Ketahui Alasan Mengapa Ikan Cupang Tidak Mau Makan

Posted on 31 views
Alasan paling utama ketika ikan cupang tidak mau makan makanan yang diberi disebabkan karena ikan cupang sedang sakit. Simak informasinya di artikel berikut
Bagikan artikel ini

Pemilik cupang pasti paham bagaimana khawatirnya jika ikan cupang tidak mau makan. Padahal, makanan yang diberi sesuai dengan rekomendasi breeder. Tentunya ada hal yang mengganjal mengapa ikan cupang tidak mau makan dan mengonsumsi pakan yang Anda beri.

Ketika nafsu makan ikan cupang turun, kemungkinan besar ikan cupang mengalami kondisi yang berbeda dari yang sebelumnya. Bisa jadi karena sakit atau lingkungan yang baru, alasan ini perlu diperhatikan agar ikan cupang memakan pakan yang diberi. Untuk mengetahui alasan dan cara penanganannya, Anda dapat membaca penjelasan berikut ini.

Ikan cupang tidak mau makan
Ikan cupang tidak mau makan

Ikan Cupang Tidak Mau Makan Karena Sakit

Alasan paling utama ketika ikan cupang tidak mau makan makanan yang diberi disebabkan karena ikan cupang sedang sakit. Ikan cupang sendiri cenderung mudah menerima makanan. Tidak butuh waktu lama untuk meyakinkan ikan cupang jika apa yang sedang Anda beri adalah makanan. Cupang susah makan karena penyakitlah yang membuat nafsu makan ikan cupang berkurang.

Penyakit ikan cupang seperti sembelit atau berak putih, infeksi kandungan kemih, dropsy atau sisik nanas yang membuat perut ikan cupang membesar merupakan salah satu faktor mengapa ikan cupang tidak menerima makanan yang Anda beri. Hal tersebut dikarenakan adanya penyakit dalam tubuh mereka, lebih tepatnya penyakit yang menyerang saluran pencernaan.

Agar ikan cupang kembali sehat seperti sedia kala, Anda perlu memastikan terlebih dahulu jika ikan cupang Anda terlepas dari penyakit yang dideritanya. Caranya, karantina ikan cupang Anda. Kemudian, bersihkan air dalam akuarium Anda. Bisa jadi, air yang tidak jernih memperparah kondisi ikan cupang Anda.

Setelah itu, berikan obat biru dan antibiotik pada ikan cupang Anda. Sembari menambahkan antibiotik, alangkah baiknya untuk memberikan obat khusus sembelit seperti Worm X agar kesehatan pencernaan ikan kembali seperti sedia kala. Lakukan langkah ini tiga hari sekali atau sampai ikan pulih dan sembuh dari penyakit.

Baca Juga : Ketahui Cara Merawat Anakan Ikan Cupang Umur 1 Bulan yang Benar

Makanan yang Salah

Apakah Anda pernah memakan makanan dengan rasa yang buruk sehingga Anda ingin memuntahkan makanan tersebut? Atau, bisa saja makanan tersebut rasanya enak, namun itu tidak baik untuk pencernaan Anda? Perumpamaan sederhana seperti ini juga berlaku pada ikan cupang. Jika ikan cupang tidak mau makan dan ikan cupang susah makan, bisa jadi ikan cupang tidak cocok dengan makanan yang ada.

Makanan yang salah akan menurunkan nafsu makan ikan sehingga ikan cupang tidak mau makan makanan yang Anda sediakan. Penting bagi Anda untuk memahami komposisi makanan tersebut. Pada banyak kasus, makanan ikan yang keras dengan harga yang relatif murah cenderung tidak dimakan oleh ikan cupang.

Maka dari itu, agar ikan mau mengonsumsi makanan yang Anda beri, Anda harus mempertimbangkan harga dan kualitas makanan yang diberikan. Tidak perlu makanan mahal, cukup makanan yang memang cocok untuk ikan Anda. Lakukan beberapa percobaan dan lihat makanan apa yang ikan Anda suka.

Dengan begitu, Anda akan mengetahui kebutuhan pangan ikan cupang Anda. Anda juga tidak menyia-nyiakan dana yang Anda beli untuk pakan ikan karena sudah mengetahui mana makanan yang cocok untuk ikan cupang Anda.

Ikan cupang tidak mau makan
Ikan cupang tidak mau makan

Masalah Suhu Air Akuarium

Lingkungan ikan cupang sebagian besar bertumpu pada air. Layaknya manusia yang membutuhkan oksigen untuk bisa hidup, ikan cupang membutuhkan air untuk bisa bernafas. Ketika air di dalam akuarium tempat ikan cupang bernaung memiliki kualitas yang buruk, sudah pasti hal tersebut berpengaruh pada kesehatan ikan cupang, tak terkecuali nafsu makan.

