Ketahui Cara Merawat Anakan Ikan Cupang Umur 1 Bulan yang Benar

Posted on 43 views
Tidak banyak orang yang tahu mengenai teknis perawatan untuk anakan cupang. Inilah cara merawat anakan ikan cupang umur 1 bulan yang tepat agar cepat besar.
Bagikan artikel ini

Anakan ikan cupang atau sering disebut burayak sekarang umum diperjualbelikan, sebab harganya yang cukup terjangkau. Akan tetapi tidak banyak orang yang tahu mengenai teknis perawatan untuk anakan yang masih berumur 1 bulan hingga 2 bulan, sehingga banyak penghobi cupang yang membuat burayaknya mati. Inilah cara merawat anakan ikan cupang umur 1 bulan yang tepat agar cepat besar.

Anakan Ikan Cupang Umur 1 Bulan
Anakan Ikan Cupang Umur 1 Bulan

Cara Merawat Anakan Ikan Cupang Umur 1 Bulan yang Direkomendasikan

1. Kolam untuk Burayak

Burayak kang kamu beli biasanya memiliki ukuran yang sudah cukup besar, sehingga bisa diberikan makan secara langsung. Namun jika burayak yang kamu miliki merupakan anakan dari induk betina, maka kamu harus merawatnya dengan baik.

Persiapkan kolam ketika ikan-ikan kecil tersebut mulai menetas dari induknya, kamu juga tidak perlu menyiapkan makanan untuk mereka. Sebab burayak masih memiliki cadangan makanan dari kuning telur bekas mereka menetas.

Dengan begitu, kamu tidak perlu memberikan pakan anakan ikan cupang berumur 5 hari. Nantinya di hari keenam, kamu bisa memberikan pakan untuk anakan ikan cupang umur 1 bulan dan seterusnya menggunakan makanan khusus.

Terkait dengan pakan, kamu bisa memberikan setelah kuning telur yang ada bersamanya benar-benar habis, kemudian berikan makanan dari kutu air. Pindahkan anakan bersama indukan jantan, kemudian setelah berumur 10 sampai 15  hari, pindahkan ke kolam yang sudah kamu persiapkan.

anakan ikan cupang umur 1 bulan
Anak Ikan Cupang

2. Pakan yang Direkomendasikan

Jika burayak ikan cupang umur 1 minggu sampai satu bulan, maka ia diharuskan untuk diberi pakan. Makanan burayak ikan cupang umur 1 bulan yang dianjurkan antara lain kutur air, sehingga memberikan warna yang tajam pada cupang ketika mereka mulai dewasa.

Kamu juga bisa memberikan pakan anakan ikan cupang umur 1 bulan dengan cacing cuper, sehingga ikan cepat besar dan membuatnya tidak mudah sakit. Pelet juga bisa kamu berikan, namun harus kamu hancurkan dengan halus terlebih dahulu agar anakan mudah mencernanya.

Makanan yang direkomendasikan terakhir adalah kuning telur, sebab ia bisa mempercepat pertumbuhan burayak karena kandungan protein yang tinggi. Pemberiannya harus dipertimbangkan dengan benar, sebab akan membuat air menjadi lekas keruh.

Anakan Ikan Cupang Umur 1 Bulan
anakan cupang sudah berumur 1 bulan

3. Pakan untuk Burayak 1 Bulan dan Seterusnya

Apabila anakan cupang sudah berumur 1 bulan, kamu sudah bisa memvariasikan makanan mereka. Misalnya dengan menambahkan cacing sutera sebagai selingan makanan, yang akan membuat mereka lekas besar dan tidak mudah sakit.

Namun pastikan kamu memberikan cacing sutera yang masih segar, atau jika memberikan varian beku, jangan biarkan ia terkena udara terlalu lama. Jentik nyamuk juga menjadi makanan yang disukai cupang dengan umur tersebut, bisa kamu berikan sebagai alternatif pakan anakan ikan cupang umur 1 bulan.

4. Cara Merawat Anakan Ikan Cupang

Mengenai teknis perawatan, kamu perlu membuat kolam tetap bersih dan segar untuk mereka. Jika kolam terlalu kotor, ia bisa membuat cupang dan anakannya mudah sakit karena kotoran dan sisa pakan menumpuk di dasar kolam.

Kamu juga bisa menambahkan tenaman air di dalam kolam jika memang diperlukan, baik tanaman palsu atau tanaman asli. Ini akan memberikan nuansa habitat asli untuk anakan ikan cupang umur 1 bulan, sehingga mereka tidak mudah stress.

