Kenapa Kucing Muntah Kuning? Berikut Cara Mengobatinya

Posted on
Kucing memiliki respon tertentu ketika sesuatu yang tidak beres terjadi pada tubuhnya. Salah satu reaksi yang sering ditunjukan adalah kucing muntah kuning.

Sama seperti manusia, kucing juga memiliki respon tertentu ketika sesuatu yang tidak beres terjadi pada tubuhnya. Salah satu reaksi yang sering ditunjukan adalah kucing muntah dengan cairan berwarna kuning.

Hal tersebut kadang membuat khawatir para catlovers yang umumnya menganggap kucing sebagai sahabat sekaligus teman bermainnya di rumah. Keadaan tersebut ditakutkan membuat kucing sakit parah dan tidak dapat tertolong penyakitnya.

Namun, anda harus tenang, gejala tersebut memang sudah biasa ditemukan pada kucing. Yang harus anda lakukan adalah melakukan pengobatan dan juga penanganan yang baik pada kucing tersebut.

Lalu sebetulnya apa yang menjadi penyebab kucing muntah kuning dan bagaimana cara mengatasinya. Yuk simak ulasannya.

kucing muntah kuning
Kucing muntah kuning

Penyebab Kucing Muntah Kuning

Kucing muntah muntah disebabkan oleh beberapa faktor. Diantaranya adalah sebagai berikut ini.

1. Kesalahan Dalam Pola Makan

Kesalahan ini pastinya dilakukan oleh para pemilik kucing. Ketika memilih pakan untuk hewan kucing pastikan pakan tersebut memiliki kualitas baik dan juga disukai oleh kucing peliharaan anda.

Lihatlah komposisi pada bagian belakang label untuk memastikan bahwa tidak ada bahan yang membuat kucing alergi. Bagaimanapun setiap kucing berbeda, dalam hal makanan pun terkadang ada yang cocok atau tidak.

Jika menemukan bahan atau zat makanan yang menyebabkan kucing muntah kuning, segera ingat hal tersebut dan jangan berikan makanan pada kucing yang mengandung zat tersebut di masa yang akan datang.

Baca Juga :  Cara Merawat Kucing Menyusui Dengan Efektif Dan Mudah yang Bisa Kamu Terapkan pada Kucing Kesayanganmu

2. Makan Terlalu Cepat

Anda harus mengatur takaran tertentu ketika memberi makan hewan kucing. Jangan sampai terlalu sedikit ataupun malah terlalu banyak. Salah satu penyebab kucing muntah kuning adalah karena kucing memakan terlalu banyak makanan.

Maka dari itu, jangan terlalu berlebihan dalam memberi makan kucing, berilah secukupnya. Jikalau kucing masih merasa lapar anda bisa menjedanya selama beberapa menit sebelum memberinya makanan tambahan lagi. Ini lebih baik daripada anda memberinya dalam jumlah banyak dalam satu waktu.

3. Keracunan

Keracunan bisa disebabkan kucing memakan zat berbahaya yang ada di lingkungan rumah seperti misalnya racun tikus atau misalnya makanan yang terkontaminasi racun serangga. So, jangan sampai menaruh racun sembarangan di dalam rumah karena kucing memiliki rasa penasaran tinggi terhadap suatu benda.

Selain itu, keracunan bisa saja disebabkan oleh makanan yang telah kadaluarsa. Maka dari itu sebelum memberi pakan kucing, pastikan bahwa pakan dalam kondisi baik. Lihat tanggal kadaluarsa pada kemasan ataupun pastikan bahwa pakan tidak berjamur.

4. Memakan Benda Asing

Kucing memiliki tingkat penasaran yang tinggi, tak aneh jika anda misalnya memberi bola kecil atau benda apapun, dia akan terus memainkannya. Begitupun dengan makanan, kucing terkadang memakan benda benda yang dianggap enak olehnya, walaupun mungkin itu bukanlah makanan.

Pada titik tertentu kasus kucing memakan benda asing sebetulnya jarang, karena kucing biasanya akan mengendus terlebih dahulu benda yang akan dimakannya. Namun, ini bisa saja terjadi, utamanya ketika kucing kelaparan.

So, jangan lupa memberi makan kucing secara teratur. Jika anda pergi keluar rumah dalam jangka waktu lama, titipkanlah kucing pada orang terdekat anda ataupun misalnya pada tempat penitipan hewan agar ia lebih terjaga.

5. Memiliki Penyakit

Pada kasus yang lebih parah, kucing muntah kuning disebabkan oleh penyakit yang di derita oleh kucing seperti misalnya gangguan empedu, asam lambung, radang usus ataupun misalnya serangan virus tertentu seperti Feline Panleukopenia.

Ataupun ada penyakit yang dinamakan Inflammatory bowel disease atau IBD, dimana penyakit tersebut menyerang saluran pencernaan sehingga makanan yang masuk akan sulit dicerna dan dimuntahkan kembali.

