Makanan Untuk Anak Kucing Kampung Agar Cepat Gemuk

Posted on 255 views
Berikut pilihan Makanan Untuk Anak Kucing Kampung yang dapat kamu berikan. Membahas tentang ✓ Jenis Makanan ✓ Pilihan Makanan ✓ Minuman ✓ Tanya-Jawab
Bagikan artikel ini

Berbicara mengenai kucing Kampung atau kucing Domestik, banyak yang memelihara ras kucing ini sejak dari mereka kecil. Untuk Kamu yang tertarik memelihara juga, pastikan Kamu memberikan makanan untuk anak kucing kampung yang sesuai anjuran.

Karena memberikan makanan yang terbaik merupakan salah satu poin penting dalam memelihara anak kucing kampung. Sehingga anak kucing kampung yang Kamu pelihara bisa tumbuh menjadi kucing yang sehat.

Untuk makanan anak kucing kampung sendiri terhitung memiliki biaya yang cukup bersahabat. Hal tersebut menjadi salah satu faktor yang membuat biaya perawatan anak kucing kampung jauh lebih murah daripada perawatan ras anak kucing lainnya.

Makanan untuk anak kucing kampung
Makanan untuk anak kucing kampung

Jenis Makanan Untuk Anak Kucing Kampung

Selain menginginkan anak kucing yang Kamu pelihara memiliki umur panjang, Kamu tentu ingin si kucing memiliki penampilan yang sehat dan menarik bukan? Seperti tubuh yang berisi dengan bulu yang tidak mudah rontok.

Tidak direkomendasikan memberi makan anak kucing kampung berupa makanan sisa, seperti duri ikan atau tulang ayam karena bisa membahayakan. Meski kucing kampung, tentu ia harus diberikan makanan yang baik untuk tumbuh kembangnya.

Maka salah satu jenis makanan yang perlu diperhatikan adalah makanan kucing kampung agar bulu tidak rontok. Karenanya anak kucing memerlukan nutrisi yang cukup lewat makanan dan minuman yang Kamu berikan.

Contoh nutrisi yang diperlukan dalam makanan anak kucing kampung ialah:

  • Kalsium, vitamin C, dan vitamin E yang baik untuk kesehatan gigi dan tulangnya.
  • Omega 3 dan 6 yang bisa membantu menguatkan dan menjaga kesehatan bulunya agar tidak mudah rontok.
  • Vitamin A yang baik untuk metabolisme tubuhnya, kesehatan kulitnya, dan kesehatan matanya.

Lalu, apa saja makanan untuk anak kucing kampung yang paling direkomendasikan? mari simak penjelasannya berikut ini:

1. Makanan Basah Untuk Anak Kucing Kampung

Makanan basah atau disebut Wet Food merupakan jenis makanan yang sangat disukai oleh kebanyakan anak kucing. Sebab jenis makanan ini sangat cocok untuk pencernaan anak kucing karena mudah untuk dicerna.

Selain itu jenis makanan basah memiliki kandungan air yang pas, sehingga baik untuk kinerja saluran kemih dan ginjal pada anak kucing. Jenis makanan basah ini sangat cocok untuk anak kucing kampung dengan usia mulai dari satu bulan.

2. Makanan Kering Untuk Anak Kucing Kampung

Makanan kering atau Dry Food merupakan jenis makanan untuk anak kucing kampung dengan harga cukup bersahabat. Di samping itu makanan kering ini memiliki ketahanan atau daya simpan yang cukup lama.

Secara umum makanan kering untuk anak kucing ini terbuat dari ekstrusi daging yang diolah dengan suhu tertentu dengan tekanan tinggi. Kamu bisa membeli makanan kering untuk kucing ini sesuai dengan usia anak kucing kampung yang dipelihara.

3. Makanan Mentah Untuk Anak Kucing Kampung

Makanan mentah bisa menjadi opsi lainnya untuk anak kucing kampung yang Kamu pelihara. Meski tidak semua anak kucing kampung bisa menolerir makanan mentah ini, tidak sedikit  pemilik anak kucing yang memberikan jenis makanan mentah berupa daging.

Jika Kamu tertarik memberikan makanan mentah berupa daging, pastikan anak kucing kampung yang Kamu pelihara bisa mencernanya dengan baik. Jika tidak atau ia belum siap, pilih opsi makanan untuk anak kucing kampung yang lainnya.

4. Makanan Tinggi atau Rendah Protein

Selanjutnya ialah makanan tinggi ataupun rendah protein. Kenapa rendah protein? karena sama halnya dengan manusia, penyakit Ginjal bisa saja menyerang kucing tak terkecuali anak kucing kampung.

Sebab itulah, Kamu bisa memberinya makanan yang rendah protein untuk mengantisipasi hal ini. Di samping itu makanan tinggi protein sangat penting untuk anak kucing, seperti ikan tuna, daging ayam dan lainnya.

