Cara Merawat Ayam Aduan Muda Jenis Ayam Bangkok

Posted on
Kita harus mengetahui cara merawat ayam aduan muda agar ayam dapat tumbuh dengan baik. Simak informasinya di artikel berikut ini,

Cara Merawat Ayam Aduan Muda Jenis Ayam Bangkok

Ayam menjadi salah satu unggas yang banyak diminati dan dijadikan lauk pauk untuk kebutuhan sumber protein dalam tubuh manusia. Selain dikonsumsi sebagai lauk pauk hewan satu ini juga menjadi salah satu hewan peliharan masyarakat Indonesia. Kita harus mengetahui cara merawat ayam aduan muda agar ayam dapat tumbuh dengan baik.

Banyak juga dari beberapa orang memelihara ayam jenis bangkok sebagai ayam aduan. Banyak dari orang yang memiliki hobi untuk memelihara ayam bangkok yang dikenal dengan kejantanan dari hewan unggas jenis ayam ini untuk di adukan dengan ayam bangkok lainnya.

Ayam bangkok ini menjadi banyak diminati oleh masyarakat dan hal ini juga yang memberikan keberkahan bagi para peternak ayam bangkok. Karena meningkatnya jumlah peminat ayam bangkok untuk ayam aduan.

cara merawat ayam aduan muda
Cara merawat ayam aduan muda

Ayam bangkok memiliki ciri fisik yang tampak gagah sehingga sangat cocok sebagai ayam aduan, ayam aduan dikenal juga dengan sabung ayam. Di negara indonesia sendiri ayam aduan atau sabung ayam sendiri sudah dikenal sejak dahulu dan sudah menjadi bagian dari beberapa daerah di indonesia.

Dalam sabung ayam atau ayam aduan memerlukan cara merawat ayam aduan muda untuk mendapatkan kemenangan pada pergulatan ayam ini kunci utama yaitu fisik yang kuat dari sebuah ayam. Dimana cara perawatan ayam aduan atau ayam bangkok ini juga sangat diperhatikan.

Baca Juga :  Ayam Brahma Asli : Ciri-Ciri, Jenis, Harga, Cara Merawat dan Kelebihan

Dalam pemeliharaan ayam bangkok atau ayam aduan ini cukuplah mudah dan tidak terlalu memakan banyak waktu juga tenaga akan tetapi dibutuhkan keuletan dalam melakukan perawatan ayam bangkok ini.

Banyak dari orang yang memelihara ayam bangkok tidak dalam jangka waktu yang lama karena mereka merasa cepat bosan sehingga hanya bertahan dalam kurun waktu bulanan bahkan hanya bertahan mingguan. Simak cara merawat ayam aduan muda berikut ini.

Langkah-langkah merawat ayam aduan bangkok

Untuk anda yang ingin tahu bagaimana cara merawat ayam bangkok sebagai aduan atau ayam bangkok bisa disimak cara merawat ayam aduan muda dibawah ini.

1. Persiapan kandang ayam

Dalam cara merawat ayam aduan muda yang pertama dan perlu diperhatikan adalah tempat tinggal atau kandang bagi ayam bangkok. Dalam pembuatan kandang untuk tempat tinggal ayam bangkok usahakan memiliki ukuran yang cukup luas agar ayam bangkok bisa leluasa bergerak dan tidak terbatas oleh ruang agar ayam tidak merasa stress didalam kandang.

Kandang untuk anak ayam bangkok harus terpisah dari induknya karena butuh perawatan yang lebih diperhatikan dan intensif. Kandang ayam yang di tempati oleh anak ayam bangkok harus memiliki suhu yang hangat atau biasa dihangatkan dengan ayam listrik.

Hal ini dibutuhkan penghangat untuk anak ayam supaya anak ayam tidak mudah mengalami sakit bahkan mati. Dengan itu kandang anakan ayam bangkok harus dipastikan memiliki kandang dengan lingkungan yang nyaman luas dan juga hangat.      

cara merawat ayam aduan muda
Cara merawat ayam aduan muda

2. Kebutuhan pakan yang terpenuhi

Kebutahan pakan ayam bangkok atau ayam aduan harus diperhatikan dalam cara merawat ayam aduan muda berikutnya. Karena pakan menjadi sumber energi dan kebutuhan dari makhluk hidup itu sendiri. Terutama pada ayam aduan atau ayam bangkok.

Baca Juga :  Ketahui Cara Memelihara Ayam Potong yang Tepat dan Cepat

Kebutuhan pakan yang terpenuhi juga akan mempengaruhi performa pertandingan dan menentukan kemenangan atau kekalahan dalam sebuah pertandingan ayam aduan. Maka dari itu pakan ayam bangkok harus diperhatikan.

Memberi pakan pada ayam aduan ayam bangkok memiliki ukuran khusus dan hatus disesuaikan dengan berat badan pada ayam bangkoknya. Ayam bangkok diberikan pakan seperti ayam pada umumnya yaitu bekatul, dedak atau pur.

