6 Cara Merawat Kucing Yang Cocok Bagi Kaum Pemula!

Posted on 154 views
Cara merawat kucing yang dijelaskan ini jangan sampai kamu lewatkan. Terutama jika kamu baru pertama kali memelihara kucing. Simak informasinya di artikel ini.
Bagikan artikel ini

Cara merawat kucing yang dijelaskan dalam artikel ini jangan sampai kamu lewatkan. Terutama jika kamu baru pertama kali memelihara kucing.

Ada banyak pilihan hewan peliharaan yang bisa menjadi pertimbangan. Kucing memang menjadi salah satu pilihan hewan peliharaan yang banyak diminati. Wajah dan tingkahnya yang menggemaskan menjadi banyak orang memutuskan untuk memelihara hewan satu ini.

Cara Merawat Kucing
Cara Merawat Kucing

Selain itu, kucing juga menjadi salah satu hewan yang banyak jenisnya. Mulai dari yang memiliki bulu lebat, tipis, coraknya yang beragam, warna matanya yang beragam, ukuran yang macam-macam, dan lain sebagainya.

Walaupun terlihat sederhana, cara merawat kucing maupun cara merawat anak kucing salah satunya yaitu perawatan yang hati-hati dan memperhatikan detail. Jika kucingmu adalah kucing ras, akan sangat disayangkan jika kamu tidak merawatnya. Selain itu, kucing juga menjadi salah satu hewan yang rentan terkena penyakit.

Sebagai pemula, tentu kita belum punya pengalaman merawat kucing. Artikel ini mungkin akan membantu kamu dalam cara memelihara kucing dengan baik. Mari simak ulasan lengkapnya

Cara Merawat Kucing
Cara Merawat Kucing

Cara Merawat Kucing di Rumah

1. Menyiapkan Tempat Sebagai Rumah Kucing

Hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan menyiapkan suatu tempat sebagai tempat yang aman dan nyaman untuk kucing. Jika kamu ingin merawatnya di dalam rumah, kamu harus berikan satu tempat untuk dirinya bisa tidur dengan nyaman.

Cara Merawat Kucing
Cara Merawat Kucing

Kamu juga bisa memelihara kucing di dalam kandang, namun harus dipastikan kebersihan kandangnya. Usahakan juga jangan terlalu sering mengurung kucing di dalam kandang. Karena pada dasarnya kucing menyukai kebebasan. Jika kucing terlalu lama dikurung di kandang, mereka akan merasa stress.

2. Memberi Makanan dan Air yang Cukup

Sama seperti makhluk hidup lainnya, cara merawat kucing yang baik juga membutuhkan makanan yang seimbang. Ada berbagai jenis makanan kucing yang dijual di toko-toko hewan. Kamu bisa menyesuaikan dengan kondisi kucing kamu ya.

Selain makanan kucing yang biasa dijual di toko hewan, kamu juga bisa mencari alternatif lain seperti makanan rumahan. Perlu diketahui bahwa kucing merupakan hewan karnivora, yaitu termasuk jenis hewan pemakan daging.

Cara Merawat Kucing
Cara Merawat Kucing

Hindari untuk memberi makanan yang berasal dari sayuran atau buah-buahan atau nasi, karena akan menyebabkan diare pada kucing kamu. Berikanlah makan pada kucing sehari 2 sampai 3 kali. Kamu juga harus sesuaikan porsinya dengan kondisi tubuh kucingmu, jangan sampai terlalu banyak atau sedikit.

Kamu juga harus memastikan kucing kamu cukup mendapatkan air. Taruh tempat minum mereka berdekatan dengan tempat makannya untuk mempermudah kucingmu.

3. Menyiapkan Tempat Buang Air

Salah satu hal penting dalam memelihara hewan peliharaan adalah mengurusi kotoran yang mereka hasilkan. Seperti yang kita ketahui, kucing adalah hewan yang selalu buang kotorannya pada pasir.

Untuk itu, kamu harus menyediakan pasir khusus dan kotak pasir yang ukurannya disesuaikan dengan ukuran kucing kamu. Kamu bisa menempatkan kotak pasir tersebut di tempat yang sepi, agar mereka tidak terganggu dan ketakutan saat sedang buang air.

Jangan lupa untuk rutin membuang kotorannya setiap hari menggunakan sekop khusus. Agar kotak pasir selalu bersih, gantilah pasir setiap 3-5 hari sekali dan cucilah kotak pasir setelahnya.

4. Memandikannya Secara Rutin

Walaupun kucing terkenal dengan kebiasaannya mandi sendiri, namun kamu tetap perlu rutin memandikannya, apalagi jika kucing peliharaanmu tinggal di dalam rumah.

Sebelum memandikannya, kamu perlu untuk memotong kuku mereka dengan gunting kuku khusus. Hal ini agar menghindari luka akibat cakaran saat sedang memandikannya.

