Ikan Cupang Avatar Vampire: Ciri, Cara Merawat, Harga, hingga Makanan

Posted on 87 views
Salah satu jenis ikan cupang yang unik dan disukai banyak orang adalah ikan cupang avatar vampire.Membahas tentang ✓ Ciri ✓ Cara Merawat ✓ Harga ✓ Jenis Makanan
Bagikan artikel ini

Saat ini banyak orang yang tertarik untuk memelihara ikan hias, misalnya ikan cupang. Salah satu jenis ikan cupang yang sangat unik dan disukai oleh banyak orang adalah ikan cupang avatar vampire. Seperti yang telah diketahui secara umum bahwa ada banyak sekali jenis ikan cupang yang memiliki karakteristik berbeda-beda, bahkan cara merawatnya pun berbeda.

Ikan cupang ini mulai digandrungi oleh para penghobi sejak pertengahan tahun 2020. Jika kamu merupakan kolektor ikan cupang, maka wajib mengetahui jenis ikan cupang yang satu ini. Banyak yang mengatakan bahwa dibandingkan ikan hias lainnya, ikan cupang memiliki daya tarik yang lebih tinggi, sehingga disebut sebagai ikan kasta tertinggi. Ikan cupang avatar ini memiliki daya tarik yang memesona, sehingga bagi kamu penghobi ikan cupang, wajib mengetahui beberapa hal seputar jenis ikan cupang ini.

Ikan cupang avatar vampire
Ikan cupang avatar vampire

Mengenal Ikan Cupang Avatar Vampire

Jika kamu belum mengetahui ikan cupang ini, sekarang kamu bisa mulai mengenalnya mulai dari asal usul ikan cupang ini. Sebenarnya, ikan cupang avatar merupakan hasil perkawinan silang dari berbagai jenis cupang. Hal inilah yang membuat ikan cupang avatar terlihat sangat menarik dan memesona warna dan coraknya. Indukan yang paling sering digunakan yaitu indukan cupang plakat, karena jenis inilah yang paling mudah untuk dibudidayakan. Selain itu, indukan ini juga lebih mudah untuk mengkombinasi warna dan corak dibanding Halfmoon.

Meskipun demikian, ternyata untuk menghasilkan ikan cupang jenis avatar vampire ini tidaklah mudah. Apabila kamu mencoba mengawinkan silang berbagai jenis ikan cupang dan hasilnya gagal, maka jangan menyerah. Banyak para penghobi cupang yang tidak berhasil saat pertama kali mencobanya. Dikarenakan proses pengawinannya sulit dilakukan, ikan cupang avatar vampire ini memiliki harga jual yang tinggi di pasaran, yakni berkisar Rp. 1 juta sampai Rp. 3 juta. Harga ini disesuaikan dengan ukuran dan corak warna pada ikan.

Asal Usul Nama Ikan Cupang Avatar

Nama ikan cupang yang satu ini sangat unik, yakni ikan cupang avatar. Ternyata banyak orang yang tidak tahu terkait dengan asal usul namanya. Banyak orang yang mengatakan bahwa berbagai jenis ikan cupang di Indonesia, penamaannya diberikan oleh para pembeli dan penjual. Biasanya penamaannya ini disesuaikan dengan warna, corak, bahkan bentuk sirip dari ikan cupang itu sendiri. Seperti halnya penamaan ikan cupang halfmoon yang sirip bagian belakangnya seperti bulan setengah lingkaran.

Sementara itu, nama ikan cupang avatar di Indonesia bermula dari ikan cupang ini yang ketika dilihat akan mengingatkan film Avatar. Di luar negeri, ikan jenis ini tidak diberi nama avatar, melainkan cupang galaxy. Hal ini terjadi karena terdapat corak warna mencolok pada ikan cupang yang menyerupai warna langit saat malam hari. Selain itu juga terdapat corak kerlap kerlip seperti bintang.

Ikan cupang avatar vampire
Ikan cupang avatar vampire

Ciri-Ciri Ikan Cupang Avatar Vampire

Setelah mengenal ikan cupang Avatar secara umum, selanjutnya perlu mengetahui ciri-ciri ikan cupang Avatar vampire yang diminati oleh banyak orang. Sebelumnya perlu diketahui bahwa pada dasarnya ikan cupang Avatar tidak mempunyai habitat asli karena ikan cupang tersebut merupakan hasil kawin silang yang berada di lingkungan manusia. Berikut ini merupakan beberapa ciri-ciri cupang avatar vampire yang harus diketahui.

