Pecinta Kucing Wajib Tau 4 Makanan Untuk Kucing Bulu Rontok

Posted on 61 views
Makanan untuk kucing bulu rontok adalah makanan yang diberikan untuk mengurangi kerontokan bulu kucing agar kucing sehat dan menggemaskan dengan bulu yang bagus
Bagikan artikel ini

Menjaga kesehatan kucing adalah tanggung jawab dari pemilik kucing, terutama kesehatan pada bulu. Makanan untuk kucing bulu rontok adalah makanan khusus yang harus diberikan untuk mengurangi kerontokan dari bulu kucing agar kucing tetap terlihat sehat dan menggemaskan dengan bulu yang bagus.

Makanan untuk kucing bulu rontok
Makanan untuk kucing bulu rontok

Rekomendasi Khusus Makanan Untuk Kucing Bulu Rontok

Memilih untuk memelihara hewan, artinya harus siap untuk merawatnya dengan sepenuh hati. Oleh sebab itu, sebagai pemelihara kamu harus memiliki pengetahuan yang mumpuni mengenai hewan yang kamu pelihara.

Contohnya kucing. Ada beberapa hal yang perlu diketahui oleh pecinta kucing dan harus diperhatikan dengan baik. Hal-hal tersebut meliputi, cara menjaga kucing, mengenali gejala-gejala penyakit yang bisa timbul sewaktu-waktu, memberikan perawatan, serta menjaga kebersihannya.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara memberikan pakan kepada kucing dengan makanan yang berkualitas untuk menjaga kesehatan, baik kesehatan organ tubuhnya, maupun bulunya.

Saat ini, telah berdiri berbagai perusahaan yang memproduksi makanan kucing agar bulu tidak rontok dan berusaha untuk menonjolkan keunggulan kandungan dalam makanan tersebut yang disesuaikan dengan kebutuhan kucing.

Makanan untuk kucing bulu rontok
Makanan untuk kucing bulu rontok

Berikut beberapa makanan untuk kucing bulu rontok yang bisa kamu beli di toko pakan kucing terdekat :

1. Pro Plan Adult dan Kitten

Pro Plan merupakan sebuah makanan untuk kucing bulu rontok yang biasa diberikan untuk kucing jenis Persia. Makanan ini juga dipercaya baik untuk pertumbuhan bulu kucing, sehingga banyak diantara pemelihara kucing yang memilih merek ini sebagai makanan kucing mereka.

Pro Plan merupakan merk makanan kucing untuk bulu rontok. Ada berbagai varian yang disediakan pada makanan merek ini, bagi kamu yang mencari makanan untuk kebutuhan memperindah atau mempercantik bulu kucing, maka kamu bisa memilih varian Pro Plan Derma Plus.

Varian tersebut mengandung gizi yang cukup baik, diantaranya vitamin B kompleks, zink omega 3 dan 6, viber, serta vitamin E. Tidak hanya untuk membantu menjaga bulu agar tidak rontok, kandungan tersebut juga baik untuk kesehatan kulit dan membuat bulu kucing menjadi lebih indah.

Bagi kamu pemilik kucing jenis Persia, perlu diketahui bahwa kucing jenis ini memiliki bulu yang panjang dan berisiko mengalami hairball atau mempunyai volume rambut yang tertelan oleh kucing dengan ukuran yang lebih besar.

Pro Plan Derma Plus mengandung serat yang berfungsi untuk mengikat rambut yang tadinya tertelan oleh kucing agar bisa keluar bersama dengan kotorannya.

Makanan untuk kucing bulu rontok
Makanan untuk kucing bulu rontok

2. Whiskas

Para pecinta kucing pasti tidak asing dengan merek Whiskas ini, salah satu produk makanan kucing favorit yang laris dijual di pasaran. Makanan kucing ini merupakan makanan untuk kucing bulu rontok.

Kandungan nutrisi yang baik menjadikan Whiskas sebagai pilihan utama bagi para pecinta kucing dan menjadi rekomendasi makanan kucing untuk bulu rontok, nutrisi tersebut berguna untuk menjaga dengan baik kesehatan bulu maupun kulit, memperindah bulu, serta membuat kucing menjadi lebih aktif.

Terdapat berbagai bentuk kemasan dari produk ini, mulai dari karungan yang biasa dibeli untuk stok, hingga makanan sachet yang bisa diberikan kepada kucing untuk sekali makan. Bukan hanya itu, Whiskas untuk bulu rontok ini juga menyediakan jenis makanan kucing yang digolongkan dalam kategori makanan wet food atau dry food untuk kitten hingga kucing dewasa.

