Cupang Green Samurai : Ciri, Cara Merawat, Harga Hingga Makanan

Posted on 97 views
Ikan Cupang Green Samurai merupakan jenis Cupang yang memiliki corak istimewa pada sirip dan ekornya. Membahas ✓ Ciri ✓ Cara Merawat ✓ Harga ✓ Jenis Makanan
Bagikan artikel ini

Ikan Cupang Green Samurai merupakan salah satu jenis Cupang yang memiliki corak istimewa pada sirip dan ekornya. Tentu saja bagi pecinta ikan Cupang, jenis Green Samurai ini dinilai sangat istimewa karena penampilannya yang memukau.  

Sesuai dengan namanya, ikan Cupang yang satu ini terlihat gagah namun tetap indah karena corak pada sirip dan ekornya yang berwarna hijau menyala. Keindahan yang ditampilkannya akan memberikan sisi unik yang menarik. Sehingga membuat ikan jenis ini banyak diminati.

Cupang Green Samurai
Cupang Green Samurai

Sekilas Tentang Ikan Cupang Green Samurai

Ikan Cupang merupakan ikan hias yang banyak dikembangkan di Asia Tenggara. Dengan keahlian dan keuletan para peternak maka ikan Cupang ini dapat dikembangkan menjadi beberapa jenis.

Pada awalnya ikan Cupang samurai ini dikembangkan juga oleh breeder asal Thailand. Terdapat breeder Thailand yang pertama kali mengembangkan jenis ikan berjuluk Cupang samurai karena memiliki corak sirip yang mengkilap lurus seperti pedang samurai.

Banyak yang menyebut bahwa ikan Cupang merupakan ikan jenis petarung yang memiliki jiwa seorang samurai di dalamnya. Ikan samurai ini dikembangkan menjadi sebuah ciri khas yang unik dengan dominan warna hitam pada tubuhnya.

Disamping itu keunikan ikan Cupang samurai terletak dengan warna yang mencolok yang menjadikan ikan ini sangatlah indah. Sisik ikan ini cenderung berwarna metalik dengan beberapa corak perkawinan silang sehingga menghasilkan corak lain seperti Green Samurai yang kita kenal saat ini.

Baca Juga : Jenis jenis Cupang Avatar : Ciri, Cara Merawat, Harga Hingga Makanan

Ciri-Ciri Ikan Cupang Green Samurai

Setiap ikan Cupang memiliki keistimewaannya masing-masing, termasuk Cupang jenis Green Samurai. Berikut beberapa keistimewaannya:

Corak Dan Keunikan Warna

Ikan ini digemari oleh sebagian para pecinta ikan karena memiliki warna yang simpel dan tidak terlalu kaya warna. Sebagaimana ikan Cupang lainnya, ikan ini memiliki tubuh yang sedikit besar dan tidak memiliki sirip yang lebar. Tentu keunikan tersebut menjadi ciri khas tersendiri dari jenis Cupang ini.

Ikan Yang Kuat

Ikan Cupang pada dasarnya merupakan ikan liar yang memang hidup dengan keras di kubangan-kubangan air. Ikan ini sebenarnya ikan yang sangat teritorial.

Yang berarti ikan ini memang lebih banyak hidup menyendiri untuk berkembang biak dan mencari mangsanya. Tentu saja ikan ini memang dilahirkan dengan bentuk yang indah namun disamping itu memiliki fisik yang super kuat.

Sangat Mudah Untuk Dipelihara

Sudah pasti ikan yang mampu bertahan hidup di alam liar dengan baik, pastinya bila dipelihara tidak akan terlalu ribet atau sulit. Dengan daya fisiknya ikan ini tidak seperti ikan hias lain yang butuh filter udara atau gelembung udara.

Cupang Green Samurai
Cupang Green Samurai

Cara Merawat Ikan Cupang Green Samurai

Agar ikan cupang green samurai yang Anda pelihara memiliki ekor dan sirip yang indah terawat, simak beberapa cara merawatnya di bawah ini:

1. Mengganti Air Dua Hari Sekali

Ikan Cupang identik dengan keindahannya, terlebih ikan Cupang jenis Green Samurai ini. Maka dari itu, kebersihan dan kesehatan air akuarium menjadi salah satu hal penting yang harus kita perhatikan. Gantilah air akuarium setiap dua hari sekali, agar air akuarium tetap terjaga kebersihannya.

Jika air akuarium selalu terjaga kebersihannya, sudah pasti ikan Cupang yang kita pelihara akan memiliki kesehatan yang baik. Selain itu ada pula yang merekomendasikan untuk mengganti air akuarium setiap dua kali dalam seminggu.

Sebagai tambahan, jangan lupa untuk membersihkan akuarium, wadah, atau tempat apapun yang Anda gunakan untuk menyimpan ikan Cupang ini. Caranya bersihkan akuarium sesekali, sementara ikan Cupang dipindahkan ke tempat lain.

