Ikan Cupang Black Samurai : Ciri, Cara Merawat, Harga Hingga Makanan

Posted on 20 views
Pichet Plaisanguan adalah orang Thailand yang memperkenalkan ikan cupang black samurai pertama kalinya. Membahas ✓ Ciri ✓ Cara Merawat ✓ Harga ✓ Jenis Makanan
Bagikan artikel ini

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai ikan cupang black samurai, mulai dari ciri-ciri, cara merawat, harga, dan makanannya. Saat ini hampir semua orang mengetahui bahkan memelihara ikan cupang di rumah. Ikan yang semakin populer untuk diperjual belikan dan dipelihara ini memiliki banyak sekali jenisnya.

Tujuan orang-orang memelihara ikan cupang sendiri beragam, dari yang hanya dijadikan sebagai ikan hias di rumah sampai dijadikan objek aduan dengan ikan hias lainnya. Ikan cupang dikenal akan kemampuannya bertahan hidup untuk waktu yang sangat lama.

Ikan ini mampu bertahan hidup meskipun berada di dalam wadah yang ukurannya kecil serta volume air yang sedikit, hingga tanpa adanya sirkulasi udara sekalipun. Karena kemampuannya itulah yang membuat ikan cupang banyak dipilih untuk dipelihara oleh banyak orang.

Asia Tenggara menjadi wilayah asalnya keberadaan ikan cupang. Contohnya saja negara Thailand yang terkenal menjadi asal ikan cupang jenis samurai. Pichet Plaisanguan, adalah seseorang asli Thailand yang memperkenalkan ikan cupang jenis samurai untuk pertama kalinya. Kriteria yang dimiliki ikan cupang samurai sendiri membuat Pichet Plaisanguan memberikan nama samurai kepada ikan cupang tersebut.

Seorang ksatria yang menggunakan helm berbahan baja, itulah arti dari kata samurai. Dengan demikian representasi dari ikan cupang black samurai yang umumnya memiliki kepala dengan sisik yang metalik, namun berbeda dengan bagian tubuhnya yang sisiknya tidak ada motif metal. Dan yang paling terkenal di antara ikan cupang samurai ialah yang berwarna hitam.

Simak penjelasan di bawah ini untuk lebih mengetahui ciri-ciri ikan cupang black samurai hingga makanan apa saja yang direkomendasikan untuk ikan cupang tersebut, berikut penjelasannya.

Baca Juga : Ikan Cupang Giant Multicolor : Ciri, Cara Merawat, Harga Hingga Makanan

Ikan Cupang Black Samurai
Ikan Cupang Black Samurai

Ciri-ciri Ikan Cupang Black Samurai

Ada perbedaan tersendiri antara ikan cupang black samurai dengan black mamba, sehingga orang-orang bisa dengan mudah membedakannya. Untuk black samurai sendiri memiliki sisik putih mutiara yang lebih panjang banyak. Berbeda dengan black mamba yang memiliki sedikit corak titik-titik putih pada sisiknya dan warna hitamnya lebih pekat (tidak hitam semu dan transparan) daripada black samurai.

7 Cara Merawat Ikan Cupang Jenis Black Samurai

1. Wadah yang pas

Disarankan untuk memelihara ikan cupang di wadah atau akuarium yang tidak terlalu besar, meskipun ikan cupang dapat bertahan hidup dalam wadah ukuran apa saja. Contoh ukuran wadah yang disarankan adalah 20 x 15 x 15 cm. Agar wadah atau akuarium lebih menarik dan berwarna, tambahkan tanaman palsu beserta bebatuan ukuran kecil.

2. Air untuk ikan cupang

Air yang disarankan untuk digunakan dalam akuarium ikan cupang adalah air tawar. Air yang ada di habitat asli ikan cupang seperti di sawah dan rawa-rawa memiliki karakteristik yang hampir sama dengan air tawar. Namun air PAM juga bisa digunakan jika tidak ada air sumur di rumah.

