Cara Mengatasi Cupang Stress dengan Ampuh

Posted on 35 views
Bagikan artikel ini

Memelihara cupang memang menyenangkan, namun kamu perlu tahu bagaimana cara mengatasi cupang stress. Layaknya hewan lain, cupang juga bisa mengalami stress bahkan depresi. Sumber stress tersebut bisa berasal dari akuarium tempatnya berenang, atau memang karena cupang memiliki penyakit.

Gejala cupang yang stress juga bisa dilihat dari gerak-geriknya. Cupang yang sedang stress akan berusaha menghindar dari kerumunan ikan. Mereka juga enggan untuk berenang dengan lincah. Hal tersebut dipicu oleh tidak sehatnya tubuh cupang dan perasaan tidak nyaman saat mereka beraktivitas seperti biasa.

Jika kamu memiliki cupang dengan gejala demikian, kamu harus waspada kalau saja cupang milikmu sedang stress. Lalu, bagaimana mengetahui jika cupang sedang stress secara persisnya? Untuk memahaminya, kamu bisa membaca penjelasannya di bawah ini.

Cara mengatasi cupang stress
Cara mengatasi cupang stress

Cara Mengatasi Cupang Stress: Faktor Cupang Stress

Sebelum membahas cara mengatasi cupang stress, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu faktor apa yang bisa menyebabkan cupang menjadi stress. Ikan sendiri dikenal sebagai hewan yang tidak begitu sering stress, walaupun tetap saja ada kemungkinan mereka bisa merasa stress. Itu semua ditentukan dengan perlakuan kamu terhadap ikan cupang.

Ikan cupang yang stress diawali dengan akuarium yang tidak sehat. Apabila akuarium kamu dipenuhi kotoran atau jarang dibersihkan secara berkala, maka ikan cupangmu akan terkena stress lebih cepat dari waktu normalnya. Disamping itu, akuarium yang penuh dengan ikan lain akan membuat ikan cupangmu berebutan tempat dengan ikan tersebut.

Hal tersebut sudah jelas, mengingat akuarium adalah tempat utama bagi cupang. Sehingga, perubahan yang terjadi di dalamnya dapat langsung berdampak pada cupang. Selain akuarium, kamu bisa melihat apakah air yang kamu salurkan ke akuarium adalah air yang berkualitas. Jika air terkontaminasi dengan zat besi dari pipa, maka cupang juga tidak akan betah di dalamnya.

Faktor lainnya yang bisa menyebabkan cupang stress adalah ketika filter yang kamu gunakan tidak berfungsi dengan baik. Filter yang seharusnya menyaring kotoran mulai dari kotoran akuarium sampai kotoran ikan akan memenuhi air di akuarium karena filter yang tidak berfungsi. Banyaknya kotoran akan membuat ikan cepat terserang penyakit, salah satunya stress.

Dalam banyak kasus, cupang yang stress juga disebabkan oleh penyakit yang mengenai tubuhnya. Contohnya penyakit white spot atau titik putih pada ikan. Penyakit white spot diakibatkan oleh parasit yang tumbuh di tubuh ikan. Karena sakit, cupang yang semula hanya terkena infeksi menjadi stress.

Jika dipikir-pikir, hampir seluruh faktor yang membuat cupang stress berasal dari sesuatu yang berhubungan paling dekat dengan cupang. Maka dari itu, sebagai seorang pemelihara cupang, kamu harus mengasah kepekaanmu dalam cara mengatasi cupang stress. Memberikan cupang akuarium saja tidak cukup. Kamu harus benar-benar merawat cupang dari kebutuhan dasarnya.

Cara mengatasi cupang stress
Cara mengatasi cupang stress

Mengganti Air dengan Rutin

Seperti udara, air adalah media untuk tetap bernafas bagi ikan. Apabila air yang ada di akuarium tidak diganti secara berkala, maka ikan bisa terkena penyakit lebih rentan. Penyakit yang menggerogoti tubuh ikan akan membuat ikan menjadi stress. Dan ikan yang stress, akan sulit bertahan untuk hidup karena penyakit yang dideritanya.

Berikanlah kualitas air yang baik untuk ikan sebagai salah satu cara mengatasi cupang stress. Ganti air dalam akuarium 2 minggu sekali atau sesuai dengan kebutuhan. Jika kamu melihat akuarium kamu lebih kotor sebelum 2 minggu, maka kamu bisa menjadwalkan penggantian lebih cepat dari biasanya.