2. Memindahkan Ikan Cupang Tanpa Menyentuhnya

Ikan Cupang memiliki fisik yang cenderung lebih mudah rusak. Maka, saat memindahkannya harus dilakukan dengan hati-hati. Contohnya, saat Anda menguras air akuarium pastikan memindahkan ikan Cupang tanpa menyentuhnya sama sekali.

Caranya pun cukup mudah, pindahkan ikan Cupang bersamaan dengan sedikit air akuariumnya. Jangan memindahkan ikan Cupang menggunakan tangan atau jaring. Sebab resikonya sirip dan ekornya yang indah dapat rusak hingga patah saat tersentuh oleh kita. 

3. Menggunakan Daun Ketapang Kering Sebagai Antibiotik

Jika sirip atau ekor ikan Cupang jenis Green Samurai tengah terluka, obatilah menggunakan daun ketapang kering. Caranya sangat mudah, masukkan daun ketapang kering ini ke dalam air akuarium.

Sebab daun ketapang berfungsi sebagai antibiotik alami yang membantu penyembuhan pada ikan Cupang. Dengan memasukkan daun ketapang ke dalam air akuarium, air akan memiliki pH yang lebih optimal dan bagus dalam proses pemulihannya.

Baca Juga : Ikan Cupang Nemo Galaxy : Ciri, Cara Merawat, Harga Hingga Makanan

Cupang Green Samurai
Cupang Green Samurai

Harga Ikan Cupang Green Samurai

Ikan Cupang jenis Green Samurai memiliki harga yang setara dengan jenis Samurai lain, seperti Black Samurai dan lainnya. Pertama kali hadir di Indonesia ikan Cupang jenis ini disambut dengan antusiasme tinggi. 

Sehingga pada awal kemunculannya, Cupang jenis ini memiliki harga yang cukup tinggi. Karena semakin banyak yang membudidayakan ikan Cupang jenis ini, alhasil Green Samurai sekarang ini mudah kita jumpai. 

Karena keberadaannya yang semakin banyak, maka harga pasarannya pun menurun drastis. Alhasil, banyak penjual Cupang jenis Green Samurai yang menjual dengan harga murah.

Meski begitu setiap penjual Cupang jenis Green Samurai memiliki patokan harga masing-masing. Saat ini pun ikan Cupang sudah banyak dijual di berbagai tempat hingga dijual secara online di berbagai marketplace.

NoJenisUsiaHarga
1Cupang Green Samurai~Rp 50.000
2Cupang Green Samurai Anakan3 BulanRp 25.000 – Rp 50.000
3Cupang Green Samurai Anakan3,5 BulanRp 65.000
4Cupang Green Samurai4 Bulan>Rp 150.000

Harga pasaran ikan Cupang jenis Green Samurai mulai dari Rp. 50.000 per ekornya. Harganya dapat berbeda tergantung dari usianya. Misalnya untuk anakan usia 3 bulan Rp. 25.000 ada pula yang menjual Rp. 50.000. Untuk usia 3,5 bulan Rp. 65.500, dan usia 4 bulan Rp. 150.000.

Makanan Ikan Cupang Green Samurai

Nah, bagi Anda kerap memberikan ikan Cupang pakan kering seperti pelet, ini justru tidak direkomendasikan. Justru ikan Cupang akan lebih baik apabila diberikan pakan hidup yang sesuai dengan kebutuhannya.

Pakan hidup ini misalnya cacing, jentik nyamuk, ulat, atau kutu air. Beberapa pakan hidup tadi  sangat baik, terlebih untuk menjaga kesehatan ikan cupang Green Samurai ini.

Cupang Green Samurai
Cupang Green Samurai

Kesimpulan

Terkadang sebagai pemula kita terlalu perhatian dengan ikan Cupang kita. Dari situ terkadang kita melakukan hal-hal yang sebenarnya tidak dibutuhkan oleh Cupang.

Contohnya kita terlalu sering mengganti air, terlalu sering memberi makan atau bahkan membiarkan akuarium tempat Cupang itu kotor dan tidak dibersihkan. Maka sebaiknya meskipun kita bukan sebagai seorang breeder, kita wajib mengetahui dasar-dasar untuk merawat Cupang tersebut. 

Saat ini banyak sekali beberapa tips untuk merawat ikan Cupang dengan berbagai jenis yang berbeda. Salah satunya seperti merawat ikan cupang green samurai di atas. Maka, dalam memelihara ikan Cupang jenis apapun tidak boleh sembarangan. Dibutuhkan ketelatenan dalam merawatnya.

Dengan mengetahui hal dasar kita tidak akan sulit bila hendak merawat ikan Cupang jenis lainnya. Nah, semoga beberapa informasi di atas bermanfaat, khususnya bagi Anda yang memelihara ikan Cupang Green Samurai ini.

Baca Juga : Ikan Cupang Black Samurai : Ciri, Cara Merawat, Harga Hingga Makanan