Sebelum dimasukkan ke dalam akuarium, diamkan terlebih dahulu air PAM di dalam ember. Setelah didiamkan barulah masukkan air ke dalam akuarium beserta ikan cupangnya. Hindari juga pemakaian bahan-bahan berbahaya, seperti klorin dan kloramin karena dapat berbahaya bagi ikan cupang.

3. Volume air

Jika menggunakan wadah ikan tanpa penutup dan untuk menghindari ikan cupang black samurai melompat keluar dari wadahnya, disarankan untuk mengisi air sekitar 40% dari wadah saja.

4. Memasukkan ikan cupang ke dalam wadah yang baru

Agar ikan cupang tidak mudah mati, lakukanlah perawatan dengan ekstra hati-hati. Saat mengganti air akuarium, jangan sekali-kali langsung mengganti air secara drastis. Campur terlebih dahulu air baru dengan air yang lama. Dengan begitu ikan cupang dapat menyesuaikan diri terlebih dulu dengan air di dalam wadah.

5. Mengganti air ikan cupang

Dilansir laman Baca Terus, siapkan wadah sementara untuk tempat ikan saat akuarium ikan sedang dibersihkan. Saat memindahkan ikan cupang, jangan menggunakan tangan untuk menghindari rusaknya ekor dan sirip ikan, sehingga gunakanlah saringan khusus.

Bersihkan wadah ikan cupang dari lendir-lendir dan kotoran yang menempel menggunakan spons sampai bersih. Tidak perlu menggunakan sabun saat mencuci wadah karena nantinya ikan cupang dapat teracuni. Bersihkan pula aksesoris yang ada di akuarium, seperti batu dan tanaman palsu.

Isi kembali wadah atau akuarium dengan air setelah selesai membersihkannya. Diamkan terlebih dahulu sebelum memasukkan ikan, agar nantinya air sesuai dengan suhu kamar. Disarankan untuk selalu mengganti air akuarium ikan cupang minimal 3 hari sekali atau bahkan setiap hari. Hal ini dikarenakan jika air sering diganti, pertumbuhan ikan cupang akan semakin bagus ke depannya.

6. Berikan garam pada akuarium

Untuk menyeimbangkan osmosis dalam tubuh ikan cupang, gunakanlah garam. Fungsi lain dari garam sendiri adalah dapat menstabilkan tubuh ikan cupang yang disebabkan oleh tidak bekerjanya metabolisme tubuh serta dapat membantu mempercepat penyembuhan luka pada ikan.

Untuk takaran pemberian garam ialah sebesar 10 gram banding 1 liter air, atau sekitar 0,1 % dari isi air dalam wadah ikan cupang.

Ikan Cupang Black Samurai
Ikan Cupang Black Samurai

Harga Cupang Black Samurai

Pada awal kemunculan ikan cupang black samurai pada 2018, ikan cupang ini masih ditawarkan dengan harga yang cukup tinggi, yaitu berada di kisaran harga 1 sampai 2 juta rupiah per pasangnya. Namun kini sudah banyak peternak di Indonesia yang membudidayakan cupang black samurai, sehingga keberadaannya semakin mudah untuk ditemui dan mempengaruhi harga yang ditawarkan.

NoJenisUsiaHarga
1Cupang Black Samurai~Rp 50.000
2Anakan Cupang Black Samurai~Rp 25.000
3Cupang Black Samurai3 BulanRp 50.000
4Cupang Black Samurai3,5 BulanRp 65.500
5Cupang Black Samurai4 BulanRp 150.000

Harga ikan cupang samurai ini juga mengalami penurunan yang drastis, hanya mencapai Rp 50.000 per ekornya. Kini harga anakan cupang black samurai sendiri dihargai Rp 25.000 per ekornya. Untuk yang berusia 3 bulan biasanya dihargai Rp 50.000, Rp 65.500 untuk usia 3,5 bulan dan untuk 4 bulan sebesar Rp 150.000. Cupang black samurai ini bisa menjadi solusi bagi yang ingin memelihara ikan cupang namun mempunyai dana yang terbatas.

