5 Makanan untuk Anak Kucing Baru Lahir Yang Tepat

Posted on 239 views
Pemilik kucing tidak diperbolehkan campur tangan selama satu minggu pertama sejak kelahirannya.Kamu harus menyiapkan makanan untuk anak kucing baru lahir.
Bagikan artikel ini

Anak kucing yang baru lahir membutuhkan perawatan khusus sehingga bukan hal yang mudah dalam merawatnya. Biasanya, anak kucing tersebut akan dirawat sepenuhnya oleh induknya. Bahkan, pemilik kucing tidak diperbolehkan untuk campur tangan selama satu minggu pertama sejak kelahirannya. Namun, jika tidak ada induknya, kamu harus menyiapkan makanan untuk anak kucing baru lahir.

Makanan untuk anak kucing baru lahir
Makanan untuk anak kucing baru lahir

Beberapa Makanan untuk Anak Kucing Baru Lahir

Anak kucing yang baru lahir akan dipenuhi segala kebutuhannya oleh induknya. Satu minggu pertama sejak kelahiran anak kucing tersebut, kondisi anak kucing masih sangat lemas dan membutuhkan makanan untuk tetap bertahan hidup. Kamu bisa membiarkan anak kucing bersama dengan induknya tanpa harus campur tangan karena induknya bisa merawatnya sendiri.

Akan tetapi, jika induknya belum cukup umur dan belum bisa merawat anak-anaknya dengan baik, maka kamu bisa ikut turun tangan untuk merawat anak-anak kucing tersebut. Berikut makanan untuk anak kucing baru lahir yang bisa kamu siapkan:

1. Susu formula khusus untuk bayi kucing

Ada banyak kasus dimana induk kucing belum cukup mahir dalam merawat anak-anaknya. Hal ini bisa disebabkan karena induk kucing masih belum cukup umur untuk melahirkan anak-anaknya. Belum cukup umur yang dimaksud yaitu usia induk masih terlalu muda ketika melahirkan anak-anaknya.

Fenomena tersebut mengakibatkan anak-anak kucing yang baru lahir tidak mendapatkan perawatan yang semestinya dari induknya sehingga mereka menjadi terlantar. Padahal, untuk bisa bertahan hidup, mereka harus mendapatkan nutrisi setiap harinya. Maka dari itu, kamu bisa mencoba menyiapkan susu formula khusus untuk bayi kucing yang bisa dibeli di petshop.

Nutrisi makanan untuk anak kucing baru lahir tidak bisa disamakan dengan bayi manusia. Oleh karena itu, hindari untuk memberikan susu sapi maupun susu yang bukan diperuntukkan khusus untuk kucing karena kandungan nutrisinya berbeda. Perbedaan kandungan nutrisi bisa mengakibatkan anak kucing keracunan maupun diare.

Untuk memberikan susu formula kepada anak kucing, kamu bisa mencampurkannya dengan air hangat terlebih dahulu dan masukkanlah ke dalam pipet. Takaran air susu hangat yang jangan terlalu banyak. Kamu bisa memberikannya sedikit-sedikit namun dalam tiga jam sekali supaya nutrisinya sama seperti anak kucing yang disusui induknya.

Oleh karena itu, kamu perlu menyuapi anak kucing yang usianya kurang dari empat minggu dengan takaran sekitar delapan kali dalam tiga jam sekali dalam sehari. Anak kucing yang belum berusia empat minggu juga belum bisa membersihkan area genital mereka sehingga kamu juga harus membantu membersihkan area genital mereka dengan tissue yang lembut.

Makanan untuk anak kucing baru lahir
Makanan untuk anak kucing baru lahir

2. Makanan lunak khusus anak kucing berbentuk bubur

Selain susu formula, kamu juga bisa menyiapkan makanan untuk anak kucing baru lahir yang berbentuk bubur untuk anak kucing yang sudah berusia lebih dari 4-5 minggu. Makanan lunak tersebut bisa dibeli di petshop terdekat. Jangan memberikan makanan apapun selain susu apabila usia anak kucing masih berusia kurang dari 4-5 minggu.

Ketika sudah berusia lebih dari 4-5 minggu, kamu bisa memberikan makanan lunak khusus ini dengan cara merendamnya dengan air hangat secukupnya. Lalu lumatkan dan hancurkan. Untuk memberikan makanan untuk anak kucing baru lahir ini, kamu bisa menyuapi mereka dengan menggunakan pipet dengan didekatkan ke hidung kemusian dioleskan ke mulutnya.

