Cara Menghilangkan Kutu Kucing Secara Alami Dan Efektif

Posted on 11 views
Nah, jika kamu tidak ingin repot membawa ke dokter, ternyata ada cara menghilangkan kutu kucing secara alami dan cukup efektif
Bagikan artikel ini

Mempunyai peliharaan seperti kucing memang sangatlah menarik. Selain sebagai hiburan ia juga bisa menjadi teman. Namun, yang menjadi keluhan adalah kucing kerap kali berkutu sehingga cukup mengganggu baik untuk kesehatan kucing maupun kamu sang pemilik. Nah, jika kamu tidak ingin repot membawa ke dokter, ternyata ada cara menghilangkan kutu kucing secara alami dan cukup efektif.

Cara menghilangkan kutu kucing secara alami
Cara menghilangkan kutu kucing secara alami

Cara Menghilangkan Kutu Secara Alami yang Menarik untuk Dicoba

1. Menggunakan air garam

Cara menghilangkan kutu kucing secara alami yang pertama yaitu dengan air garam. Garam dapur yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan ini ternyata dapat berguna untuk membasmi kutu  dan larva yang bersarang pada bulu kucing.

Caranya pun cukup mudah, kamu hanya butuh garam dapur dan air. Rendam garam ke air hangat, lalu gunakan air tersebut untuk merendam atau membilas kucing saat mandi. Saat merendam pastikan airnya tidak terlalu panas karena kucing akan kesakitan.

2. Semprot dengan perasan air lemon

Berikutnya yakni dengan perasan air jeruk lemon. Cara menghilangkan kutu kucing secara alami ini wajib dicoba kalau kamu cukup sibuk dan tidak ada waktu mengurus kucing tapi tetap ingin menghilangkan kutu pada hewan kesayangan tersebut.

Untuk membuat semprotan lemon ini, kamu cukup menggunakan satu buah lemon kemudian dipotong menjadi empat bagian. Setelah itu, didihkan air dalam panci dan masukkan lemon tersebut. Angkat ketika air mulai mendidih lalu diamkan semalaman. Ambil ampas lemon dan masukkan air rebusan ke botol spray, maka air siap digunakan.

Cara menghilangkan kutu kucing secara alami
Cara menghilangkan kutu kucing secara alami

3. Gunakan air cuka

Bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat pembasmi kutu yaitu air cuka. Air yang memiliki kandungan asam tinggi ini dipercaya ampuh untuk membunuh kutu dan larva yang bersarang pada bulu kucing. Cara menghilangkan kutu kucing secara alami dengan air cuka ini yakni dengan disemprotkan ke bulu di seluruh tubuhnya.

Membuat obat kutu dari cuka ini cukup mudah. Kamu hanya membutuhkan air dan cuka dengan perbandingan 50:50. Kemudian rebus campuran air tersebut dengan api hangat, lalu angkat dan rebusan air siap disemprotkan. Saat menyemprotkan air, kamu harus hati-hati jangan sampai terkena mata si kucing.

4. Manfaatkan lidah buaya

Manfaat lidah buaya memang sudah tidak diragukan lagi. Tumbuhan yang memiliki segudang manfaat tersebut bisa digunakan sebagai obat untuk menghilangkan kutu pada kucing. Cara menghilangkan kutu kucing secara alami dengan lidah buaya ini sangat praktis yakni dengan menjadikannya jus atau sebagai bahan olesan.

Apabila memanfaatkannya sebagai jus, kamu cukup mengambil satu batang lidah buaya dan campurkan dengan beberapa potong cabai rawit. Campurkan keduanya hingga menjadi jus. Setelah itu gunakan jus tersebut sebagai semprotan sehari-hari.

Sedangkan untuk bahan olesan, kamu cukup mengupas lidah buaya dan mengambil gelnya saja. Gunakan gel tersebut sebagai olesan bulu kucing yang terkena kutu. Kamu juga bisa menghangatkan gel tersebut hingga lebih cair lalu disemprotkan ke bulu kucing.

Cara menghilangkan kutu kucing secara alami
Cara menghilangkan kutu kucing secara alami

5. Ramuan cuka apel

Kamu pasti sudah tidak asing jika cuka apel biasa digunakan untuk kesehatan atau kecantikan. Dan ternyata ia juga berguna untuk membantu mengurangi kutu serta larva yang menempel pada bulu kucing. Kandungan asam yang cukup tinggi pada cuka apel dipercaya bisa membunuh kutu bahkan larvanya.

