Ikan Cupang Serit : Ciri, Cara Merawat, Harga hingga Makanan

Posted on 22 views
Ikan Cupang Serit merupakan salah satu ikan Cupang terindah yang berasal dari Indonesia. Membahas ✓ Ciri ✓ Cara Merawat ✓ Harga ✓ Jenis Makanan
Bagikan artikel ini

Ikan Cupang Serit merupakan salah satu ikan Cupang terindah yang berasal dari Indonesia. Walau berasal dari Indonesia, ikan Cupang ini sebenarnya merupakan hasil dari perkawinan silang breeder dari Indonesia. Ikan Cupang ini pertama dikenalkan tahun 1998 dan populer pada tahun 2000an.

Awal kemunculannya, Cupang Serit dianggap sebagai produk gagal. Hal ini disebabkan bentuk ekor Cupang yang rusak karena bercabang tidak seperti jenis ikan Cupang lain pada umumnya. Namun, semua anggapan ini berubah, saat Cupang Serit dijual ke luar negeri. Mulai banyak orang menyukai Cupang Serit, bahkan personel dari IBC ( International Beta Congress ) mengagumi keindahannya.

Keindahan Cupang Serit telah diakui oleh International Beta Congress (IBC)  yang merupakan kelompok asosiasi pecinta Cupang seluruh dunia. Keindahan Cupang serit dapat terlihat dari sirip pada ekornya yang unik dan tidak dimiliki oleh jenis Cupang lainnya. Uniknya ekor Cupang Serit,  jika ekornya dibalik menghadap ke atas maka ekornya akan terlihat seperti bentuk mahkota.

Ikan Cupang Serit
Ikan Cupang Serit

Ciri -Ciri Ikan Cupang Serit

Anda harus mengetahui ciri-ciri Cupang Serit untuk dapat membedakannya dengan jenis Cupang lain. Beberapa ciri-ciri dari Cupang Serit terbagi dalam beberapa kategori. Berikut ciri-ciri Cupang Serit yang bisa Anda kenali:

  • Warna

Cupang Serit memiliki warna yang bermacam-macam, mulai dari yang berwarna satu, seperti copper, oranye, merah, kuning, gas mustard, tembaga, violet, black, dan royal blue. Terdapat juga Cupang Serit yang memiliki paduan warna, seperti Cupang koi, Cupang Fancy, dan Cupang Multicolor. Warnanya yang beragam merupakan hasil dari perkawinan silang indukan.

  • Bentuk Tubuh

Cupang serut memiliki ciri-ciri tubuh yang gagah, berbentuk lonjong dan panjang. Ciri-ciri bentuk tubuh yang paling khas dari Cupang Serit adalah bentuk ekornya. Bentuk ekor Cupang serut berbentuk seperti mahkota raja.

Ekor unik milik Cupang serit sebenarnya merupakan perpanjangan dari tulang serit, oleh karena itu tulang serit terlihat tegak dan kuat seperti mahkota raja. Ekor ikan Cupang serit juga sering disebut mirip dengan jarum yang berserit. Ada juga yang mengibaratkan ekor Cupang Serit seperti duri atau garpu.

Ikan Cupang Serit
Ikan Cupang Serit

Jenis Ikan Cupang Serit Berdasarkan Bentuk Ekor

Cupang Serit juga terbagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan bentuk ekornya. Inilah beberapa macam Cupang Serit berdasarkan bentuk ekornya:

  • Serit Tunggal

Serit Tunggal adalah jenis ikan Cupang Serit yang paling pertama muncul di dunia ikan Cupang. Ciri khas dari Cupang jenis ini adalah ekornya yang hanya berjumlah satu. Pada jenis Cupang Serit lainnya memiliki ekor lebih dari satu atau pecah. Cupang jenis ini mulai sulit ditemukan, karena saat ini Cupang Serit sudah sering mengalami kawin silang dan menghasilkan Cupang Serit jenis baru.

  • Serit Dua

Jenis Cupang Serit Dua adalah jenis ikan Cupang Serit yang paling banyak ditemukan. Banyak penggemar Cupang yang melombakannya dan ada juga yang hanya sekedar memeliharanya. Bentuk tubuhnya berbeda dengan Cupang Serit Tunggal, ia mempunyai susunan tulang primary.

Susunan tulang ini menempatkan tulang utama pada bagian pangkal ekornya yang menjadi penopang untuk tulang berikutnya. Selain itu pada tubuh Cupang Serit dua juga memiliki ekor yang bercabang dua ekor cabang ini muncul dari tulang utama pada bagian ekor yang satunya. Ekor Cupang Serit Dua juga biasa disebut ekor double dengan bentuk mirip huruf V.

