Cara Mengatasi Kucing yang Tidak Mau Makan dengan Benar

Posted on 47 views
Apabila ini terjadi pada kucing peliharaan kamu, jangan khawatir, berikut merupakan cara mengatasi kucing yang tidak mau makan dengan tepat..
Bagikan artikel ini

Kucing merupakan hewan peliharaan yang menarik, namun sepanjang memelihara kucing, tentunya ada banyak masalah yang kamu hadapi. Salah satunya adalah kucing yang sakit dan tidak mau makan. Apabila ini terjadi pada kucing peliharaan kamu, jangan khawatir, berikut merupakan cara mengatasi kucing yang tidak mau makan dengan tepat.

Cara mengatasi kucing yang tidak mau makan
Cara mengatasi kucing yang tidak mau makan

Ketahui Berbagai Cara Mengatasi Kucing yang Tidak Mau Makan

Sama seperti manusia, ketika kucing tidak mau makan, maka ia tidak mendapatkan energi untuk beraktifitas. Dengan begitu, proses metabolism dan fisiologinya terus menurun, dan ini bisa membuat kucing menjadi makin kurus dan tidak kunjung sembuh.

Kucing yang enggan makan juga menjadi masalah besar, sebab ia tetap bisa beraktifitas, karena lemak yang ada di dalam jaringan tubuhnya akan dibakar untuk menghasilkan energi. Namun pembakaran lemak pada kucing tanpa masuknya asupan nutrisi akan memberikan efek yang buruk untuk tubuh kucing, karena akan merusak organ hati.

Berikut ini merupakan beberapa cara mengatasi kucing yang tidak mau makan, yang bisa kamu lakukan sedini mungkin pada kucing jika kamu merasakannya pada kucingmu, diantaranya adalah:

1. Berikan Variasi Makanan

Jangan ragu untuk tetap menawarkan makanan pada kucing yang enggan makan. Cara mengatasi kucing yang tidak mau makan salah satunya adalah memberikan varian makanan yang berbeda. Ini agar kucing tidak bosan dan bisa merangsang selera makan yang sebelumnya hilang dari kucing.

Misalnya kamu memberi makan kucingmu pakan rasa ikan setiap harinya, coba menggunakan rasa lain seperti ayam untuk membuatnya tertarik makan. Kalau masih enggan, cobalah untuk mencampurkan kedua rasa makanan kucing tersebut, siapa tahu kucing tiba-tiba tertarik untuk makan.

Cara mengatasi kucing yang tidak mau makan
Cara mengatasi kucing yang tidak mau makan

2. Pancing Nafsu Makan

Kamu juga bisa memancing nafsu makan pada kucing, yakni dengan menyorongkan makanan tepat ke hidung kucing. Jika kurang berhasil, coba oleskan sedikit makanan yang agak basah ke dekat mulut kucing, sehingga ia bisa mencicipi sedikit makanan yang kamu sediakan.

Menyorongkan makanan tepat ke hidung kucing dianggap jitu karena kucing akan mencium langung makanan tersebut. Apabila kucing merasa tertarik untuk makan, ia tentu tidak akan segan segera datang dan melahap makanan yang disediakan.

Cara mengatasi kucing yang tidak mau makan
Cara mengatasi kucing yang tidak mau makan

3. Jangan Ragu untuk Menyuapi

Ketika kucing sakit, ia tidak hanya enggan untuk makan, ia juga menjadi lemas karena asupan energinya berkurang. Cara mengatasi kucing yang tidak mau makan selanjutnya adalah menyuapi kucing dengan makanan, sehingga ia tetap mendapatkan asupan makanan walau terpaksa.

Gunakan sendok kecil, ataupun suntikan tanpa jarum, yang bisa kamu dapatkan di toko hewan peliharaan untuk menyuapinya. Untuk makanan yang diberikan, makanan kalengan merupakan jenis makanan yang disarankan untuk diberikan. Dengan begitu, kucing bisa lebih mudah mencerna makanan tersebut.