Suhu air yang dingin akan membuat ikan cupang tidak nyaman dan tidak bertenaga. Ketidaknyamanan ikan cupang karena suhu air yang dingin membuat ikan cupang tidak mau menyantap makanan yang diberikan. Mereka lebih memilih untuk mengurusi bagaimana caranya agar tubuh mereka bisa beradaptasi dengan suhu air yang dingin.

Sehingga, untuk memulihkan nafsu makan tersebut, Anda harus menyesuaikan suhu air sesuai kebutuhan ikan cupang. Ikan cupang sendiri lebih senang berada dalam suhu air hangat. Suhu air yang hangat membuat mereka nyaman karena tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Ikan cupang akan kembali bertenaga karena nafsu makan yang seperti sedia kala.

Terlalu Banyak Makanan yang Diberi

Ketika Anda kecil, Anda mungkin pernah memberikan makan ikan dalam jumlah yang banyak. Dalam pikiran Anda, makanan ikan yang banyak akan membuat ikan kenyang dan ikan menjadi senang. Hal tersebut wajar jika dilakukan oleh anak kecil. Namun, jumlah pemberian pakan yang banyak sebenarnya berpotensi membuat ikan cupang tidak mau makan dan kehilangan nafsu makan.

Melimpahnya makanan, entah itu pelet atau cacing beku membuat ikan bingung bagaimana cara menghabiskannya. Sementara, ikan hanya memakan apa yang menurut mereka perlu dimakan. Dalam kasus lain, ada juga ikan yang memakan seluruh pakan yang diberi. Tentunya hal tersebut akan membuat ikan kenyang dalam waktu yang lama.

Karena kekenyangan tersebut, ikan menjadi tidak nafsu makan dalam waktu tertentu dan mendiamkan makanan yang tersisa. Untuk menghindari terjadinya hal tersebut, selalu beri makanan dalam porsi wajar untuk ikan cupang Anda. Selain menghemat pengeluaran, pemberian dalam porsi yang teratur membuat nafsu ikan cupang stabil.

Ikan cupang tidak mau makan
Ikan cupang tidak mau makan

Bentuk Makanan yang Susah Dikonsumsi

Pada dasarnya, ikan cupang bukan termasuk pemilih makanan. Mereka memakan apapun yang diberikan oleh pemiliknya. Namun, ikan cupang tidak serta merta memakan semua pakan yang diberikan apalagi pakan dalam bentuk belum cair seperti cacing atau udang beku.

Untuk menambah nafsu makan ikan cupang, Anda harus membiarkan makanan beku cair terlebih dahulu. Jangan langsung menaruh makanan beku di akuarium dan membiarkan mereka mencair bersamaan dengan air akuarium. Pencairan tersebut akan membuat air akuarium menjadi keruh.

Pastikan jika makanan beku untuk ikan cupang setidaknya sudah mencair setengahnya. Sehingga, ikan cupang bisa memakan tanpa harus menunggu. Lamanya proses pencairan membuat ikan cupang menganggap makanan beku bukanlah makanan untuknya dan mengabaikan cacing atau udang beku tersebut.

Ikan cupang tidak mau makan
Ikan cupang tidak mau makan

Baca Juga : Ini Dia 5 Pilihan Makanan Untuk Anak Cupang

Belum Familiar dengan Lingkungan

Ikan cupang tidak mau makan pakan yang Anda beri bisa saja disebabkan kondisi tempat tinggalnya masih baru. Biasanya, hal ini terjadi pada ikan yang baru dibeli dari breeder atau penjual ikan cupang. Adanya perbedaan lingkungan membuat ikan cupang menarik diri untuk memakan makanan yang disediakan.

Agar ikan cupang mau memakan pakan yang Anda beri, Anda bisa mencoba mematikan lampu akuarium selama 1 – 2 hari. Kemudian, nyalakan kembali lampu di pagi hari atau sore hari. Cara mengatasi ikan cupang tidak mau makan yaitu cobalah untuk menaruh makanan di akuarium. Tidak perlu banyak-banyak. Cukup berikan sedikit saja untuk melihat apakah ikan cupang sudah beradaptasi atau belum.

Ikan cupang tidak mau makan
Ikan cupang tidak mau makan

Penutup

Jika ikan cupang memakan habis semua pakan, maka Anda dapat memberi makanan tambahan di akuariumnya. Dengan catatan, Anda harus tetap mengatur jumlah pakan yang diberi. Anda tidak bisa memberi ikan cupang Anda makanan dalam jumlah banyak sekaligus, Hal tersebut justru akan membuat ikan cupang tidak mau makan.

Baca Juga : 7 Jenis Makanan Ikan Cupang dan Informasinya yang Harus Kamu Ketahui