4 Makanan Terbaik Untuk Anak Kucing dan Cara Memberikannya

Posted on 70 views
Anak kucing usia di bawah satu bulan belum bisa mendapatkan makanan selain susu dari sang induk. Simak info makanan terbaik untuk anak kucing di artikel berikut
Bagikan artikel ini

Makanan terbaik untuk anak kucing di bawah ini akan sangat membantu kamu yang memelihara anak kucing di rumah.

Anak kucing usia di bawah satu bulan memang belum bisa mendapatkan makanan selain susu dari sang induk. Begitu juga dengan anak kucing usia 1 – 2 bulan, mereka juga belum sepenuhnya lepas dari susu induknya.

makanan terbaik untuk anak kucing
Makanan terbaik untuk anak kucing

Usia anak kucing 1 bulan sudah bisa mendapatkan tambahan nutrisi dari makanan lain. Namun, ketika kamu memberi makanan yang salah atau tidak cocok, mereka akan sangat rentan sakit bahkan mati.

Lantas, apa saja makanan terbaik untuk anak kucing? Berikut ulasan lengkapnya.

Baca Juga : Inilah 10 Makanan Kucing Kampung Agar Cepat Gemuk

Makanan Terbaik Untuk Anak Kucing

1. Susu Formula Pengganti ASI

Makanan utama anak kucing adalah ASI dari sang induk. Anak kucing harus mendapatkan ASI sampai kurang lebih berusia 1 bulan.

Namun, ada beberapa induk yang sudah tidak memberikan ASInya sebelum usia anak kucing menginjak 1 bulan. Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan susu bubuk formula khusus anak kucing. Kamu bisa mendapatkan susu bubuk pengganti ASI di took-toko hewan terdekat.

Selain susu pengganti, kamu juga bisa menggantikan ASI dengan beberapa alternatif pilihan. Pertama adalah teh glukosa bubuk. Kamu bisa memberikan ini pada anak kucing sebagai pengganti ASI. Namun, jangan terlalu sering memberikan anak kucing kamu teh glukosa bubuk. Berikan cukup 1 kali sehari saja.

makanan terbaik untuk anak kucing
Makanan terbaik untuk anak kucing

Kedua adalah memberikan anak kucing air rebusan beras atau biasa disebut tajim. Kamu bisa merebus air dengan beras, kemudian saring air tersebut. Cara ini dapat dilakukan sebagai pengganti ASI sementara.

Meskipun berbagai alternatif dapat dijadikan pengganti ASI sang induk, lebih baik usahakan untuk mencari induk pengganti. Hal ini agar anak kucing dapat mendapatkan nutrisi yang cukup dari kucing induk.

Jangan lupa untuk menggunakan botol susu khusus atau pipet untuk memberikan susu pengganti pada anak kucing.

2. Makanan Bertekstur Halus

Makanan terbaik untuk anak kucing kedua adalah makanan yang memiliki tekstur yang halus. Anak kucing usia 1 bulan biasanya belum memiliki gigi yang kuat. Maka dari itu, berilah anak kucing makanan yang mudah dikunyah.

Kamu bisa membuatkannya bubur dengan cara menghancurkan nasi dengan daging. Komposisi untuk membuat bubur makanan anak kucing yaitu 25% nasi dan 75% daging.

Makanan terbaik untuk anak kucing
Makanan terbaik untuk anak kucing

Selain itu, kamu juga bisa memberikan makanan basah pada anak kucingmu. Ada banyak merek makanan basah yang dijual untuk anak kucing. Beberapa merek terkenal yang bisa jadi pilihan kamu, yaitu Whiskas Pouch Junior Tuna, Royal Canin Mother and Babycat, Profeline Cat Food Tuna in Jelly, dan lain sebagainya.

Kamu bisa sesuaikan jenis dan harga makanan basah yang cocok.

3. Ikan

Makanan terbaik untuk anak kucing selanjutnya adalah ikan. Kucing memang sangat menyukai ikan, begitu juga dengan anak kucing.

