10 Makanan Ikan Cupang Agar Warnanya Bagus Dan Bertahan Lama

Posted on 582 views
Makanan yang diberikan akan berpengaruh pada warna ikan cupang. Berikut adalah berbagai jenis makanan ikan cupang agar warnanya bagus dan bisa bertahan lama.
Bagikan artikel ini

Beberapa tahun ke belakang ini ikan cupang menjadi ikan hias idaman para penggemar ikan. Bentuknya yang mungil namun memiliki warna cantik yang beragam menjadi daya tarik tersendiri. Untuk memelihara warna cupang, makanan yang diberikan pengaruh. Lalu jenis pakan seperti apa yang harusnya diberikan. Berikut adalah berbagai jenis makanan ikan cupang agar warnanya bagus dan bisa bertahan lama.

Makanan Ikan Cupang Agar Warnanya Bagus
Makanan Ikan Cupang Agar Warnanya Bagus

Daftar Makanan Ikan Cupang Agar Warnanya Bagus yang Dapat Kamu Berikan

1. Udang

Jenis makanan ikan cupang agar warnanya bagus yang dapat kamu berikan yaitu udang. Sudah bukan hal baru lagi jika udang biasa digunakan sebagai makanan untuk ikan termasuk cupang. Cara ini mulai banyak dilakukan karena udang termasuk bahan alami serta kaya dengan nutrisi yang dapat bermanfaat untuk menjaga warna pada ikan cupang.

Selain menjaga warna, udang juga dipercaya dapat meningkatkan kualitas sehingga warna ikan cupang semakin indah. Maka tidak heran sejak populernya ikan cupang, peminat udang juga tidak kalah tinggi.

Cara pemberian pakan udang ke ikan cupang cukup mudah yakni dengan membersihkan kepala dan hanya menyisakan dagingnya. Setelah itu, daging udang dicacah hingga lembut baru kemudian diberikan ke cupang.

2. Artemia

Artemia atau udang air asin juga menjadi makanan ikan cupang agar warnanya bagus. Berbeda dengan udang, artemia bahkan sudah bisa diberikan ke ikan cupang saat bayi yang baru menetas. Namun untuk kali ini sedikit berbeda, karena kamu ingin menggunakan artemia untuk mendapatkan warna yang indah maka berikan artemia yang sudah dewasa.

Kandungan crustacea pada artemia dipercaya sebagai sumber untuk meningkatkan pigmen warna kuning dan merah ikan cupang. Selain itu, artemia juga makanan yang bebas dari bakteri dan penyakit sehingga aman untuk diberikan pada ikan cupang.

Makanan Ikan Cupang Agar Warnanya Bagus
Makanan Ikan Cupang Agar Warnanya Bagus

3. Daun Ketapang

Tidak hanya hewan bernyawa saja, tumbuhan juga bisa menjadi makanan ikan cupang agar warnanya bagus salah satunya daun ketapang. Daun ketapang ini dapat kamu berikan agar ikan cupang lebih sehat dan segar.

Daun ketapang ini dapat dimakan ketika ia sudah terurai dalam air. Daun ketapang yang terurai akan dipenuhi oleh biofilm dan saat itulah baru bisa dimakan hal tersebut merupakan tips agar warna ikan cupang bagus. Selain itu, daun ketapang dapat menurunkan kadar pH air sehingga mencegah tumbuhnya bakteri dan penyakit yang berbahaya bagi kesehatan ikan cupang.

4. Kutu Air

Kutu air adalah makanan yang umum diberikan pada ikan cupang. Ukurannya yang tidak terlalu besar sangat pas diberikan pada burayak ikan cupang untuk membantu masa pertumbuhan. Selain diberikan pada burayak, kutu air juga dipercaya dapat memberikan warna yang bagus pada ikan cupang.

Jika kamu sering memperhatikan, banyak orang yang memberikan kutu air untuk makan ikan cupang agar warnanya tidak pudar. Kamu bisa memberikan kutu air yang berukuran besar untuk jenis cupang dewasa agar mudah dicerna. Salah satu makanan ikan cupang agar warnanya bagus ini juga membantu supaya badan cupang ideal dan tidak buncit.

5. Tumbuhan spirulina

Spirulina adalah tanaman yang dikenal dengan segala jenis manfaatnya. Tidak hanya untuk kesehatan manusia, ia juga berguna sebagai makanan ikan cupang agar warnanya bagus. Spirulina termasuk pakan ikan cupang agar warna bagus. Nutrisi yang terkandung dalam spirulina bermanfaat untuk warna ikan cupang dan keseimbangan gizi.

Namun perlu diketahui bahwa, ikan cupang tidak bisa mengonsumsi tanaman ini secara langsung. Ia biasanya dicampurkan pada bahan makanan atau suplemen ikan cupang dengan spirulina sebagai tambahannya.

