Ini Dia 5 Pilihan Makanan Untuk Anak Cupang

Posted on 186 views
Makanan untuk anak cupang memang harus sangat diperhatikan ketika kita memutuskan akan membudidayakan ikan cupang. Membahas tentang ✓ Jenis ✓ Makanan ✓ Tips
Bagikan artikel ini

Makanan untuk anak cupang memang harus sangat diperhatikan ketika kita memutuskan akan membudidayakan ikan cupang.

Anak ikan cupang yang baru menetas dari telurnya biasa disebut burayak. Ikan cupang yang telah kawin biasanya akan menetaskan sekitar 500-1000 butir telur dalam sekali pemijahan. Dari sekian banyak telur yang dikeluarkan, hanya aka nada sekitar 30 sampai 50 ekor saja yang bisa bertahan hidup.

Makanan Untuk Anak Cupang
Makanan Untuk Anak Cupang

Anak ikan atau burayak memiliki ukuran yang sangat kecil sehingga membuat kesulitan untuk memberi makan burayak ini. Makanan yang biasa digunakan oleh cupang dewasa memiliki ukuran besar, yang tidak bisa dimakan oleh anak ikan cupang

Untuk kamu yang bingung memberi makanan untuk anak cupang, tidak perlu khawatir, artikel ini akan membahas mengenai berbagai makanan untuk anak cupang. Yuk kita simak penjelasan lengkapnya di bawah ini

Makanan Untuk Anak Cupang

Makanan Untuk Anak Cupang
Makanan Untuk Anak Cupang

1. Makanan dalam Telur Mereka

Anak ikan cupang atau burayak yang baru berusia 1 sampai 3 hari tidak perlu diberi makanan untuk anak cupang. Dalam usia-usia segitu, burayak akan memakan makanan yang ada dalam bekas telur mereka. Jika kamu memberinya makanan di usia 1-3 hari justru kamu akan membuat kotor air dan membuat anak ikan menjadi stress.

Makanan Untuk Anak Cupang
Makanan Untuk Anak Cupang

2. Kutu Air

Salah satu makanan anak cupang yang dapat diberikan untuk anak ikan cupang yang berusia di atas 4 hari adalah kutu air. Kutu air sendiri bagus diberikan untuk anak ikan cupang karena kandungan lemaknya yang sedikit. Selain itu, kutu air juga mengandung banyak protein.

Namun, kamu pasti bingung bagaimana cara mendapatkan kutu air. Kutu air dapat dibuat menggunakan kol. Cara yang dilakukan adalah sebagai berikut :

  • Isi air dalam ember. Jangan isi terlalu penuh, cukup ½ sampai ¾ saja
  • Masukan kol yang telah layu atau busuk ke dalam ember yang berisi air
  • Tutup ember tersebut dan diamkan kurang lebih selama seminggu
  • Setelah itu, kamu akan menemukan air yang berwarna hitam di ember tersebut
  • Saring kutu air menggunakan kain halus berwarna putih

Untuk mempercepat munculnya kutu air, kamu juga harus menghindari ember dari sinar matahari ya. Setelah itu kamu tinggal menaruh kutu air pada wadah dan berikan pada anak ikan cupang 2-3 kali sehari.

Jika kamu kesulitan dengan cara tersebut, kamu juga bisa membeli bibit kutu air yang sudah banyak di jual di e-commers. Cara yang dilakukan untuk mendapatkan kutu air menggunakan bibit adalah dengan menabur bibir tersebut pada air yang sudah dicampur dengan air got, pupuk kandang, dan juga sayuran busuk.

Kedua cara tersebut dijamin akan berhasil mendapatkan kutu airnya. Kutu air akan sangat bermanfaat bagi anak ikan cupang. Selain itu juga dapat memperkuat tulang-tulang anak ikan cupang.

Makanan Untuk Anak Cupang
Makanan Untuk Anak Cupang

3. Artemia

Bagi kamu para peternak pemula ikan cupang, kamu tentu tidak asing lagi mendengar salah satu pilihan makanan ini. Artemia merupakan salah satu pakan instan yang berukuran kecil. Makanan untuk anak cupang satu ini banyak ditemui di toko-toko pakan atau toko ikan hias.

