Fantastis! Inilah Jenis Ikan Cupang yang Mahal dan Bisa Dipelihara

Posted on 128 views
Walaupun ada banyak jenis ikan cupang yang mahal,tetapi tidak membuat orang-orang untuk berhenti membeli dan memeliharanya. Simak info jenis ikan cupang berikut!
Bagikan artikel ini

Walaupun ada banyak jenis ikan cupang yang mahal, tetapi tidak membuat orang-orang untuk berhenti membeli dan memeliharanya. Sebab, ikan yang memiliki nama lain Betta SP ini mudah ditemukan di perairan lokal dan memiliki warna yang menarik, sehingga dapat mempercantik akuarium.

Ikan cupang berasal dari negara-negara di Asia Tenggara, seperti Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura, Vietnam, dan Brunei. Jenis dari ikan ini beragam dan terbagi menjadi tiga, yakni hias, liat, dan aduan.

Jenis ikan cupang yang mahal
Jenis ikan cupang yang mahal

12 Jenis Ikan Cupang yang Mahal dan Tips Memilihnya

Sebelum membahas mengenai jenis ikan cupang yang mahal, terlebih dahulu ikutilah tips berikut ini ketika ingin membeli ikan cupang. Agar ikan cupang yang kamu dapat sangat berkualitas tinggi.

Tips dalam memilih ikan cupang yang berkualitas

  • Perhatikan dahulu sirip dan warna yang dimiliki ikan tersebut dan pastikan tidak ada cacat di tubuhnya.
  • Pastikan tidak terdapat benjolan di tubuhnya.
  • Perhatikan sifat dari ikan tersebut, apakah agresif atau tidak.
  • Pilihlah ikan yang memiliki warna cerah dan tajam.
  • Pilihlah anakan ikan yang induknya sehat dan kuat.

Baca Juga : Kenali Jenis Ikan Cupang Hias dan Harganya

12 jenis ikan cupang yang mahal

1. Ikan Cupang Halfmoon (Separuh Bulan)

Ikan ini pertama kali dikenalkan pada tahun 1982 oleh Peter Goettner dari Amerika Serikat. Kemudian di tahun 2000 cupang halfmoon mulai diperkenalkan di Indonesia. Semenjak itu, perkembangan ikan ini sangat cepat. Dengan memiliki ekor lebar, sirip yang lentur, dan warna tubuhnya yang terang menjadikan jenis cupang ini digemari oleh banyak orang. Untuk harga per ekornya dijual sekitar Rp 500.000, sementara untuk anakannya sekitar Rp 40.000.

Jenis ikan cupang yang mahal

2. Ikan Cupang Cagak (Double Tail)

Ciri khas dari ikan ini adalah ekornya terbelah menjadi dua di bagian tengah sirip ekor. Hal ini karena ikan cupang gagak merupakan mutasi genetik dari ekor tunggal. Dengan ekornya yang membelah, ekor ikan ini akan tampak bercabang dua ketika sedang mengembangkan ekornya. Kedua ekor ini memiliki warna yang berbeda dan akan menghasilkan gradasi yang indah.

Sirip bagian punggung ikan cupang cagak ukurannya sama dengan sirip bagian bawahnya, Sama halnya dengan cuping ekornya yang juga seimbang di bagian atas dan bawah garis tengah ikan. Untuk harga di pasarannya, ikan ini dijual sekitar Rp 1.200.000 per ekornya dan Rp 500.000 untuk anakannya.

Akan tetapi, ikan ini harus diberi perawatan yang tepat dengan cara memberi  makan dan mengganti air akuariumnya secara rutin. Hal itu karena ikan cupang gagak rentan terhadap jamur, mudah stres, hingga menyebabkan kematian dini.

Jenis ikan cupang yang mahal

3. Ikan Cupang Serit (Crown Tail)

Dinamakan serit karena siripnya menyerupai jarum. Ikan cupang asli Indonesia ini merupakan jenis ikan cupang yang mahal pertama yang dibudidayakan dan selalu memberikan sumbangan pada dunia cupang nasional. Ikan serit ini selalu memenangkan kontes pada kategori serit di setiap event ikan cupang internasional. Makanya, ikan ini menjadi salah satu kebanggaan Indonesia.

