Apakah Boleh Memberikan Kutu Air Jet untuk Cupang? Simak Jawabannya di Artikel ini!

Posted on 119 views
Bagikan artikel ini

Ada pertanyaan yang banyak ditanyakan oleh para penggemar ikan cupang, yakni apakah kutu air jet untuk cupang itu bagus dan tepat adanya? Jika sebelumnya Kamu tidak mengetahui, kutu air jet ini adalah kutu air yang biasanya muncul pada burayak-burayak dan menggigitnya. Jadi, apakah jenis kutu ini bisa diberikan kepada cupang Kamu? Kamu akan menemukan jawabannya di artikel ini.

Kutu air jet untuk cupang
Kutu air jet untuk cupang

Memberikan Kutu Air Jet untuk Cupang

Kutu air jet untuk cupang memang adalah topik yang sangat menarik untuk dibahas. Ditambah lagi karena keberadaan kutu air yang satu ini cukup banyak dan mudah ditemukan. Sekilas, sebenarnya bentuk kutu air yang satu ini sama dengan kutu air yang biasanya. Tetapi, yang membedakan adalah berenangnya yang sangat cepat dan biasanya akan menempel pada dinding-dinding aquarium.

Tentu ini berbeda dengan kutu air yang sungguhan, yang mana biasanya terletak pada dasar air atau pada bagian permukaan kolam. Kutu air jet ini ukurannya juga lebih besar. Tetapi sayangnya, memberikan kutu air jet untuk cupang bukanlah ide yang bagus, utamanya untuk burayak.

Hal ini dikarenakan keberadaan kutu air jet untuk cupang sangat membahayakan. Kutu jet bisa memangsa cupang burayak hingga mati mengenaskan. Pantas saja ketika ada kutu air jet dimasukkan ke wadah burayak-burayak malah berhamburan pergi.

Selain itu, kutu air jet untuk cupang juga sangat tidak baik karena jenis kutu yang satu ini berbeda, tidak sama dengan kutu air biasa. Jika ikan cupang mengkonsumsi kutu jenis yang satu ini, maka cupang Kamu tidak akan bisa mencerna makanan tersebut dengan baik. Hal ini tidak mengherankan karena pada dasarnya kutu air jet ini adalah hama bagi cupang.

Kutu air jet untuk cupang
Kutu air jet untuk cupang

Ciri-ciri Kutu Air Jet yang Harus Kamu Ketahui

Memang, memberikan kutu air adalah hal yang mudah dilakukan karena Kita juga akan mudah dalam menemukannya. Lalu bagaimana ciri dari kutu air jet sendiri supaya Kamu tidak salah memilih kutu yang benar? Cirinya adalah sebagai berikut:

  • Ukurannya lebih besar dibandingkan dengan kutu air biasa
  • Kutu air ini senang menempel di dinding kolam atau akuarium, bukannya di dasar ataupun mengambang di permukaan
  • Jika diberikan kepada burayak, burayak akan berhamburan pergi karena takut akan gigitan kutu air jet yang berbahaya ini.

Dengan begitu, Kamu tidak akan salah memilih antara kutu air dan kutu air jet. Kamu harus sangat teliti sehingga cupang Kamu tidak mengalami kematian akibat kutu air jet.

Kutu air jet untuk cupang
Kutu air jet untuk cupang

Jika Tidak Boleh Memberikan Kutu Air Jet untuk Cupang, Lalu Apa yang Boleh?

Meskipun kutu ini ada banyak, bukan berarti Kamu tidak bisa menemukan jenis makanan lain yang tentunya aman dan lezat bagi sang cupang. Jenis makanan yang bisa Kamu berikan untuk cupang Kamu antara lain adalah sebagai berikut:

1. Udang

Daripada repot-repot memberikan kutu air jet yang meresahkan, membeli udang saja sudah cukup untuk memberikan gizi terbaik cupang Kamu. Bahkan, dapat dikatakan makanan udang ini adalah makanan terbaik bagi cupang yang Kamu miliki. Kamu cukup membeli udang di pasar dan memotongnya menjadi bagian yang sangat kecil, dan jangan lupa pastikan kulitnya tidak ikut dibuat pakan.

2. Cacing darah

Jangan kebingungan jika Kamu ingin memberikan makanan cupang, karena kenyataannya sangat banyak. Salah satunya adalah cacing darah yang satu ini. Bahkan, jika Kamu ingin cupang Kamu semakin cantik Kamu bisa memberikan makanan ini sehingga warna cupang Kamu semakin cerah dan berwarna.