Selain mudah ditemukan, artemia juga sangat bagus diberikan kepada anak ikan cupang. Kandungan nutrisi yang tinggi akan sangat baik bagi perkembangan anak ikan cupang. Artemia yang dijual di pasaran biasanya berbentuk telur.

Cara memberikan makanan artemia kepada anak cupang adalah dengan memecahkan cangkang telur ini dengan metode naupli. Langkah-langkah yang dapat dilakukan adalah dengan :

  • Siapkan wadah yang berisi air laut atau air yang sudah diberi garam
  • Masukan batu aerasi dan lepas batu tersebut
  • Kemudian masukan telur artemia ke dalam air
  • Diamkan dengan memberikan cahaya lampu pada wadah agar suhu menjadi hangat
  • Artemia kemudian akan menetas setelah didiamkan selama 1 malam

Setelah menetaskan artemia, kamu bisa langsung mengambil artemia dengan cara disedot kemudian saring dan bisa langsung diberikan pada anak ikan cupang kamu.

Makanan Untuk Anak Cupang
Makanan Untuk Anak Cupang

4. Kuning Telur

Bila biasanya kuning telur dimakan oleh manusia, kali ini kuning telur dapat menjadi pilihan makanan untuk anak cupang. Seperti yang kita ketahui, kuning telur mengandung sangat banyak protein yang mampu membuat perkembangan ikan cupang menjadi bagus.

Jika kamu ingin memberikan pilihan makanan ini pada ikan cupang kamu, jangan berikan kuning telur mentah ya. Cara membuat nya adalah dengan cara berikut :

  • Siapkan telur ayam biasa dan rebus menggunakan air
  • Setelah telur matang, kupas kulit dan pisahkan putih dengan kuningnya
  • Tempatkan kuning telur di mangkok
  • Kemudian, hancurkan kuning telur tersebut menggunakan sendok dengan memberinya sedikit air

Setelah kuning telur hancur dan berubah bentuk menjadi seperti bubur, kamu bisa langsung memberikannya pada ikan cupangmu. Ingat jangan berikan terlalu banyak ya, karena akan mengotori air dalam aquarium.

Makanan Untuk Anak Cupang
Makanan Untuk Anak Cupang

5. Anak Cacing atau Microworm

Tidak hanya kutu air, dan kuning telur saja yang bisa digunakan untuk makanan untuk anak cupang. Anak cacing atau microworm juga dapat menjadi pilihan untuk makanan burayak cupang.

Bila kita akan sangat mudah menemukan cacing, lain halnya dengan anak cacing atau microworm. Bentuknya yang kecil dan tipis membuat kita kesulitan untuk menemukannya.

Namun, jangan khawatir, kamu bisa membuat anak cacing atau microworm secara alami dari rumah loh. Penasaran? Nah cara yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut :

  • Siapkan makanan anak cacing, yaitu karbohidrat yang bisa berasal dari kentang
  • Belah kentang menjadi 2 kemudian rebus hingga matang
  • Setelah itu, tiriskan kentang dan tunggu sampai dingin
  • Kemudian kubur kentang di tanah yang ada sampah organiknya. Usahakan juga cari tempat yang adem atau dekat dengan pohon
  • Tunggu sampai sekitar 3 hari kemudian buka tanah tersebut
  • Jika sudah ada telur cacingnya, pindahkan pada wadah kentang beserta tanahnya
  • Tutup wadah tersebut dan tunggu sampai 2 hari
  • Setelah itu akan muncul sesuatu yang mirip seperti belatung namun lebih tipis dan kecil

Jika sudah muncul microwormnya kamu tinggal pisahkan dari tanah dan kentangnya dan bisa langsung diberikan ke anak ikan cupangmu.

