Kenali Jenis Ikan Cupang Hias dan Harganya

Posted on 169 views
Jenis ikan cupang hias dan harganya bisa disesuaikan dengan anggaran yang kita miliki. Membahas : Macam-macam jenis ikan cupang hias & harganya
Bagikan artikel ini

Bisa dipastikan semua kalangan masyarakat mengenal macam macam ikan cupang, baik untuk diadu maupun hanya sebagai hiasan saja. Sebelum membeli dan memelihara, sebaiknya kenali lebih jauh jenis jenis ikan cupang hias dan harganya agar setelah melakukan proses pembelian, tidak ada rasa penyesalan.

Banyak alasan mengapa ikan cupang sangat banyak peminatnya, mulai dari kualitas warna, jenis, hingga uniknya sirip yang dimiliki oleh ikan cupang. Bagi kamu yang ingin memelihara ikan cupang tentu ingin memelihara ikan cupang yang bagus dan juga unik.

Lalu bagi para penjualan ikan cupang dalam melakukan pemasaran dalam skala yang besar, tentu membutuhkan referensi jenis ikan cupang apa yang sedang digemari belakangan ini.

Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut jenis ikan cupang hias dan harganya karena bisa disesuaikan dengan anggaran yang kita miliki. Berikut penjelasannya.

Jenis ikan cupang hias dan harganya
Jenis ikan cupang hias dan harganya

Beberapa Jenis Ikan Cupang Hias dan Harganya Yang Perlu Diketahui

1. Ikan Cupang Blue Rim

Jenis ikan cupang hias dan harganya yang pertama masuk ke dalam artikel ini adalah ikan cupang blue rim. Hal menarik yang dimiliki ikan cupang ini adalah terletak pada kombinasi warnanya yang cukup unik. Cara merawat ikan cupang blue rim juga tergolong mudah seperti cara merawat ikan cupang pada umumnya. Memiliki sirip yang berwarna biru kehitaman dan tampak menyala serta warna putih bercampur merah muda di tubuhnya dapat menyihir siapa saja yang melihatnya. Ada jenis jenis cupang blue rim yaitu ikan cupang blue rim panda , cupang blue rim avatar , cupang blue rim clean , ikan cupang blue rim yellow , plakat blue rim , cupang marble blue rim , cupang blue fancy dan ikan cupang halfmoon blue rim.

Untuk range harga ikan cupang blue rim sendiri berada di antara Rp 230.000 hingga Rp 800.000. Kualitas bentuk serta perawatan dari ikan sangat menentukan harganya, kamu dapat menyesuaikan apa yang ingin dibeli sesuai dengan kebutuhan. Ikan cupang jenis ini sangat cocok untuk dijadikan koleksi dalam akuarium.

Jenis ikan cupang hias dan harganya
Jenis ikan cupang hias dan harganya Blue Rim

2. Ikan Cupang Avatar

Memiliki nama yang terinspirasi dari tokoh film terkenal, jenis cupang avatar ini mempunyai kualitas yang bagus dari segi warnanya dan tentu sangat menarik untuk dilihat. Kombinasi warna dengan warna merah dan biru navy menyala yang mendominasi siripnya, membuat setiap gerakan yang dilakukan ikan cupang avatar terlihat mewah dan elegan. Jenis jenis ikan cupang avatar yaitu ikan cupang avatar gold , cupang avatar vampire , ikan cupang avatar gordon , cupang giant avatar , cupang avatar thailand , cupang hellboy avatar , cupang koi avatar , cupang blue rim avatar , ikan cupang black avatar , cupang nemo avatar , cupang avatar kalimaya dan cupang avatar gold copper.

Kisaran harga untuk ikan cupang avatar gordon adalah sebesar Rp 200.000 hingga Rp 400.000. Perbedaan harga ikan cupang disesuaikan dengan kualitas ukuran yang dimiliki ikan.

Jenis ikan cupang hias dan harganya
Ikan Cupang Avatar

3. Ikan Cupang Koi

Warna sisik dari jenis ikan cupang koi memiliki warna yang mirip seperti ikan koi, meskipun memang bentuknya tidak seperti ikan koi. Warna yang cerah serta bentuk yang unik membuat ikan yang satu ini banyak dikoleksi pecinta ikan cupang. Jenis jenis ikan cupang koi yaitu cupang koi galaxy , cupang koi nemo , cupang red koi galaxy , cupang koi fancy , ikan cupang plakat koi , ikan cupang halfmoon koi , cupang koi tiger , cupang koi galaxy full block ,ikan cupang koi multicolor , cupang giant koi dan cupang red koi.