3. Royal Canin

Selain Whiskas, Royal Canin juga menjadi pilihan favorit makanan untuk kucing bulu rontok bagi para pecinta kucing, merek ini cukup terkenal di kalangan pecinta kucing yang tinggal di negara Perancis.

Royal Canin sangat direkomendasikan untuk diberikan kepada kucing jenis Persia, tetapi boleh juga diberikan kepada kucing lain asalkan tidak ada alergi atau kesensitifan lainnya dari kucing tersebut.

Royal Canin untuk bulu rontok dipercaya karena memiliki kandungan yang baik untuk melebatkan dan memperpanjang bulu kucing. Terdapat berbagai varian rasa, kamu bisa memilih varian tersebut dengan menyesuaikannya terhadap kesukaan kucing peliharaan kamu.

4. Muezza

Makanan kucing untuk bulu rontok selanjutnya ini berbeda dari merk makanan kucing sebelumnya, Muezza telah memiliki sertifikat halal dari The Central Islamic Committee of Thailand, sehingga pecinta kucing Muslim tidak perlu khawatir mengenai kandungan dalam merek makanan kucing ini.

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan dari keunggulan merk makanan kucing ini adalah, adanya kandungan protein, asam lemak omega 3, serta mineral yang berperan sebagai nutrisi penting bagi kelembutan bulu kucing, menjaga imun tubuh kucing, serta membuat gigi dan tulang kucing semakin kuat.

Terdapat beberapa varian rasa yang bisa kamu pilih untuk memberikan merek makanan ini kepada kucing kesayangan kamu, diantaranya mackerel flavor, ocean fish flavor, tuna flavor, serta salmon flavor. Kamu bisa mendapatkan merk makanan untuk kucing bulu rontok ini di e-commerce kepercayaan kamu.

Baca Juga : 5 Makanan untuk Anak Kucing Baru Lahir Yang Tepat

Makanan untuk kucing bulu rontok
Makanan untuk kucing bulu rontok

Penyebab Bulu Kucing Rontok

Setiap kejadian pasti ada penyebabnya, termasuk ketika kamu menemui kejadian bulu-bulu kucing kesayangan kamu mendadak rontok. Hal tersebut pasti membuat kamu menjadi khawatir dan bertanya-tanya apa penyebab dari kerontokan bulu kucing tersebut?

Kamu bisa mempelajari apa saja penyebab bulu kucing menjadi rontok, yaitu sebagai berikut :

1. Menerima nutrisi yang berlebih

Nutrisi yang cukup akan berdampak baik pada kesehatan kucing, namun perlu diperhatikan juga bahwa segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, termasuk kelebihan nutrisi. Apabila kamu menemui kucing yang bulunya sering rontok, bisa jadi kucing tersebut mengalami kelebihan nutrisi.

Selain itu, kelebihan nutrisi juga berdampak pada kulit kucing yang menyebabkan kulit menjadi kering dan bahkan bisa mengelupas. Sebagai pecinta kucing, kamu harus bisa memilih makanan yang baik, seperti makanan untuk kucing bulu rontok.

2. Adanya alergi

Bukan hanya manusia yang bisa terkena alergi, kucing juga bisa mengalami alergi yang disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah pemberian obat atau vaksin yang tidak cocok dengan jenis kucing, sehingga berakibat pada bulu kucing yang rontok lebih banyak. Apabila terjadi hal seperti ini, sebaiknya kucing segera dibawa ke dokter hewan.

3. Stress

Kucing yang tidak pernah diajak berinteraksi atau bermain dengan pemiliknya akan mengalami stress. Saat stress, pembuluh darah kucing tidak akan bekerja dengan baik, sehingga terjadi hambatan saat mengirimkan nutrisi ke seluruh tubuh.

Akibat dari hal tersebut, membuat keaktifan kucing menurun dan berdampak pada bulu-bulunya yang rontok. Oleh sebab itu, jangan bosan untuk selalu mengajak kucing bermain ya, karena kucing juga butuh teman untuk berinteraksi.