Kalau kamu hanya memiliki makanan kering, campurkan dengan sedikit air hangat, agar ia mudah dikonsumsi oleh kucing. Hancurkan dengan air hangat terlebih dahulu, kemudian suapkan dengan hati-hati kepada kucing menggunakan suntikan tanpa jarum.

Cara mengatasi kucing yang tidak mau makan
Cara mengatasi kucing yang tidak mau makan

4. Memberikan Obat Penyakit Mulut

Ada berbagai macam kenapa kucing tidak mau makan, salah satunya jika ia terkena penyakit mulut. Penyakit mulut akan membuat kucing tidak nyaman ketika hendak mengunyah ataupun menelan makanan, karena itu coba periksa dulu apakah terdapat masalah pada bagian mulut kucing ketika ia enggan makan.

Cara mengatasi kucing yang tidak mau makan apabila mulutnya sedang luka atau sakit, bisa menggunakan obat manusia. Tentunya sesuai dosis yang disarankan, namun perhatikan kandungan bahan yang ada di dalamnya. Cara ini tidak direkomendasikan jika obat yang digunakan adalah obat yang terlalu keras.

5. Jangan Lupa Berikan Vitamin

Walaupun kucing enggan makan, bukan berarti kamu membiarkannya tanpa energi dan asupan nutrisi. Memberikan vitamin bisa membuat kucing lebih sehat dan segera sembuh dari penyakitnya. Vitamin yang disarankan untuk kucing adalah vitamin B kompleks, yang merupakan vitamin penambah daya tahan tubuh.

Vitamin tersebut merupakan vitamin yang sering diberikan kepada anak-anak, sehingga dosisnya cukup aman untuk kucing. Cara mengatasi kucing yang tidak mau makan dengan vitamin akan  membuat kucing lebih bersemangat untuk bergerak. Kandungan nutrisi di dalam vitamin tersebut juga membuat kucing terkena virus herpes yang mungkin tertular dari virus lain.

Namun kamu tetap harus memberikan makan terlebih dahulu kepada kucing sebelum pemberian vitamin dilakukan. Cara mengatai kucing yang tidak mau makan memang cukup panjang, akan tetapi hasilnya akan membuat kucing perlahan membaik dari rasa sakitnya.

6. Ajak Bermain

Bisa jadi kucing yang kamu pelihara jarang bermain dan bergerak setiap harinya, jika ini berlangsung terus maka ia enggan untuk makan karena merasa hal tersebut tidak membantunya bergerak untuk aktif. Ketika masih kecil, latih kucing untuk bermain bersama kamu agar ia terbiasa dengan kehadiran manusia.

Kucing yang dibiasakan bermain sejak kecil akan terlihat lebih aktif dan sehat, ia juga memiliki nafsu makan yang tinggi. Permainan yang kamu mainkan juga tidak membutuhkan peralatan yang rumit, kamu bisa menggunakan tali atau bola, dan ajak kucing bermain dengan benda terebut.

Cara mengatasi kucing yang tidak mau makan
Cara mengatasi kucing yang tidak mau makan

7. Buat Tempat yang Nyaman

Cara mengatasi kucing yang tidak mau makan lainnya adalah memberikan ruangan yang nyaman untuk kucing, baik untuk tinggal, makan, maupun tidur. Kucing yang baru kamu adopsi mungkin masih ragu untuk bermain dan menjelajahi rumah, tapi perlahan ia akan bermain dengan kamu.

Kamu bisa membuat tempat bermain untuk kucing agar tetap nyaman, misalnya dengan menjauhkan kucing dari kucing lain yang nakal. Periksalah dengan teliti di sekitar rumah, jika memang ada kucing yang mengganggu kucing peliharaanmu, usir dengan baik. Ini akan membantu kucing untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

Jika peliharaanmu sudah mendapatkan tempat yang nyaman, maka nafsu makan yang dimiliki kucing juga akan naik. Ini berbeda dengan masalah sebelumnya dimana kucing sakit karena tidak mau makan, kucing peliharaan baru adopsi biasanya masih linglung dan stress karena pindahnya tempat tinggal.