Orang pertama yang mengembangbiakkan ikan ini ialah Ahmad Yusuf pada tahun 1997. Harga ikan ini masih terbilang cukup  tinggi bahkan hingga jutaan rupiah. Walaupun begitu, tetap banyak hobis yang berlomba untuk memelihara ikan ini. Hal itu karena ikan serit memiliki ekor yang menyilang dan melengkung seperti mahkota.

Jenis ikan cupang yang mahal
Jenis ikan cupang yang mahal

4. Ikan Cupang Plakat

Nama ikan ini diambil dari Bahasa Thailand, yaitu “plakad” yang artinya tarung. Penggunaan nama ini untuk membedakan cupang hias ekor pendek dengan cupang aduan. Sejak tahun 2000-an, ikan ini sudah mulai populer karena memiliki plakat yang berwarna-warni, tubuhnya terang, dan warnanya tidak mudah pudar. Jenis ikan yang cukup langka ini sangat andal dalam melindungi dirinya yaitu cukup dengan melebarkan sirip depannya jika ada yang mengganggunya.

Ketika diperkenalkan di tahun 2000-an, harga ikan ini mencapai 10 juta rupiah. Namun, saat ini harganya mulai turun sekitar 2 juta rupiah. Walaupun begitu ikan cupang plakat termasuk jenis ikan cupang yang mahal.

Jenis ikan cupang yang mahal
Jenis ikan cupang yang mahal

5. Ikan Cupang Fancy

Sama seperti namanya yang mewah, ikan fancy adalah jenis ikan cupang yang mahal dan pernah mempunyai rekor ikan termahal, yaitu hingga 10 juta rupiah. Bahkan untuk anakannya saja dijual sekitar Rp 100.000 hingga Rp 300.000 per satuannya. Ikan fancy ini bisa terbilang sangat mahal karena memiliki 3 warna dimensi yang beragam, seperti hijau, putih, pink, metalik, merah, dan sebagainya. Walaupun memiliki sirip pendek, tetapi ketika berenang kombinasi warna di tubuh dan siripnya terlihat bergerak.

Jenis ikan cupang yang mahal

Baca Juga : Ikan Cupang Jenis Halfmoon: Ciri, Cara Merawat, Harga Hingga Makanan

6. Ikan Cupang Kachen Worachai

Meskipun tidak diketahui nama aslinya, tetapi jika dilihat dari namanya ikan ini berasal dari Thailand. Uniknya, warna ikan ini menyerupai bendera Thailand, yaitu biru tua, putih, dan merah. Soal harganya, ikan ini bisa mencapai 25 juta rupiah dan menjadi ikan cupang termahal di dunia lho, sangat mahal bukan?

Jenis ikan cupang yang mahal
Jenis ikan cupang yang mahal

7. Ikan Cupang Big Ear

Jenis ikan cupang ini dinamakan big ear karena sirip depannya menyerupai telinga gajah yang besar. Harga Ikan hasil silangan ini sekitar Rp 400.000 dan termasuk jenis ikan cupang yang mahal.

Jenis ikan cupang yang mahal
Jenis ikan cupang yang mahal

8. Ikan Cupang Aduan

Walaupun bukan jenis ikan cupang yang mahal, tetapi banyak orang yang menggemari ikan ini. Sebab memiliki warna mencolok, tubuh ramping, dan jari-jari siripnya yang gagah membuat mereka lebih sangat. Karena kegagahannya ini, ia mampu menghabisi lawannya. Maka dari itu, tutuplah akuarium menggunakan kain untuk membatasinya agar dia tidak dapat melihat ikan cupang lain.

Jenis ikan cupang yang mahal
Jenis ikan cupang yang mahal

9. Ikan Cupang Koi

Ikan cupang jenis ini memiliki bentuk yang unik, sirip yang lebar dan bulat sehingga terlihat menonjol, serta memiliki warna yang cerah. Walaupun warnanya hanya merah, biru, putih, hitam, dan oranye saja, tidak membuat orang lain berhenti mengagumi ikan ini, justru semakin banyak orang yang memfavoritkan cupang ini. Harga per satuannya sekitar Rp 150.000 hingga Rp 200.000.

Jenis ikan cupang yang mahal

10. Ikan Cupang Slayer

Cupang jenis ini adalah hasil dari persilangan antara cupang serit dan cupang halfmoon. Karena adanya persilangan, maka rupa dari cupang ini merupakan perpaduan dari kedua ikan tersebut, yaitu sirip yang lebar dan lembut seperti halfmoon, dan badan yang ramping seperti cupang serit. Harga ikan slayer di pasaran berbeda-beda, hal ini tergantung dari umur dan ukuran yang dimilikinya. Untuk cupang slayer dewasa sekitar Rp 250.000 hingga Rp 300.000. Sementara cupang slayer yang berwarna merah, oranye, biru metalik biasanya biaya jualnya lebih mahal.

