Cara Merawat Anak Kucing Kampung Biar Jinak dan Sehat

Posted on 196 views
Apabila kamu ingin merawat anak kucing kampung agar mereka semakin sehat, maka simaklah uraian berikut ini.
Bagikan artikel ini

Memelihara kucing kampung sejak bayi memang kegiatan yang menyenangkan. Selain membuatnya semakin terbiasa dengan pemilik, mereka pun juga dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya dengan cepat. Namun, seringkali kita temui anak kucing kampung yang ditelantarkan atau dibuang di tempat umum dalam kondisi yang mengkhawatirkan. Apabila kamu ingin merawat anak kucing kampung agar mereka semakin sehat, maka simaklah uraian berikut ini.

Merawat anak kucing kampung
Merawat anak kucing kampung

Cara Merawat Anak Kucing Kampung Dengan Mudah

1. Beri Makanan yang Kaya Akan Nutrisi

Cara merawat anak kucing kampung yang pertama dapat kamu lakukan yaitu dengan memberinya makanan yang penuh akan nutrisi. Pada umumnya, kucing kampung dapat mengonsumsi sembarang makanan yang dia temui. Agar tubuh anak kucing dapat menjadi lebih sehat, tentu perlu makanan dengan kandungan nutrisi yang tinggi sehingga metabolisme tubuh si kucing menjadi lebih baik.

Sebagai permulaan, kamu bisa memberinya daging atau ikan yang memiliki kandungan protein tinggi. Meskipun daging atau ikan adalah makanan yang disukai anak kucing, ada baiknya kamu merebusnya terlebih dulu sebelum diberikan kepada kucing untuk mencegah infeksi mikroorganisme yang menempel di daging tersebut.

2. Jangan Langsung Memandikan Anak Kucing Kampung

Pada dasarnya, kucing adalah hewan yang takut terhadap air kecuali jika dia sudah dibiasakan untuk mandi sejak masih kecil. Namun, saat kamu merawat anak kucing kampung untuk pertama kali, jangan langsung memandikannya dengan air karena hal itu justru akan membuatnya merasa kedinginan dan ketakutan.

Cukup bersihkan tubuhnya dengan handuk bersih yang sudah diberi air hangat dan usap lembut bulunya secara berkala. Setelah itu, keringkan dia dengan handuk kering dan jemur sebentar di bawah panas matahari yang tidak terlalu terik. Tetap awasi anak kucing dengan saksama agar dia tidak berjalan terlalu jauh sehingga dia pun akan menjadi terbiasa dengan lingkungan sekitar.

3. Jangan Dekatkan Anak Kucing Dengan Kucing Dewasa

Tidak semua kucing yang sudah dewasa dapat bersikap ramah pada anak kucing. Hal ini karena mereka memiliki insting alami sebagai penguasa, sehingga kucing dewasa justru akan menganggap anak kucing sebagai saingan terlebih apabila mereka berjenis kelamin jantan.

Oleh karena itu, cara yang tepat agar anak kucing tetap merasa aman dan tidak merasa ketakutan adalah dengan menjauhkannya dari kucing dewasa. Tempatkan anak kucing dalam tempat yang aman dan jauh dari hewan lain agar dia tidak merasa stres.

Merawat anak kucing kampung
Merawat anak kucing kampung

4. Jangan Beri Nasi Secara Berlebihan

Banyak orang yang cenderung mencampur nasi dengan ikan atau daging agar kucing dapat merasa kenyang dan menjadi gemuk. Namun, ternyata hal ini tidak sepenuhnya benar karena kucing sebenarnya tidak memerlukan terlalu banyak karbohidrat untuk membantu aktivitasnya sehari-hari.

Selain itu, apabila kucing mengonsumsi karbohidrat secara berlebihan dalam jangka waktu yang lama maka hal ini dapat mengakibatkan kelebihan gula pada tubuhnya. Untuk itu, saat merawat anak kucing kampung hanya diperbolehkan untuk mencampur nasi dengan ikan dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan.

5. Memberi Susu Kucing

Susu khusus kucing dapat dijadikan sebagai nutrisi tambahan yang baik saat kamu ingin merawat anak kucing kampung. Pada umumnya, susu khusus kucing memiliki kandungan laktosa yang rendah namun tinggi akan protein.