8. Memberikan Tube Feeding

Terakhir kamu bisa memberikan tube feeding kepada kucing yang enggan makan. Cara mengatasi kucing yang tidak mau makan menggunakan tube feeding cukup sederhana, makanan yang dimaksukan dari alat tersebut akan langsung menuju perut kucing agar bisa segera dicerna.

Akan tetapi, untuk menggunakan tube feeding, keadaan kucing harus mendesak, bukan untuk keperluan harian. Ini merupakan langkah terakhir jika kamu sudah mencoba berbagai langkah yang disarankan sebelumnya, namun tidak kunjung berhasil membuat kucing untuk makan.

Cara mengatasi kucing yang tidak mau makan
Cara mengatasi kucing yang tidak mau makan

Tanya Jawab Seputar Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Apa penyebab kucing tidak mau makan?

Makanan Untuk Kucing Bulu Rontok

Hilangnya nafsu makan pada kucing sering kali disebabkan oleh penyakit. Bahkan tidak mau makan sering kali menjadi gejala pada kucing yang sedang mengalami infeksi, sakit gigi, masalah pencernaan, gagal ginjal, infeksi pankreas, dan kanker.

Bagaimana cara meningkatkan nafsu makan kucing?

Cara Memberi Makan Anak Kucing Yang Baru Lahir

Berikan makanan beraroma kuat

Makanan beraroma kuat bisa memicu kucing untuk makan. Kucing menyukai makanan yang memiliki aroma daging atau ikan yang kuat. Kamu bisa memberikan ikan atau ayam yang sudah direbus untuk meningkatkan nafsu makan kucing.

Kenapa kucing lemas dan nafsu makan berkurang?

Cara Memelihara Kucing Anggora

Preventive Vet mengatakan bahwa menurunnya nafsu makan kucing bisa disebabkan karena penyakit atau jenis mangkuk makan yang dipakai kucing. Dari sisi medis, nafsu makan kucing bisa menurun karena sakit gigi, inflamasi pada pankreas, sulit kencing, sembelit, sakit ginjal, infeksi saluran pernapasan, dan stres.

Kenapa kucing diam dan lemas?

Makanan Untuk Kucing Bulu Rontok

Kalau kucingmu tiba-tiba jadi pendiam, bisa jadi kucingmu sakit. Jika kucing terlihat diam dan lemas, cobalah berikan makanan kesukaannya. Kalau ia tidak mau makan makanan kesukaannya, tandanya kucing sedang sakit. Kadang-kadang, demam juga disertai muntah dan diare.

Bagaimana ciri ciri kucing mau mati?

Cara merawat kucing umur 1 bulan


7 Tanda Kucing Akan Mati, Waktunya Ucapkan Selamat Tinggal

1. Tidak tertarik makan dan minum
2. Perubahan perilaku
3. Sering bersembunyi atau bahkan kabur dari rumah
4. Perubahan pada bulu dan penampilan
5. Bau tubuh yang tidak normal
6. Suhu tubuh mereka kian menurun
7. Tanda-tanda lain dari kucing yang akan mati

Penutup

Kucing yang masih tidak mau makan harus segera kamu bawa ke dokter hewan, karena mereka akan mendapatkan perawatan yang baik. Membawa kucing ke dokter juga bisa membuatnya mendapatkan perawatan sesuai dengan apa penyebabnya. Itulah beberapa cara mengatasi kucing yang tidak mau makan, yang bisa kamu terapkan jika peliharaanmu mulai lemas ketika beraktifitas.

Baca juga :
5 Makanan Kucing Kampung Terbaik Agar Kucing Tumbuh Sehat