7 Jenis Makanan Ikan Cupang dan Informasinya yang Harus Kamu Ketahui

Posted on 92 views
Makanan ikan cupang adalah hal yang sama sekali tidak boleh Kamu abaikan. Hal ini karena pemilihan makanan akan berpengaruh terhadap bagaimana ikan tumbuh
Bagikan artikel ini

Jika Kamu memelihara ikan cupang, maka memperhatikan tentang makanan ikan cupang adalah hal yang sama sekali tidak boleh Kamu abaikan. Hal ini karena pemilihan makanan akan sangat berpengaruh terhadap bagaimana ikan Kamu tumbuh dan berkembang. Untuk mengetahui informasi lengkapnya, simak artikel berikut ini.

Makanan Ikan Cupang
Makanan Ikan Cupang

Daftar Jenis Makanan Ikan Cupang dan Manfaatnya yang Harus Diketahui

Kenyataannya, jenis ikan yang satu ini memiliki berbagai jenis pakan yang bisa dikombinasikan. Kombinasi-kombinasi tersebut bisa membuat ikan cupang Kamu menjadi semakin cerah corak warnanya dan tentunya semakin sehat. Berikut adalah daftar makanan ikan cupang agar cepat besar !

Makanan Ikan Cupang
Makanan Ikan Cupang Jentik Nyamuk

1. Jentik nyamuk

Makanan favorit ikan cupang adalah jentik nyamuk yang  bisa kamu berikan pada ikan cupangmu. Sebenarnya, ini adalah jenis pakan yang sangat umum diberikan untuk berbagai jenis ikan. Jenis makanan yang satu ini sangat mudah untuk dibuat atau bahkan ditemukan. Dan ternyata meskipun cuk atau jentik nyamuk ini mudah ditemukan karena termasuk makanan ikan cupang yang ada di rumah, kandungan gizinya tidak main-main.

Jentik nyamuk sangat disarankan bagi cupang remaja karena proteinnya sangat tinggi. Dengan kandungan protein yang dimilikinya, cupang Kamu akan tercukupi nutrisinya dalam masa pertumbuhan menuju cupang dewasa.

Untuk membuat makanan ini, Kamu bisa meletakkan air bekas cucian beras pada tempat gelap dan juga ruang terbuka. Tidak perlu menunggu lama, beberapa hari kemudian jentik nyamuk akan muncul di situ. Tetapi jika itu dirasa terlalu susah, Kamu bisa membeli jentik nyamuk di pasar ikan hias.

Makanan Ikan Cupang
Makanan Ikan Cupang Cacing Darah

2. Cacing Darah

Makanan ikan cupang agar cepat besar yang kedua yakni cacing darah atau dikenal dengan bloodwarm. Makanan yang satu ini memang mengandung protein yang tinggi, tetapi inti utama dari kandungan cacing darah adalah khasiatnya yang bisa membuat sirip dan badan cupang Kamu menjadi lebih cerah dan berwarna indah.

Meskipun proteinnya cukup tinggi, tetapi bisa dikatakan bahwa kandungannya kalah dengan jenis pakan ikan cupang yang lainnya. Sehingga jika Kamu memberikan makanan ini kepada ikan cupang Kamu, sebaiknya Kamu mengkombinasikan dengan makanan lain yang tinggi protein.

Makanan Ikan Cupang
Makanan Ikan Cupang Kutu Air

3. Kutu air

Jika Kamu memiliki ikan cupang yang masih anakan, maka memberikan kutu air makanan cupang ini adalah ide yang sangat tepat. Hal ini dikarenakan kutu air pakan ikan cupang ini memiliki kandungan nutrisi yang luar biasa lengkap yang dibutuhkan oleh cupang anakan. Memberikan makanan ikan cupang yang satu ini bisa membantu cupang memiliki warna tubuh yang lebih indah dan berwarna.

Tetapi satu hal yang harus Kamu ketahui tentang ikan yang satu ini adalah, kandungan lemaknya cukup rendah, padahal lemak juga dibutuhkan oleh cupang. Maka dari itu, Kamu bisa mengkombinasikannya dengan pakan lain yang memiliki lemak yang cukup untuk membantu tumbuh kembang cupang.

Makanan Ikan Cupang
Kuning Telur

4. Kuning Telur

Tanpa harus membelinya di pasar ikan, Kamu bahkan bisa memanfaatkan bahan masakan di rumah untuk makanan ikan cupang. Kamu bisa memberikan kuning telur pada ikan Kamu karena kuning telur sangat tinggi protein.

Bagaimana cara mengolahnya? Kamu bisa merebus telur tersebut atau mengukusnya. Setelah itu, Kamu bisa memberikannya secara langsung pada ikan cupang selain itu juga kuning telur dapat menjadi pakan burayak ikan cupang. Pakan burayak cupang selain kutu air ini bisa menjadi alternatif, tetapi makanan yang satu ini bisa menjadi alternatif saja yang artinya bisa Kamu berikan terkadang-kadang. Tidak disarankan memberikannya rutin karena sisa dari kuning telur tersebut bisa membuat kotor tempat tinggal cupang.