Memilih makanan kucing yang tinggi ataupun rendah kadar proteinnya bisa disesuaikan dengan kondisi si kucing. Sehingga agar lebih tepat dalam pemberian makanannya, Kamu bisa mengkonsultasikannya dengan Dokter Hewan terlebih dahulu.

Makanan untuk anak kucing kampung
Makanan untuk anak kucing kampung

Pilihan Makanan Untuk Anak Kucing Kampung Usia 1 Bulan

Setelah mengenal berbagai jenis makanan untuk anak kucing, Kamu bisa mengetahui pilihan makanan untuk anak kucing kampung lainnya yang cocok untuk kucingmu.

Simak pilihan makanan anak kucing kampung umur 1 bulan di bawah ini:

1. Whiskas dan Sejenisnya

Selain yang bisa Kamu persiapkan sendiri, ada pilihan lain yang lebih praktis yakni makanan kucing siap saji sebagai makanan untuk anak kucing kampung. Contohnya saja Whiskas, Kamu bisa membeli baik berupa jenis makanan kering maupun makanan basah untuk anak kucing usia 1 bulan.

Bukan hanya Whiskas, masih ada merek sejenis yang bisa Kamu temukan di Pet Shop terdekat maupun di toko-toko online langgananmu.

Makanan untuk anak kucing kampung
Makanan untuk anak kucing kampung

2. Bubur Khusus Kucing

Bubur di sini merupakan makanan untuk anak kucing kampung yang cocok untuk anak kucing berusia 1 bulan. Karena secara umum anak kucing yang masih berusia 1 bulan tidak bisa langsung diberi makanan kasar. Kamu bisa membuat bubur dari beras ataupun nasi.

Bubur untuk anak kucing ini bisa Kamu campurkan dengan makanan lain dengan kandungan nutrisi yang baik untuk kucing. Misalnya dicampur dengan ikan atau ayam dan lainnya. Paling penting membuat bubur tersebut sehalus mungkin agar si kucing mudah mencernanya.

Makanan untuk anak kucing kampung
Makanan untuk anak kucing kampung

3. Daging

Daging yang paling disukai oleh anak kucing umumnya adalah ikan. Sebelum Kamu memberikan makanan ini pada anak kucingmu, pastikan Kamu mengolahnya terlebih dahulu. Hal ini agar bakteri yang ada di dalamnya hilang.

Makanan untuk anak kucing kampung
Makanan untuk anak kucing kampung

Minuman Untuk Anak Kucing Kampung

1. Susu Khusus Untuk Anak Kucing

ASI merupakan makanan untuk anak kucing kampung berusia 1 bulan yang paling utama. Tetapi jika Kamu memelihara anak kucing kampung tersebut tanpa induknya, Kamu bisa menggantinya dengan susu untuk bayi kucing kampung.

Alternatif ASI untuk anak kucing yang bisa Kamu beli contohnya “Growssy Cat Milk” dan juga “Royal Canin Babycat Milk”. Kedua merek tersebut sudah memiliki berbagai kandungan yang baik untuk anak kucingmu. Selain itu keduanya mudah ditemukan di Pet Shop terdekat ataupun di berbagai toko online.

Tips memberikan susu yang perlu Kamu perhatikan ialah, gunakan botol susu khusus untuk kucing, alat suntik, ataupun pipet. Sebagai permulaan, teteskan susu perlahan-lahan ke mulut si kucing. Jika si kucing sudah terbiasa, ia akan menyedot susu tersebut dengan sendirinya.

Makanan untuk anak kucing kampung
Makanan untuk anak kucing kampung

2. Air Putih

Selain susu pengganti ASI khusus kucing, Kamu pun bisa memberikan si kucing air secara teratur. Air yang dimaksud adalah air putih yang sudah matang alias air minum. Bisa juga memberikannya air putih yang hangat.

Karena anak kucing tidak akan selamanya minum susu, jadi Kamu pun bisa membiasakan memberinya air putih. Maka, setelah anak kucing tidak minum susu lagi, ia pun akan minum air putih untuk ke depannya.

Makanan untuk anak kucing kampung
Makanan untuk anak kucing kampung

Tanya Jawab Seputar Makanan Untuk Anak Kucing Kampung

Bayi kucing kampung makan apa?

Makanan untuk anak kucing kampung

Makanan bayi kucing kampung antara lain :
1. Kitten Milk Replacer (KMR)
2. Teh Glukosa Bubuk
3. Tajin (Air Rebusan Beras)

Anak kucing dikasih makan apa?

Makanan untuk anak kucing kampung

Awal perkenalan pada makanan, anak kucing bisa diberikan pakan basah yang bertekstur lembut. Setelah tahap tersebut selesai, kamu bisa memberinya pakan kering yang dicampur dengan air. Setelah terbiasa dengan tekstur tersebut, kamu bisa memberikannya pakan kering.