Jenis ikan cupang yang mahal
Jenis ikan cupang yang mahal

11.  Ikan Cupang Black Samurai

Jenis cupang yang memiliki nama lain black mamba ini sangat unik dan terbilang mahal dan langka. Ikan ini memiliki warna hitam pekat dan terdapat corak yang terak. Karena sangat langka, harga per satuannya sekitar Rp 150.000 hingga Rp 400.000 dan termasuk salah satu jenis ikan cupang yang mahal.

Jenis ikan cupang yang mahal
Jenis ikan cupang yang mahal

12. Ikan Cupang Nemo

Cupang nemo ini adalah salah satu dari jenis ikan cupang yang mahal dan termasuk jarang atau langka. Walaupun siripnya tidak selebar halfmoon, tetapi yang membuat ikan ini spesial adalah coraknya yang mencolok. Jenis cupang mahal ini sangat cocok dijadikan sebagai ikan hias karena badannya yang imut dan menggemaskan. Untuk harga per ekornya biasanya dijual sekitar Rp 200.000 hingga Rp 400.000.

Jenis ikan cupang yang mahal
Jenis ikan cupang yang mahal

Tanya Jawab Seputar Jenis Ikan Cupang Yang Mahal

Kenapa cupang Avatar termasuk ikan cupang termahal ?

Jenis ikan cupang yang mahal

Alasannya, jenis cupang ini paling gampang dibudidayakan dalam hal mengkombinasi warnanya dibanding dengan Halfmoon. Karena sulitnya proses kawin silang ini tak heran jika di pasaran, ikan cupang avatar dibanderol cukup mahal. Harga yang beredar di pasaran berkisar antara Rp 1 juta hingga Rp 3 juta.

Cupang apa yang bagus?

Jenis ikan cupang yang mahal

Jenis Ikan Cupang yang Bisa Anda Pilih untuk Dipelihara
1. Halfmoon
2. Crown Tail atau Cupang Serit
3. Double Tail
4. Jenis Ikan Cupang HMPK
5. Jenis Ikan Cupang Sawah
6. Paradise (Marcopodus opercularis)
7. Si Lincah Sarawak
8. Jenis Ikang Cupang Fancy

Ikan cupang harganya berapa?

Jenis ikan cupang yang mahal

Jenis dan Harga Ikan Cupang
Ikan Cupang Nemo
Rp.135.000 – Rp.400.000
Ikan Cupang Halfmoon
Rp.50.000 – Rp.125.000
Ikan Cupang Hellboy
Rp.125.000 – Rp.250.000
Ikan Cupang Plakat
Rp.50.000 – Rp.100.000

Ikan cupang dapat dimana?

Jenis ikan cupang yang mahal

Cupang merupakan ikan air tawar yang habitat asalnya beberapa negara di Asia Tenggara, seperti Indonesia, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, dan Vietnam.

Apa itu cupang Fccp?

Jenis ikan cupang yang mahal

Ikan cupang fancy copper atau FCCP yang berasal dari Vietnam kini sedang naik daun. … Jenis ikan pelakat asal Vietnam ini memiliki empat corak warna seperti ikan koi. Ia mengaku untuk ikan cupang FCCP ini bisa mencapai jutaan rupiah tergantung corak warna.

Apa itu cupang halfmoon?

Jenis ikan cupang yang mahal

Cupang halfmoon merupakan hasil perkawinan silang yang dilakukan oleh breeder alias pembiak asal Amerika Serikat, Peter Geottner pada 1980-an. Awalnya, Goettner sukses menghasilkan cupang yang memiliki bukaan ekor lebar mendekati 180 derajat dan berwarna hijau.

Penutup

Demikianlah informasi mengenai jenis ikan cupang yang mahal dan bagaimana tips dalam memilih ikan cupang. Rawatlah dengan baik ikan cupangmu, agar senantiasa sehat dan tidak mudah sakit. Akan sangat rugi jika kamu membelinya mahal-mahal, tetapi tidak dirawat dengan baik.

Baca Juga : Hobi Memelihara Ikan Hias, Kenali 15 Macam Ikan Cupang Hias yang Jadi Buruan