Cara Merawat Kucing Menyusui Dengan Efektif Dan Mudah yang Bisa Kamu Terapkan pada Kucing Kesayanganmu

Posted on 50 views
Di artikel kali ini saya akan membahas mengenai 10 cara merawat kucing menyusui dengan efektif dan mudah kamu jalani, berikut pembahasannya.
Bagikan artikel ini

Kamu memiliki seekor kucing dan saat ini sedang menyusui, kamu tidak perlu khawatir karena kamu telah mengunjungi web yang tepat untuk belajar mengenai semua itu. Di artikel kali ini saya akan membahas mengenai 6 cara merawat kucing menyusui dengan efektif dan mudah kamu jalani, berikut pembahasannya.

merawat kucing menyusui
Merawat kucing menyusui

6 Cara Merawat Kucing Menyusui Dalam Segi Makanan

1. Merawat Kucing Menyusui Dengan Memberi Makan Yang Cukup

Pada umumnya, berat badan induk kucing akan berkurang Ketika sedang menyusui, agar berat badan kucing yang kamu pelihara tetap terjaga, jadi kamu harus memenuhi kebutuhan makanan kucing dan memberinya makan lebih banyak pada tahap akhir kehamilannya. Ingat ya di akhir kehamilan bukan di tahap awal kehamilan. Karena jika kamu memberi makan lebih banyak di tahap awal kehamilan itu bisa membuat induk kucing kelebihan berat badan, dan menyebabkan sulitnya proses melahirkan.

2. Pastikan Jika Induk Kucing Bisa Makan Dengan Mudah Dan Nyaman

Ketika kamu merawat induk kucing yang sedang menyusui sangat penting dalam memperhatikan kenyamanan induk kucing terutama dalam hal makan, jika kamu membiarkan induk kucing kesulitan dalam makan, itu akan sangat berpengaruh terhadap induk kucing dan anak kucing, untuk mendapatkan nutrisi yang cukup pastikan jika kucing mendapatkan makan tepat waktu dengan jumlah yang sesuai. Jika kamu tidak tahu waktu yang tepat untuk makan kucing, mungkin kamu bisa menyediakan makan tiap waktu, jadi Ketika makan kucing habis kamu bisa langsung mengisinya ulang. Hal itu untuk mencegah induk kucing kelaparan.

Dalam hal pemilihan makanan yang baik, kamu bisa memilihkan makanan basah, dikarenakan makanan basah ini mengandung lebih banyak protein dan lebih mudah untuk dicerna oleh induk kucing. Tapi hal itu Kembali lagi kepada selera serta kebiasaan kucing, jika kucing kamu terbiasa makan makanan kering mungkin kamu bisa memberinya makanan kering.

merawat kucing menyusui
Merawat kucing menyusui

3. Memberikan Waktu Induk Kucing 7-9 Minggu Untuk Menyusui Anaknya

Saat merawat kucing menyusui secara tidak langsung kita juga merawat anak kucing, anak kucing biasanya menyusu dalam jangka waktu 8 minggu, akan tetapi kamu atau induk kucing bisa mulai memperkenalkan makanan kepada anak kucing setelah berumur 4 minggu.

Untuk awal-awal kamu memberikan makan anak kucing, anak kucing ini akan menganggap makanan padat sebagai mainan, tapi perlahan anak kucing akan memakan makanannya, dan mulai terbiasa dengan makanannya.

4. Jika Diperlukan Beri Anak Kucing Pengganti Susu

Ketika kamu merawat induk kucing yang sedang menyusui dan menemukan fakta jika anak kucing terlihat kurus serta selalu berisik, alasannya bisa jadi karena anak kucing tidak mendapatkan asupan susu yang cukup dan induk kucing mengalami kesulitan dalam menghasilkan susu, di sini kamu memiliki peranan penting dalam membantu induk kucing untuk memberi anak kucing susu. Kamu bisa memberikan susu pengganti, dan untuk mendapatkannya mungkin kamu bisa membelinya di toko hewan.

Untuk cara memberikan susu ke pada anak kucing kamu bisa menggunakan pipet, botol atau alat lainnya yang menurut kamu lebih mudah dan aman. Jika keadaan anak kucing semakin memburuk mungkin kamu bisa membawanya ke dokter hewan untuk mengetahui penyebab serta susu apa yang cocok untuk anak kucing itu.