Makanan Ikan Cupang
Cacing darah

3. Kuning telur

Sebenarnya, dalam memberikan makanan ikan cupang itu sangat mudah sehingga Kamu tidak perlu mengorbankan kesehatan ikan cupang dengan memberikan makanan yang tidak pasti. Kamu bahkan bisa memberikan kuning telur untuk makanan ikan cupang Kamu, yang mana artinya makanan ini bahkan sudah tersedia di rumah Kamu.

Makanan yang satu ini sangat penting untuk ikan cupang mengingat proteinnya yang sangat tinggi. Untuk memberikannya pada cupang jagoan Kamu, jangan lupa untuk merebus atau mengukusnya terlebih dahulu ya. Tetapi Kamu tidak perlu memberikan kuning telur terlalu banyak kepada ikan cupang Kamu, karena jika bersisa nantinya malah akan membuat akuarium yang Kamu miliki menjadi kotor.

4. Kutu air

Nah, kutu air juga bisa menjadi alternatif makanan bagi cupang jagoan Kamu, tetapi ingat ini bukan kutu air jet loh ya, melainkan kutu air biasa. Kutu air ini dapat dikatakan adalah makanan yang disukai oleh anakan ikan cupang, dikarenakan makanan yang satu ini sangat rendah lemak. Tetapi awas, jangan sampai tertukar dengan kutu air jet.

Pakan Ikan Cupang Hias Kontes
Kutu air untuk cupang

Hama Pengganggu Ikan Cupang

Selain kutu air jet untuk cupang yang mengganggu, sebenarnya ada hama lain yang berpotensi mengancam kenyamanan cupang dalam hidup. Hama-hama tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  • burung
  • kucing
  • ular
  • anjing air
  • kodok
  • dan lain sebagainya

Agar cupang Kamu hidup dengan tenang, Kamu perlu mengantisipasi adanya hama-hama tadi. Jika Kamu mampu mengatasi hal ini, maka dapat dipastikan ikan cupang Kamu akan hidup dengan sehat dan bahagia tentunya. Selain hama, ada beberapa penyakit yang umumnya menjangkiti cupang, antara lain:

1. Mata bengkak cupang

Penyakit yang satu ini membuat cupang menjadi sangat bengkak dan bahkan kornea matanya bisa meletus. Untuk menghindari hal ini, jangan lupa untuk selalu membersihkan akuarium dengan rutin.

2. White spot

Penyakit ini adalah bintik putih yang muncul pada sirip ikan sehingga keindahan cupang juga menjadi berkurang. Jika cupang Kamu mengalami ini, Kamu bisa melakukan karantina dengan memisahkan cupang Kamu dan memberikan obat biru serta garam pada ikan cupang Kamu.

3. Jamur kulit

Penyakit ini juga sangat umum menjangkiti cupang kesayangan Kamu. Ini adalah penyakit dimana muncul bercak putih pada sirip ikan yang membuat cupang Kamu menjadi tidak nafsu makan dan juga lemas. Selain itu, dia juga menjadi sangat pasif. Kamu harus membersihkan akuarium dengan rutin jika tidak ingin hal ini terjadi.

4. Sirip membusuk

Nama lain dari penyakit ini adalah fin rot, yang mana adalah penyakit yang ditandai dengan munculnya warna kemerahan, sirip rontok atau sobek, dan juga cupang berwarna pucat. Ini harus segera ditangani sebelum badan cupang Kamu ikut menjadi busuk. Penyebab dari penyakit berbahaya yang satu ini adalah dikarenakan bakteri dari kualitas dan kebersihan air yang kurang baik.

Kutu air jet untuk cupang
Kutu air jet untuk cupang

Penutup

Jadi kini Kamu sudah tahu kan, atas jawaban apakah boleh memberikan kutu air jet untuk cupang? Selain itu, Kamu juga sudah menemukan jawaban alternatif makanan lainnya yang bisa diberikan untuk cupang Kamu. Semoga dengan begini Kamu lebih berhati-hati dan tidak sembarangan saat memberikan makan pada cupang Kamu. Semoga bermanfaat!

Baca Juga : 7 Jenis Makanan Ikan Cupang dan Informasinya yang Harus Kamu Ketahui