Kualitas dan bentuk ukuran ikan cupang sangat menentukan harga ikan yang ditawarkan. Untuk kisaran harga ikan cupang koi galaxy sangat terjangkau, apalagi untuk jenis ikan yang banyak peminatnya, yaitu hanya sekitar Rp 150.000 sampai Rp 250.000.

Jenis ikan cupang hias dan harganya
Ikan Cupang Koi

4. Ikan Cupang Black Samurai

Referensi jenis ikan cupang hias dan harganya yang selanjutnya adalah jenis ikan cupang black samurai atau nama lainnya ikan cupang black mamba. Ikan cupang satu ini memiliki daya tarik tersendiri yaitu warna hitam menyala yang dimilikinya. Jenis cupang black samurai yaitu cupang black samurai mamba , cupang black samurai vampire , cupang black samurai thailand , cupang black samurai gold , cupang black samurai avatar dan cupang dragon samurai.

Dominasi hitam menyala serta warna putih perak yang ada di bagian sisik ikan cupang ini sangat bagus untuk diikutkan kontes ikan hias. Untuk kisaran harga cupang black samurai disesuaikan dengan ukuran serta perawatan yang dilakukan untuk ikan ini, yaitu sekitar Rp 90.000 sampai Rp 400.000.

Jenis ikan cupang hias dan harganya
Ikan Cupang Black Samurai

5. Harga Ikan Cupang Nemo

Warna serta bentuk sirip yang dimiliki ikan cupang nemo cukup layak untuk diperhitungkan dan disebut-sebut memiliki kemiripan dengan ikan nemo. Ikan cupang jenis ini mampu memperlihatkan sisi indahnya yang bisa dilihat dari warna coraknya yang terdiri dari beragam warna. Jenis jenis ikan cupang nemo yaitu cupang nemo galaxy , cupang koi nemo , ikan cupang nemo candy , cupang giant nemo , cupang plakat nemo , cupang nemo leopard , ikan cupang nemo multicolor , cupang nemo cooper , cupang nemo tiger dan cupang nemo classic.

Untuk range harga cupang nemo sendiri dimulai dai Rp 135.000 – Rp 400.000. Harga tersebut disesuaikan dengan perawatan dan ukuran dari ikan cupang nemo.

Jenis ikan cupang hias dan harganya
Ikan Cupang Nemo

6. Ikan Cupang Halfmoon

Bentuk menawan dari sirip yang terdapat di jenis ikan cupang halfmoon ini selaras dengan nama unik yang dimilikinya. Ikan cupang halfmoon ini juga mempunyai banyak warna, mulai dari biru, hijau, merah, putih, kuning dan lain sebagainya. Jenis ikan cupang halfmoon yaitu ikan cupang halfmoon koi , ikan cupang halfmoon rosetail , ikan cupang giant halfmoon , cupang slayer halfmoon , cupang halfmoon fancy , cupang halfmoon lavender , ikan cupang halfmoon nemo , cupang halfmoon kuning , cupang halfmoon besgel , ikan cupang halfmoon dumbo ear , cupang halmoon marble , ikan cupang halfmoon double tail dan cupang halfmoon cooper.

Kisaran harga cupang halfmoon ini relatif terjangkau, yaitu mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 125.000 saja. Untuk ukuran kecil dari ikan cupang ini biasanya berkisar di bawah Rp 50.000 dan biasanya diternak oleh masyarakat kelas menengah ke bawah.

Jenis ikan cupang hias dan harganya
Ikan Cupang halfmoon

7. Ikan Cupang Hellboy

Ikan cupang hellboy menjadi salah satu jenis ikan cupang hias dan harganya yang dibahas dalam artikel ini. Salah satu hal yang pasti untuk diperhitungkan dalam memilih ikan cupang hellboy adalah unik dan menariknya bentuk sirip yang dimiliki oleh ikan cupang ini.

Sirip mungil dan bergerombol yang dimiliki oleh ikan cupang hellboy membuat gerakan yang dilakukan oleh ikan cupang hellboy menjadi unik dan menggemaskan. Selain itu, ikan cupang ini juga didominasi warna merah, putih perak dan campuran dari biru navy juga menambah keunikan dari ikan cupang hellboy.

Jenis jenis ikan cupang hellboy yaitu cupang hellboy avatar , cupang fancy hellboy , cupang plakat hellboy , cupang hellboy galaxy , ikan cupang hellboy bold , cupang giant hellboy , ikan cupang hellboy red dan cupang plakat hellboy .

Untuk range harga ikan cupang hellboy sendiri dimulai dari harga Rp 125.000 sampai Rp 250.000. Tentunya perbedaan harga ditentukan dari bentuk serta perawatan yang dilakukan.