Selain kandungan dalam ikan yang bagus, makanan ini juga bertekstur halus. Kamu tidak perlu repot-repot menghaluskannya lagi.

Sebelum memberikan pada anak kucingmu, pastikan bahwa ikan sudah termasak. Hal ini untuk mencegah bakteri-bakteri dari ikan mentah masuk ke dalam tubuh anak kucing. Jangan lupa juga untuk menghilangkan duri-duri ikan ya.

4. Tempe

Sebelumnya telah dijelaskan untuk membuat bubur makanan kucing, kamu bisa menghancurkan nasi dan daging. Selain makanan terbaik untuk kucing tersebut, kamu bisa menggantikan nasi menggunakan tempe.

Kamu tinggal menghancurkan saja temped an mencampurnya dengan ikan. Ingat komposisi yang baik adalah 75% ikan dan 25% tempe. Tempe merupakan makanan anak kucing yang bagus dan murah .

Baca Juga : Mau Tau Apa Saja Makanan Untuk Kucing Hamil yang Baik? Simak Infonya Berikut!

Berbagai Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Makanan Anak Kucing

Kita telah mengetahui beberapa makanan terbaik untuk anak kucing. Selanjutnya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih makanan yang baik untuk anak kucingmu, diantaranya adalah :

1. Beri Makanan yang Sesuai Kebutuhan

Anak kucing terutama yang berusia 1 bulan membutuhkan makanan yang memiliki kandungan protein yang banyak. Yang pasti, kandungan nutrisi yang harus ada dalam makanan anak kucing yaitu :

  • Vitamin A yang berguna untuk kesehatan mata, kulit, dan metabolism tubuh
  • Vitamin C, E, dan Kalsium yang berguna untuk pertumbuhan gigi dan tulang
  • Omega 6 dan 3 yang berguna untuk kesehatan bulu agar tidak mudah rontok
Makanan terbaik untuk anak kucing
Makanan terbaik untuk anak kucing

2. Memilih Makanan yang Mudah Didapat

Hal kedua yang perlu diperhatikan dalam memilih makanan anak kucing adalah kemudahan mendapatkannya. Kamu harus memilih makanan yang mudah didapatkan agar anak kucing kamu tidak sering beradaptasi dengan makanan baru.

Pilih juga makanan yang sesuai dengan budget kamu ya!

3. Menyesuaikan Umur Anak Kucing

Anak kucing tentu akan cepat bertumbuh dan berkembang. Dengan demikian, asupan nutrisi yang didapatkan juga tentu akan berbeda.

Jika kamu membeli makanan merek tertentu, biasanya akan ada keterangan umur yang cocok untuk dikonsumsi. Hal itu akan mempermudah kamu untuk menyesuaikan jenis makanan dengan usia anak kucing kamu.

Cara Memberikan Makanan Terbaik Untuk Anak Kucing

1. Cara memberikan makan

Selain mengetahui makanan terbaik untuk anak kucing, penting juga untuk kamu mengetahui bagaimana cara memberikan makan yang baik untuk anak kucing.

Cara yang perlu kamu lakukan untuk memberi makan anak kucingmu adalah dengan memangkunya. Perhatikan juga posisi anak kucing yang ingin kamu beri makan. Usahakan posisi kepala tegak, perutnya bersandar dengan posisi kaki di bawah.

Jangan pernah memberikan makan anak kucing dengan posisi seperti sedang menggendong bayi manusia. Hal ini membuat anak kucing akan sulit mencerna makanan yang masuk dalam mulutnya.

Kamu juga harus memastikan makanan yang diberikan pada anak kucingmu tidak terlalu panas dan tidak dingin. Saat kamu memberikan makanan yang berupa cairan, kamu bisa meneteskannya pada kulit tanganmu untuk memastikan suhu yang baik.

