Kucing Terlihat Lemas Dan Pemalas? Ini Dia 10 Cara Meningkatkan Nafsu Makan Kucing Agar Kembali Aktif

Posted on
Berikut saya bahas mengenai 10 cara meningkatkan nafsu makan kucing agar kembali aktif.

Hi teman-teman terima kasih sebelumnya sudah berkunjung ke artikel kali ini, untuk kamu yang berkunjung rasanya kamu pasti seorang yang mencintai hewan, terutama kucing. Bagi kamu yang sedang dilema karena kucing kamu jadi kurang vit, dan sedikit pemalas, bukan masalah yang besar jika kamu membaca artikel kali ini dengan cermat dan teliti.

Berikut saya bahas mengenai 10 cara meningkatkan nafsu makan kucing agar kembali aktif.

Cara meningkatkan nafsu makan kucing
Cara meningkatkan nafsu makan kucing

10 Cara Meningkatkan Nafsu Makan Kucing Yang Paling Efektif

Kamu sudah mencoba berbagai cara agar kucing kamu terlihat vit dan bersemangat, kamu sudah membujuknya tapi masih tetap saja kucing lebih memilih untuk rebahan. Kadang Ketika mood kucing seperti itu bukan tanpa alasan, bisa jadi karena nafsu makannya yang turun yang membuat mood kucing jadi tidak baik. Langsung saja berikut 10 cara meningkatkan nafsu makan kucing yang paling efektif.

1. Memberikan Kucing Makanan Yang Basah

cara meningkatkan nafsu makan kucing yang pertama adalah dengan memberikan kucing makanan basah. Seperti halnya kita sebagai seorang manusia, kucing itu memiliki preferensi terkait rasa serta tekstur dalam hal makanan. Sangat banyak kucing yang lebih suka makanan dengan jumlah kadar air yang terkandungnya lebih tinggi, terutama anak kucing yang masih belum bisa memakan makanan yang kering.

Selain itu makanan basah juga bisa mempermudah kucing untuk mengunyah dan menelan, hal itu sangat membantu Ketika kucing kamu memiliki masalah mulut seperti sakit gigi. Hal baik lainnya adalah makanan basah merupakan makanan yang mudah untuk dicerna.

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Kutu Kucing Secara Alami Dan Efektif

2. Memberikan Kucing Makanan Yang Memiliki Aroma Kuat

Perlu kamu tahu jika makanan yang beraroma kuat itu bisa memicu kucing untuk makan, kenapa? Karena kucing sangat menyukai makanan dengan aroma yang kuat, seperti aroma daging, atau ikan asin dan ikan tawar, makanan jenis ini sangat mudah untuk ditemukan, kamu hanya tinggal membelinya di pasar atau warung terdekat. Untuk ayam sebelum diberikan pada kucing akan lebih baik jika kamu merebusnya terlebih dahulu.

Cara meningkatkan nafsu makan kucing
Cara meningkatkan nafsu makan kucing

3. Hangatkan Makanan Sebelum Diberikan Kepada Kucing

Di antara kamu ada yang tahu tidak, kenapa sih kucing lebih suka makanan hangat? Ternyata kucing terutama kitten yang terbiasa dengan kehangatan asi itu akan merasa asing dengan makanan yang terasa dingin, karena dari itu alangkah baiknya jika kamu menghangatkan terlebih dahulu makanan kucing sebelum diberikan pada kucing.

Selain kucing kecil, kucing dewasa juga tak kalah menyukai makanan hangat. Selain itu makanan hangat juga sangat mudah untuk dicerna perut terutama Ketika kucing merasa perutnya sakit.

4. Mengganti Makanan Kucing Kamu

Jika kamu tahu bahwa kucing bisa kehilangan nafsu makan, karena kucing merasa tidak cocok dengan makanan yang kamu berikan, selain itu kucing juga bisa merasa bosan dengan jenis serta rasa makanan yang tidak pernah berubah dalam jangka waktu yang lama. Jadi mungkin kamu bisa menyiasatinya dengan mengganti menu makanan kucing setiap berapa minggu sekali atau beberapa bulan sekali.