Cara Merawat Kucing
Cara Memandikan Kucing

Mandikan kucing menggunakan air dingin saja, air panas justru akan membuat kulit kucing menjadi iritasi. Kamu juga harus menggunakan shampoo khusus untuk menjaga bulu kucing peliharaanmu. Ada banyak jenis shampoo kucing, kamu bisa sesuaikan dengan kondisi dan jenis kucing peliharaanmu.

5. Membersihkan Mata, Telinga, dan Hidung

Beberapa kucing terkadang mengeluarkan kotoran berlebih pada mata dan hidung mereka. Kamu bisa rutin membersihkannya menggunakan lap basah atau kapas yang sudah dibasahi.

Telinga kucing juga salah satu yang paling sering cepat kotor dan perlu dibersihkan secara teratur. Caranya adalah menggunakan cotton bud. Bersihkan telinga sampai daun telinganya secara perlahan dan hati-hati.

6. Ajak Kucing Bermain

Kucing merupakan salah satu hewan yang sangat aktif. Mereka akan sangat senang jika kamu sering mengajaknya bermain setiap hari. Mengajak kucing bermain juga membantu kamu menjalin hubungan yang baik dengan hewan peliharaan kamu.

Kamu bisa membelikannya mainan seperti boneka tikus atau ikan. Mereka juga akan senang dengan tali saat bermain. Kamu perlu juga sesekali mengajak kucingmu keluar rumah untuk sekedar jalan-jalan agar mereka tidak merasa bosan.

Tips Menghindari Kerontokan Bulu Kucing

Nah, kamu sudah mengetahui berbagai cara merawat kucing peliharaanmu. Begitu penting merawat kucingmu, salah satunya agar bulu mereka tidak cepat rontok. Lalu bagaimana tips agar bulu kucing peliharaanmu tidak cepat rontok?

Berikut tips untuk cara merawat kucing salah satunya yaitu agar bulu kucing tidak cepat rontok :

Yang perlu lakukan ketika bulu kucing rontok, yaitu:

1. Jangan Buat Kucing Menjadi Stres

Setiap makhluk hidup tentu akan mengalami stress. Sama halnya juga dengan kucing peliharaanmu. Penyebab kucing stress bisa berbagai macam. Mulai dari lingkungan kandang yang kotor, bosan, keinginan birahi, dan lain sebagainya.

Kucing yang stress dicirikan dengan bulunya yang rontok. Untuk itu, hindarilah kucing merasa stress agar bulu kucingmu tidak cepat rontok. Sering ajaklah mereka bermain dengan mainan atau ajak mereka berjalan jalan di lingkungan yang belum pernah mereka eksplor.

2. Sisir Bulu Kucing Rutin

Kucing memiliki jenis bulu yang bermacam-macam. Ada yang pendek, panjang, tebal dan lebat. Semakin tebal kucing, biasanya semakin menarik perhatian. Coba kamu bayangkan jika bulu kucing yang tebal rontok dan beterbangan?

Bulu-bulu kucing akan mudah menempel pada semua bahan kain, dan sangat sulit untuk dibersihkan. Untuk mencegah itu, kamu harus rajin menyisirnya agar bulu kucing yang rontok tidak menempel dan bertebaran di rumahmu.

Gunakanlah sisir khusus untuk kucing dan sisirlah secara perlahan agar kucing kamu tidak merasa kesakitan.

4. Jagalah Kebersihan Lingkungan Sekitar Kucing

Salah satu yang perlu diperhatikan dalam cara merawat kucing adalah menjaga kebersihan lingkungan kandang dan sekitar kandang kucing kamu. Ternyata, tempat yang kotor juga dapat menyebabkan kerontokan terjadi pada kucing peliharaan kamu loh.

Jadi, pastikan untuk rutin membersihkan kandang dan tempat sekitar kandang. Hal ini untuk menghindari kucing stress akibat tempat yang kotor.

5. Cobalah Mengganti makanan kucing

Makanan kucing ternyata juga bisa berpengaruh terhadap kerontokan bulu kucing kamu. Kamu bisa mengganti makanan kering jenis dan merek lainnya, atau bisa juga mencampur makanan kering dan basah.

Cara Merawat Kucing
Cara Merawat Kucing

Tanya Jawab Seputar Cara Merawat Kucing

Bagaimana cara merawat kucing kampung?

Cara Merawat Kucing

4 Cara Merawat Kucing Lokal Menurut Dokter Hewan :
1. Perhatikan Kondisi Kesehatan Kucing.
2. Pastikan Lingkungan Selalu Bersih.
3. Rajin Dimandikan. Mandikan kucing secara teratur dengan sampo khusus agar bulunya tidak mudah rontok.
4. Beri Makanan dan Minuman yang Sehat

Bagaimana cara agar kucing nurut?

