan Cupang Cooper
Ikan Cupang Avatar Cooper Gold

Ciri-ciri ikan cupang cooper

Masih belum banyak yang tahu bahwa ikan cupang jenis yang satu ini, dipercaya mampu bertahan hidup hingga jangka waktu 2 tahun, dan hal ini jugalah yang menjadikannya menarik di kalangan para pecinta ikan cupang. Selain itu, daya tarik lain dari ikan cupang jenis cooper adalah terletak pada ekor dan siripnya yang terlihat cukup tajam serta mencolok, sehingga ikan cupang jenis ini akan terlihat lebih agresif dan gagah jika dibandingkan dengan ikan cupang jenis lainnya.

Nah, jika sampai disini kamu masih belum merasa puas dengan informasi-informasi seputar ciri dari ikan cupang jenis cooper yang di atas, maka mari kita uraikan satu persatu ciri-ciri lengkap dari ikan cupang jenis cooper yang satu ini:

1. Warna khas ikan cupang cooper

Dari segi warnanya, ikan cupang jenis cooper memiliki ciri khasnya tersendiri yang berada di sisik warna putih mengkilatnya dan warna hijau yang melengkapinya. Namun, ada juga 3 jenis utama warna lainnya dari ikan cupang jenis cooper ini, yaitu:

  • Emas (Gold)
  • Hijau tua (Army)
  • Putih berpadu merah (White Scale)

2. Bentuk tubuh ikan cupang cooper

Dari segi bentuk tubuhnya pun, ikan cupang jenis cooper memiliki ciri khasnya tersendiri, dan yang paling terlihat keunikannya adalah pada ekor dan siripnya yang cukup tajam, hal ini sesuai dengan apa yang sudah kami bahas sebelumnya secara singkat. Bentuk ekor dari ikan cupang berjenis cooper akan membentuk gambar yang serupa dengan duri yang dikelilingi bentuk setengah lingkaran di sekelilingnya.

Nah, untuk bentuk kepala dari ikan cupang jenis cooper ini, jika dilihat secara seksama juga memiliki perbedaan yang cukup jelas. Bentuk kepalanya tidak harus bersih tanpa sisik atau bisa juga disebut botak karena kadang kala ada juga yang memiliki warna lain atau sisik yang berwarna pada kepalanya.

3. Bentuk mata ikan cupang cooper

Bentuk mata dari ikan cupang jenis cooper juga bisa dikatakan sebagai daya tarik dari ikan cupang yang satu ini. Pasalnya, bentuk mata dari ikan cupang jenis cooper yang satu ini berbentuk bulat dan berwarna hitam. Namun, bentuk matanya tidak terlihat terlalu menonjol dan tidak terlalu terlihat dominan, sehingga bentuk matanya ini semakin membuat ikan cupang jenis cooper terlihat lebih menarik lagi di hadapan para penggemar ikan cupang.

Baca Juga : Ikan Cupang Avatar Vampire: Ciri, Cara Merawat, Harga, hingga Makanan

Ikan Cupang Cooper
Ikan Cupang Cooper

Cara merawat ikan cupang cooper

Cara perawatan ikan cupang cooper sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara perawatan ikan cupang jenis lainnya, karena memang sebenarnya ikan ini sama-sama tergolong jenis ikan cupang. Namun, seperti halnya merawat kucing dengan jenis yang berbeda yang jika dilihat secara sekilas kelihatannya sama saja, tapi kenyataannya ada salah satu caranya yang membuatnya berbeda, merawat jenis ikan cupang yang berbeda juga biasanya ada salah satu caranya yang perlu diberikan perhatian khusus.

Beberapa hal yang harus diperhatikan secara spesifik ini, sangat tidak boleh kamu abaikan jika ingin merawat ikan cupang jenis cooper, karena beberapa hal ini mampu membuat ikan cupang jenis ini untuk selalu sehat dan bertenaga kuat atau gesit, sehingga kamu pasti akan lebih senang ketika memeliharanya.

