Mau Tau Apa Saja Makanan Untuk Kucing Hamil yang Baik? Simak Infonya Berikut!

Posted on 9 views
Hi Cat lovers, taukah kamu apa saja jenis makanan untuk kucing hamil yang baik? Jangan sampai salah memilih dan memberikan makanan kucing yang sedang hamil lho!
Bagikan artikel ini

Hi Cat lovers, apakah kucing kesayanganmu sedang hamil? Dan taukah kamu apa saja jenis makanan untuk kucing hamil yang baik? Jangan sampai kalian salah memilih dan memberikan makanan untuk kucing hamil lho!

Penting untuk kamu ketahui jika memilih serta memberikan makanan kucing yang tepat pada saat kucing sedang hamil ternyata sangat penting. Hal itu bertujuan agar si bayi kucing dan sang induk tidak kekurangan nutrisi.

Kucing yang sedang hamil juga tak bisa diberikan makanan sembarangan dan tidak memperhatikan porsinya. Pasalnya ada beberapa resiko yang kemungkinan bisa dialami kucing yang sedang hamil akibat hal tersebut.

Nah, berikut kita simak beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai jenis makanan untuk kucing hamil yang telah kami rangkum di bawah ini. Let’s, check this out!

Makanan untuk kucing hamil
Makanan untuk kucing hamil

Jenis makanan untuk kucing hamil

Cat lovers, kucing merupakan salah satu hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan seperti layaknya hewan mamalia yang lain. Supaya proses kehamilan kucing dapat berjalan dengan lancar dan normal sampai nanti tiba hari kelahiran, maka pemilik kucing juga harus merawat kucing yang sedang hamil tersebut. 

Salah satunya adalah dengan memperhatikan jenis makanan kucing yang sedang hamil. Perlu kamu ketahui jika ada beberapa jenis dan merk makanan yang bagus untuk kucing hamil. Namun, sebelumnya kamu harus tau bagaimana ciri-ciri kucing yang sedang hamil.

Ada beberapa hal yang bisa kita kenali saat kucing betina hamil, antara lain yaitu:

  • Pada bagian kelenjar susu kucing warnanya menjadi lebih merah muda.
  • Nafsu makan kucing mengalami peningkatan.
  • Berat badan kucing bertambah.
  • Perut kucing yang semakin hari semakin melebar.
  • Terjadinya perubahan perilaku atau kebiasaan.
  • Kucing menjadi lebih manja.
  • Kucing lebih sering tidur daripada biasanya.

Selain hal-hal yang sudah kami sebutkan di atas, untuk memastikan lebih lanjut kamu bisa membawa kucing ke dokter hewan untuk diperiksa.

Umumnya masa kehamilan kucing akan berlangsung selama 58 sampai 67 hari. Pada saat kucing menginjak usia kehamilan 42 hari, biasanya dokter bisa membantu untuk melihat berapa banyak bayi yang sedang dikandung oleh kucing tersebut.

Hal ini tentu sangat penting, guna menentukan apakah kamu nantinya akan sanggup merawat semua anak-anak kucing itu atau justru akan memberikannya untuk diadopsi kepada orang lain.

Cat lovers, ada satu hal lagi yang perlu diingat, jika kucing yang sedang hamil itu sebaiknya tidak divaksin terlebih dahulu. Mengapa demikian? Sebab hal itu bisa mengganggu pertumbuhan bayi kucing.

Berikut kita simak jenis-jenis makanan untuk kucing hamil buatan sendiri ataupun makanan kucing hamil buatan pabrikan yang bisa kamu jadikan pilihan.

Makanan untuk kucing hamil
Makanan untuk kucing hamil

1. Makanan basah untuk kucing hamil

Makanan basah untuk kucing hamil atau yang biasa disebut dengan raw food ini bisa kamu berikan untuk kucing yang sedang hamil dengan porsi yang cukup serta memadai. Dimana di dalamnya termasuk makanan basah yang mana makanan ini akan memberikan nutrisi dan vitamin yang bagus nantinya, baik untuk bayi ataupun induk kucing.