Cara Merawat Kucing

1. Latihlah sejak usia anak-anak
2. Siapkan camilan, mainan atau catnip sebagai hadiah
3. Tidak disarankan untuk memberi hukuman
4. Gunakan “clicker” untuk melatih kucing
5. Buat sesi latihan sependek mungkin
6. Ajarkan juga supaya patuh buang air di litter box

Bagaimana aturan aturan memelihara kucing di rumah?

Cara Merawat Kucing

1. Memahami Kebutuhan Makan Kucing
2. Kucing Adalah Pemakan Daging
3. Rutin Membawa Kucing ke Dokter
4. Memandikan Kucing Secara Teratur
5. Menyikat Bulu Kucing Secara Teratur
6. Mengajarkan Kucing untuk Buang Air Pada Tempatnya

Apa saja yang perlu disiapkan untuk memelihara kucing?

Cara Merawat Kucing

1. Makanan Kucing. Makanan Kucing
2. Susu Kucing dan Dot Kucing. Susu Kucing dan Dot Kucing
3. Vitamin. Vitamin Untuk Kucing
4. Tempat Makan dan Minum Kucing
5. Kandang Kucing
6. Kasur Kucing
7. Pasir Kucing
8. Litter Box

Vaksin kucing mulai umur berapa?

Cara Merawat Kucing

Ini saatnya Memberikan Vaksin pada Kucing

Pemberian vaksin pertama diberikan saat usianya menginjak 12–16 minggu. Vaksinasi akan dilakukan dengan memasukkan 3 virus tidak aktif, yaitu: Feline herpes virus (fHV) atau feline calicivirus (FCV). Feline panleukopenia virus (FPV).

Bagaimana Cara Merawat Kucing Supaya sehat dan terawat?

Cara Merawat Kucing

Tips Cara Merawat Kucing Persia agar Jauh dari Penyakit dan Kutu
1. Siapkan kandang dan jaga kebersihannya
2. Sediakan tempat makan dan minum khusus
3. Berikan makanan yang sehat dan bergizi
4. Memandikan kucing satu kali seminggu
5. Menyiapkan pasir, tempat pasir, dan serokan

Berapa kali sebaiknya kucing dimandikan?

Cara Merawat Kucing

Sebagai permulaan, sebaiknya kamu memandikannya saat ia berumur 8 minggu, kemudian secara rutin setiap 3-4 minggu sekali hingga umurnya 12-14 minggu.

Berapa kali kucing makan dalam 1 hari?

Cara Merawat Kucing

Kucing dewasa perlu diberi makan sekali atau dua kali sehari. Sesuai dengan naluri nya, anak kucing dewasa akan lebih senang jika disajikan makanan segar, dengan suhu ruangan di mangkuk yang bersih miliknya.

Apa keistimewaan memelihara kucing?

Cara Merawat Kucing

Manfaat memelihara kucing yang pertama yakni membantu menghilangkan stress. Ketika kita memelihara kucing maka kita akan lebih banyak menghabiskan waktu dengan kucing dan ketika itu otak akan melepas hormon oksitosin. Hormon oksitosin ini berfungsi untuk menciptakan rasa tenang dan rileks.

Gimana cara merawat kucing kecil?

Cara Merawat Kucing

Tips Sederhana Merawat Kucing Kesayangan
1. Pahami kebutuhan dan asupan gizinya dari kecil
2. Jangan berikan makanan anjing untuk kucing
3. Kucing adalah karnivora alami
4. Mandikan kucing secara teratur
5. Sikat bulu kucing secara rutin
6. Pergi keluar dan bermain dengannya
7. Ajarkan kebiasaan hidup sehari-hari

Bagaimana cara merawat bayi kucing yang baru lahir?

Cara Merawat Kucing

Cara Merawat Anak Kucing Baru Lahir
1. Mencari Induk Angkat untuk Kucing
2. Menjaga Kucing Tetap Hangat
3. Memberikan Susu secara Rutin
4. Beri Stimulasi pada Kucing agar Bisa BAB
5. Perhatikan Kebersihan Tubuh Kucing
6. Melatih Membuang Kotoran Kucing
7. Melatih Pergerakan Anak Kucing
8. Beri Kasih Sayang dan Perhatian pada Kucing

Penutup

Nah, itu tadi penjelasan mengenai cara merawat kucing dan tips agar bulu kucingmu tidak cepat rontok. Tidak semudah yang dibayangkan ya ternyata? Semoga penjelasan di atas dapat membantu kamu khususnya yang pemula dalam merawat kucing peliharaan kamu ya.

Baca Juga : Cara Merawat Anak Kucing Dengan dan Tanpa Induk

Comments are closed.