Warna

Setiap ikan cupang tentu memiliki warna khasnya masing-masing. Untuk jenis ikan cupang avatar, memang pada dasarnya didominasi warna hitam. Jenis ikan cupang avatar pun terbagi lagi menjadi berbagai macam, salah satunya adalah avatar vampire. Warna ikan cupang avatar vampire sendiri yaitu kombinasi hitam dan merah. Jika dideskripsikan lebih detail, cupang avatar vampire ini didominasi warna hitam dengan hiasan galaxy di tubuhnya, serta memiliki sirip dan ekor berwarna merah.

Bentuk

Cupang avatar vampire ini memiliki bentuk tubuh seperti halnya cupang lainnya. Bentuk ekor dan siripnya memanjang, tetapi tentu sesuai dengan jenisnya. Untuk cupang avatar vampire sendiri memiliki bentuk ekor seperti huruf D atau berbentuk setengah bulan. Dengan bentuk yang demikian, tentu membuat ikan cupang ini memiliki daya tarik yang memesona.

Mata

Secara umum, semua jenis ikan cupang avatar, termasuk avatar vampire, memiliki warna mata hitam. Bentuk matanya cenderung bulat. Karena tubuh ikan cupang ini didominasi warna hitam, maka mata ikan cupang tidak begitu terlihat, karena sama dengan warna tubuhnya.

Ikan cupang avatar vampire
Ikan cupang black samurai vampire

Cara Merawat Ikan Cupang Avatar Vampire

Setelah mengetahui ciri-ciri cupang avatar vampire, selanjutnya yaitu perlu mengetahui tentang cara perawatan ikan cupang tersebut.

Pilih Tempat/Wadah yang Pas

Perlu kamu ketahui bahwa sebenarnya ikan cupang bisa hidup di aquarium ukuran berapapun. Meskipun demikian, alangkah baiknya untuk memelihara ikan cupang di wadah yang ukurannya kecil, yakni berukuran 20x15x15 cm. Di dalam wadah tersebut bisa diberi tanaman palsu dan bebatuan kecil supaya lebih indah.

Penggunaan Air

Sebenarnya, habitat asli ikan cupang adalah di sawah dan rawa yang notabene merupakan air tawar. Oleh karenanya, isilah aquarium menggunakan air tawar, sehingga sesuai dengan habitat aslinya. Alangkah baiknya menggunakan air sumur atau air PAM. Sebelum memasukkan ikan pada air tersebut, diamkan beberapa menit terlebih dahulu. Usahakan untuk tidak menggunakan klorin dan kloramin pada air karena hal tersebut bisa membahayakan ikan.

Volume Air

Selain penggunaan jenis air, hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah volume air yang digunakan seberapa banyak. Apabila menggunakan wadah terbuka, cukup masukkan 40 persen air saja ke dalam wadah. Hal ini bertujuan supaya ikan cupang tidak mudah melompat dari wadah.

Mengganti Air

Air sangat penting untuk diganti jika memelihara ikan cupang. Namun alangkah baiknya untuk tidak mengganti air secara drastis. Campurkan saja air baru ke dalam air yang sudah dipakai, sehingga ikan bisa beradaptasi dengan mudah. Hindari memindahkan ikan cupang menggunakan tangan atau jaring yang sembarangan, karena bisa merusak siripnya.

Berapa Harga Ikan Cupang Avatar Vampire?

Bagi kamu para pencinta ikan cupang, maka wajib tau harga cupang avatar vampire. Sebenarnya, harga ikan cupang avatar ini sangat bervariasi, karena macam ikan cupang avatar juga sangat banyak. Namun, untuk harga cupang black vampire bisa didapatkan mulai dari ratusan ribu hingga 3 juta rupiah. Hal ini tergantung corak warna, sirip, ekor, dan bentuknya.

Ikan cupang avatar vampire
Makanan Ikan cupang avatar vampire

Makanan Ikan Cupang Avatar

Memelihara ikan cupang tentu harus siap untuk merawatnya dan memberi makan dengan baik. Untuk makanan ikan cupang avatar vampire ada beberapa pilihan, antara lain adalah sebagai berikut.

  • Kutu air
  • Salmon
  • Daphnia
  • Udang air asin
  • Spirulina

Selain itu, kamu juga bisa memberinya suplemen tambahan pada makanan yang berisi vitamin atau asam lemak. Dengan demikian, maka nutrisi makanan untuk ikan cupang akan lebih lengkap.

Ikan cupang avatar vampire
Ikan cupang avatar vampire

Penutup

Demikianlah penjelasan dan ulasan singkat terkait dengan ikan cupang avatar vampire yang wajib diketahui oleh para penggemar cupang. Masih banyak jenis ikan cupang lainnya yang tentunya sangat menarik untuk dibahas.

Baca Juga : Kenali Jenis Ikan Cupang Hias dan Harganya