Ikan Cupang Nemo Galaxy : Ciri, Cara Merawat, Harga Hingga Makanan

Posted on 73 views
Indukan Ikan Cupang Nemo Galaxy didatangkan dari asal ikan cupang tersebut yaitu Thailand. Membahas tentang ✓ Ciri ✓ Cara Merawat ✓ Harga ✓ Jenis Makanan
Bagikan artikel ini

Ikan cupang jenis nemo merupakan salah satu yang banyak diminati oleh penggemar ikan hias. Salah satu jenisnya yang tergolong unik adalah ikan cupang nemo galaxy,dengan berbagai ciri dan karakter yang menarik. Mau tahu seperti apa ikan warna warni yang juga jadi ladang bisnis ini?

Ditilik dari eksistensinya di Indonesia, Nemo Galaxy merupakan pendatang. Diawali dari munculnya jenis Nemo tahun 2017, kemudian bermunculan berbagai jenis Nemo lainnya termasuk Galaxy. Tapi memang dulu untuk mengembangbiakkannya, indukan akan didatangkan dari asal ikan Cupang tersebut yaitu Thailand.

Ikan cupang nemo galaxy
Ikan cupang nemo galaxy

Ciri – ciri Ikan Cupang Nemo Galaxy

Ada sejumlah pembeda dari ikan cupang jenis Nemo Galaxy dengan jenis lainnya. Hal ini akan mempermudah siapa saja yang ingin mengoleksinya, sebagai ikan hias. Apakah kamu salah satunya? Cek ciri – ciri lengkapnya berikut ini.

  • Warna

Perpaduan warna pada tubuh ikan ini sangat variatif, namun yang paling mencolok adalah guratan merah yang menyebar di berbagai bagian tubuh. Kemudian ada beberapa warna lain dengan persentase lebih sedikit, seperti kuning, hitam. Lalu pada bagian sisiknya berwarna putih tak beraturan.

Biasanya warna biru akan muncul berupa bintik-bintik yang posisinya menyebar di sejumlah bagian tubuh ikan tersebut. Warna tersebut memiliki kilauan yang menakjubkan jika terkena cahaya, sehingga membuat tampilan ikan jadi berbeda dari yang lain.

  • Tubuh

Tubuh jenis cupang ini juga sangat proporsional antara panjang dan juga lebarnya. Ketika dia bergerak, akan terlihat lincah baik saat berenang sendirian maupun dengan sekumpulan ikan Nemo lainnya.

Sirip dari ikan ini juga terlihat tegak ketika sedang berenang sehingga terkesan elegan dan memberikan nuansa yang beda. Makanya banyak yang kepincut dengan jenis satu ini.

  • Bentuk Mata

Mata ikan ini juga terlihat bulat, namun bedanya dengan jenis lain adalah siapapun bisa berinteraksi lewat mata ikan tersebut. Makanya disebut sebagai salah satu cupang yang mudah dilatih memiliki mental kuat dan garang.

Ada yang menggunakan jari, untuk melatih agresif atau tidaknya ikan Cupang Nemo Galaxy ini. Ketika dia mengikuti arah gerakan tangan, artinya si ikan bisa diajak berinteraksi dan bisa dilatih. Tapi, kalau tidak memberikan respon apapun maka artinya jenis ikan tersebut perlu waktu lebih lama untuk menjadi lebih kuat.

  • Jenis – jenis Ikan Cupang Nemo Galaxy

Jenis ikan cupang nemo galaxy ada beberapa macam yaitu cupang nemo galaxy multicolor , cupang leopard galaxy , ikan cupang nemo emerald , cupang nemo koi galaxy , cupang plakat nemo galaxy dan cupang nemo multi galaxy.

Ikan cupang nemo galaxy
Ikan cupang nemo galaxy

Cara Merawat Cupang Nemo Galaxy

Untuk mendapatkan tampilan ikan yang menarik, memiliki imunitas tinggi, dan berpotensi umur panjang maka kamu perlu tahu cara merawatnya yang benar. Tinggal ikuti cara-cara hebat berikut ini.

  • Pastikan pH Air Stabil

Ikan ini terbiasa di habitat air tawar dengan pH air yang netral, jadi kamu harus memastikan pH di dalam akuarium juga netral. Salah satu caranya tentu dengan menggunakan air tawar seperti air sumur untuk dijadikan air utama pada akuarium tersebut.

Sehingga ikan jadi nyaman saat berada di dalam akuarium, layaknya berada di habitat aslinya. Pengecekan pH harus dilakukan secara rutin, sebab sangat berhubungan dengan ketahanan ikan di dalam air dan perkembang biakannya.

  • Ganti Air Setiap Dua Hari

Usahakan untuk selalu mengganti air akuarium kamu sekali dua hari, gunanya adalah untuk membuat ikan bisa tetap aktif dan tidak terkontaminasi dengan zat-zat yang bisa terbawa saat kamu memberikan makanan, atau debu yang bisa saja masuk ke dalam akuarium tersebut.