Tips jitu cara merawat anak dari ikan cupang supaya tak mudah atau tak cepat mati

Kamu telah mengetahui berbagai pilihan makanan untuk anak cupang, nah selanjutnya kamu perlu mengetahui juga tips untuk merawat anak ikan cupang agar tidak cepat mati, yaitu :

  1. Taruh anak ikan cupang atau burayak di tempat yang aman. Jangan taruh di kolam karena aka nada katak atau burung yang memakan anak ikan tersebut
  2. Jaga kebersihan air dengan tidak memberinya banyak pakan. Anak ikan cupang atau burayak akan sangat rentan jika airnya kotor
  3. Taruh aquarium di tempat yang adem dan hindari kena air hujan
  4. Hindari menggoncangkan aquarium karena akan menyebabkan anak ikan menjadi stres

Tanya Jawab Seputar Makanan Anak Cupang

Apa makanan anak cupang yang baru lahir?

Makanan Untuk Anak Cupang

Microworms

Pilihan pakan alami untuk ikan Cupang selanjutnya adalah Microworms. Disebut demikian karena ukuran dari cacing ini sangatlah kecil. Karena ukurannya yang kecil inilah Microworms sangatlah cocok dijadikan makanan untuk ikan Cupang yang masih bayi alias burayak.

Burayak diberi makan apa?

makanan anak ikan cupang

Pada usia 2 minggu ini kamu sudah bisa memberi pakan dengan kutu air, untuk takarannya pertama sedikit dahulu, lalu pemberian selanjutnya bisa ditambahkan lagi jumlahnya. Di proses ini pertumbuhan burayak akan cepat dan bisa dirawat selayaknya cupang dewasa dan jangan lupa untuk memberi makan kutu air hingga dewasa

Apa makanan burayak umur 3 hari?

makanan anak ikan cupang

Kuning telur adalah makanan burayak yang biasa di pakai. Sangat mudah membuatnya serta gampang di aplikasikan. Kandungan protein yang tinggi pada kuning telur ini yang menjadi makanan utama pada burayak yang telah berumur 3 hari.

Berapa hari burayak cupang di kasih makan?

makanan anak ikan cupang

Jawabanya singkat, yakni umur 4 hari kita baru boleh memeberikan makan pada burayak.

Burayak 4 hari makan apa?

makanan anak ikan cupang

Pakan Burayak Cupang Umur 4-15 hari Artemia supreme berukuran mikron atau sangat kecil dan mempunyai kulit yg lembut sehingga aman diberikan untuk larva berumur 1 hari atau mulai makan sampai siap untuk memakan pakan lain yang lebih besar seperti cacing atau pelet. Sehingga dapat diberikan sebagai pakan burayak ikan cupang umur 4 hari.

Apakah burayak bisa makan pelet?

makanan anak ikan cupang

Pelet: pelet juga bisa diberikan untuk pakan burayak, namun pakan ini memiliki efek lain yaitu memperkeruh air dan juga menimbulkan bau amis. Ini disebabkan, pelet yang diberikan untuk burayak harus dihancurkan hingga halus terlebih dahulu sebelum diberikan.

Apa makanan ikan cupang supaya cepat besar?

makanan anak ikan cupang

5 Jenis Makanan Terbaik untuk Ikan Cupang agar Cepat Besar
– Jentik Nyamuk
– Kutu Air
– Cacing Sutra
– Microworms
– Kuning Telur

Apakah artemia bagus untuk cupang?

Artemia untuk burayak

Artemia sangat baik bagi burayak ikan saat dalam masa pembesaran. Hal ini dikarenakan Artemia memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, serta ukurannya yang muat untuk burayak ikan. Artemia yang biasa dijual di pasaran biasanya berbentuk kista(telur). Dalam 1 gram mengandung 250.000 kista artemia.

Penutup

Demikian lah penjelasan mengenai makanan untuk anak cupang lengkap beserta cara pembuatannya. Juga tips untuk merawat anak ikan cupang. Sangat mudah bukan? Semoga informasi ini dapat bermanfaat ya.

Baca Juga : 7 Jenis Makanan Ikan Cupang dan Informasinya yang Harus Kamu Ketahui

Comments are closed.