Kamu bisa memberikan makanan untuk kucing hamil seperti aneka jenis ikan. Misalnya saja ikan tuna, ikan salmon atau ikan tongkol. Kira-kira bagaimana cara penyajiannya?

Cara penyajian makanan jenis ini biasanya akan disajikan dalam keadaan matang dan dikukus. Makanan tersebut sebaiknya jangan disajikan dengan cara digoreng ataupun ditambahkan bumbu-bumbu lain agar makanan tersebut menjadi makanan basah untuk kucing hamil.

Selain itu kamu juga bisa memberikan daging ayam pada bagian dada sebagai makanan kucing hamil. Hal itu dikarenakan beda bagian tersebut kaya akan kandungan proteinnya. Selain itu bagian ayam lainnya yang juga sangat bagus untuk kucing hamil adalah hati ayam.

Taukah kamu ternyata telur juga sangat baik diberikan untuk kucing hamil lho! Kuning telur untuk kucing hamil bisa disajikan secara mentah ataupun setengah matang.

Lantas, telur apa yang paling baik digunakan? Telur yang paling baik sebagai makanan kucing hamil adalah telur ayam kampung. Namun, jika tidak ada kamu juga bisa menggunakan telur ayam biasa.

Cat lovers, ternyata kamu juga bisa memberikan daging sapi atau domba sebagai makanan untuk kucing hamil kesayanganmu yang sedang hamil. Hal itu dikarenakan makanan tersebut juga kaya akan kandungan protein serta kalori yang tentunya sangat baik untuk kucing hamil.

Selain membutuhkan nutrisi, kucing hamil juga butuh berbagai macam vitamin. Nah, apa saja vitamin yang dibutuhkan kucing hamil? Macam-macam vitamin yang dibutuhkan untuk kucing hamil antara lain yaitu:

  • Vitamin A
  • Vitamin B1
  • Vitamin B3
  • Vitamin B6
  • Vitamin B12
  • Vitamin C
  • Vitamin D3
  • Vitamin E
  • Vitamin K

Selain berbagai macam vitamin yang telah disebutkan di atas, kucing hamil juga memerlukan magnesium, protein, fosfor, dan hemoglobin untuk mendukung perkembangan bayinya. Kucing hamil juga memerlukan energi yang bisa didapatkan melalui makanan yang mengandung kalori guna mendukung produksi asi si induk kucing betina.

2. Makanan kucing hamil kering

Cat lovers, biasanya di beberapa pet shop dijual berbagai makanan kucing untuk kucing hamil dengan berbagai merk. Namun, kamu tak bisa sembarang memilih, sebab kamu juga harus memperhatikan komposisi nutrisi serta vitamin yang ada di dalamnya.

Nah, berikut ini kami rekomendasikan beberapa merek makanan yang bagus untuk kucing hamil, antara lain yakni:

1. Blackwood kitten food

Merk makanan untuk kucing hamil yang pertama adalah Blackwood kitten food. Meskipun biasanya makanan ini diperuntukkan bagi anak kucing yang sedang mengalami diare, namun ternyata makanan ini juga bagus untuk kucing yang sedang hamil lho!

Makanan ini diklaim tak mengandung bahan pengawet, perasa ataupun pewarna buatan sehingga membuat kandungannya hampir sama seperti makanan alami. Selain itu makanan ini juga mengandung Omega Fatty Acid yang berguna untuk menjaga system pencernaan serta mencegah terjadinya diare.

Makanan untuk kucing hamil
Makanan untuk kucing hamil

2. Royal Canin Untuk Kucing Hamil (Pro Queen)

Royal Canin merupakan makanan kering yang biasa dikonsumsi untuk kucing betina yang sedang mengalami birahi, kehamilan sampai masa menyusui. Kandungan yang ada di dalamnya dapat membantu meningkatkan hormone serta rahim agar selalu kondusif selama masa reproduksi.

Selain itu makanan ini juga mendukung kebutuhan energi tinggi untuk induk kucing yang sedang menyusui. Berbagai kandungan nutrisi penting di dalamnya seperti energi, beta karoten, vitamin A, asam lemak esensial serta protein.

