Berbagai Cara Merawat Kucing Umur 1 Bulan dan Cara Merawat Anak Kucing Baru Lahir Yang Ditinggal Induknya

Posted on 174 views
Kucing adalah hewan mamalia yang banyak digemari orang. Ternakhewan.com akan membahas mengenai cara merawat kucing umur 1 bulan agar tetap terjaga kesehatannya.
Bagikan artikel ini

Salah satu hewan mamalia yang banyak digemari orang untuk dipelihara adalah kucing, mulai dipelihara semenjak kecil hingga melahirkan anak-anaknya. Maka dari itu artikel ini akan membahas mengenai cara merawat kucing umur 1 bulan agar anak kucing tetap terjaga kesehatannya.

Banyak yang menyukai kucing sampai dijadikan hewan peliharaan karena wajah dan tingkah lakunya yang menggemaskan. Banyak sekali jenis kucing yang biasanya dipelihara, terutama kucing dengan jenis berbulu tebal. Jenis kucing yang umumnya ditemui di Indonesia adalah kucing jenis anggora, kucing kampung dan Persia. Dari semua jenis yang ada, mereka memiliki keunikannya masing-masing.

Apapun jenis kucing yang dipelihara, haruslah dirawat dengan penuh kasih sayang oleh pemiliknya. Bagi kamu yang memelihara kucing di rumah, artikel ini sangat cocok bagi kamu karena dapat menambah wawasan dalam merawat kucing khususnya yang baru berusia 1 bulan. Bukanlah perkara yang mudah untuk merawat anak kucing yang baru berusia 1 bulan, namun kamu tetap bisa mencoba untuk melakukan yang terbaik dalam merawatnya.

Anak kucing yang masih berusia sangat muda memang sangatlah lucu dan menggemaskan, sehingga membuat banyak orang memilih untuk merawatnya dibandingkan yang sudah dewasa. Padahal jika diperhatikan lebih lanjut, kucing yang masih berusia 1 bulan masih harus menyusu dari induknya dan jika kekurangan asupan susu akan mudah terkena penyakit.

Banyak yang tidak memperhatikan cara merawat kucing umur 1 bulan yang malah membuat anak kucing tersebut terkena penyakit bahkan sampai mati. Dengan demikian kamu perlu memperhatikan cara merawat anak kucing umur 1 bulan, berikut penjelasannya.

Cara merawat kucing umur 1 bulan
Cara merawat kucing umur 1 bulan

Inilah Cara Merawat Kucing Umur 1 Bulan Yang Sangat Disarankan

1. Perlu Menjaga Kebersihan Kucing

Walaupun masih berusia 1 bulan, kamu perlu menjaga kebersihan kucingmu. Setiap pagi bersihkan tubuh kucing menggunakan air hangat agar debu-debu yang menempel dapat hilang, karena jika tubuh kucing tidak dibersihkan bisa menyebabkan penyakit pada kucing. Selain itu di usia yang masih terbilang muda, kucing tersebut rentan terserang berbagai macam penyakit.

2. Memberikan Lingkungan Nyaman

Cara merawat kucing umur 1 bulan yang selanjutnya ialah kamu perlu menjaga kenyamanan lingkungan tempat tinggal kucing. Pastikan tempat tinggal kucing kamu agar selalu bersih dan nyaman. Bersihkan kandang kucing secara rutin agar kebersihannya selalu terjaga, sehingga kuman-kuman yang ada di kandang kucing kamu dapat hilang.

3. Perhatikan Pakan Yang Diberikan

Berikan pakan kepada kucing kamu secara rutin dan teratur. Namun karena kucing masih berusia 1 bulan, jangan langsung memberikan pakan kepada kucing. Campurkan dulu pakan dengan sedikit air sampai pakan menjadi lebih empuk daripada sebelumnya. Cara merawat kucing umur 1 bulan ini bertujuan agar kucing kamu tidak kesusahan saat mengonsumsi pakan yang kamu berikan. 