Atau dalam memberikan pakan pur bisa dicampur dengan bekatul perbandingannya juga diperhatikan yaitu 4:1 lebih banyak pur nya dibandingkan dengan pakan bekatul. Pada ayam bangkok yang memiliki berat badan sekitr 3 sampai dengan 4 kg pakan yang harus diberikan yaitu sekitar 200 hingga 300 gram begitu juga berlaku pada kelipatan untuk berat badan pada ayam bangkok.

Jumlah pakan yang diberikan pada ayam bangkok hitungannya setiap anda memberikan pakan bukan dalam hitungan harian. Misal memberikan pakan sehari lebih dari 2x berlaku untuk kelipatan jumlah pakan yang harus diberikan untuk menambah kegagahan pada ayam aduan atau ayam bangkok.

cara merawat ayam aduan muda
Cara merawat ayam aduan muda

3. Kebutuhan vitamin dan juga suplemen terpenuhi

Dalam cara merawat ayam aduan muda berikutnya, selain kebutuhan makanan yang wajib dipenuhi dan diperhatikan, ayam aduan muda juga perlu mengkonsumsi vitamin dan suplemen untuk memberikan kesehatan juga kekuatan fisik ketika ayam bangkok diadu.

Hal ini juga bisa menjadi penentu dan faktor utama dalam kemenangan sabung ayam. Selain untuk kesehatan dan menjaga daya tahan tubuh pada ayam, vitamin juga berguna untuk pertumbuhan bulu dan pembentukan otot pada tubuh ayam sehingga ayam bangkok terlihat lebih gagah.

Dalam pemberian vitamin juga tidak asal, pemberian vitamin juga suplemen pada ayam bangkok harus diperhatikan dalam pemberian vitamin lebih baik di malam hari karena kondisi ayam dimalam hari lebih tenang. Sehingga vitamin dapat merasuk dan belerja secara optimal dalam tubuh ayam bangkok.

Baca Juga :  Cara Memiliki Ternak Bebek Petelur yang Baik

4. Dimandikan dan dijemur

Perawatan ayam aduan Jenis Bangkok ini perlu dimandikan dan dijemur hal ini supaya ayam tetap terjaga kebersihannya. Dalam cara merawat ayam aduan muda, memandikan ayam bangkok juga tidak bisa asal-asalan karena hal tersebut juga dapat mempengaruhi ayam bangkok dalam pertandingan.

Ayam bangkok sebaiknya dimandikan setiap pagi hari dihari yang cerah menggunakan air dingin, setelah proses memandikan ayam bangkok lalu dijemur. Proses pejemuran ayam juga tidak boleh lebih dari jam 10 pagi.

Karena dibawah jam 10 pagi sangat cocok untuk pertumbuhan bulu dan juga tulang pada ayam bangkok sehingga sangat baik untuk kekuatan fisik pada ayam bangkok.

cara merawat ayam aduan muda
Cara merawat ayam aduan muda

Tanya Jawab Seputar Cara Merawat Ayam Aduan Muda

Berapa hari sekali latihan fisik ayam aduan dilakukan?

Biasanya melatih ayam dilakukan mulai dari usia 6-7 bulan. Sedangkan pada usia 1-5 bulan pertama difokuskan untuk proses pertumbuhan badan. Latihan fisik bisa dilakukan seminggu sekali saja, paling tidak empat hari sebelum ayam bertanding atau latihan tarung (gebrak/abar).

Berapa kali sehari memberi makan ayam aduan?

Pemberian makan ayam cukup dilakukan dua kali sehari, pagi dan sore. “Sama dengan manusia, ayam juga butuh sarapan di pagi hari. Berikan secukupnya jangan terlalu banyak, bisa berupa dedak atau bekatul dicampur nasi. Jangan terlalu ayam kenyang.

Vitamin apa yg bagus untuk ayam aduan?

KAITONG adalah multivitamin import asli Thailand yang mengandung banyak vitamin yang diperlukan oleh ayam seperti Vitamin A,C,D, dan B Kompleks yang sangat bagus untuk fisik ayam aduan. Selain itu KAITONG sendiri sangat bagus untuk pembentukan tulang ayam aduan dengan kandungan vitamin D yang cukup banyak.

Ayam siap di adu umur berapa?

Ayam laga mulai umur 6-8 bulan sudah bisa dilatih, menginjak umur 9 bulan sudah siap diadu.

Bagaimana cara membuat ayam menjadi kuat?

Tips Merawat Ayam Aduan agar Kuat Bertarung
1. Pakan. Pakan adalah hal pertama yang paling penting dalam perawatan semua jenis hewan ternak.
2. Memandikan. Ayam juga perlu dimandikan setiap pagi, sekitar pukul 08.00 WIB, asalkan tidak sedang hujan.
3. Penjemuran. Setelah dimandikan, ayam perlu dilakukan penjemuran.
4. Latihan

Penutup

Demikian cara merawat ayam aduan muda. Satu hari sebelum pertandingan, ayam tidak perlu diumbar dan harus diistirahatkan hingga bertanding. Pada hari pertandingan, berikan Supertop untuk menambah tenaga ekstra dalam bertanding. Semoga bermanfaat!