Upaya Merawat Bulu Kucing Agar Tidak Mudah Rontok

Memiliki kucing yang sehat adalah idaman semua pecinta kucing, maka kamu bisa melakukan beberapa hal untuk mencegah agar bulu kucing tidak mudah rontok, diantaranya dengan melakukan hal-hal di bawah ini :

  • Menjaga mood kucing, jangan biarkan kucing mengalami stress
  • Memberikan asupan nutrisi yang cukup bagi kucing
  • Rajin memandikan kucing dan membersihkan kandang
  • Memberikan makanan untuk kucing bulu rontok terbaik
  • Menghindari pemakaian produk yang bisa memicu dampak dari alergi kucing

Baca juga : Mau Tau Apa Saja Makanan Untuk Kucing Hamil yang Baik? Simak Infonya Berikut!

Makanan untuk kucing bulu rontok
Makanan untuk kucing bulu rontok

Tanya Jawab Seputar Makanan Kucing Yang Bagus Untuk Bulu Rontok

Bagaimana cara mengatasi bulu kucing yang rontok?

Makanan Untuk Kucing Bulu Rontok

Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok
1. Sikat bulu kucing secara teratur
2. Mandikan kucing sebulan sekali
3. Ubah pola makanya
4. Beri kandang khusus

Apa yang membuat bulu kucing rontok?

Makanan Untuk Kucing Bulu Rontok

Beberapa penyebab bulu kucing rontok, bisa terjadi karena alergi kulit. Kemudian adanya parasit yang menyebabkan kudis, dan masalah jamur seperti kurap, juga merupakan penyebab umum kucing mengalami alopecia.

Apakah bulu kucing berbahaya bagi manusia?

Makanan Untuk Kucing Bulu Rontok

Bagi Anda yang memelihara hewan di rumah, terutama kucing, bahaya bulu kucing merupakan hal yang penting untuk diwaspadai. Ini dikarenakan bulu kucing bisa mengandung bakteri dan parasit yang dapat menyebabkan terjadinya berbagai penyakit, mulai dari kurap hingga toksoplasmosis.

Apakah makanan mempengaruhi bulu kucing?

Makanan Untuk Kucing Bulu Rontok

Cek asupan gizi si manis, bisa-bisa penyebab bulu kucing rontok adalah kurangnya jumlah makanan baik yang masuk ke dalam perut si kucing. Vitamin A dan E serta protein merupakan gizi yang sangat penting bagi seekor kucing karena dibutuhkan untuk pembentukan bulu baru.

Apakah ikan asin membuat bulu kucing rontok?

Makanan Untuk Kucing Bulu Rontok

Jika kucingmu sejenis kucing persia atau anggora, jangan sekali-kali memberinya ikan asin karena bahayanya bisa membuat bulu si kucing menjadi rontok.

Berapa lama bulu kucing tumbuh lagi?

Makanan Untuk Kucing Bulu Rontok

Nantinya, dibutuhkan waktu sampai sekitar empat bulan agar bulu kucing dapat tumbuh kembali seperti semula. Parapuan adalah ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Apa yang terjadi jika menghirup bulu kucing?

Makanan Untuk Kucing Bulu Rontok

Reaksi Alergi

Sehingga saat ia menjilat dirinya sendiri, maka bulunya terkena air ludah tersebut. Reaksi alergi yang muncul umumnya bisa sebabkan gejala flu, termasuk di antaranya adalah mata gatal, bersin, pilek, dan peradangan pada sinus. Selain itu, bulu kucing dapat memicu serangan asma.

Kenapa Kucing jadi botak?

Makanan Untuk Kucing Bulu Rontok

Pada kucingmu, bercak kebotakan dan rambut rontok juga bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon. Hormon tertentu bertanggung jawab atas pertumbuhan bulu kucing. Ketika terjadi kelebihan atau kekurangan hormon, rambut rontok bisa terjadi.

Apakah bulu kucing penyebab kemandulan?

Makanan Untuk Kucing Bulu Rontok

Faktanya bulu kucing tidak menyebabkan terjadinya kemandulan bagi wanita dan parasit toksoplasma sendiri disebarkan melalui kotoran kucing bukan pada bulu kucing.

Penutup

Merawat kucing adalah hal yang menyenangkan, karena kucing merupakan hewan peliharaan yang super lucu. Di Indonesia, ada banyak sekali pecinta kucing yang berusaha memberikan perawatan terbaik untuk kucing-kucing kesayangan mereka.

Oleh sebab itu, sebagai pecinta kucing ada baiknya kamu untuk terus belajar merawat kucing dengan baik, termasuk mengatasi kejadian saat kucing mengalami kerontokan, dengan memberikan makanan untuk kucing bulu rontok.

Baca Juga : Makanan Untuk Anak Kucing Kampung Agar Cepat Gemuk

Comments are closed.