Makanan untuk kucing hamil
Makanan untuk kucing hamil

3. Pro Plan Kitten

Kucing hamil membutuhkan makanan yang mengandung protein, kalsium, lemak, serta fosfor dengan takaran yang sesuai AAFCO. Salah satu merk makanan kucing hamil yang terkenal adalah Pro Plan Kitten.

Makanan ini dikenal mempunyai kandungan nutrisi sebagai pakan kucing hamil yang tinggi, yang bagus untuk menjaga kesehatan induk kucing serta janin yang sedang dikandungnya. Oleh sebab itu kucing hamil perlu makanan yang mengandung banyak kalori dan protein.

Makanan untuk kucing hamil
Makanan untuk kucing hamil

Tanya Jawab Seputar Makanan Untuk Kucing Hamil

Kucing hamil makan apa?

Makanan untuk kucing hamil

Kebanyakan makanan yang bisa memenuhi kebutuhan kucing hamil justru ditemukan pada makanan anak kucing, atau jenis makanan kucing yang basah. Jika kucing hamil diberi makanan kering, akan lebih baik bila memilih yang kualitas dan nutrisinya sangat baik

Apakah kucing hamil tidak boleh dimandikan?

Makanan untuk kucing hamil

Hindari dulu memandikan kucing hamil karena dapat memicu stres hingga paling parah keguguran.

Berapa kali kucing hamil makan dalam sehari?

Makanan untuk kucing hamil

Ingatlah untuk memeriksa makanan mereka dan menggantinya sebanyak empat kali sehari. Hal ini sangat penting karena untuk menyediakan nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembangnya.

Apa yang harus dilakukan ketika kucing hamil?

Makanan untuk kucing hamil

Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat kucingmu hamil.
1. Berikan makanan yang tepat
2. Buat kucingmu merasa nyaman
3. Jangan biarkan kucingmu main di luar
4. Jauhkan dari kucing lain
5. Jangan berikan vaksin atau obat-obatan
6. Periksa secara rutin
7. Persiapkan tempat untuk persalinan

Apakah kuning telor boleh di berikan pada kucing hamil?

Makanan untuk kucing hamil

Kuning telur yang sudah dimasak atau dalam keadaan matang dapat diberikan ke kucing peliharaan. Pasalnya, kuning telur mengandung sebagian besar nilai gizi telur

Berapa lama kucing hamil setelah dikawinkan?

Makanan untuk kucing hamil

Seperti pada penjelasan sebelumnya, kehamilan kucing biasanya terjadi selama 58–63 hari, atau sekitar 9 minggu.

Apakah kucing usia 3 bulan bisa hamil?

Makanan untuk kucing hamil

Berapa Lama Kucing Hamil? Proses kucing bersiap-siap memiliki anak disebut queening. Seekor kucing betina bisa hamil saat berumur 4 bulan, kecuali sudah disterilkan. Kehamilan kucing biasanya berlangsung sekitar 63-65 hari, jadi kucing dapat memiliki anak saat baru berusia 6 bulan saja.

Bagaimana cara mengetahui Kucing Hamil?

Makanan untuk kucing hamil

– Puting terlihat berwarna makin merah muda dan membesar
– Perut terlihat lebih besar dan tegang
– Morning sickness
– Kucing cenderung lebih banyak makan dan tidur
– Kucing akan mencari tempat ‘bersarang’ menjelang waktu melahirkan

Apakah kucing yang sedang hamil boleh kawin?

Makanan untuk kucing hamil

Kucing betina bisa berahi di usia lima bulan, meskipun rata-rata kucing lainnya minta kawin di usia 10 bulan. Jika tidak ingin kucing hamil di usianya yang masih muda, sebaiknya jauhkan kucing betina dan kucing jantan. Namun jika tidak ingin kucing hamil sama sekali, kucing bisa disterilkan.

Penutup

Itulah beberapa jenis makanan untuk kucing hamil yang baik. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua ya!

Baca Juga : Berbagai Macam Makanan yang Baik untuk Kucing