Berapa bulan bayi kucing mulai makan?

Makanan untuk anak kucing kampung

Biasanya, makanan untuk anak kucing tertulis diperuntukkan bagi kucing berusia 1 – 12 bulan. Tapi di usia awalnya, biasanya anak kucing hanya minum susu dari induknya saja. Kucing biasanya sudah bisa makan makanan kucing saat berusia satu bulan.

Bolehkah bayi kucing minum air putih?

Makanan untuk anak kucing kampung

Jadi, sebaiknya kucing peliharaan enggak diberikan minuman lain selain air putih yang segar atau susu formula khusus untuk kucing, ya. Pemberian susu khusus kucing pun cuma perlu selagi kucing masih bayi dan perlu disapih. Setelah lepas sapih, sebaiknya kucing diberi minum air putih saja.

Anak kucing 3 minggu makan apa?

Makanan untuk anak kucing kampung

Sebelumnya, perlu dipahami jika asupan terbaik untuk anak kucing di usia tiga minggu pertama kehidupannya adalah susu induknya. Air susu induk mengandung banyak nutrisi yang penting bagi ketahanan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit.

Apakah anak kucing boleh makan nasi?

Makanan untuk anak kucing kampung

Jawabannya adalah aman. Kebanyakan kucing makan nasi dengan aman, meskipun ada beberapa pengecualian. Sebenarnya makan nasi bukan perilaku alami kucing, mengingat nasi tidak memberi nutrisi yang dibutuhkannya. Meskipun kucing bisa dan aman makan nasi, masih ada kemungkinan kecil bahaya dari segi kecukupan nutrisi.

Apakah anak kucing boleh makan makanan kucing dewasa?

Makanan untuk anak kucing kampung

Saat anak kucing mulai dewasa atau berusia 10 – 12 bulan, anak kucing bisa diberikan makanan kucing dewasa.

Apakah susu SGM baik untuk bayi kucing?

Makanan untuk anak kucing kampung

tenang babes, jangan khawatir! SGM LLM+ ini bisa banget jadi alternatif susu untuk anak kucing kamu. susu SGM LLM+ ini tidak mengandung laktosa yang bisa membuat anak kucing kamu mengalami gangguan pencernaan. aroma nya juga sedikit gurih dan anyir yang membuat kucing kamu pasti suka.

Apakah anak kucing boleh makan kuning telur?

Makanan untuk anak kucing kampung

Kuning telur yang sudah dimasak atau dalam keadaan matang dapat diberikan ke kucing peliharaan. Pasalnya, kuning telur mengandung sebagian besar nilai gizi telur.

Anak kucing 1 bulan makan apa?

Makanan untuk anak kucing kampung

Apabila kucing tidak bisa menyusu pada induknya, maka Anda dapat memberikan produk bertanda Kitten Milk Replacer (KMR) atau juga susu khusus anak kucing. Hal ini karena formula untuk produk KMR sudah diracik sebaik mungkin sehingga aman dikonsumsi sebagai makanan anak kucing kampung umur 1 bulan.

Kenapa kucing memakan anaknya yang baru lahir?

Makanan untuk anak kucing kampung

Kadang-kadang, ada induk hewan yang memakan anaknya karena memiliki insting tertentu. Misalnya anak yang dilahirkannya sakit sehingga kemungkinan bertahan hidupnya kecil. Ini terjadi pada mamalia seperti kucing atau beruang.

Apakah anak kucing boleh makan tempe?

Makanan untuk anak kucing kampung

Tempe merupakan sumber protein nabati sehingga tidak cocok bagi kucing yang merupakan karnivora.

Makanan apa saja yang tidak boleh dimakan oleh kucing?

Makanan untuk anak kucing kampung

1. Alkohol dan makanan yang mengandung alkohol. Alkohol sangat berbahaya bagi kucing
2. Alpukat. Kucing adalah karnivora wajib dan memiliki proses pencernaan yang sama sekali berbeda dari manusia
3. Cokelat
4. Bawang putih
5. Telur, daging atau ikan mentah
6. Roti dan ragi
7. Ikan tuna
8. Anggur dan kismis

Makanan untuk anak kucing kampung
Cara memberi makan kucing kampung

Kesimpulan

Itulah beberapa pilihan makanan untuk anak kucing kampung yang bisa Kamu pilih sesuai kebutuhan masing-masing. Jika Kamu ingin lebih detail lagi, jangan lupa konsultasikan lebih lanjut ke Dokter Hewan ya. Semoga pembahasan di atas bermanfaat dan kucingmu selalu sehat.

Baca Juga : Berbagai Macam Makanan yang Baik untuk Kucing