Cara menghilangkan kutu kucing secara alami dengan cuka apel cukup mudah. Campurkan cuka apel serta air dalam wadah dengan perbandingan 2:1 lalu semprotkan ke bulu kucing. Untuk hasil lebih optimal kamu harus menyemprotnya secara teratur karena ketika kutu mati masih ada larva yang tersisa dan kemungkinan masih hidup.

6. Oleskan minyak telon

Pasti kamu tidak menduga jika minyak telon yang biasanya digunakan untuk bayi atau menghangatkan badan ternyata dapat digunakan untuk membasmi kutu kucing. Cara menghilangkan kutu kucing dengan minyak telon ini cukup efektif serta praktis sehingga cocok bagi kamu yang tak ingin repot membuat ramuan semprotan.

Sama seperti pengaplikasian pada umumnya, minyak telon cukup dioleskan ke bulu. Olesi secara merata ke seluruh bulu kucing serta hindari bagian mata. Bagaimana cukup mudah bukan?

7. Taburkan keripik cedar

Cara menghilangkan kutu kucing secara alami yang selanjutnya yaitu dengan keripik cedar. Tidak sulit menerapkan cara ini bahkan kamu bisa mencoba sendiri di rumah. Cukup siapkan keripik cedar lalu taburkan di tempat tidur kucing. Selain tempat tidur, bisa pula menaburkan keripik di area yang biasa dijadikan tempat bermain kucing.

Jika tak ingin kotor kamu juga bisa menyemprotkan langsung minyak cedar ke seluruh badan kucing. Minyak tersebut memiliki kandungan esensial yang tidak beracun serta aman bagi kucing.

Cara menghilangkan kutu kucing secara alami
Cara menghilangkan kutu kucing secara alami

8. Semprotan teh chamomile dan lavender

Berbeda dengan lainnya yang menggunakan ramuan berbau kuat dan menyengat, kamu bisa menggunakan semprotan camomile yang lembut dan wangi. Cara menghilangkan kutu kucing secara alami dengan teh camomile ini sangatlah mudah. Kamu cukup mengoleskan cairan tersebut ke kucing.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan cairan dengan kandungan lavender. Cara penggunaan tak jauh berbeda dengan chamomile dengan mengoleskannya. Kamu juga bisa menjadikan cairan tersebut untuk disemprot ke kucing. Ingin memadukan manfaat keduanya? Kamu bisa memberikan kedua cairan tersebut bergantian di pagi atau sore hari.

9. Mandikan dengan shampo khusus kucing

Setelah mencoba cara diatas namun ternyata kamu melupakan hal yang paling dasar yaitu penggunaan shampoo. Untuk menghilangkan kutu dan larva kucing penting bagi kamu untuk memandikannya dengan shampo khusus kutu. Tidak sulit memperoleh shampo tersebut, kamu bisa membelinya di pet shop, dokter hewan atau toko online sekalipun.

Bukan tanpa alasan, penggunaan shampo biasa tidak akan terlalu berpengaruh karena memiliki formulasi berbeda dengan shampo yang dirancang khusus untuk menghilangkan kutu kucing. Mandikan kucing dengan air hangat dan mengalir agar kotoran di kulitnya juga terangkat.

10. Rajin sisir bulu

Cara menghilangkan kutu kucing secara alami terakhir yang bisa kamu coba ini sebenarnya cukup mendasar yaitu dengan menyisir bulunya. Memang terdengar sepele, namun menyisir bulu dapat mengurangi kutu dan memisahkan larva dari bulu. Kamu bisa menyisir bulu sesering mungkin agar kutu yang bersarang di bulu kucing cepat hilang tidak hanya setelah mandi saja.

Ketika menyisir kutu, sebaiknya kamu menggunakan sisir dengan gigi-gigi yang halus atau rapat agar kutu bisa terangkat. Sisir merata ke seluruh tubuh kucing dan bila perlu ulangi beberapa kali agar kutu bisa menghilang. Sisir bulu secara perlahan agar ia tidak memberontak dan bila perlu sediakan tempat untuk membunuh kutu kucing.

Cara menghilangkan kutu kucing secara alami
Cara menghilangkan kutu kucing secara alami

Penutup

Itulah berbagai cara menghilangkan kutu kucing secara alami yang dapat aku coba pada peliharaanmu. Selain mencoba cara di atas, yang tidak kalah penting yaitu menjaga kebersihan kucing agar bebas dari kutu yang membandel.

Baca Juga : Perhatikan Bagaimana Cara Merawat Bulu Kucing Agar Tidak Rontok, Bagi Para Pecinta Kucing