10 Jenis Makanan untuk Kucing Umur 1 Bulan yang Tepat

Posted on 354 views
Berikut ini makanan untuk kucing umur 1 bulan hingga 1 tahun yang tepat untuk diberikan kepada si kecil lucu nan menggemaskan di rumah.
Bagikan artikel ini

Banyak jenis makanan yang dapat dikonsumsi oleh kucing. Sebagai hewan omnivora, untuk memberi asupan nutrisi bagi peliharaan yang imut tersebut memang tidak terlalu sulit. Namun, perlu diperhatikan bahwa membagi santapan untuk kucing kecil tidak sama dengan kucing dewasa. Berikut ini makanan untuk kucing umur 1 bulan hingga 1 tahun yang tepat untuk diberikan kepada si kecil lucu nan menggemaskan di rumah.

Makanan untuk kucing umur 1 bulan
Makanan untuk kucing umur 1 bulan

Makanan untuk Kucing Umur 1 Bulan yang Mudah Didapatkan

1. Susu alami

Sebenarnya untuk memberikan asupan nutrisi bagi si mungil kiten atau bayi kucing yang paling direkomendasikan adalah air susu yang dihasilkan oleh induknya. Asupan makanan alami tersebut memang yang seharusnya diterima oleh anakan kucing yang baru saja lahir hingga berumur beberapa bulan.

Akan tetapi, jika suatu saat terjadi hal yang mengakibatkan kamu tidak dapat melakukannya maka bisa dilakukan beberapa rekomendasi lainnya. Hal yang menjadi jalan pertama untuk dilakukan adalah mencarikannya ibu kucing lainnya. Kamu bisa mencari kucing yang juga masih dalam tahap menyusui, terutama yang jumlah bayinya sedikit. Terlalu banyak jumlah bayi yang disusui juga tidak terlalu baik untuk induknya. Pastikan setidaknya kucing kecil yang diberikan susu tidak melebihi 7 ekor.

2. Susu kedelai atau soya

Olahan kacang-kacangan tersebut bisa menjadi salah satu pilihan makanan untuk kucing umur 1 bulan lebih. Meskipun kandungannya tidak sama dengan susu asli dari indukan kucing ataupun formula buatan, namun soya bisa menjadi alternatif yang menjanjikan. Dengan kandungan yang dimilikinya, bahkan untuk beberapa kondisi juga direkomendasikan untuk memberikan ini bagi kucing peliharaan.

Soya tidak mempunyai unsur laktosa yang tinggi seperti halnya olahan yang lain. Tidak seperti susu hewani misalnya susu sapi, kerbau, kambing dan lain-lain. Oleh sebab itu, bagi kucing ini sangat berarti. Pertimbangan yang lain adalah biaya yang harus dikeluarkan. Susu kedelai tentunya terbilang lebih terjangkau harganya jika dibandingkan dengan susu ataupun olahan yang lain.

3. Pengganti susu kucing

Sekarang ini dengan kemajuan teknologi, para ahli hewan telah mampu untuk menciptakan sebuah formula khusus untuk bayi kucing yang tidak bisa mendapatkan kesempatan untuk diberikan susu oleh indukannya sendiri. Formula Kitten Milk Replacer atau bisa disingkat KMR tersebut menjadi alternatif yang begitu direkomendasikan oleh para ahli sebagai makanan untuk kucing umur 1 bulan bahkan kurang.

Kandungan yang dibentuk oleh pakar binatang sangat mirip dengan apa yang ada di dalam susu kucing yang asli. Jumlah masing-masing zat yang ada di dalamnya juga telah diusahakan sesuai dengan porsi yang dibutuhkan oleh kucing-kucing mungil nan imut tersebut. Tidak perlu khawatir untuk memberikan minuman buatan ini. Keamanannya telah dijamin sendiri oleh dokter hewan dan ahli yang lain.

Makanan untuk kucing umur 1 bulan
Makanan untuk kucing umur 1 bulan

4. Bubur

Meskipun sebenarnya belum disarankan untuk pemberian makanan pada kucing yang masih berusia belia, namun jika bentuknya telah dimodifikasi menjadi lebih halus lagi maka tidak apa-apa untuk diberikan. Perlu diperhatikan bahwa pencernaan yang ada di perut kucing yang masih kecil belum terlalu sempurna pada usia awal kehidupan.

Oleh sebab itulah, jika ingin memberikan bubur menjadi salah satu makanan untuk kucing umur 1 bulan juga perlu memperhatikan banyak faktor. Yang terpenting adalah teksturnya harus benar-benar halus dan dapat diterima oleh si kecil. Selain itu, apa yang dikandung dalam olahan tersebut juga harus benar-benar diperhatikan.

