Resep Susu untuk Anak Kucing yang Harus Kamu Ketahui

Posted on 105 views
Mengetahui resep susu untuk anak kucing adalah hal yang wajib Kamu ketahui ketika memelihara seekor kitten atau anakan kucing. Ini dikarenakan susu yang diminum
Bagikan artikel ini

Mengetahui resep susu untuk anak kucing adalah hal yang wajib Kamu ketahui ketika memelihara seekor kitten atau anakan kucing. Ini dikarenakan susu yang diminum oleh anak kucing tidak bisa sembarangan. Jika Kamu memberinya sembarangan, bisa-bisa anak kucing Kamu mengalami sakit yang mana sangat dihindari oleh Kamu tentunya.

Memberi minum susu buatan untuk anak kucing terkadang memang dibutuhkan adanya. Hal ini dikarenakan terkadang memang anak kucing tidak mendapatkan susu dari indukannya. Untuk mencukupi gizi anak kucing, maka memberikan susu formula atau susu racikan dengan resep yang sesuai sangat dibutuhkan.

Resep susu untuk anak kucing
Resep susu untuk anak kucing

Resep Susu untuk Anak Kucing yang Mudah

Memberikan resep susu untuk anak kucing memang tidak boleh dilakukan sembarangan. Anak manusia saja bisa mencret jika susu yang diberikan tidak tepat, begitu pula dengan bayi kucing. Pada sub yang satu ini adalah menceritakan tentang resep susu untuk anak kucing terutama usianya masih satu hari.

Ada beberapa hal yang harus Kamu ketahui dalam membuat resep susu untuk anak kucing ini. Dengan memberikan resep susu yang benar, maka kucing Kamu akan tidak kalah sehatnya dengan diberi susu secara langsung oleh indukannya. Beberapa hal yang harus Kamu lakukan untuk membuat resep susu yang baik untuk kitten antara lain adalah sebagai berikut:

1. Resep susu dot untuk kucing

Resep susu untuk anak kucing yang pertama adalah dengan memberikan kucing kamu susu jolong, yang mana ditambah dengan 0.25 hingga 0.5 liter susu sapi. Selain itu Kamu juga bisa menggantinya dengan susu bubuk atau susu kambing. Jangan lupa menambahkan minyak ikan di dalamnya.

Bukan hanya minyak saja, Kamu juga harus menambahkan satu butir telur ayam yang ditambah dengan setengah sendok makan gula pasir. Jangan lupa untuk mengaduknya hingga rata. Sebaiknya, Kamu memberikan susu tersebut sekitar 200-300 cc setiap harinya. Kamu bisa meletakkannya pada dot susu atau pada sebuah plastik yang ujungnya dibuat agar mudah diminum.

2. Dari segi kenyamanan tempatnya

Jangan lupa agar menyediakan kenyamanan untuk kucing Kamu dengan cara membuat tempat tidurnya senyaman dan sehangat yang Kamu bisa buat. Hal ini cukup mudah kok, Kamu bisa meletakkan bedding berupa kain bekas yang bersih dan berjenis kain hangat untuknya.

Resep susu untuk anak kucing
Resep susu untuk anak kucing

Resep Susu untuk Anak Kucing Berusia Lebih dari Dua Hari

Jika resep susu sebelumnya adalah untuk kucing yang benar-benar baru lahir, yang selanjutnya adalah untuk anakan kucing yang usianya sudah dua hari lebih. Jika sudah dua hari lebih begini, resep susu untuk anak kucingnya tidak sesusah yang tadi. Bagaimanakah resepnya? antara lain adalah sebagai berikut:

1. Susu bubuk (skim)

Jika sudah berusia dua hari lebih, maka kucing anakan Kamu  boleh diberikan susu bubuk atau susu skim saja. Caranya mudah saja, yakni dengan menambahkan 3-4 sendok makan susu bubuk ditambahkan dengan sekitar 300 cc air hangat. Kamu juga bisa menambahkan mentega dan juga ½ sendok makan gula pasir.

Fakta menariknya adalah, sebenarnya, susu ini diberikan kepada anak kambing yang ditinggalkan oleh induknya. Tetapi ternyata ketika dicoba, susu bubuk ini juga sangat baik untuk kucing jadi layak untuk dilakukan. Berikan yang secukupnya dengan frekuensi yang pas karena kucing akan mudah lapar dan juga kenyang.