Ikan Cupang Cooper
Cupang Nemo Cooper

Berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk merawat ikan cupang jenis cooper:

1. Dari segi makanan

Kamu perlu menyiapkan makanan untuk ikan cupang cooper yang kamu pelihara yang memiliki kualitas terbaik, dan biasanya jenis makanan yang paling cocok untuk ikan cupang jenis cooper adalah makanan yang mampu mempertahankan keindahan warna dari sang ikan cupang ini. Umumnya, seseorang yang memelihara ikan cupang jenis ini akan membeli pelet khusus yang dijual dengan harga sangat murah untuk sumber pangan sang ikan cupang jenis cooper.

Namun, kamu juga bisa mengkombinasikan makanan ini dengan beberapa bahan makanan berkualitas lainnya, misalnya jentik nyamuk, cacing, maupun udang kecil. Jadi, kesimpulannya untuk merawat ikan cupang jenis cooper, kamu wajib memperhatikan dari segi makanannya juga.

2. Dari segi pengaturan akuarium

Memang, yang paling penting untuk dijaga dengan baik dari ikan cupang cooper adalah dari segi warnanya yang memang menjadi ciri khasnya. Jadi, untuk mempertahankan keindahan warna dari ikan cupang jenis ini, kamu perlu memberikan kenyamanan pada akuarium dimana mereka tinggal.

Air yang digunakan pada akuarium ikan cupang cooper, bisa kamu ambil dari air sumur yang didiamkan dulu selama sekitar 1 jam dan setelah itu beri sedikit garam ikan ke dalamnya. Namun, jika kamu lebih memilih menggunakan air PAM, kamu wajib mengendapkan air ini lebih lama lagi, bahkan bisa mencapai 1 malam penuh.

Jangan lupa juga untuk selalu mengganti air supaya tetap selalu bersih paling tidak 3 hari sekali. Kemudian, kamu tidak boleh menggabungkan ikan cupang jenis cooper milikmu itu dengan jenis ikan lainnya yang memiliki warna dominan dan mencolok juga dalam 1 akuarium, karena hal ini akan membuat ikan cupang jenis cooper semakin agresif.

3. Vitamin khusus ikan cupang cooper

Dan yang paling penting untuk kamu lakukan ketika merawat ikan cupang cooper adalah memberikan vitamin yang tepat kepada ikan cupang jenis ini. Sebab, sama halnya dengan manusia atau hewan-hewan lainnya, ikan cupang jenis cooper juga membutuhkan asupan gizi yang biasanya berupa vitamin untuk tubuhnya.

Ikan Cupang Cooper
Ikan Cupang Cooper

Kisaran harga ikan cupang cooper

Karena ikan cupang jenis ini bibitnya dikirim langsung dari negara asalnya yaitu Vietnam, jadi harganya pun bisa dibilang cukup tinggi jika dibandingkan dengan ikan cupang jenis lainnya. Harga avatar cooper saat ini dibanderol harga di kisaran Rp. 100.000,00 untuk seekor dan bisa mencapai harga Rp. 250.000,00-Rp. 3.000.000,00 untuk sepasangnya. Harga-harga ini tergantung dengan ukuran, corak, warna, kualitas, dan mental si ikan cupang jenis cooper itu sendiri.

Ikan Cupang Cooper
Ikan Cupang Cooper

Penutup

Bagaimana, tertarik untuk mencoba memelihara atau merawat ikan cupang cooper? Tidak sedikit orang yang akhirnya mendapatkan hobi baru yaitu merawat ikan cupang jenis cooper ketika secara tidak sengaja mengetahui keunikan dari ikan cupang jenis ini. Jadi, apakah kamu termasuk dari kalangan orang yang mendapatkan hobi baru tersebut?

Baca Juga : Fantastis! Inilah Jenis Ikan Cupang yang Mahal dan Bisa Dipelihara