2. Dosis makan yang baik untuk anak kucing

Di berbagai kemasan makanan untuk kucing biasanya sudah disertai tata cara, dosis, dan frekuensi pemberian makanan yang baik untuk anak kucing. Untuk memperjelas itu, berikut dosis umum yang baik diberikan pada anak kucing :

  • Usia 1 – 3 hari, berikan 2.5 ml susu per 3 jam
  • Usia 4 – 7 hari, berikan 5 ml susu sebanyak 10 – 12 kali dalam sehari
  • Usia 7 – 10 hari, berikan 7.5 ml susu sebanyak 10 kali dalam sehari
  • Usia 11 – 14 hari, berikan 12.5 ml per 3 jam
  • Usia 15 – 21 hari, berikan 10 ml sebanyak 8 kali dalam sehari
  • Usia 21 hari ke atas, berikan 25 ml sebanyak 3 atau 4 kali dalam sehari. Kamu juga mulai bisa memberikan makanan basah pada anak kucingmu.
Makanan terbaik untuk anak kucing
Makanan terbaik untuk anak kucing

Tanya Jawab Seputar Makanan Anak Kucing Terbaik

Apa makanan terbaik untuk kucing?

Makanan Terbaik Untuk Anak Kucing

8 Rekomendasi makanan kucing terbaik untuk anak kucing
1. Royal Canin Hair & Skin
2. Makanan Felibite
3. Makanan Me-O
4. Merek Equilibrio
5. Produk Makanan Kucing Whiskas
6. Produk Friskies Meaty Grills
7. Produk Makanan Kucing Maxi
8. Produk Makanan Proplan

Anak kucing makanannya apa?

Makanan Terbaik Untuk Anak Kucing

Makanan anak kucing yang bagus umur 1 bulan
1. Cari Induk Pengganti. Langkah pertama yang harus Anda usahakan untuk memberikan makanan anak kucing umur 1 bulan adalah dengan mencarikan induk pengganti atau kucing yang masih menyusui.
2. Kitten Milk Replacer (KMR)
3. Teh Glukosa Bubuk
4. Tajin (Air Rebusan Beras)

Apakah kucing harus makan wet food?

Makanan Terbaik Untuk Anak Kucing

Makanan basah adalah cara yang baik untuk memenuhi sebagian dari kebutuhan itu, sedangkan makanan kering kucing sangat baik dalam hal-hal lain. Makanan basah membantu meningkatkan asupan air kucing, sedangkan makanan kering membantu menjaga kesehatan gigi kucing.

Apakah makanan Excel bagus untuk kucing?

Makanan Terbaik Untuk Anak Kucing

Excel Cat Food, bisa menjadi salah satu pilihan bagi kamu yang ingin memberikan kecukupan gizi bagi kucing, agar bulu tidak rontok. Memiliki kandungan protein, fat, fiber, AHA, dan DHA, makanan ini dapat menjaga kesehatan kulit, memperindah tubuh, menjaga daya tahan tubuh, serta memperkuat tulang dan gigi pada kucing.

Apa makanan kucing kecil tanpa induk?

Makanan Terbaik Untuk Anak Kucing

Anak kucing masih membutuhkan susu induknya. Namun, karena induknya tidak ada, kita bisa memberikan susu khusus anak kucing. Perlu diingat, susu yang diberikan adalah susu khusus anak kucing. Sebab, jika diberikan susu yang biasa kita minum, pencernaan anak kucing itu bisa terganggu.

Apakah kucing boleh makan makanan basah setiap hari?

Makanan Terbaik Untuk Anak Kucing

Bukan itu saja, lho. Makanan basah dapat berujung pada munculnya masalah kesehatan pada gigi. Kucing yang terlalu sering diberikan makanan basah akan mengalami penumpukan sisa makanan di sela dan ujung gigi bagian dalam. Akibatnya, masalah plak pada gigi bisa saja muncul dan menimbulkan bau mulut.

Penutup

Demikianlah informasi mengenai 4 makanan terbaik untuk anak kucing. Serta beberapa informasi mengenai cara memberikan makanan tersebut pada anak kucing. Semoga informasi ini bermanfaat sebagai referensi kamu yang ingin memberi makanan pada anak kucingmu.

Baca juga : Makanan Untuk Anak Kucing Kampung Agar Cepat Gemuk