Selain itu kamu juga bisa mengganti jenis merek makanan kucing dengan yang berbeda. Tidak hanya itu saja kamu juga masih tetap harus memperhatikan nutrisi yang terkandung dalam makanan yang kamu berikan pada kucing. cara meningkatkan nafsu makan kucing yang ke 4 ini sangat mudah bukan.

5. Memastikan Jika Kucing Kamu Tidak Mengalami Stres

Entah itu bagi manusia ataupun bagi hewan stres merupakan hal yang sangat mengerikan, yang akan mempengaruhi setiap hal yang dilakukan, seperti halnya manusia kucing yang mengalami stres bisa memiliki nafsu makan yang kurang.

Dalam hal ini kamu harus mengetahui tanda-tanda kucing yang mengalami stres, tanda-tandanya yaitu  seperti, grooming berlebihan, serta terus mengeong tanpa sebab. karena sangat sulit pastinya mengetahui alasan kucing kamu stres mungkin yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengurangi stres yang dirasa kucing, kamu bisa melakukannya dengan cara sering menggendong kucing, mengajak bermain kucing, serta mengelus kucing, intinya sayangi kucing kamu dan buat dia merasa senyaman mungkin berada di tempat kamu.

Baca Juga :  Mencari Berbagai Penyebab Kucing Tidak Mau Makan dan Mencret dengan Tepat
Cara meningkatkan nafsu makan kucing
Cara meningkatkan nafsu makan kucing

6. Memberikan Perawatan Dengan Membawa Kucing Ke Dokter Hewan

cara meningkatkan nafsu makan kucing yang ke 6 adalah ketika kamu tahu jika kucing kamu mengalami kehilangan nafsu makan. cara yang paling tepat untuk mengetahui apa penyebabnya adalah membawa kucing kamu ke dokter hewan.

Pertama kamu harus pastikan jika kucing kamu makan seperti biasa, dan jika terjadi perbedaan selama beberapa hari, mungkin itu saatnya bagi kamu untuk membawanya ke dokter hewan, dan mungkin saat itu dokter akan menyarankan agar kucing kamu melakukan diet ideal yang secara khusus sesuai dengan kebutuhan kucing kamu.

Jangan lupa untuk memastikan kucing kamu terawat dengan baik dan memiliki tempat tinggal yang baik, sangat penting bagi kamu untuk memperhatikan kebutuhan nutrisi kucing dengan cukup dan seimbang.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kucing mungkin kamu bisa memberikan muezza yang di dalamnya terkandung ekstrak yucca schidigera dan sangat berkhasiat untuk menghambat penyerapan bakteri berbahaya dalam saluran pencernaan, sehingga Kesehatan kucing kamu juga akan lebih terjamin. Selain memiliki banyak kandungan nutrisi muezza juga sudah tersertifikasi halal.

7. Memberikan Kucing Minyak Ikan Secara Teratur

Minyak ikan yang memiliki rasa serta aroma amis bisa membantu meningkatkan selera makan kucing, jika mereka kesulitan makan, minyak ikan ini juga sangat cocok untuk dijadikan suplemen dalam memberikan nutrisi dan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh kucing kamu.

Minyak ikan ini memiliki manfaat untuk beberapa penyakit kulit serta masalah Kesehatan lainnya, minyak ikan bisa diberikan kepada kucing dengan campuran makanan yang lain, atau mungkin kamu bisa memberikannya secara langsung kepada kucing kamu dengan cara meneteskannya ke mulut kucing. Itu dia cara meningkatkan nafsu makan kucing yang terakhir.