5. Daging domba

Jenis daging ini bisa menjadi alternatif makanan untuk kucing umur 1 bulan. Perlu diperhatikan juga bahwa saat memberikannya untuk si kecil menggemaskan, maka harus benar-benar diolah. Tekstur dari santapan itu harus sangat lembut. Untuk itulah direkomendasikan agar daging tersebut digiling terlebih dahulu dan dipastikan benar-benar halus.

6. Ikan

Bukan sesuatu yang asing untuk diketahui bahwa semua kucing pastinya suka dengan hewan air. Beberapa ikan disukai oleh kucing karena berbagai hal. Bagi si mungil berbulu cantik ini, ikan bisa menjadi salah satu bahan untuk mengisi perutnya. Sama seperti olahan sebelumnya, makanan untuk kucing umur 1 bulan tersebut juga perlu dihaluskan terlebih dahulu agar dapat dicerna dengan baik.

Kandungan kalsium yang ada di dalamnya menjadikan makanan tersebut cukup direkomendasikan agar diberikan untuk kucing-kucing imut tersebut. Nutrisi lain yang dicari dari olahan ini adalah omega 3 dan juga 6 tergantung dari jenis ikan apa yang diberikan. Sangat lumrah diketahui bahwa banyak jenis ikan yang mengandung zat tersebut dan pastinya begitu bermanfaat bagi tumbuh kembang kucing.

7. Ayam

Olahan ayam bisa menjadi alternatif untuk memberikan nutrisi kepada peliharaan kamu. Nutrisi yang akan didapatkan oleh hewan peliharaan sangat bermanfaat dan membuat tumbuh kembangnya menjadi lebih optimal lagi. Dengan pengolahan yang lembut, maka daging ini bisa diterima dengan baik oleh perut kucing-kucing yang masih belia.

Ayam juga tidak mengandung zat-zat yang tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh peliharaan berbulu indah tersebut. Beberapa vitamin dan zat pembangun ada dalam setiap isi ayam yang diberikan. Hal tersebut bisa memperlancar pertumbuhan gigi ataupun tulang binatang yang kamu pelihara.

Makanan untuk kucing umur 1 bulan
Makanan untuk kucing umur 1 bulan

8. Teh bubuk

Dapat ditemukan dengan mudah sebuah teh yang mengandung glukosa yang tinggi bagi bayi-bayi binatang peliharaan. Bentuknya bubuk dan dapat diseduh untuk dijadikan minuman yang menyehatkan. Akan tetapi, makanan untuk kucing umur 1 bulan tersebut juga perlu memperhatikan banyak hal. Jika kondisi kucing kecil peliharaanmu sedang sakit ataupun tidak baik secara keseluruhan, maka bisa diberikan alternatif lainnya terlebih dahulu.

Dengan takaran cukup satu sendok makanan saja tiap minuman yang diberikan, maka cukup untuk diberikan kepada hewan kesayangan. Sebisa mungkin tidak terlalu sering memberikan ini kepada kucing dengan usia belia. Jika ada alternatif lain, maka gunakan itu saja. Meskipun sama saja menyehatkan, tetapi teh tetaplah bukan konsumsi pertama bagi binatang kesayangan yang kamu miliki.

9. Makanan kucing buatan

Tidak hanya tersedia untuk kucing dewasa, ada pula olahan buatan pabrik yang menghasilkan makanan untuk kucing umur 1 bulan atau lebih. Berbagai merk menghadirkan varian ini agar memastikan kucing yang belum dewasa mempunyai nutrisi yang baik untuk perkembangannya.

10. Tajin

Ketika membuat nasi secara manual, maka menghasilkan air rebusan yang bergizi tinggi. Tajin bisa menjadi makanan untuk kucing umur 1 bulan yang tepat. Air yang berwarna putih ini bisa menjadi pengganti susu untuk sementara waktu saja. Karbohidratnya lumayan tinggi dan membuat kiten kamu lancar dalam membuang kotoran.

Makanan untuk kucing umur 1 bulan
Makanan untuk kucing umur 1 bulan

Penutup

Uraian tersebut bisa menjadi salah satu referensi penting bagi kamu yang memelihara binatang berbulu dan mungil bak boneka tersebut. Makanan untuk kucing umur 1 bulan hingga setidaknya 12 bulan memang tidak sembarangan. Untuk itulah perlu adanya pengetahuan sehingga apa yang diberikan sebagai konsumsi kucing menjadi prioritas pecinta kucing.

Baca Juga : Berbagai Macam Makanan yang Baik untuk Kucing