Cara merawat kucing umur 1 bulan
Cara merawat kucing umur 1 bulan

4. Berikan Asupan Nutrisi Yang Bagus

Berikan asupan yang pas serta seimbang kepada kucing kamu. Jangan memberikan makanan sembarangan meskipun usia kucing masih terbilang muda. Ketika usia kucing masih muda inilah waktu yang tepat bagi kamu untuk memberikan nutrisi yang tepat, agar kucing kamu tumbuh dengan baik.

5. Berikan Vitamin D

Cara merawat kucing umur 1 bulan yang baik selanjutnya ialah dengan memberikan Vitamin D kepada kucing kamu. Selain dengan memberikan Vitamin D pada kucing melalui obat, kamu dapat menjemur kucing pada pukul 8 untuk bisa mendapatkan Vitamin D dari sinar matahari. Waktu tersebut sangat baik untuk berjemur.

Vitamin D yang dihasilkan oleh sinar matahari bisa membuat kucing sehat serta tidak mudah terserang penyakit. Jangan menjemur kucing pada pukul setengah sembilan ke atas dan waktu minimal untuk menjemur kucing kamu ialah 10 menit serta maksimal 15 menit.

6. Memberikan Vitamin Kepada Kucing

Selain harus memberikan Vitamin D kepada kucing, kamu juga perlu memberikan vitamin lainnya dan bisa kamu dapatkan di Pet Shop dengan harga yang bersahabat. Berikan vitamin minimal dua kali dalam seminggu agar kondisi kesehatan kucing tetap terjaga serta terhindar dari berbagai macam penyakit.

7. Melakukan Vaksinasi

Kamu disarankan untuk melakukan vaksinasi kepada kucing peliharaanmu yang berumur satu bulan, minimal dua kali dalam sebulan. Proses vaksinasi ialah dengan menyuntikkannya pada tubuh kucing. Tujuan dari vaksinasi sendiri adalah agar kucing tetap terjaga kekebalan tubuhnya sehingga dapat melawan serangan bermacam-macam virus. Kamu bisa melakukan vaksinasi di dokter hewan yang terpercaya.

Cara merawat kucing umur 1 bulan
Cara merawat kucing umur 1 bulan

Cara Merawat Anak Kucing Yang Ditinggal Induknya

Setelah mengetahui cara merawat kucing umur 1 bulan, selanjutnya akan dibahas bagaimana merawat anak kucing tanpa induk. Berikut cara merawat anak kucing baru lahir yang ditinggal induknya yang menjadi referensi saat kamu memutuskan untuk merawat anak kucing, berikut informasinya.

1. Memastikan Anak Kucing Telah Ditinggal Induknya

Kamu harus memastikan anak kucing yang akan kamu pelihara benar-benar ditinggalkan oleh induknya. Besar kemungkinan sang induk bersembunyi karena melihat adanya manusia atau hanya pergi sebentar untuk mencari makanan. Untuk memastikannya, kamu dapat mengawasi anak kucing dari jarak yang aman hingga beberapa jam. Jika sang induk tak kunjung datang, kamu sudah bisa mengadopsi anak kucing tersebut.

2. Jaga Agar Anak Kucing Tetap Merasa Hangat

Anak kucing yang usianya masih di bawah tiga minggu belum bisa mengontrol suhu tubuhnya, sehingga akan mudah merasa dingin. Untuk dapat membuat anak kucing tetap merasa hangat, kamu dapat menyiapkan tempat tidurnya dengan dilapisi handuk serta bantal pemanas sehingga suhu anak kucing tersebut tetap terjaga.

3. Rawat Kucing Setelah Makan Itu Penting

Setelah memberikan makanan, jangan lupa kucing harus disendawakan serta dibersihkan dari sisa makanan. Jika anak kucing masih berusia kurang dari 4 minggu, kamu perlu membersihkan area anusnya untuk membantunya buang air besar dan kecil dengan menggunakan handuk atau kain yang hangat.