Makanan Ikan Cupang
Cacing Sutra

5. Cacing Sutra

Cacing yang bentuknya sangat lembut menyerupai rambut ini adalah cacing sutra. Ini adalah pilihan lain yang bisa Kamu gunakan untuk memberi makan ikan cupang. Biasanya, jenis cacing ini mudah Kamu temukan diselokan-selokan atau di perairan kotor lainnya. Bukan berarti Kamu harus mencarinya di perairan kotor, Kamu bisa membelinya murah di tempat makan ikan.

Bahkan jika Kamu misalnya malas pergi ke pasar ikan, Kamu juga bisa membelinya secara online. Jenis cacing sutra ini juga sangat baik untuk ikan cupang karena berprotein dan juga lezat.

Makanan Ikan Cupang
Makanan Ikan Cupang Burayak

6. Burayak Guppy

Cupang juga bisa memakan anakan ikan dari guppy atau istilahnya adalah burayak. Ikan yang berkembang biak dengan cepat ini memiliki kandungan yang bagus untuk ikan cupang jenis giant. Bahkan dengan kandungan nutrisi yang ada bisa membuat cupang Kamu tumbuh cepat. Untuk membeli burayak guppy ini juga sangat mudah karena pasti banyak ditemukan di tempat jual ikan hias.

Ini bisa menjadi alternatif lain sehingga ikan cupang Kamu tidak makan makanan ikan cupang yang itu – itu saja. Kamu bisa mengkombinasikannya dengan berbagai jenis makanan yang lainnya sehingga ikan cupang Kamu juga tidak merasa jenuh dalam mengkonsumsi pakan ikan. Semakin bahagia ikan, semakin indah pula tumbuhnya.

7. Lalat

Mungkin ini sedikit jarang didengar oleh orang, tetapi lalat juga bisa dibuat makanan ikan cupang. Bahkan dapat dikatakan makanan yang satu ini tidak kalah bergizinya dengan jenis makanan yang lainnya. Ini bisa menjadi variasi lainnya agar cupang tidak bosan. Tetapi, sebaiknya Kamu memberikannya sebagai selingan saja alias tidak sering. Selain itu, jangan lupa untuk membuang kepala lalat sebelum memberikannya ke cupang.

Dan masih banyak lagi jenis lainnya, tetapi beberapa daftar di atas adalah yang sangat disarankan dari segi kandungan, harga, dan kemudahan memperolehnya. Kamu bisa mengkombinasikan beberapa jenis makanan yang mana akan membuat cupang Kamu senang dan tidak stres.

Cara Merawat Ikan Cupang yang Harus Kamu Ketahui

Tidak kalah pentingnya dalam memahami jenis makanan ikan cupang, memahami bagaimana cara merawat ikan cupang dan merawat bayi ikan cupang juga harus Kamu ketahui. Hal ini dikarenakan dalam memelihara ikan cupang bukan hanya tentang makanannya saja tetapi juga tentang bagaimana cara merawatnya selain itu kamu juga harus dapat merawat telur ikan cupang. Cara merawatnya antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Mencari wadah atau tempat yang kecil saja untuk ikan cupang, yakni sekitar 20 x 15 x 15 cm saja. Ini adalah ukuran yang pas untuk cupang karena ikan ini juga pada dasarnya hidup sendiri.
  2. Jangan lupa memperhatikan jenis air karena ini akan sangat berpengaruh pada cupang Kamu. Kamu bisa menggunakan air PDAM atau sumur yang telah diendapkan semalaman. Hindari air yang mengandung kaporit.
  3. Rajin bersihkan aquarium karena aquarium yang kotor akan menghambat kesehatan dan pertumbuhan dari cupang
  4. Memberikan ikan cupang daun ketapang yang mana bisa menjadi antibiotik alami
  5. Sesekali jemurlah ikan cupang Kamu di bawah sinar matahari tetapi jangan terlalu lama. Penjemuran ikan cupang di bawah terik matahari ini akan membantunya tidak stres dan terhindar dari bakteri yang ada di air.
  6. Memberikan makanan ikan cupang yang bernutrisi dan juga bervariasi yang merupakan makanan ikan cupang agar warnanya bagus

Baca Juga:
10 Makanan Ikan Cupang Agar Warnanya Bagus Dan Bertahan Lama

Penutup

Memelihara ikan cupang yang akhir-akhir ini diminati bisa menjadi salah satu alternatif untuk melepas stres. Meskipun demikian, jangan lupa melakukan perawatan dan memberikan makanan ikan cupang yang sesuai sehingga pemeliharaan Kamu berhasil. Memelihara ikan cupang memang tidak terlalu susah, tetapi memerlukan perhatian khusus yang mana sepadan dengan keindahan ikan yang Kamu dapatkan.

Comments are closed.