Cara mengganti airnya juga tak boleh sembarangan, kamu perlu memindahkan terlebih dahulu ikan ke wadah lain. Setelah itu, barulah lakukan penggantian air dimana masih tetap menggunakan perpaduan air lamanya dengan tambahan air baru dengan persentase yang tepat.

  • Bersihkan Akuarium Sekali Seminggu

Perawatan akuarium ini, sangat perlu diperhatikan supaya ikan tidak mudah terserang penyakit akibat bakteri atau virus yang bisa saja menyebar dari kondisi air yang tidak bersih. Ujung-ujungnya, ikan bisa lemas, daya tahan menurun, kemudian jika tak segera diobati akan mengakibatkan kematian.

  • Jemur Ikan

Cara menjemurnya adalah, dengan menempatkan akuarium di ruang terbuka yang terkena sinar matahari langsung. Sangat berguna untuk membantu memaksimalkan warna pada tubuh ikan, sekaligus memberi kesempatan kepada ikan untuk recharge energi pada kondisi yang segar.

  • Jangan Sentuh Ikan Saat Memindahkan

Sebaiknya kamu menuangkan langsung ikan dengan airnya ke lokasi baru, jika ingin dipindahkan. Sebab, jika kamu menyentuhnya, maka berpotensi membuat sirip dari  ikan Cupang Nemo Galaxy bisa patah dan tidak indah lagi saat dilihat.

Apalagi, ukuran ikan ini cenderung kecil dan gerakannya cukup agresif. Salah posisi memegang saja, sangat rentan membuat ikan jadi mengalami masalah pada ekor maupun bagian tubuh lainnya.

  • Utamakan Pemberian Pakan Alami

Ikan cupang jenis ini sangat menyukai makanan yang masih dalam kondisi hidup, selain nutrisinya masih alami juga memudahkannya saat mencerna makanan. Tapi, tidak berarti kamu dilarang untuk memberikan makanan kering atau pakan yang banyak dijual pada toko ikan hias.

  • Beri Obat Sesuai Kondisi Kesehatan

Beberapa jenis penyakit bisa saja menyerang ikan Cupang Nemo Galaxy, ketika kamu mengenali gejalanya segeralah obati dengan cara yang tepat. Contohnya, ketika ikan mengalami masalah lemas maka sebaiknya diberikan obat khusus untuk mengatasi lemasnya seperti metil biru.

Begitu juga ketika terjadi patah sirip pada ikan tersebut, ada obat tertentu yang akan disarankan supaya siripnya bisa kembali indah seperti sebelumnya. Seperti metil biru dan garam laut.

Cara pemberian obat-obatan ini pada umumnya adalah dengan langsung meneteskannya di dalam air akuarium ikan.

Ikan cupang nemo galaxy
Ikan cupang nemo galaxy

Harga Ikan Cupang Nemo Galaxy

Jika kamu penasaran untuk membeli ikan Cupang Nemo Galaxy, saat ini sudah sangat mudah untuk memilikinya. Kisaran harga untuk bibit ikan berusia beberapa minggu, hanya berkisar Rp. 18.000 hingga Rp. 25.000 tergantung ukuran dan kesehatan ikan tersebut.

Sedangkan untuk indukan atau ikan dewasa, harga pasaran cupang nemo galaxy berkisar Rp. 50.000 an saja untuk seekor ikan mungil yang cantik tersebut.

Ikan cupang nemo galaxy
Ikan cupang nemo galaxy

Makanan Terbaik Untuk Cupang Nemo Galaxy

Beberapa makanan ikan, sangat cocok diberikan kepada ikan Nemo Galaxy. Kamu bisa memilih antara lain:

  • Jentik Nyamuk

Pakan yang satu ini memiliki protein yang sangat besar, selain itu mudah didapatkan. Bahkan Anda bisa mencarinya sendiri. Berikan makanan ini sesuai jadwal pemberian makan hariannya, dengan jumlah tidak terlalu banyak dan pastikan dalam kondisi segar.

  • Kutu Air

Sama halnya dengan jentik nyamuk, kutu air juga punya kandungan protein dan nutrisi yang dibutuhkan ikan Cupang Nemo Galaxy. Makanya banyak juga yang menganjurkan pemberian pakan ini untuk ikan cupang yang sudah berusia cukup umur.

  • Cacing Sutra

Satu lagi jenis makanan alami yang bisa diberikan kepada ikan yang satu ini, untuk memaksimalkan tumbuh kembangnya dan membuat tampilan warnanya benar-benar maksimal.

Ikan cupang nemo galaxy
Ikan cupang nemo galaxy

Penutup

Sudah siap untuk menyaksikan keindahan ikan Cupang Nemo Galaxy? Kamu bisa mulai memilih mau beli indukan atau bibit yang akan dipelihara sejak kecil hingga dewasa. Apapun pilihanmu, pastikan untuk menerapkan cara merawatnya supaya lebih puas memandangnya untuk waktu lama.

Baca Juga : Kenali Jenis Ikan Cupang Hias dan Harganya