5. Memastikan Jika Induk Kucing Mendapat Cukup Asupan Protein

Seperti yang kamu tahu dalam merawat kucing yang menyusui kamu harus memberikan asupan protein yang cukup untuk menjaga Kesehatan induk kucing serta anak kucing. Kebanyakan, makanan kucing yang berkualitas salah satunya mengandung asupan protein yang cukup baik untuk induk kucing, tapi jika anak kucing terlalu berisik serta aktif bisa jadi karena induk kucing yang tidak mendapatkan asupan protein yang cukup.

Jika kamu merasa ragu mungkin kamu bisa memberi makan induk kucing dengan makanan anak kucing, karena makanan anak kucing mengandung banyak kalori, kalsium serta protein yang lebih tinggi.

merawat kucing menyusui
Merawat kucing menyusui

6. Memberikan Kucing Makanan Khusus Kucing Menyusui

Seperti yang kalian tahu jika semua makanan kucing memang memiliki kandungan gizi yang sama, tapi dalam merawat kucing menyusui kamu harus memilih makanan terbaik dengan kandungan gizi terbaik, jadi mungkin kamu bisa memilih makanan yang cocok dengan semua usia dan memastikan kualitasnya

Itu dia 6 cara merawat induk kucing yang sedang menyusui dalam segi makanan, jadi makanan sangat penting untuk menjaga Kesehatan induk kucing maupun anak kucing, untuk kamu yang memelihara kucing jangan sampai mengabaikannya ya.

Cara Menyediakan Tempat Yang Nyaman Dan Baik Dalam Merawat Kucing Menyusui

Dalam merawat kucing menyusui akan sangat penting bagi kamu dalam menyediakan tempat yang terhindar dari gangguan orang lain, kenyamanan serta ketenangan induk kucing sangat penting untuk menghindari stres, untuk tempatnya sendiri kamu bisa menyediakan sebuah kotak, atau di lemari terbuka, atau mungkin membuat kendang tersendiri.

Dalam hal perawatannya kamu harus rutin mengganti alas tempat kucing, untuk menghindari bau serta penyakit yang akan timbul, pada awal kucing melahirkan mungkin kamu harus mengganti alas tempat kucing hampir setiap hari karena anak kucing yang masih kecil dan sensitif, tapi setelah beberapa waktu kamu bisa menggantinya 2 kali dalam seminggu atau Ketika kamu merasa alasnya sudah harus di ganti.

merawat kucing menyusui
Merawat kucing menyusui

Hal yang harus kamu perhatikan adalah Ketika induk kucing memindahkan anak nya, ini hal yang sangat penting, induk kucing memiliki insting tersendiri yang tahu apa yang terbaik bagi anaknya jadi Ketika dia ingin memindahkan anaknya kamu harus membiarkannya selama itu masih aman, tapi jika dirasa tidak aman baru kamu bisa ikut turun tangan.

Salah satu hal yang sangat penting dalam merawat kucing menyusui kamu harus ikut bersosialisasi dengan anak kucing, pada awal kamu mulai berinteraksi dengan anak kucing mungkin itu akan sangat sulit karena induk kucing yang selalu marah dan agresif terhadap kamu, tapi dengan seiring berjalannya waktu induk kucing akan terbiasa, dan itu merupakan salah satu cara untuk membiasakan anak kucing terpisah dari induknya. Dalam membangun kepercayaan induk kucing kamu bisa mulai dengan mengelus anak kucing, kemudian menggendongnya, dan bermain dengan anak kucing, sesekali memberi makan anak kucing secara langsung dari tangan kamu.

intinya kita harus memperhatikan setiap hal agar induk kucing bisa merasa nyaman, dan setiap kebutuhannya terpenuhi, sayangi kucing kamu dan buat mereka merasa senang sehingga anak-anak induk kucing juga akan tumbuh dengan sangat baik, dan kamu bisa memiliki banyak kucing yang lucu dan sehat.

merawat kucing menyusui
Merawat kucing menyusui

Penutup

Dengan melakukan perawatan yang baik kucing yang kamu pelihara akan sangat aktif, Ketika kamu menyayanginya dengan sepenuh hati kucing kamu akan menurut pada kamu, dan kamu akan memiliki ikatan yang kuat dengan kucing kamu.

Itu dia cara merawat kucing menyusui dengan efektif dan mudah, terima kasih sudah mampir semoga bermanfaat.

Baca Juga : 6 Cara Merawat Kucing Yang Cocok Bagi Kaum Pemula!