Ketika menyuapi mereka dengan makanan bubur menggunakan pipet, kamu harus berhati-hati supaya anak-anak kucing tidak tersedak. Jangan sampai makanan bubur masuk ke dalam hidung mereka. Cara mudah untuk menyuapi mereka adalah dengan membuka mulut mereka sedikit kemudian memasukkan makanan bubur tersebut ke dalam mulutnya.

3. Air susu induk kucing

Jika induk kucing tidak bisa mau menyusui anak-anaknya, kamu bisa meminta tolong induk kucing yang lain untuk menyusui anak-anak kucing tersebut. Biasanya kucing tidak terlalu peduli apabila yang menyusu padanya bukan anak-anak yang lahir dari rahimnya. Insting seekor induk kucing tetap menganggap bahwa anak-anak kucing adalah anaknya sendiri.

Kamu bisa mencarikan makanan untuk anak kucing baru lahir berupa air susu dari induk kucing yang memang sedang masa menyusui. Caranya mudah, kamu bisa mendekatkan anak-anak kucing tersebut ke induk kucing yang sedang masa menyusui. Biasanya, induk kucing tersebut akan menjilati dan anak-anak kucing akan bereaksi mencari posisi untuk menyusu.

Ketika anak-anak kucing sudah berhasil menyusu pada induk kucing tersebut, jangan pernah kamu mengganggunya. Biarkan anak-anak kucing tersebut menyusu dengan tenang supaya mendapatkan nutrisi walaupun bukan dari air susu induk kucing mereka sendiri. Lakukanlah hal itu selama 4-5 minggu pertama. Setelah itu kamu bisa memberi makanan berbentuk bubur.

Makanan untuk anak kucing baru lahir
Makanan untuk anak kucing baru lahir

4. Dry food dengan kibble yang kecil

Makanan untuk anak kucing baru lahir yang telah bertambah usianya sekitar 6-12 minggu yaitu dry food dengan ukuran kibble yang kecil. Kibble adalah ukuran makanan kering atau dry food. Ukuran kibble biasanya disesuaikan dengan usia kucing. Maka, untuk anak kucing yang berusia 6-12 minggu bisa mulai diberikan makanan kering yang kibble nya berukuran kecil.

Kamu bisa bertanya rekomendasi merk yang terbaik pada dokter hewan langganan supaya anak-anak kucing tumbuh dengan nutrisi yang seimbang. Jangan memberikan makanan kering dengan ukuran kibble yang besar karena gigi mereka belum bisa untuk menggigit makanan dengan baik. Makanan untuk anak kucing baru lahir ini disesuaikan dengan umurnya.

Ukuran kibble yang kecil biasanya mempunyai tekstur yang tidak terlalu keras sehingga anak kucing dengan usia sekitar 6-12 minggu bisa menggigit, mengunyah, dan menelan makanan tersebut dengan baik. Pilihlah merk makanan sesuai dengan rekomendasi dokter hewan langganan agar anak kucing tidak kesulitan saat memakan makanan kering tersebut.

5. Wet food sesuai usia

Selain dryfood dengan kibble kecil, makanan untuk anak kucing baru lahir yang usianya sudah sekitar 6-12 minggu bisa diberikan wet food yang disesuaikan dengan usianya. Wet food dengan merk tertentu biasanya bermacam-macam jenisnya, ada yang untuk usia 2-12 bulan, usia lebih dari 1 tahun, bahkan ada juga untuk kucing yang usianya lebih dari 7 tahun.

Sama seperti dry food, kamu bisa membeli merk wet food sesuai dengan rekomendasi dokter hewan langganan karena terkadang wet food diperuntukkan untuk usia kucing yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut bisa dilihat dari tekstur wet foodnya yang mana untuk kitten biasanya teksturnya lebih lembut dan mudah dicerna daripada wet food untuk usia lebih dari 1 tahun.

Makanan untuk anak kucing baru lahir
Makanan untuk anak kucing baru lahir

Penutup

Pemberian makanan untuk anak kucing baru lahir harus disesuaikan denga usianya supaya menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Makanan utama untuk anak kucing adalah air susu induk kucing. Setelah mencapai usia 4-5 minggu, anak kucing bisa diberikan makanan lain yang teksturnya mudah dicerna oleh anak kucing. Sehingga tanpa induk kucing, kamu bisa merawatnya dengan baik.