Protein yang ada di dalam susu itu sangat baik untuk membantu pertumbuhan kucing dan membuat berat badannya semakin bertambah. Tidak hanya itu, dibandingkan dengan susu biasa yang diminum oleh manusia, susu khusus kucing ini juga dapat membuat kucing terhindar dari segala risiko diare.

6. Biasakan Memanggilnya Dengan Nama Panggilan

Agar kucing menjadi jinak, maka kamu bisa membiasakan anak kucing tersebut dengan memanggilnya menggunakan nama panggilan yang sudah kamu pilih. Sebut nama tersebut saat ingin memberinya makan, saat mendatangi kucing, dan juga saat menyentuh bulunya.

Melakukan kebiasaan ini ketika merawat anak kucing kampung dapat membuatnya memahami bahwa nama yang sudah kamu pilih tersebut adalah panggilan khas untuknya. Jika kucing sudah terbiasa, maka saat kamu panggil dia dengan nama tersebut dari kejauhan dia akan mengeluarkan suara yang menjadi tanda bahwa dia telah memahami nama panggilan itu.

7. Ajak Kucing Bermain

Anak kucing kampung pada umumnya sangat aktif terlebih saat dia sudah merasa sangat nyaman dengan lingkungan sekitarnya. Mengajak kucing bermain cenderung membuat mood yang dimilikinya menjadi baik sehingga nafsu makannya pun semakin bertambah.

Untuk itu, saat merawat anak kucing kampung kamu harus menyediakan beberapa mainan di sekitarnya atau mengajaknya bermain. Mainan akan membuat anak kucing menjadi jauh lebih lincah dan sehat sehingga dia pun tidak akan merasa stres.

Merawat anak kucing kampung
Merawat anak kucing kampung

8. Bersihkan Telinga dan Kuku dan Telinga Kucing

Meskipun kucing kampung adalah hewan yang lucu, namun naluri yang dimiliki kucing sebagai hewan yang liar tidak bisa dihindarkan. Karena itulah, membersihkan kuku dan telinga kucing dari kotoran merupakan hal penting yang harus dilakukan ketika merawat anak kucing kampung.

Dengan membersihkan kedua bagian itu secara rutin, kucing dapat terhindar dari infeksi berbahaya dan membuatnya aman dari kutu telinga. Membersihkan kuku dapat dilakukan dengan menggunakan alat pemotong kuku khusus, sedangkan membersihkan telinga kucing cukup dengan menggunakan cotton bud dan baby oil.

9. Beri Minuman Higienis

Tidak hanya makanan penuh nutrisi saja yang harus disediakan pada saat merawat anak kucing kampung, namun minuman yang diberikan pun juga harus bersih dan diganti setiap hari. Hal ini dilakukan untuk mencegah mikroorganisme yang dapat berkembang dalam tempat minum kucing apabila tidak segera diganti.

Air matang yang sudah bebas dari kontaminasi zat berbahaya merupakan minuman yang paling cocok untuk diberikan pada kucing agar terbebas dari risiko yang tidak diinginkan. Selain itu, tempat minum kucing pun harus sering dibersihkan setiap hari agar terhindar dari lumut atau parasit yang bersarang di dalamnya dan membuat kucing terhindar dari berbagai infeksi berbahaya.

10. Beri Vaksin Pada Kucing

Vaksinasi merupakan salah satu cara yang paling ampuh untuk mencegah penyakit kucing. Dengan vaksinasi, daya tahan tubuh kucing dapat meningkat sehingga kucing pun dapat terhindar dari berbagai penyakit yang berbahaya.

Umumnya anak kucing kampung sudah bisa diberi vaksin setelah berusia 6 minggu. Pada usia ini, daya tahan tubuh kucing masih rentan sehingga kucing membutuhkan pelindung khusus agar tubuhnya tetap sehat. Kamu bisa memberi kucing beberapa vaksin tergantung dari usia saat dia akan diberikan, seperti vaksin rabies, hepatitis, parvo, dan lain-lain.

Merawat anak kucing kampung
Merawat anak kucing kampung

Penutup

Nah, itulah beberapa cara merawat anak kucing kampung yang bisa kamu lakukan. Apabila dilakukan dengan penuh kasih sayang dan ketelatenan, maka kucing yang kamu pelihara pun akan menjadi jauh lebih sehat, lincah, jinak, dan tidak kalah apabila dibandingkan dengan kucing jenis lainnya.

Baca Juga : Cara Merawat Anak Kucing Dengan dan Tanpa Induk