Kamu Penggemar Kucing? Inilah Fungsi Minyak Ikan Untuk Kucing

Posted on 19 views
Suplemen ini mampu memberikan perlindungan dalam berbagai bagian yang ada di tubuh kucing. Berikut ini beberapa fungsi minyak ikan untuk kucing
Bagikan artikel ini

Kucing sebagai hewan peliharaan yang banyak disukai orang juga membutuhkan perawatan kesehatan sebagaimana hewan yang lainnya. Salah satu untuk mengupayakan hal tersebut yaitu dengan memberikan beberapa suplemen seperti minyak ikan. Suplemen ini mampu memberikan perlindungan dalam berbagai bagian yang ada di tubuh kucing. Berikut ini beberapa fungsi minyak ikan untuk kucing.

Fungsi minyak ikan untuk kucing
Fungsi minyak ikan untuk kucing

Inilah Fungsi Minyak Ikan untuk Kucing

1. Sebagai Kombinasi Suplemen Penggemuk Badan

Apabila kamu ingin memiliki kucing yang gemuk, kamu bisa memberikanya beberapa vitamin dan mengkombinasikannya dengan minyak ikan. Perlu kamu pahami, upaya untuk membuat kucing kamu gemuk, tidak cukup jika hanya memberinya makanan. Kamu juga perlu memberinya tambahan vitamin untuk mencapai tujuan ini.

Vitamin yang dikenal mampu menggemukkan kucing yaitu vitamin E, B, A, dan C yang kemudian dilengkapi minyak ikan. Kombinasi ini diperlukan untuk meningkatkan nafsu makan dari kucing. Apabila demikian, maka kucing kucing akan cepat gemuk. Jadi, fungsi minyak ikan untuk kucing juga bisa membantu penggemukan tubuh kucing.

Fungsi minyak ikan untuk kucing
Fungsi minyak ikan untuk kucing

2. Untuk Menjaga Imun Kucing Usia 7-8 pekan

Di usia kucing yang mencapai 7-8 pekan, biasanya induk kucing sudah mulai menyapihnya. Pada saat inilah diperlukan nutrisi tambahan berupa vitamin dan minyak ikan. Di sini vitamin akan membantu dalam hal pertumbuhan dan mempertahankan imun tubuh. Sedangkan fungsi minyak ikan untuk kucing di sini sebagai peningkat nafsu makan.

Dengan demikian, pemberian vitamin dan minyak ikan secara bersamaan menjadi perpaduan yang pas agar anak kucing bisa tetap tumbuh dengan baik meskipun sudah tidak menyusu induknya. Selain itu, dengan pemberian nutrisi yang lengkap juga sekaligus mengupayakan agar anak kucing tetap dalam keadaan yang sehat dan prima.

3. Mengobati Alergi yang Terjadi Pada Kucing

Kucing yang kamu miliki ternyata juga bisa memiliki alergi terhadap hal tertentu seperti manusia. Untuk itu, kamu perlu meneliti dan memperhatikan apa saja yang dikonsumsi oleh kucing kamu. Jika suatu ketika kucing kamu mengalami alergi, kamu bisa menyembuhkannya dengan memberikan minyak ikan.

Fungsi minyak ikan untuk kucing kali ini sebagai obat bagi alergi. Kandungan omega-3 yang ada pada minyak ikan mampu memulihkan kondisi kulit yang terkena alergi. Hal ini sudah banyak dilakukan oleh dokter hewan yang ada di berbagai belahan dunia. Dengan demikian, Kamu tak perlu khawatir akan langkah yang Kamu ambil untuk membantu penyembuhan alergi pada kucing.

Fungsi minyak ikan untuk kucing
Fungsi minyak ikan untuk kucing

4. Menghindarkan Berbagai Macam Penyakit

Kandungan omega-3 yang ada pada minyak ikan merupakan komponen yang baik bagi kesehatan kucing kamu. Dengan memberikan minyak ikan secara rutin, maka akan berdampak positif terhadap kesehatan otot, otak, mental, jantung, maupun bagian tubuh kucing yang lainnya. Kemudian setelah kucing kamu diberikan suplemen tersebut akan terhindar dari penyakit.

Berbagai komponen yang ada dalam tubuh kucing ternyata juga membutuhkan perawatan seperti yang dibutuhkan oleh manusia. Oleh sebab itu, kamu perlu memperhatikan konsumsi makanan serta tambahan nutrisi baik itu berupa minyak ikan maupun nutrisi lain seperti minyak ikan.

5. Berdampak Baik Bagi Kesehatan Bulu Kucing

Seperti yang banyak terjadi, kucing sering mengalami masalah pada bulu, yaitu mudah sekali rontok. Pemakaian minyak ikan dalam hal ini mampu mengatasi masalah tersebut. Fungsi minyak ikan untuk kucing juga dapat memperkuatkan akar bulu kucing sehingga tak mudah mengalami kerontokan.

