Ketahui 10 Pakan Ikan Cupang Terbaik!

Posted on 127 views
Ikan yang identik dengan daya tarungnya tersebut mempunyai tubuh yang indah. Untuk merawatnya, tentu harus mengetahui pakan ikan cupang terbaik berikut ini
Bagikan artikel ini

Memelihara ikan menjadi salah satu hobi bagi sebagian orang. Merawat hewan air tersebut dapat membuat hati senang dan gembira. Salah satu jenis ikan yang sering dipelihara yaitu ikan cupang. Ikan yang identik dengan daya tarungnya tersebut mempunyai tubuh yang indah. Untuk merawatnya, tentu harus mengetahui pakan ikan cupang terbaik berikut ini.

Makanan Ikan Cupang
Pakan Ikan Cupang Terbaik

Berikut Beberapa Pakan Ikan Cupang Terbaik

1. Kuning telur

Hasil perkembangbiakkan ayam ini sudah sering digunakan untuk bahan pangan bagi beragam jenis hewan. Manusia pun juga sering mengonsumsinya karena memang mempunyai tekstur yang pas, rasanya lumayan enak jika diolah dengan benar, serta yang paling utama yaitu kandungan gizi yang tidak perlu ditanyakan lagi. Telur ternyata dapat menjadi alternatif pakan ikan cupang terbaik.

Telur identik dengan protein tinggi yang dimilikinya. Nutrisi tersebut sangat berguna bagi perkembangan ikan cupang. Cara yang dapat dilakukan untuk mengolahnya yaitu dengan merebusnya terlebih dahulu. Lalu baru dapat diberikan kepada hewan tersebut.

Jangan berikan kuning telur sebagai sumber pakan cupang terbaik secara intensif karena sisa-sisanya dapat membuat air tempat hidupnya kotor.

2. Jentik nyamuk

Jentik nyamuk biasanya dibasmi oleh manusia karena mampu membahayakan. Jentik-jentik tersebut akan tumbuh menjadi seekor nyamuk yang sangat berpotensi menyebarkan penyakit kepada manusia. Namun, ternyata jentik nyamuk dapat berguna karena bisa menjadi pakan ikan cupang terbaik.

Larva dari nyamuk tersebut dapat diperoleh dengan cara yang sangat mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan seember air bekas pembilasan beras. Air tersebut harus ditempatkan di lokasi-lokasi terbuka yang cukup remang.

Kamu hanya perlu menunggunya saja selama setidaknya dua hari untuk menemukan jentik-jentik nyamuk di dalamnya. Ikan cupang dapat memperoleh pertumbuhan yang baik, karena jentik itu memiliki protein yang cukup tinggi.

3. Cacing beku

Cacing ternyata dapat menjadi salah satu pilihan pakan ikan cupang terbaik. Hewan yang hidup di dalam tanah tersebut mengandung berbagai zat yang memicu pertumbuhan ikan. Sekarang ini, kamu dapat mendapatkan cacing dalam bentuk beku.

Banyak penjual cacing menjajakan produknya dalam bentuk yang telah dibekukan. Selain menjaganya agar tetap awet dan tidak membusuk, ini juga dapat menjaga nutrisi yang dikandungnya, terutama protein. Sekarang ini dapat dengan mudah ditemukan cacing beku pada penjual ikan ataupun gerai-gerai daring atau online.

Pakan Ikan Cupang Terbaik
Pakan Ikan Cupang Terbaik

4. Cacing renik

Cacing yang berukuran sangat kecil ini mampu menjadi sajian untuk ikan hias tersebut. Bagi kamu yang memelihara ikan cupang, terutama mengembangbiakkannya, maka dapat menggunakan cacing renik sebagai salah satu makanan yang dapat diberikan.

Anak-anak ikan cupang akan sangat toleran dengan cacing renik. Hal tersebut karena kandungannya yang sangat bermanfaat untuk perkembangannya. Selain itu, ukurannya yang kecil tentu saja sangat memudahkan untuk disantap.

5. Cacing rambut

Hewan yang hidup secara berkoloni ini ternyata dapat digunakan untuk makanan ikan cupang terbaik. Ukurannya kurang lebih dua hingga empat centimeter, membuatnya harus diolah dahulu sebelum disajikan untuk santapan ikan hias yang dimiliki tersebut. Cacing jenis ini dapat diperoleh di selokan atau tempat aliran air yang kotor lainnya.

Cacing yang satu ini juga biasa disebut dengan cacing sutra, karena rambut-rambutnya yang cukup halus tersebut. Nutrisi yang ada di dalamnya cenderung tidak sebanyak cacing tanah pada umumnya. Oleh karenanya, kamu harus memberikannya setidaknya dua kali dalam satu hari.