Makanan Ikan Cupang Agar Warnanya Bagus
Makanan Ikan Cupang Agar Warnanya Bagus

6. Daun jati

Ekor dan sirip ikan cupang adalah bagian yang paling diperhatikan karena warna dan bentuk uniknya ketika meliuk-liuk. Bagian tersebut biasanya memiliki warna yang berbeda dengan bagian tubuh lainnya bahkan cenderung lebih mencolok.

Jika ingin ikan cupang yang kamu punya berwarna menarik dan cantik berikan daun jati. Jenis daun-daunan ini merupakan makanan ikan cupang agar warnanya bagus yang dapat kamu berikan. Letakkan selembar daun jati ke dalam akuarium dan tunggu hingga ia terurai. Setelah terurai daun tersebut dapat dikonsumsi oleh ikan cupang.

7. Salmon

Ternyata salmon tak hanya untuk mengenyangkan perut saja, tapi ia juga sebagai salah satu makanan ikan cupang agar warnanya bagus. Salmon menjadi makanan yang cukup berpengaruh untuk meningkatkan pigmentasi warna dan menjaga agar warna ikan cupang bisa tetap indah.

Kandungan gizi dalam salmon sangat tinggi sehingga pemberiannya pun harus dibatasi. Setidaknya berikan salmon seminggu dua hingga tiga kali pada ikan cupang dan tidak dianjurkan memberikan setiap hari.

Kamu bisa memberikan salmon ini dengan cara memotongnya kecil-kecil atau mencacahnya  agar bisa masuk ke mulut kecil ikan cupang. Jika tidak menemukan ikan salmon segar, kamu bisa membeli makanan cupang yang mengandung salmon di dalamnya.

Makanan Ikan Cupang Agar Warnanya Bagus
Makanan Ikan Cupang Agar Warnanya Bagus

8. Pelet premium

Kamu bisa memberikan pelet supaya warna ikan cupang bagus. Berbeda dengan jenis pelet biasanya, untuk mendapatkan warna ikan cupang yang indah kamu dapat memberikan pelet dengan kualitas premium. Pelet premium ini umumnya mengandung bahan tambahan serta berkualitas yang dapat mempengaruhi warna ikan cupang.

9. Jentik nyamuk

Satu lagi jenis makanan ikan cupang agar warnanya bagus yakni jentik nyamuk atau banyak yang menyebutnya uget-uget. Makanan ikan satu ini sangat mudah dijumpai karena ia mudah berkembangbiak dimana saja. Jika kamu sedang menghemat pengeluaran namun ingin ikan cupang tetap cantik maka berikan jentik nyamuk ini.

Jentik nyamuk ini bisa kamu berikan untuk segala jenis cupang. Selain untuk menambah kekuatan warna, jentik nyamuk ini juga berfungsi untuk memperkuat ekor dan sirip. Pada beberapa ikan, bagian ekor dan sirip yang lumayan panjang terkesan loyo. Oleh karena itu, pemberian jentik nyamuk ini sangat direkomendasikan.

Namun perlu diketahui bahwa jentik nyamuk yang diberikan harus berasal dari tempat bersih, jangan sampai mengambil jentik dari selokan karena kebersihannya belum terjamin. Untuk pemberian jentik nyamuk, kamu bisa memberikan jentik yang masih muda atau baru menetas. Sebab, jika memberikan jentik nyamuk yang sudah tua akan sulit dicerna karena teksturnya alot.

10. Suplemen atau vitamin

Setelah memberikan makanan utama untuk ikan cupang, kamu juga bisa menambahkan suplemen agar nutrisinya terpenuhi. Di beberapa suplemen biasanya dicampurkan bahan yang dapat meningkatkan dan membuat warna ikan semakin menarik berupa vitamin maupun asam lemak.

Umumnya suplemen ini berbentuk cairan dan kemudian dicampurkan dalam akuarium atau ada juga yang digunakan sebagai rendaman campuran makanan. Kamu bisa menemukan banyak suplemen di pasaran dengan berbagai kegunaan. Jadi, kamu dapat memilih jenis suplemen sesuai dengan kebutuhan ikan cupang.

Makanan Ikan Cupang Agar Warnanya Bagus
Makanan Ikan Cupang Agar Warnanya Bagus

Penutup

Itulah daftar makanan ikan cupang agar warnanya bagus dan bertahan lama. Cara merawat ikan cupang agar warnanya bagus yaitu kamu dapat memberikan beberapa makanan yang telah ditulis di atas dan merawat ikan cupang dengan benar agar sehat. Semoga informasi di atas dapat membantu kamu mendapatkan makanan ikan cupang yang tepat.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Cupang dengan Mudah dari Rumah, Dijamin Berhasil!

Comments are closed.