Siapkan juga tempat lain ketika kamu sedang membersihkan akuarium kamu. Jangan memindahkan ikan dengan sembarangan. Gunakan jaring yang biasa digunakan ketika mengambil ikan. Ikan yang sensitif bisa jadi kaget dan kehabisan nafas saat dipindahkan. Taruh ikan di tempat yang cukup bagi mereka untuk berenang sementara.

Kamu juga bisa menambahkan daun ketapang agar air di dalam akuarium kamu memiliki tingkat kejernihan yang bagus. Caranya, keringkan daun ketapang yang sudah kamu beli. Setelah dikeringkan, giling tipis dan taruh di akuarium. Jika kamu belum yakin kalau daun ketapang yang kamu olah sudah tepat, kamu bisa membelinya langsung di tempat kelengkapan ikan.

Cara mengatasi cupang stress
Cara mengatasi cupang stress

Keluarkan Ikan yang Agresif

Apakah ada ikan cupang atau ikan lain yang memiliki kelincahan lebih gesit dari ikan cupang biasanya? Jika ya, kamu perlu memikirkan untuk memisahkan ikan tersebut di akuarium lain. Mungkin kamu tidak dapat memerhatikannya dengan saksama. Tetapi, ikan cupang yang tidak seagresif ikan tersebut akan merasa stress berada di sekitarnya.

Keseimbangan lingkungan merupakan salah satu cara mengatasi cupang stress. Keseimbangan tersebut tidak bisa hanya didapatkan lewat air yang berkualitas. Namun juga, lingkungan tempat tinggal ikan. Jika ikan cupang disandingkan dengan ikan yang lebih agresif, sudah pasti mereka akan kewalahan dan tidak betah di akuariumnya.

Gunakan Filter yang Berkualitas

Setiap tempat penyaluran air perlu filter atau penyaring yang berkualitas agar air yang digunakan aman. Manusia juga membutuhkan filter untuk mendapatkan air yang berkualitas. Tidak berbeda dengan manusia, ikan juga butuh filter untuk air tempat mereka berenang. Apalagi, air yang dimaksud adalah sebagai media tempat ikan hidup.

Filter yang tidak begitu kuat atau lemah akan menjaga air dari kotoran serta lumut yang menempel. Selain itu, filter juga berguna untuk menjaga tingkat kelembapan akuarium. Gunakan filter yang menghasilkan arus yang tidak begitu keras sebagai cara mengatasi cupang stress, dan juga dapat berfungsi dengan maksimal ketika menyaring kotoran.

Cara mengatasi cupang stress
Cara mengatasi cupang stress

Ketahui Pakan yang Cocok Untuk Ikan

Berikanlah ikan cupangmu makanan yang bernutrisi tinggi. Kamu dapat memberinya pelet ikan, namun sesekali kamu harus memberi ikan cupang daging segar seperti udang. Ikan cupang juga menyenangi cacing darah sebagai makanannya.

Saat nutrisi di tubuhnya sudah terpenuhi, ikan cupang akan memiliki kekebalan tubuh yang kuat. Sehingga, penyakit stress tidak hinggap begitu saja di tubuh cupang. Memberi ikan cupang pakan yang berkualitas merupakan kiat mengatasi cupang stress dengan cukup ampuh.

Penyediaan Ruang yang Cukup

Cara mengatasi cupang stress lainnya adalah dengan memberikan mereka ruang yang cukup. Bayangkan jika cupang dengan jumlah banyak berenang di tempat yang sempit. Tentu mereka tidak bisa bergerak dengan lincah.

Sehingga, untuk membuat cupang tidak stress, kamu harus menyediakan ruang atau akuarium yang cukup bagi cupang untuk berenang. Perhatikan juga di mana kamu menaruh akuariummu. Jangan taruh akuarium di tempat dekat benda yang bergetar, misalnya pintu.

Setelah kamu melakukan cara-cara di atas, kamu bisa mencatat perkembangan ikan cupangmu selama beberapa minggu. Perhatikan jika gerak-gerik mereka menjadi lincah atau justru semakin lemas. Jika menemui kejanggalan, kamu dapat mengecek hal apa yang kamu berikan pada mereka.

Cara mengatasi cupang stress
Cara mengatasi cupang stress

Penutup

Mulai dari pakan, tempat, sampai filter yang digunakan, kamu perlu memeriksanya secara keseluruhan. Termasuk dengan keadaan akuarium dan ornamen yang di dalamnya. Pastikan agar semuanya steril untuk dapat menghilangkan stress pada ikan cupang. Semoga artikel tentang cara mengatasi cupang stress ini berguna untuk Kamu.

Baca Juga : Belajar Asik Cara Ternak Ikan Cupang, Super Mudah dan Menguntungkan!