Ikan Cupang Jenis Halfmoon: Ciri, Cara Merawat, Harga Hingga Makanan

Posted on 13 views
Ikan cupang jenis halfmoon ini disebut halfmoon karena ekornya yang membentuk setengah lingkaran bulan. Membahas tentang ✓ Ciri ✓ Cara Merawat ✓ Harga ✓ Jenis Makanan
Bagikan artikel ini

Ikan cupang sudah menjadi ikan yang banyak laku di pasaran untuk dikoleksi orang-orang. Ada banyak jenis dari ikan cupang, namun kali ini kita akan membahas mengenai ikan cupang jenis Halfmoon. Sudah pernah mendengar mengenai ikan cupang ini?

Keunikan cupang biasanya terletak pada perbedaan bentuk ekor, sirip, warna dan lainnya. Keunikan itu juga lah yang menjadikan ikan cupang memiliki harga yang bervariatif. Ada yang bisa dimiliki dengan harga yang sangat murah, ada juga yang sangat mahal, tergantung jenisnya.

Kamu penggemar ikan cupang, pasti mudah tertarik dengan kecantikan ikan cupang. Warna dan bentuknya memang menggoda iman, sehingga mengundang untuk dipelihara. Tapi, sudah tahu belum tentang jenis cupang halfmoon ini?

Ikan cupang jenis halfmoon
Ikan cupang jenis halfmoon

Ciri Ikan Cupang Jenis Halfmoon

Ikan cupang jenis halfmoon ini bisa dibedakan dari ikan cupang jenis lainnya melalui beberapa hal, seperti:

1. Bentuk Tubuh

Ikan cupang jenis halfmoon ini disebut halfmoon karena ekornya yang membentuk setengah lingkaran bulan, yang bisa mencapai 180 derajat apabila sedang agresif.  Selain ekornya, sirip ikan cupang ini juga cantik, bentuknya melingkar dan juga besar untuk bagian punggung. Sedangkan sirip bagian bawah terlihat seperti tirai yang menjuntai ke bawah.

Jangan sampai salah pilih karena halfmoon ini hanya akan membentang tidak lebih dari 180 derajat, apabila saat mengembang akan melebihi 180 derajat maka bisa dipastikan itu bukan jenis halfmoon melainkan over halfmoon.

2. Warna

Selain bentuk, warna dari ikan cupang memang beragam dan yang membuat ikan ini menjadi populer. Warnanya bermacam-macam, ada yang satu warna, dua warna, hingga perpaduan atau kombinasi yang biasanya lebih dari dua warna. Ikan cupang jenis halfmoon ini juga memiliki beragam warna sesuai dengan pembagian jenisnya lagi yang terbagi menjadi banyak jenis.

Umumnya ada yang berwarna biru plakat, merah, ungu, dan kuning yang biasanya paling langka. Ikan cupang jenis halfmoon ini tidak menjadikan warna sebagai pembeda, ekornya yang membentang pun memiliki perbedaan-perbedaan lagi jika diamati lebih jeli. Maka dari itu, ikan ini memiliki klasifikasi lagi dari jenis jenis cupang halfmoon, seperti:

  • Halfmoon fancy : tubuhnya memiliki gradiasi warna, biasanya berwarna terang antara perpaduan warna merah, putih, biru gelap, biru terang, dan juga merah yang keunguan
  • Halfmoon koi: disebut ikan cupang halfmoon koi karena siripnya memiliki totol-totol seperti ikan koi, yang memiliki perpaduan warna antara hitam, putih, dan juga merah
  • Halfmoon blackstar galaxy: cupang ini memiliki warna yang unik karena warna sisiknya acak, sedangkan warna yang dominan adalah hitam pekat. Sisik yang tersebar mengacak ini adalah sisik mutiara, yang merupakan sisik jenis metalik.
  • Halfmoon butterfly: memiliki warna yang beragam dan ada garis-garis seperti kupu-kupu
  • Halfmoon lavender: memiliki warna lavender atau ungu
  • Halfmoon blue: memiliki warna utuh biru di seluruh tubuh
  • Halfmoon red: tubuhnya berwarna merah, bahkan ada yang super merah menyala
  • Halfmoon copper: warnanya seperti tembaga yaitu ungu, keemasan, biru, merah
Ikan cupang jenis halfmoon
Ikan cupang jenis halfmoon

3. Mata

Yang mencolok dari ikan cupang jenis halfmoon ini adalah matanya yang memiliki warna hitam secara keseluruhan dengan bentuknya yang besar, menjadi terlihat mencolok di kepalanya. Matanya ini menjadi nilai penting nominal penjualan karena sangat menawan.