Baca Juga :  Kucing Bengal: Asal Mula, Ciri Karakteristik, Harga Dan Cara Merawatnya

Penyakit penyakit tersebut disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah usia kucing. Sama seperti manusia, kucing usia tua juga rentan terhadap penyakit. Anda harus betul betul menjaganya.

kucing muntah kuning
Kucing muntah kuning

Bagaimana Mengatasi Penyakit Kucing Muntah Kuning

Anda tidak perlu khawatir secara berlebihan, umumnya kucing muntah hanyalah gejala sesekali dan tidak menimbulkan efek lain yang berkepanjangan.

Untuk itu, ketika anda menemukan hewan peliharaan anda seperti itu, lakukan beberapa hal berikut ini sebagai langkah pencegahan dan pengobatan.

1. Jauhkan Kucing Lain

Jauhkan kucing lain dari kucing yang memiliki gejala tersebut. Ini sebagai langkah pencegahan agar jangan sampai kucing lain juga ikut tertular penyakit serupa, meskipun secara medis rasanya kucing muntah kuning bukanlah penyakit menular. Namun, bisa saja bakteri yang terdapat dalam muntahan menjadi sumber penyakit.

2. Jangan Dulu Kasih Makan

Berhentilah memberi makan kucing selama 12 sampai 24 jam. Ini dilakukan agar sistem dalam tubuhnya melakukan recovery. Selain itu ini dilakukan untuk memastikan kesehatan kucing, anda harus terus memantaunya.

Jika kucing sudah mengeong artinya kucing sudah lapar kembali, anda bisa langsung memberinya makan. Sebagai pencegahan anda bisa memberinya dengan makanan basah agar lebih mudah dicerna tubuh.

3. Bawa Ke Dokter Hewan

Jika setelah kucing muntah, kemudian diikuti oleh penyakit penyakit lain seperti misalnya mencret, diare atau terlihat lesu, langkah terakhir yang dapat anda lakukan adalah membawanya ke klinik dokter hewan.

Disana nanti dokter akan menganalisa dan memberinya penanganan tertentu agar kucing dapat kembali pada kondisi semula. Kondisi yang tentunya anda harapkan.

kucing muntah kuning
Kucing muntah kuning

Tanya Jawab Seputar Kucing Muntah Kuning

Kucing muntah kuning kasih apa?

Pertolongan Pertama Kucing Muntah Kuning

Baca Juga :  Begini Cara Memelihara Kucing Anggora, Super Menyenangkan!

Dokter hewan mungkin akan menyarankan untuk menahan makanan selama 12-24 jam. Sebagai pertolongan pertama, Moms disarankan untuk memberikan makanan lunak, atau datang langsung untuk melakukan pemeriksaan.

Apa yang Harus Dilakukan Ketika kucing muntah kuning?

Bagaimana Mengatasinya?
1. Jika memiliki beberapa kucing di rumah, segera jauhkan kucing setelah muntah dengan yang lain.
2. Berhentikan makanan dan minum selama 12-24 jam
3. Berikan air secara perlahan guna mencegah dehidrasi

Apa yang Harus Dilakukan Ketika kucing muntah?

Jika kucing muntah selama dua hari, ada baiknya untuk segera dibawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.
1. Jangan memberi makan kucing pasca muntah
2. Berikan air atau es batu untuk melancarkan pencernaannya
3. Beri makan dalam porsi kecil
4. Bersihkan dan sisir bulu kucing secara teratur

Apa penyebab muntah berwarna kuning?

Muntah berwarna kuning mengindikasinya terbawanya cairan pada empedu. Cairan ini berasal dari kantong empedu Anda. Cairan empedu tidak selalu menjadi penyebab utama muntah kuning, tetapi juga bisa dikarenakan kondisi perut yang kosong seperti flu perut atau morning sickness pada kehamilan.

Kenapa kucing muntah makanannya sendiri?

Kucing yang terlalu banyak makan dengan cepat dapat mengalami muntah karena memicu refleks peregangan di perut. Kucing akan segera memuntahkan makan dan itu semua adalah makanan yang tak bisa tercerna.

Kenapa kucing tidak mau makan dan muntah kuning?

Salah satu penyebab paling umum yang menyebabkan kucing muntah kuning tidak nafsu makan terdapat pada kesalahan pola makan yang diberikan padanya. Makanan kucing yang kurang berkualitas bisa saja mengandung produk samping hewani, seperti tulang dan organ dalam yang mungkin juga berbahaya bagi kesehatan kucing.

kucing muntah kuning
Kucing muntah kuning

Penutup

Itulah tadi beberapa faktor penyebab kenapa kucing muntah kuning menurut Ternak Hewan dan beberapa solusi yang bisa anda lakukan ketika mendapati kucing peliharaan anda terjangkit hal tersebut.

Jaga selalu kesehatan hewan peliharaan anda dari hal-hal yang membuat kucing menjadi sakit. Utamanya dalam menjaga pola makan bagi hewan-hewan peliharaan anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda sekalian para pembaca Ternak Hewan.