Jenis Makanan untuk Anak Kucing 2 Bulan agar Cepat Besar

Posted on 227 views
Jika sudah memasuki usia dua bulan maka bisa diberikan bahan lain untuk melengkapi nutrisinya. Makanan untuk anak kucing 2 bulan berikut bisa menjadi referensi
Bagikan artikel ini

Memelihara kucing yang masih kecil memang membutuhkan beberapa ketelitian tersendiri dalam merawatnya, tak terkecuali dalam hal pemberian makanan dan nutrisi lainnya. Pada awal perkembangannya, kucing memang sangat disarankan untuk diberikan susu yang berasal dari indukan asli. Namun, jika sudah memasuki usia dua bulan maka bisa diberikan bahan-bahan lain untuk melengkapi asupan nutrisinya. Makanan untuk anak kucing 2 bulan berikut bisa menjadi referensi yang kamu.

Makanan untuk anak kucing 2 bulan
Makanan untuk anak kucing 2 bulan

Daftar Makanan untuk Anak Kucing 2 Bulan yang Mudah Didapatkan

1. Ayam

Daging dari salah satu jenis unggas ini bisa menjadi alternatif makanan yang mudah untuk ditemukan. Perlu diketahui bahwa kucing yang masih berusia 2 bulan belum memiliki organ pencernaan yang telah matang seperti halnya kucing dewasa. Namun, pemberian daging bisa tetap dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal.

Untuk mengolah ayam menjadi makanan untuk anak kucing 2 bulan yakni dengan membuatnya bertekstur lembut sehingga membuatnya mudah untuk dilahap. Daging harus direbus hingga benar-benar lunak terlebih dahulu selama beberapa waktu lamanya. Setelah itu, haluskan dengan grinder ataupun blender untuk membuatnya lebih mudah disantap kucing mungil peliharaan kamu.

Sangat disarankan dalam pemberian ini dikombinasikan dengan bahan-bahan yang lain. Seperti halnya berbagai jenis sayur-sayuran sehingga membuatnya menjadi lebih menyehatkan. Sebelum diberikan kepada hewan peliharaan, maka pastikan bahwa temperaturnya tidak terlalu panas. Suhu kamar pada umumnya sangat disarankan untuk penyajiannya.

Makanan untuk anak kucing 2 bulan
Makanan untuk anak kucing 2 bulan

2. Ikan Tuna

Jenis ikan yang sudah dikenal sangat kaya akan nutrisinya ini juga bisa menjadi salah satu bahan makanan untuk anak kucing 2 bulan. Selain karena kebutuhan akan berbagai zat gizi diperlukan oleh anak-anak kucing yang imut nan menggemaskan, namun pemberian tuna juga bisa menjadi alternatif dalam membiasakan mereka mengenal makanan alami mereka.

Ikan memang sudah umum menjadi makanan bagi hewan ini, itulah sebabnya pada saat masih kecil perlu dikenalkan terlebih dahulu. Untuk mengolah jenis ikan ini menjadi makanan untuk anak kucing 2 bulan maka perlu memperhatikan beberapa hal. Yang utama adalah mengolahnya sedemikian rupa hingga memiliki tekstur yang lunak dan lembut sehingga mudah bagi mereka untuk mencernanya.

Tuna harus direbus dengan air panas sampai terlihat lunak. Pastikan tidak terlalu lama dalam tahap tersebut agar gizi yang ada di dalamnya tidak rusak. Setelah itu, masukkan ke dalam mesin penghalus seperti blender. Pada tahap ini direkomendasikan agar dibubuhi berbagai bahan pelengkap seperti halnya nasi putih atau bahkan nasi merah. Hal tersebut bertujuan untuk menambah nutrisi yang dikonsumsi oleh kucing peliharaan.

Makanan untuk anak kucing 2 bulan
Makanan untuk anak kucing 2 bulan

3. Daging merah

Sapi bisa diambil dagingnya dan dijadikan salah satu makanan untuk anak kucing 2 bulan. Namun, diharapkan agar tidak sering memberikannya karena kucing yang masih belia belum terlalu bisa mencerna daging tersebut. Seperti halnya berbagai olahan sebelumnya, maka kamu harus membuat bahan makanan tersebut menjadi empuk. Tambahan bahan makanan yang lain bisa dilakukan agar teksturnya menjadi lebih sempurna.

Beberapa tambahan yang disarankan dalam kombinasi dengan daging sapi yang merah adalah nasi dan juga kentang. Usahakan agar semua bahan tersebut telah dimasak dengan air yang mendidih hingga matang dan juga lunak. Semua bahan dijadikan satu dan dihaluskan dengan mesin penghalus. Jika sudah, maka makanan untuk anak kucing 2 bulan siap untuk disajikan.