2. Dari segi makanannya

Saat berumur dua hari lebih, kucing Kamu sudah siap makan juga. Kamu sudah bisa memberikan makanan yang mana direkomendasikan teksturnya harus halus. Sebagai contoh, Kamu bisa memberikan ikan kecil yang dihaluskan agar bisa dicerna mudah oleh bayi kucing. Jangan memberikannya makanan yang terlalu besar karena anak kucing belum mampu mencerna makanan dengan mudah.

Jangan memberikannya terlalu berlebihan karena kucing Kamu bisa muntah. Dan pastikan bahwa makanan yang diberikan kepada kitten adalah makanan yang fresh dan tidak basi, karena jika Kamu memberikan makanan basi maka kucing Kamu bisa mengalami  keracunan atau terkena penyakit botulism. Jika sudah sakit, bukan hanya kucing yang menderita, Kamu pun akan kebingungan cara mengatasinya.

Jadi pada usia lebih dari dua hari, Kamu tidak hanya perlu memberikan resep susu anak kucing saja tetapi ditambah dengan makanan. Dengan memberikan makanan pula, maka anak kucing Kamu mendapatkan gizi yang dibutuhkannya dengan baik. Ini adalah tanggung jawab bagi Kamu sang pemilik kucing.

Resep susu untuk anak kucing
Resep susu untuk anak kucing

Tips Lainnya dalam Merawat Anak Kucing

Selain resep susu untuk bayi kucing yang sangat penting, ada yang tidak kalah pentingnya yang harus dilakukan. Hal tersebut adalah tips lainnya yang masih sangat relevan yang mana mem. Tips tersebut antara lain adalah:

1. Tidak memandikannya

Saat kucing Kamu masih bayi, maka sebaiknya Kamu menghindari memandikannya. Ini akan sangat membahayakan dikarenakan bisa saja bayi kucing tidak kuat menahan dinginnya air, ditambah lagi bulunya masih sangat jarang. Kamu bisa membersihkan badannya dengan kain hangat saja agar badan anak kucing tetap bersih.

2. Memberikan obat kutu

Ada hama atau kutu yang menempel pada anak kucing tentu sangat meresahkan dan membuat tidak nyaman. Tentu sangat kasihan sekali seekor anak kucing yang dihinggapi kutu di badannya karena merasa gatal tetapi tidak bisa berbuat banyak.

Maka dari itu, Kamu bisa memberikannya obat anti kutu. Meskipun demikian, Kamu harus mengkonsultasikannya terlebih dahulu alias tidak boleh sembarangan. Hal ini supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan kepada anak kucing kesayangan Kamu tadi.

Resep susu untuk anak kucing
Resep susu untuk anak kucing

3. Memberikannya kasih sayang dengan mengajak bermain

Kamu jangan lupa mengajaknya bermain supaya dia merasa disayang, menjadi sehat, dan juga menjadi lincah. Bahkan, tips merawat yang satu ini bisa juga membuatnya menjadi sangat ceria dan juga nurut kepada Kamu. Ini adalah masa yang tepat agar kucing Kamu tidak menjadi kucing yang nakal.

Kamu juga bisa mengelus kepalanya dan sering menyebutkan namanya. Cara-cara seperti ini bisa membuat kucing merasakan kasih sayang meskipun tidak dari induknya langsung. Secara tidak disadari, cara ini akan membuat bonding antara Kamu dengan kucing kesayangan Kamu.

4. Ajari kucing Kamu cara buang air kecil

Tentunya Kamu tidak ingin kucing Kamu pipis sembarangan, bukan? Nah untuk menghindari hal ini, Kamu harus mengajarkan cara buang air kecil yang benar. Caranya adalah Kita harus menyediakan kardus yang isinya adalah  tanah dan arahkan dia ke sana untuk membuang hajatnya.

Resep susu untuk anak kucing
Resep susu untuk anak kucing

Penutup

Itulah resep susu untuk anak kucing yang harus Kamu ketahui. Pada intinya memang memberikan resep susu untuk anak kucing tidak boleh dilakukan dengan sembarangan karena pada dasarnya usia kucing yang sangat kecil itulah adalah usia yang sangat membutuhkan perawatan intensif dan juga susu kucing yang baik pula. Semoga bermanfaat!

Baca Juga : 4 Makanan Terbaik Untuk Anak Kucing dan Cara Memberikannya