6. Cacing darah

Hewan yang begitu mengerikan ini bisa dijadikan pakan cupang yang bagus. Cacing darah memang cukup menakutkan pasalnya ia hidup di dalam pembuluh darah hewan-hewan seperti sapi, kambing, dan babi, serta dapat juga pada manusia.

Tetapi, setelah diteliti hewan ini dapat menjadi bahan pakan ikan cupang terbaik. Kandungan yang dimilikinya dapat membuat pertumbuhan ikan hias tersebut menjadi lebih indah lagi. Banyak orang meyakini bahwa cacing jenis ini mampu membuat warna pada ikan cupang menjadi menarik. Namun, cacing darah tidak mengandung banyak protein jika dibandingkan dengan pakan ikan cupang terbaik yang lainnya.

7. Lalat

Serangga yang sering mengganggu manusia ini dapat menjadi pilihan pakan untuk ikan cupang. Lalat memiliki beberapa kandungan yang mampu memicu perkembangan ikan cupang. Akan tetapi jangan berikan terlalu banyak hewan yang satu ini untuk pakan ikan cupang. Karena lalat tetap saja hewan yang kotor dan mengandung berbagai kuman.

Jika ingin memberikannya untuk ikan cupang maka harus dipotong kepalanya dahulu. Kamu dapat menemukan lalat dengan cukup mudah, karena hewan ini sering hinggap pada benda-benda di sekitar manusia. Hanya diperlukan raket nyamuk listrik yang mampu membunuh lalat juga.

8. Kutu air

Siapa yang menyangka bahwa hewan yang menyebabkan salah satu masalah kesehatan manusia ini dapat menjadi makanan ikan cupang yang bagus? Ya, salah satu jenis krustasea yang berukuran begitu mini tersebut mampu memuaskan perut ikan hias yang dimiliki.

Kutu air dapat diberikan untuk anak ikan cupang. Nutrisi yang dikandungnya amat bermanfaat untuk proses pertumbuhan anak-anak ikan tersebut. Salah satunya yaitu kalsium. Zat tersebut tentu memicu pembentukan tulang yang tumbuh pada ikan itu. Selain itu, pigmen ikan dapat berubah menjadi lebih apik dengan konsumsi kutu air.

9. Anakan ikan gupi

Ikan cupang merupakan salah satu hewan omnivora, yang artinya ia mampu untuk memakan segalanya baik daging maupun tumbuh-tumbuhan. Selain itu, hewan ini ternyata juga mampu memakan jenis ikan lainnya, salah satunya ikan gupi.

Akan tetapi, ikan gupi tersebut dalam bentuk kecil. Karena jika dalam bentuk biasanya yang normal, ukurannya sama dengan ikan cupang sehingga tidak mungkin baginya untuk memangsa satu sama lain. Anak dari ikan gupi sering diberikan sebagai pakan ikan cupang.

Bayi dari ikan gupi memang mengandung banyak gizi yang baik untuk pertumbuhan ikan cupang. Ikan adu tersebut dapat memiliki sirip serta bentuk tubuh yang bagus jika memakan anak-anak ikan gupi.

Makanan Ikan Cupang
Pakan Ikan Cupang Terbaik

10. Udang

Hewan yang memiliki buku atau ruas di dalam tubuhnya ini ternyata bisa digunakan untuk makanan ikan cupang. Pastinya udang-udang tersebut harus diproses lebih lanjut terlebih dahulu sebelum diberikan pada ikan hias yang dimiliki. Udang harus dipisahkan dari kulitnya dan selanjutnya diiris menjadi bagian-bagian yang sangat kecil.

Hal tersebut dilakukan agar ikan tersebut dapat menyantapnya dengan mudah. Berbagai manfaat dapat diperoleh jika memberikan udang sebagai makanan ikan cupang. Banyak pembudi daya yang menyatakan bahwa pertumbuhan serta warna ikan hias itu bisa menjadi baik serta bertambah indah.

Ini dikarenakan ikan-ikan itu diberikan udang sebagai santapannya. Udang memang mampu memicu perkembangan sirip serta pigmen ikan cupang menjadi lebih bagus daripada jenis makanan yang lain.

Baca Juga: Belajar Asik Cara Ternak Ikan Cupang, Super Mudah dan Menguntungkan!

Penutup

Memelihara ikan hias memang bukan sesuatu yang cukup mudah. Namun, ikan mungil ini dapat dipelihara dengan cara yang berbeda sehingga mudah untuk dilakukan. Mengetahui pakan ikan cupang terbaik dapat menjadi langkah awal untuk memulainya.

1 comment

Comments are closed.