Tips Menjaga Kesehatan Kucing Agar Tetap Lincah

Selain mencari tahu bagaimana cara meningkatkan nafsu makan kucing akan sangat penting bagi kamu dalam menjaga agar kucing kamu tetap lincah, dan bukan hanya diam, sangat menyenangkan bukan memiliki kucing yang bersemangat dan pintar. Untuk membuat kucing kamu merasa bersemangat sangat penting bagi kamu dalam menjaga kesehatan kucing kamu.

Baca Juga :  Mencari Tahu Obat Jamur Pada Kucing Dan Penyebabnya

Saat ini saya akan mencoba untuk berbagi sedikit informasi mengenai tips menjaga Kesehatan kucing, yaitu kamu bisa melakukannya dengan selalu membersihkan kendang kucing, menjaga kebersihan ini sangat penting apalagi jika kucing itu tinggal di dalam rumah kamu, selain kucing bisa sakit kamu juga bisa jadi ikut sakit.

Selalu buat kucing kamu merasa bahagia juga bisa menjaga semangat kucing untuk tetap bertingkah dan memiliki semangat yang lebih besar.

Cara meningkatkan nafsu makan kucing
Cara meningkatkan nafsu makan kucing

Pertanyaan Seputar Cara Meningkatkan Nafsu Makan Kucing

Kenapa kucing saya makannya sedikit?

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Kucing

Kucing yang tidak nafsu makan bisa disebabkan oleh penyakit, stres, hingga makanan yang tidak cocok. Masalah dengan perut kucing, usus, pankreas, atau bagian lain dari sistem pencernaannya dapat menyebabkan kucing berhenti makan. Kucing juga mungkin akan mengalami diare atau sakit perut.

Bagaimana cara menggemukkan kucing?

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Kucing

1. Tambah Nafsu Makan Terlebih Dahulu
2. Memberikan Makanan yang Berprotein Tinggi
3. Berikan Makanan yang Tepat
4. Memberinya Vitamin
5. Memberinya Vaksin
6. Menjaga Mood Kucing
7. Setelah Bermain, Ajak Si Kucing Makan
8. Menggunakan AC (Air Conditioner)

Jika kucing tidak mau makan apa yang harus dilakukan?

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Kucing

Selain itu, cobalah memanaskan makanan kucing basah yang dingin atau tuna selama beberapa detik dalam microwave. Atau, tawarkan makanan kucing kaleng, tuna kaleng, atau ayam kalengan untuk mengembalikan nafsu makannya.

Mengapa kucing terlihat lesu dan tidak mau makan?

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Kucing

Hilangnya nafsu makan bukan hanya disebabkan masalah fisik. Terkadang kecemasan atau Depresi bisa menjadi alasan kucing tidak mau makan. Stres menjadi salah satu penyebab kucing kehilangan nafsu makannya. Pastikan untuk mengenali tanda-tanda kucing stres seperti grooming berlebihan dan terus mengeong tanpa sebab.

Apakah kucing bisa bosan dengan makanannya?

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Kucing

Pecinta kucing, makanan bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kucing tidak mau makan. Ada dua jenis makanan kucing yang biasa diberikan, yaitu makanan kering dan makanan basah. Jika kita hanya memberikan makanan yang itu-itu saja pasti kucing akan merasa bosan.

Apa ciri ciri kucing terkena cacingan?

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Kucing

Jangan Sampai Terjadi pada Kucing Kesayanganmu! Ini 5 Tanda Kucing Cacingan dan Penyebabnya
1. Tidak Selera Makan. Kucing yang cacingan tidak punya selera makan yang baik
2. Berat Badan Turun
3. Sering Haus
4. Gusi Memutih
5. Ada Cacing pada Feses

Penutup

Saya harap jika kamu memang memiliki hewan peliharaan maka kamu juga harus benar-benar menyayanginya sepenuh hati dan merawatnya sebaik mungkin.

Itu dia beberapa cara meningkatkan nafsu makan kucing versi Ternak Hewan. Semoga artikel ini bermanfaat dan kucing kamu sehat selalu ya!