Rincian Biaya Pembuatan Kolam Ikan Gurame

Posted on 27 views
Untuk membuka usaha budidaya ikan gurame, diperlukan persiapan dalam membangun kolam yang mana harus diketahui dahulu jumlah biaya pembuatan kolam ikan gurame
Bagikan artikel ini

Untuk membuka usaha budidaya ikan gurame, diperlukan persiapan dalam membangun kolam yang mana harus diketahui dahulu jumlah biaya pembuatan kolam ikan gurame. Kolam adalah sarana yang paling penting dalam membudidayakan ikan gurame. Karena, baik atau buruknya kolam yang kamu akan buat akan menentukan keberhasilan usaha kamu ke depannya.

Ketika akan membangun kolam, rencanakan dahulu mengenai kolam yang akan dibuat, tata letak hingga ukurannya. Prinsip dasar saat membuat kolam adalah kolam harus bisa mendapat aliran air yang baru, bukan bekas dari kolam yang lain.

Selain itu, siapkan juga jumlah serta rincian biaya pembuatan kolam ikan gurame dengan baik. Persiapkan dengan matang agar nantinya ketika pembangunan kolam berlangsung, kamu tidak perlu khawatir lagi apakah dana yang dimiliki kurang atau tidak.

Biaya pembuatan kolam ikan gurame
Biaya pembuatan kolam ikan gurame

Biaya Pembuatan Kolam Ikan Gurame

Sebelum membangun sebuah kolam ikan gurame, kamu perlu memperhitungkan biaya pembuatan kolam ikan gurame. Biaya pembuata kolam tersebut dapat disesuaikan dengan rancangan dari awal. Namun sebelum itu, berikut contoh rancangan kolam dengan ukuran 4,5 m x 1,3 m x 1 m.

  • Kotak kecil-kecil berjejer yang disebut batako memiliki ukuran P 35 x T 15.
  • Sela-sela kotak merupakan adukan dari pasir dan semen.
  • Pada bagian blok bawah merupakan slop untuk pondasi atau cor yang menggunakan besi ukuran 6 dan begel 8 x 11.
  • Di samping kiri, tengah dan kanan juga menggunakan besi yang berukuran 6 dengan diberi begel 8×11 yang kemudian dicor.
  • Untuk bagian atas juga sama seperti bagian bawah.
  • Sisi lebar konstruksinya juga sama dengan sisi panjang, dan yang membedakan hanya ukurannya saja.

Berikut perkiraan biaya pembuatan kolam ikan gurame, namun perlu diingat, di daerah kamu belum tentu harganya sama persis dengan harga bahan di bawah ini.

  • Pasir 3 pickup kecil @ Rp 160.000,- = Rp 480.000,-
  • Semen 50 Kg 7 zak @ Rp 65.000,- = Rp 455.000,-
  • Batako 160 buah @ Rp 2.500,- = Rp 400.000,-
  • Besi dengan ukuran 6 sebanyak 4 buah @ Rp 14.500,- = Rp 87.000,-
  • Begel atau cincin besi beton 3 Kg @ Rp 12.500,- = Rp 37.500,-
  • Paralon pembuangan 2 dim 1 buah @ Rp 38.000,- = Rp 38.000,-
  • Siku paralon 2 buah @ Rp 7.500,- = Rp 15.000,-

Jadi, jumlah perkiraan biaya pembuatan kolam ikan gurame dengan ukuran 4,5 m x 1,3 m x 1 m adalah sebesar Rp 1.512.500. Namun biaya tersebut belum termasuk untuk tenaga tukang yang mengerjakannya. Karena dalam biaya pembangunan kolam ikan gurame, di dalamnya terdapat juga biaya untuk tukang yang mengerjakannya.

Berikut perkiraan biaya yang akan dikeluarkan untuk tenaga kerjanya dengan waktu pengerjaan kolam menggunakan tukang sebanyak 2 orang dalam 10 hari kerja, yaitu:

  • Biaya tenaga kerja : Rp 120.000,- (2 orang/hari) x 10 hari = Rp 1.200.000,- 
  • Biaya makan dan minum : Rp 30.000,- (2 orang/hari) x 10 hari = Rp 300.000,-
  • Biaya konsumsi rokok = Rp 13.000,- (1 pack /hari) x 10 hari = Rp 130.000,-

Jadi untuk total biaya tenaga kerja = Rp 1.630.000,-

Lalu untuk total biaya keseluruhan = Rp 1.512.500,- + Rp 1.630.000,- = Rp 3.142.500,-. Sehingga dapat diketahui, jumlah biaya pembuatan kolam ikan gurame adalah Rp 3.142.500,-.

Biaya pembuatan kolam ikan gurame
Biaya pembuatan kolam ikan gurame

Jenis-jenis Kolam Dalam Budidaya Gurame

1. Kolam Perawatan Induk

Kolam perawatan induk mempunyai fungsi untuk mempersiapkan kematangan telur serta memelihara kesehatan induknya. Kolam ini berbentuk kolam tanah yang memiliki luas sekitar 10 m² dengan kedalaman minimum 50 cm. Lalu untuk kepadatan kolamnya berisi 20 ekor betina dan untuknya jantannya sebanyak 10 ekor.