4. Berilah Anak Kucing Tersebut Susu

Berikan anak kucing susu formula dalam satu jam sebanyak dua kali. Dan baru setelah berusia dua minggu kamu dapat memberi makanan yang basah ke anak kucing tersebut. Pastikan susu formula masuk ke dalam perut anak kucing dan tidak masuk ke paru-parunya. Cara ini juga bisa digunakan sebagai cara merawat kucing umur 1 bulan.

5. Anak Yang Ditinggalkan Induknya Lebih Rentan

Dalam cara merawat kucing usia 1 bulan, anak kucing yang ditinggalkan induknya akan lebih rentan terkena berbagai macam penyakit karena tidak mendapatkan asupan ASI yang cukup dari induknya. ASI mengandung antibodi yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga anak kucing yang kekurangan ASI tidak dapat bertahan hidup lebih lama daripada anak kucing yang mendapatkan asupan ASI yang cukup.

Cara merawat kucing umur 1 bulan
Cara merawat kucing umur 1 bulan

Tanya Jawab Seputar Anak Kucing Umur 1 Bulan

Apa makanan anak kucing umur 1 bulan?

Cara merawat kucing umur 1 bulan

Makanan anak kucing umur 1 bulan
1. Cari Induk Pengganti. Langkah pertama yang harus Anda usahakan untuk memberikan makanan anak kucing umur 1 bulan adalah dengan mencarikan induk pengganti atau kucing yang masih menyusui
2. Kitten Milk Replacer (KMR)
3. Teh Glukosa Bubuk
4. Tajin (Air Rebusan Beras)

Bolehkah Anak kucing umur 1 bulan makan?

Cara merawat kucing umur 1 bulan

Biasanya, makanan untuk anak kucing tertulis diperuntukkan bagi kucing berusia 1 – 12 bulan. Tapi di usia awalnya, biasanya anak kucing hanya minum susu dari induknya saja. Kucing biasanya sudah bisa makan makanan kucing saat berusia satu bulan.

Bolehkah memandikan kucing umur 1 bulan?

Cara merawat kucing umur 1 bulan

Sebenarnya, kapan usia yang paling tepat untuk mulai memandikan kucing kesayangan? Sebaiknya, kamu melakukannya ketika kucing berusia dua bulan atau delapan minggu. Pada usia ini, imunitas anak kucing sudah mulai kuat dan bisa dimandikan menggunakan air hangat.

Bayi kucing minum apa?

Cara merawat kucing umur 1 bulan

Anak kucing masih membutuhkan susu induknya. Namun, karena induknya tidak ada, kita bisa memberikan susu khusus anak kucing. Perlu diingat, susu yang diberikan adalah susu khusus anak kucing. Sebab, jika diberikan susu yang biasa kita minum, pencernaan anak kucing itu bisa terganggu.

Umur berapakah anak kucing bisa makan?

Cara merawat kucing umur 1 bulan

Saat mereka mencapai umur tiga sampai empat minggu, anak-anak kucing secara bertahap mulai dipisahkan oleh induknya dan mulai memakan makanan padat.

Anak kucing 3 minggu makan apa?

Cara merawat kucing umur 1 bulan

Sebelumnya, perlu dipahami jika asupan terbaik untuk anak kucing di usia tiga minggu pertama kehidupannya adalah susu induknya. Air susu induk mengandung banyak nutrisi yang penting bagi ketahanan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit.

Cara merawat kucing umur 1 bulan
Cara merawat kucing umur 1 bulan

Penutup

Ada berbagai alasan mengapa orang lebih menyukai untuk memelihara anak kucing daripada kucing yang sudah dewasa. Wajah dan tingkah laku anak kucing membuat banyak orang gemas sehingga memutuskan untuk memeliharanya. Demikianlah artikel mengenai cara merawat kucing umur 1 bulan dan anak kucing yang diterlantarkan induknya, semoga dapat menjadi panduan bagi kamu yang ingin memelihara anak kucing.

Baca Juga : Tips Merawat Anak Kucing Tanpa Induknya Dengan Benar