Dengan demikian, kucing yang kamu miliki akan memiliki bulu yang berkilau, indah, dan tebal. Tentu dengan kondisi tersebut akan meminimalisir banyaknya bulu kucing yang tersebar di berbagai area rumah Kamu. Selain itu, Kamu juga bisa lebih leluasa untuk menggendongnya tanpa khawatir akan rontoknya bulu kucing.

Fungsi minyak ikan untuk kucing
Fungsi minyak ikan untuk kucing

6. Membantu Proses Penyembuhan Penyakit Ginjal Pada Kucing

Berbagai macam permasalahan yang terjadi dalam tubuh tidak hanya dialami oleh manusia saja, melainkan juga bisa dialami oleh hewan seperti kucing. Demikian halnya dengan penyakit dalam yang menyerang bagian tubuh seperti ginjal. Ketika kucing yang kamu miliki sedang mempunyai permasalahan yang berhubungan dengan ginjal, maka diperlukan penggunaan minyak ikan.

Fungsi minyak ikan untuk kucing dalam hal ini adalah untuk membantu proses pemulihan kondisi ginjal kucing. Dengan demikian waktu pemulihan bisa berlangsung lebih cepat dibandingkan dengan perkiraan Kamu sebelumnya. Apabila kucing berada dalam kondisi yang sehat, maka ia akan lincah bermain dan merasa bahagia. Tentu hal inilah yang kamu inginkan bukan?

7. Mencukupi Nutrisi yang Dibutuhkan Kucing

Nutrisi yang dibutuhkan oleh kucing yang kamu miliki perlu Kamu perhatikan dengan baik. Hal tersebut bertujuan agar kucing kamu tidak mudah terserang penyakit maupun permasalahan lainnya. Salah satu langkah yang bisa kamu lakukan untuk  mencukupi nutrisinya yaitu dengan memberikan minyak ikan.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa fungsi minyak ikan untuk kucing dapat digunakan sebagai pelengkap nutrisi di samping makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Ketika kamu memberikan minyak ikan pada kucing secara teratur, maka kesehatan mental dan fisik kucing bisa lebih terjamin dibandingkan saat tidak diberikan suplemen tambahan.

8. Mempertahankan Kadar Kolesterol Agar Tetap dalam Kondisi Seimbang

Setiap tubuh makhluk hidup baik manusia maupun hewan sama-sama mempunyai kadar kolesterol. Ketika kadar kolesterol ini jika tidak diperhatikan maka akan berpotensi untuk menimbulkan berbagai macam penyakit. Perlu Kamu pahami, terdapat dua macam kolesterol, yaitu HDL yang merupakan kolesterol baik dan LDL yang merupakan kolesterol jahat.

Hal yang perlu Kamu upayakan yaitu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Cara yang bisa kamu tempuh yakni dengan menambah suplemen berupa minyak ikan. Fungsi minyak ikan untuk kucing mampu mengurangi kadar kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik. Dengan demikian, kucing kamu akan terhindar dari serangan penyakit.

9. Mengurangi Maupun Meminimalisir Perkembangan Sel Kanker pada Kucing

Penyakit berbahaya yang bisa menyerang tubuh sangatlah beragam, mulai dari jantung, tumor, ginjal, hingga kanker. Perlu Kamu pahami, berbagai macam penyakit tersebut tidak hanya terjadi pada manusia, melainkan juga bisa menyerang hewan peliharaan Kamu. Pun demikian dengan kucing milik kamu.

Untuk itu kamu perlu mencari cara supaya resiko terkena penyakit kanker tersebut dapat ditekan, sehingga kucing Kamu bisa tetap sehat. Salah satu upaya yang kamu pilih yaitu dengan memberikan konsumsi minyak ikan. Dalam hal ini fungsi minyak ikan untuk kucing berguna untuk meminimalisir perkembangan sel kanker pada tubuh ataupun sebagai tindakan pencegahan.

Fungsi minyak ikan untuk kucing
Fungsi minyak ikan untuk kucing

Penutup

Setelah mengetahui berbagai fungsi minyak ikan untuk kucing, maka kamu bisa memulai untuk memberikan tambahan suplemen untuk kucing Kamu. Konsumsi minyak ikan ini dapat diberikan setiap satu pekan sekali dengan jumlah 1 hingga 2 butir minyak ikan. Kamu bisa memberikan dosis sesuai dengan usia dan berat badannya. Dengan demikian, kucing kamu akan lebih bahagia dan sehat.

Baca Juga :
5 Makanan Kucing Kampung Terbaik Agar Kucing Tumbuh Sehat