Jumlah induk yang disimpan di dalam kolam ini sangat bergantung pada jumlah yang dipelihara dan luas kolam yang kamu digunakan. Tentukan terlebih dahulu untuk berapa jumlah induk yang akan disiapkan dan dipelihara. Ada petani yang membuat perbandingan 1 induk jantan serta 3 induk betina.

Hal yang perlu kamu perhatikan ketika menyimpan induk di kolam pemeliharaan adalah berikanlah pakan berupa daun sente agar dapat mempercepat proses kematangan gonad.

Biaya pembuatan kolam ikan gurame
Biaya pembuatan kolam ikan gurame

2. Kolam Pemijahan

Kolam pemijahan adalah kolam tanah yang memiliki luas 200-300 m². Di dalam kolam tersebut, untuk setiap satu ekor ikan gurame dewasa membutuhkan luas 2-10 m². Untuk suhu yang ideal sendiri adalah 24-28º C serta 75-100 cm untuk kedalamannya.

Bagian dasar kolam disarankan untuk diberi pasir. Letakkan sarana penempel yang bisa berupa ijuk ataupun ranting pohon pada permukaan air, serta letakkan di kedalaman 10 cm dari permukaan air. Letakkan penempel tersebut tidak jauh dari sosog tempat penyimpanan sarang.

3. Kolam Pemeliharaan Benih atau Kolam Pendederan

Luas kolam ini tidak lebih besar dari 50-100 m² dan kedalaman airnya sebesar 30-50 cm. Kepadatan kolam disarankan 5-50 ekor/m². Lama pemeliharaan benih dalam kolam pendederan ini sekitar 3-4 minggu. Pada saat itu, benih ikan akan memiliki ukuran 3-5 cm.

Biaya pembuatan kolam ikan gurame
Biaya pembuatan kolam ikan gurame

4. Kolam Pembesaran

Kolam pembesaran memiliki fungsi yang dapat digunakan sebagai tempat pemeliharaan serta membesarkan benih selepas dari kolam pendederan. Ada saatnya dalam pemeliharaan diperlukan beberapa kolam jaring atau happa berukuran 1,25-1,5 cm yang digunakan untuk menampung serta mendederkan benih gurame tahap awal.

5. Kolam Pemberokan

Kolam pemberokan berupa kolam tanah atau kolam semen dengan air mengalir digunakan sebagai tempat pembersihan ikan sebelum dipasarkan. Hal tersebut bertujuan agar ikan tidak mengandung kotoran serta tidak berbau lumpur.

Biaya pembuatan kolam ikan gurame
Biaya pembuatan kolam ikan gurame

Tidak ada ukuran yang baku untuk kolam pemberokan, yang paling penting ketinggian air serta luas kolam membuat gurame nyaman untuk hilir mudik.

Komponen Kolam Ikan

Selain memperhatikan biaya pembuatan kolam ikan gurame, ada hal lain yang harus diperhatikan. Dalam sebuah kolam ikan, terdapat beberapa komponen yang harus dimiliki, yaitu:

1. Saluran Pemasukan Air

Agar kolam ikan tidak kering, dibutuhkanlah suatu saluran air yang berfungsi untuk mengisi air kolam atau merehabilitasi kualitas dari air yang sudah tidak baik dengan menggantinya sebagian atau juga seluruhnya. Sebagai saluran untuk masuknya air, tentu letaknya harus lebih tinggi dari bibir kolam.

2. Saluran Pengeluaran Air

Untuk tetap menjaga ketinggian air yang ada di dalam kolam agar stabil, buatlah juga saluran pengeluaran air. Dalam membuat saluran pengeluaran air harus memperhatikan lebarnya. Jangan sampai saluran air tersebut terlalu besar ataupun terlalu kecil. Karena jika saluran pembuangan air yang dibuat terlalu kecil, akan mengakibatkan air kolam menguap atau menyebabkan pengikisan dinding kolam.

3. Pintu Pemasukan serta Pembuangan Air

Sebagai penunjang proses pembudidayaan, pada setiap saluran masuk dan keluarnya air perlu dibuatkan pintu yang mempunyai fungsi berbeda-beda. Pintu saluran pemasok air digunakan sebagai penjaring masuknya hewan yang liar ke dalam kolam, lalu untuk pintu pembuangan sendiri adalah untuk menjaga agar ikan tidak keluar dari kolam.

Biaya pembuatan kolam ikan gurame
Biaya pembuatan kolam ikan gurame

Penutup

Demikianlah artikel mengenai biaya pembuatan kolam ikan gurame. Selain itu, dalam artikel ini juga menjelaskan tentang jenis-jenis kolam ikan serta komponen yang harus ada dalam kolam. Perhatikan kelengkapan dalam pembuatan kolam tersebut. Semoga informasi yang telah dijelaskan dapat memberi manfaat bagi kamu yang ingin membangun kolam ikan gurame untuk memulai usaha. Selamat mencoba!