Baca Juga : Ikan Cupang Blue Rim Panda: Ciri, Cara Merawat, Harga, hingga Makanan

Ikan Cupang Black Samurai
Ikan Cupang Black Samurai

Makanan Ikan Cupang Jenis Black Samurai

Ada hal lain yang harus diperhatikan saat memelihara cupang black samurai, yaitu makanannya. Berikut rekomendasi makanan yang bisa diberikan kepada cupang black samurai, yaitu:

1. Kutu air

Memberi makan cupang dengan kutu air tidak akan membuat buncit perut ikan cupang dan warna ikan cupang akan menjadi lebih cerah. Untuk ukuran cupang dewasa biasanya diberikan makan kutu air kecil dan kutu air raksasa.

2. Udang

Warna ikan cupang akan menjadi lebih tajam dan cerah jika diberikan pakan udang. Para penghobi ikan cupang umumnya memberikan makan udang kecil yang masih hidup atau udang kering yang biasa dijual.

3. Tanaman spirulina

Kandungan gizi yang terdapat pada tanaman spirulina sangat baik untuk cupang black samurai, sehingga akan menyeimbangkan gizi dalam tubuh ikan cupang tersebut.

4. Daun ketapang

Agar ikan cupang tetap dalam keadaan sehat dan segar, berikan juga daun ketapang yang berfungsi sebagai vitamin ikan.

5. Daun jati

Ekor ikan cupang akan bagus dan cantik jika diberikan makan daun jati. Berikanlah satu lembar daun jati kepada ikan cupang peliharaan.

Ikan Cupang Black Samurai
Ikan Cupang Black Samurai

Tanya Jawab Seputar Ikan Cupang Black Samurai

Berapa harga ikan cupang Black Samurai?

Ikan Cupang Black Samurai

Kisaran Harga Ikan Cupang Berdasarkan Jenisnya

Ikan Cupang Black Samurai
Rp.90.000 – Rp.400.000
Ikan Cupang Nemo
Rp.135.000 – Rp.400.000
Ikan Cupang Halfmoon
Rp.50.000 – Rp.125.000
Ikan Cupang Hellboy
Rp.125.000 – Rp.250.000

Kenapa ikan cupang bisa mahal?

Ikan Cupang Black Samurai

Di sini, sudah terbentuk pasar sendiri dan bisa membuat harga tertentu seperti ikan cupang jenis baru yang tidak dikeluarkan oleh para pembudidaya, sehingga menjadi langka dan menjadi masterpiece atau mahakarya karena langka. Itulah yang membuat ikan tersebut mahal.

Apakah ikan cupang black samurai bisa makan nasi?

Ikan Cupang Black Samurai

Berdasarkan pengalaman tersebut, sejauh ini nasi masih aman saja untuk dikonsumsi ikan cupang. Karena nasi juga berasal dari bahan alami yaitu tanaman padi. Bahkan menurut pengamatan, nasi memiliki tekstur yang lebih lembut jika dibandingkan dengan pakan pelet.

Berapa kali sehari ngasih makan ikan cupang black samurai?

Ikan Cupang Black Samurai

Hal ini berarti ikan harus diberi sekitar 3 cacing darah atau artemia setiap kali makan. Jika ikan diberi pelet, Anda bisa memberinya 2 sampai 3 pelet yang sudah direndam setiap kali pemberian pakan. Seekor ikan cupang bisa diberi makan dengan jumlah tersebut satu atau dua kali sehari.

Ikan Cupang Black Samurai
Ikan Cupang Black Samurai

Penutup

Demikianlah artikel mengenai ikan cupang black samurai, mulai dari ciri-ciri, cara merawat, harga, hingga makanan yang dibutuhkan ikan cupang tersebut. Semoga berbagai informasi dalam artikel ini dapat membantu pembaca yang memelihara cupang black samurai di rumah ataupun yang baru berencana memeliharanya.

Baca Juga : Ikan Cupang Avatar Vampire: Ciri, Cara Merawat, Harga, hingga Makanan