Jenis ikan cupang hias dan harganya
Ikan Cupang Hellboy

8. Ikan Cupang Plakat

Warna yang dimiliki jenis ikan cupang plakat tidak jauh berbeda dari warna yang dimiliki ikan cupang pada umumnya. Sisiknya didominasi oleh warna biru muda, hitam, merah dan lain sebagainya. Jenis jenis ikan cupang plakat yaitu cupang plakat nemo , cupang plakat fancy , ikan cupang plakat koi , cupang plakat dragon , ikan cupang plakat avatar , ikan cupang plakat galaxy , ikan cupang plakat blue rim , cupang big ear plakat dan ikan cupang plakat super red.

Harga ikan cupang plakat ini tergolong murah, yaitu dimulai dari harga Rp 50.000 hingga Rp 100.000.

Jenis ikan cupang hias dan harganya
Jenis ikan cupang hias dan harganya (Ikan Cupang Plakat)

9. Ikan Cupang Red Dragon

Jenis ikan cupang hias dan harganya selanjutnya adalah ikan cupang red dragon. Daya tarik yang dimiliki oleh ikan cupang red dragon adalah terletak pada warna merah menyalanya sehingga menampilkan kesan elegan saat dilihat. Warna putih perak dan merah mendominasi siripnya serta sangat kontras terlihat.

Sesuai dengan ukurannya, harga ikan cupang red dragon dibandrol mulai dari Rp 75.000 sampai Rp 250.000. Harga yang cukup terjangkau membuat ikan cupang ini masuk ke dalam golongan ikan cupang yang mempunyai pangsa pasar menengah.

Jenis ikan cupang hias dan harganya
Jenis ikan cupang hias dan harganya (Ikan Cupang Red Dragon)

10. Ikan Cupang Fancy

Ikan cupang fancy menjadi jenis ikan cupang hias dan harganya yang terakhir dalam artikel ini. Fancy cupang ini mempunyai warna yang cerah dan bentuk sirip yang kecil sehingga terlihat mewah serta elegan. Hal tersebut membuat ikan cupang ini memiliki banyak peminat dari skala menengah ke atas. Ada Jenis jenis ikan cupang fancy yaitu ikan cupang yellow fancy , cupang plakat fancy , cupang koi fancy , cupang fancy cooper , cupang fancy hellboy , yellow fancy cupang , cupang fancy galaxy , cupang halfmoon fancy , cupang fancy nemo , cupang dragon fancy , cupang fancy cooper , cupang fancy multicolour , ikan cupang giant fancy , cupang red fancy , dan cupang marble fancy.

Harga yang ditawarkan untuk harga cupang fancy ini dimulai dari harga Rp 130.000 sampai Rp 500.000.

Jenis ikan cupang hias dan harganya
Jenis ikan cupang hias dan harganya (Ikan Cupang Fancy)

Cara Memilih Ikan Cupang yang Bagus

Setelah mengetahui jenis ikan cupang hias dan harganya, ada hal lain yang bisa dijadikan acuan dalam memilih ikan cupang untuk dikoleksi.

Berikut beberapa referensi yang bisa dijadikan pilihan dalam memilih ikan cupang, yaitu:

  • Tidak adanya kecacatan di sirip ikan dan ikan memiliki warna yang bagus.
  • Ketika berada dalam akuarium, ikan cupang terlihat lincah dan gesit.
  • Ikan berasal dari jenis indukan yang baik dan kondisinya sehat.
  • Perhatikan riwayat perawatan ikan cupang saat akan memilih ikan dengan harga yang tinggi. Dari hal tersebut kamu dapat menentukan kualitas dari kesehatan ikan.
  • Tingkat agresif yang dimiliki ikan cupang bagus sesuai jenisnya.

Beberapa tips di atas dapat menjadi bahan pertimbangan sebelum membeli ikan cupang. Sebelum membeli ikan cupang, baik bagi pemula maupun peternak, tentunya harus teliti saat memilih jenis dan harganya.

Jenis ikan cupang hias dan harganya
Jenis ikan cupang hias dan harganya

Penutup

Demikianlah artikel mengenai jenis ikan cupang hias dan harganya yang dapat dijadikan referensi sebelum membeli ikan cupang. Dari semua jenis ikan cupang yang sudah dijelaskan di atas tentunya mempunyai kualitas serta keunikan tersendiri. Perhatikan juga cara merawat cupang hias dan kondisi ikan saat membeli agar tidak ada penyesalan di kemudian hari.

Baca juga Informasi Makanan Ikan cupang hias dapat disimak di artikel berikut : 10 Makanan Ikan Cupang Agar Warnanya Bagus Dan Bertahan Lama