Tanaman air yang direkomendasikan untuk mereka adalah enceng gondok, teratai, ataupun ketapang air. Ketiganya bisa kamu temukan dengan mudah di toko akuarium hias, atau mencarinya langsung di alam jika kamu memiliki waktu luang.

Di bagian bawah akuarium, kamu bisa menambahkan lumut agar plankton bisa berkembang biak disana. Ia merupakan pakan ikan alternatif untuk anakan ikan cupang umur 1 bulan karena mudah didapatkan. Jadi burayak tetap mendapat selingan makanan, yakni plankton, ketika mereka menginginkannya.

Anakan Ikan Cupang Umur 1 Bulan
Anakan Ikan Cupang Umur 1 Bulan

5. Mengganti Air Akuarium dan Menjaga Kualitasnya

Jangan lupa untuk tetap memperhatikan kualitas air pada akuarium atau kolam burayak yang kamu miliki, sehingga pertumbuhan mereka tetap optimal. Penggantian air kolam bisa dilakukan karena dua sebab, pertama airnya sudah keruh.

Air yang keruh akan membuat kesehatan burayak terganggu, jika memang sudah keruh walaupun belum jadwalnya dibersihkan, segera kuras saja akuariumnya. Kedua, kamu bisa menguras dan membersihkan kolam dalam rentang waktu satu minggu sekali.

Ketika mengganti air kolam, usahakan agar tidak melakukannya secara keseluruhan. Ini akan membuat suhu berubah secara drastis, sehingga membuat anakan ikan cupang umur 1 bulan menjadi mudah stress. Ganti air kolam setengahnya saja, dan sisakan setengahnya agar keseimbangan suhu tetap terjaga.

6. Membuat Pakan Secara Modern

Selingan dengan memberikan pakan modern untuk anakan cupang juga bisa kamu lakukan. Pemberian makanan buatan ini biasanya dilakukan untuk meningkatkan kondisi anakan cupang itu sendiri, seperti membuat warnanya lebih terang atau berukuran lebih besar.

Makanan yang pertama adalah infusoria, yang merupakan makanan alga di bawah permukaan air. Bisa kamu cari sendiri di habitat alami cupang, atau membelinya di berbagai toko daring maupun toko pakan ikan.

Membuat infusoria sendiri cukup sederhana, setelah kamu mendapatkan bibitnya, kamu bisa membuat tambahan pakan infusoria dari rebusan tempe yang berjamur. Sayuran dan pelet yang berjamur juga bisa menjadi pilihan, kemudian campurkan air tersebut dengan bibit infusoria.

Setelah itu, diamkan pakan tersebut selama 3 sampai 5 hari, usahakan untuk tidak terkena sinar matahari karena efeknya kurang bagus. Ia bisa menjadi pakan anakan ikan cupang umur 1 bulanyang sehat dan bergizi.

7. Membuat Burayak Cepat Besar

Ada satu tips yang sudah umum diketahui oleh para peternak ikan cupang, yakni membuat ikan tumbuh dengan pesat menggunakan kuning telur yang sudah direbus. Kuning telur tersebut nantinya akan menjadi makanan yang bisa kamu berikan pada burayak.

Usahakan telur yang kamu masak merupakan telur yang masih setengah matang, sehingga masih memiliki cairan kuning telur. Kandungan proteinnya yang tinggi membuat makanan ini menjadi pilihan yang tepat untuk anakan ikan cupang umur 1 bulan.

Cara memberikan pakan ini sederhana, kamu bisa meneteskannya langsung ke akuarium atau menggunakan bantuan cuttonbud. Ini akan membuat anakan yang masih kecil tidak berdesakan, sehingga mereka bisa mendapatkan jatah makanan dengan lebih merata. Ingat untuk tidak memberikan secara berlebihan, karena air mudah kotor dan menjadi sarang penyakit untuk anakan cupang.

Merawat ikan cupang, terutama untuk yang anakan memang tidak begitu sulit, namun perlu ketekunan yang tinggi. Jangan sampai kamu membuat  burayak mati hanya karena salah dalam hal perawatannya, sehingga kamu rugi melakukan pembelian burayak walau harganya murah.

Anakan Ikan Cupang Umur 1 Bulan
Anakan Ikan Cupang Umur 1 Bulan

Penutup

Demikianlah berbagai informasi yang perlu kamu ketahui mengenai cara merawat anakan ikan cupang umur 1 bulan yang tepat. Dengan pemeliharaan yang maksimal, kamu bisa mendapatkan burayak dan cupang dewasa yang besar dan sehat. Harga ikan cupang dengan corak yang cantik berkali-kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan burayak.