Makanan untuk anak kucing 2 bulan
Makanan untuk anak kucing 2 bulan

4. Tahu

Olahan kacang kedelai khas bumi nusantara tersebut ternyata juga bisa menjadi salah satu bahan yang direkomendasikan untuk kucing kesayangan yang masih kecil. Hal tersebut karena memang pada dasarnya tahu sudah mempunyai tekstur yang lembut dan pastinya lunak. Tidak perlu proses pemasakan seperti bahan-bahan lainnya dan hanya perlu digiling saja.

Namun, tidak semua kucing menyukai bahan makanan ini. Oleh sebab itu, pemberian tahu disarankan hanya sebagai pelengkap makanan yang lainnya saja. Nutrisi yang ada di dalamnya bisa menjadikan tubuh si mungil menggemaskan lebih sehat dan memiliki perkembangan yang baik. Dengan kandungan protein yang tinggi maka akan membuat tumbuh kembangnya menjadi lebih sempurna.

Makanan untuk anak kucing 2 bulan
Makanan untuk anak kucing 2 bulan

5. Sereal kucing

Sekarang ini tersedia banyak sekali produsen yang membuat makanan buatan untuk berbagai hewan peliharaan termasuk juga kucing. Salah satu diantaranya bisa menjadi pilihan makanan untuk anak kucing 2 bulan. Sereal yang dipilih tidak sembarangan, harus memiliki bahan baku tertentu dan terdapat keterangan bahwa aman untuk anak kucing setidaknya berusia dua bulan.

Biasanya bahan bakunya adalah varian tepung ataupun beras. Kedua bahan baku tersebut sangat bagus untuk nutrisi tubuh kucing belia yang dipelihara. Selain itu, jagung juga bisa menjadi salah satu bahan utamanya. Dengan kandungan serat yang tinggi, bahan tersebut bisa membuat pencernaan binatang peliharaan menjadi lancar dan juga membuat organ-organ lain seperti misalnya liver bekerja dengan optimal.

Namun, salah satu bahan utama lain yang membuat sereal tersebut adalah beberapa jenis daging. Ayam menjadi pilihan yang dominan ada pada berbagai produk tersebut. Hal tersebut memang karena teksturnya yang membuatnya mudah untuk diolah. Selain itu, kandungan nutrisinya juga tidak bisa dianggap remeh. Protein dan lemaknya bisa menjadi nutrisi alami bagi kucing peliharaan.

Dalam sereal yang akan diberikan untuk kucing mungil kesayangan tersebut juga perlu kandungan rumput laut. Beberapa produk mengandung bahan alami tersebut untuk membuatnya menjadi lebih sempurna kandungan gizinya. Rumput laut memang mempunyai nutrisi alami yang bagus untuk perkembangannya. Sehingga nantinya bisa menjadi besar dengan baik serta terhindar dari beberapa jenis penyakit.

  • Makanan untuk anak kucing

6. Makanan untuk anak kucing

Selain sereal, ada banyak pilihan makanan buatan untuk kucing. Beberapa diantaranya merupakan makanan untuk anak kucing 2 bulan.  Biasanya wujudnya dalam bentuk basah karena kucing dengan usia muda memang belum dapat mengolah makanan kering dengan baik. Tersedia berbagai merk yang bisa didapatkan di toko-toko hewan peliharaan terdekat di sekitar rumah kamu.

Biasanya bahan-bahan yang membentuknya adalah ikan tuna atau bisa juga jenis lain dari hewan air tersebut. Namun, ada juga yang mengandung hati ayam karena teksturnya yang bisa mudah diolah. Hati ayam memang merupakan organ yang cukup banyak mengandung nutrisi pembangun untuk perkembangan kucing peliharaan.

7. Susu

Ini menjadi salah satu makanan untuk anak kucing 2 bulan yang seringkali diberikan. Tersedia susu buatan manusia yang didesain khusus untuk kucing yang masih muda. Pemberiannya bisa dilakukan hingga umur dua bulan. Dengan nutrisi yang dibentuk mirip sekali dengan susu asli dari ibu si kucing, maka ini menjadi rekomendasi yang tepat untuk peliharaan kesayanganmu.

Makanan untuk anak kucing 2 bulan
Makanan untuk anak kucing 2 bulan

Penutup

Itulah beberapa daftar makanan untuk anak kucing 2 bulan yang bisa diberikan kepada binatang kesayangan di rumah. Usia yang masih terbilang belia tersebut memang perlu perhatian khusus agar nantinya memiliki perkembangan yang maksimal dan tidak mudah terkena penyakit.