Ikan Cupang Serit
Ikan Cupang Serit
  • Serit Balon

Cupang Serit balon memiliki jenis tubuh yang paling unik diantara jenis Cupang Serit lainnya. Ciri khasnya ada pada selaput yang berada di ekornya. Saat berenang ekor serit balon akan bergelembung sehingga terlihat seperti sebuah balon besar.

  • Serit King

Cupang Serit King memiliki ciri-ciri yaitu ujung ekor yang berbentuk melengkung dan menyilang. Terkadang bentuk ekornya seperti sebuah balok besar. Ada pula ekor Cupang Serit King yang terlihat rapat.

Ekor Cupang Serit menjadi suatu ciri-ciri yang paling mudah untuk dikenali. Ekornya yang unik dan beragam menjadi keistimewaan tersendiri bagi ikan Cupang Serit. Semakin unik bentuk ekor ikan Cupang Serit maka semakin mahal juga harga jualnya.

Selain ekor Cupang Serit juga memiliki ciri khas pada matanya. Mata Cupang Serit berwarna hitam. Ciri khas paling menonjol adalah matanya yang berukuran lebih kecil dari jenis Cupang lainnya. Terkadang matanya seperti tidak terlihat.

Ikan Cupang Serit
Ikan Cupang Serit

Cara Merawat Ikan Cupang Serit

Merawat Cupang Serit dibutuhkan perawatan yang menjadi perhatian khusus. Kondisi Cupang Serit harus selalu dalam keadaan sehat. Pengetahuan tentang cara merawat ikan Cupang sangatlah penting. Merawat Cupang Serit terdiri dari beberapa aspek sebagai berikut:

1. Makanan Ikan Cupang Serit

Makanan terbaik bagi ikan Cupang Serit adalah makanan alami, seperti cacing darah, pellet, daphnia, kutu air, dan jentik nyamuk. Jangan memberikan makanan yang berbeda-beda kepada Cupang Serit setiap hari, karena hal tersebut akan membuat Cupang Serit merasa stress. Jika Anda ingin memberikan makanan secara berseling, Anda bisa melakukannya dengan jeda seminggu, misalnya seminggu Anda memberikan kutu air, maka minggu selanjutnya, Anda bisa memberikan jentik nyamuk.

2. Pengaturan Akuarium

Dibanding dengan ikan Cupang lainnya, Cupang Serit membutuhkan akuarium yang diatur secara khusus. Berikut merupakan hal-hal yang harus Anda perhatikan dalam menyeting akuarium Cupang Serit:

  • Akuarium harus berukuran besar dengan ukuran 30x20x15 cm. Ikan Cupang Serit memiliki pergerakan yang aktif dan ekor yang sangat lebar serta runcing. Oleh sebab itu, ia membutuhkan akuarium yang besar agar dapat bergerak bebas.
  • Sama dengan perawatan ikan Cupang pada umumnya, air pada akuarium Cupang serut harus selalu bersih. Air pada akuarium harus diganti secara rutin, minimal 3 hari sekali.
  • Anda boleh memberikan hiasan pada akuarium Cupang Serit, akan tetapi perlu diingat untuk memberikan ruang yang lebih untuk pergerakan Cupang Serit. Hiasan seperti batu, tanaman hidup, atau hiasan gantung.

3. Pemberian Vitamin Ikan Cupang

Salah satu bentuk pemeliharaan ikan Cupang Serit adalah dengan memberikan vitamin. Untuk menunjang penampilan Cupang Serit, maka keindahan sirip Cupang Serit harus dijaga dengan pemberian suplemen ikan.

Ikan Cupang yang memiliki kualitas bagus dengan penampilan yang bagus dan juga kegesitannya. Maka pemberian vitamin pada ikan Cupang tidak boleh sembarangan. Vitamin yang baik untuk Cupang adalah vitamin yang memiliki kandungan bakteri premium seperti Micrococcus roseus.

Pemberian vitamin secara rutin dan sesuai dosis akan meningkatkan kualitas Cupang Serit. Hal itu ditandai dengan ekor dan sirip yang semakin terlihat bagus dari waktu ke waktu

Ikan Cupang Serit
Ikan Cupang Serit

Harga Ikan Cupang Serit

Bibit Cupang Serit dijual dengan harga Rp. 50.000,- per  ekornya. Untuk Cupang dewasa dijual dengan harga yang cukup tinggi, yaitu dapat mencapai 3 juta rupiah per ekornya. Semakin indah bentuk ekor dan siripnya maka akan semakin mahal harganya.

Ikan Cupang Serit
Ikan Cupang Serit

Penutup

Bagi Anda penggemar ikan Cupang, Anda dapat memilih jenis ikan Cupang Serit sebagai salah satu koleksi ikan Cupang Anda. Perhatikan cara memelihara Cupang Serit, agar Cupang Serit semakin terlihat mempesona.

Baca Juga : Ikan Cupang Koi Galaxy : Ciri, Cara Merawat, Harga hingga Makanan