Ikan cupang jenis halfmoon
Ikan cupang jenis halfmoon

Cara Merawat Ikan Cupang Jenis Halfmoon

Cara merawatnya tidak jauh berbeda dengan ikan cupang pada umumnya, karena ikan cupang memiliki habitat yang sama yaitu di perairan air tawar. Ikan cupang akan hidup lama dan sehat tanpa penyakit apabila kamu rawat dengan baik, dan bisa menjadikan kualitas ikan cupangnya bagus.

1. Makanan

Faktor yang penting dalam pertumbuhan dan kesehatan ikan cupang adalah dari segi makanannya. Ikan cupang akan lebih baik apabila diberi makan secukupnya, tidak berlebihan karena makanan yang terlalu banyak akan tersisa dan mengotori air, bisa menjadikan ikan mudah terkena penyakit.

Makanan yang bergizi pun sangat penting layaknya manusia agar tumbuh kembangnya baik. Makanan yang berprotein seperti cacing sutera, kutu air, jentik nyamuk, dan kuning telur bisa kamu berikan, terutama untuk anakan ikan cupang agar lebih cepat tumbuh. Pelet tertentu juga bisa kamu berikan apabila kesulitan mendapatkan pakan-pakan yang tadi disebutkan, karena pelet biasanya sudah diolah dan memiliki kandungan gizi yang baik.

2. Perawatan tempat tinggal

Memberikan perawatan pada tempat tinggal ikan cupang juga tidak kalah penting dari makanan. Tempat tinggal yang sesuai, bersih dan nyaman akan memberikan dampak baik bagi ikan cupang. Bayangkan, ikan cupang yang hidupnya hanya sebatas aquarium tidak mendapatkan perawatan yang baik bisa sangat menjadikannya stress.

Kamu bisa memulai dengan menyiapkan wadah yang sesuai, wadah yang kecil pun tidak masalah, asalkan dirasa bisa cukup untuk pergerakan ikan cupang. Jangan terlalu kecil karena bisa melukai sirip dan ekor cupang. Air yang bersih dan tidak mengandung bahan kimia pun penting bagi kehidupan ikan. Ya karena ikan hidup di dalam air, seluruh tubuhnya terkena air, dan masuk dalam tubuhnya. Jika kandungan airnya tidak bagus maka ikan bisa cepat mati.

Lalu, kamu juga harus rutin membersihkan tempat tinggal ikan cupang kesayanganmu ini, supaya kesehatannya terjaga, terhindar dari stress, dan bebas lumut.

3. Obat dan Vitamin

Bukan hanya manusia yang bisa sakit, ikan pun bisa terkena penyakit. Maka dari itu sekarang sudah banyak diciptakan obat untuk ikan cupang. Kamu bisa membelinya di tempat penjualan ikan cupang, atau situs-situs di internet. Vitamin atau obat itu bisa kamu larutkan di tempat ikan setelah dibersihkan. Ikan yang dipindahkan sementara itu jangan dimasukkan dulu karena airnya harus diaduk setelah dicampurkan obat.

Ikan cupang jenis halfmoon
Ikan cupang jenis halfmoon

Harga Ikan Cupang Jenis Halfmoon

Harga ikan cupang halfmoon ini sangat beragam, melihat dari klasifikasi jenis halfmoon sendiri dan juga dilihat dari beberapa sektor lain. Ukuran dan warnanya juga menjadi tolak ukur harga jual ikan cupang ini. Kamu bisa mendapatkan ikan cupang halfmoon dengan harga miring sampai harga fantastis.

Anakan ikan cupang halfmoon bisa dibeli dengan varian harga Rp. 40.000, dewasa Rp. 80.000, dan harga cupang halfmoon indukan bisa mencapai Rp. 100.000 dan untuk yang level juara bisa mencapai lebih dari Rp. 500.000.

Ikan cupang halfmoon yang berkualitas memiliki spesifikasi yang bagus seperti pergerakannya yang anggun, mentalnya kuat dan tidak mudah stress, kepala yang lurus dan tanpa bercak, insang yang berfungsi dengan baik (membuka menutup), siripnya yang seimbang/tidak bengkok, ekor yang simetris.

Ikan cupang jenis halfmoon
Ikan cupang jenis halfmoon

Penutup

Pastikan kamu memahami hal-hal di atas, terutama dalam hal pakan dan perawatannya. Ikan cupang akan berkualitas tidak lain apabila dirawat dengan baik. kamu juga bisa mengambil keuntungan apabila berniat membudidayakannya. Jadi, selain untuk dikoleksi, ikan cupang jenis halfmoon ini bisa juga menambah pundi-pundi rupiahmu. Tertarik untuk mengoleksinya?

Baca Juga : Belajar Asik Cara Ternak Ikan Cupang, Super Mudah dan Menguntungkan!