10 Jenis Ikan Gapi yang Populer

Posted on
Postur tubuhnya yang kecil dan corak warnanya yang beragam menjadi salah satu alasan mengapa jenis ikan Gapi kini sangat diminati banyak orang

Saat ini, ada begitu banyak jenis ikan hias yang tengah populer di masyarakat. Salah satunya yakni jenis ikan Gapi. Ikan hias yang hidup di air tawar ini awalnya memang bukan jenis ikan hias yang populer karena mudah ditemui di berbagai tempat seperti di sungai ataupun parit. Namun, seiring berjalannya waktu, para pecinta ikan hias mulai sadar jika ikan yang satu ini ternyata memiliki keunikan tersendiri sehingga menjadi buruan para kolektor ikan.

Jenis Ikan Gapi
Jenis jenis ikan gapi

Postur tubuhnya yang kecil dan corak warnanya yang beragam menjadi salah satu alasan mengapa ikan Gapi kini sangat diminati banyak orang. Ukuran tubuh ikan ini cukup kecil sekitar 2 hingga 6 cm. Uniknya, ukuran gapi betina jauh lebih besar dibandingkan dengan si jantan. Sedangkan jenis ikan gapi jantan biasanya memiliki corak yang lebih menarik. Namun, perlu diketahui jika ikan ini ternyata memiliki begitu banyak jenis yang menarik.

Jenis-jenis Ikan Gapi yang Populer di Masyarakat

Seperti yang diketahui, ada begitu banyak jenis ikan Gapi yang ada di pasaran ataupun di alam liar. Namun, hanya ada beberapa jenis ikan guppy yang populer baik karena corak yang dimiliki maupun jenisnya yang langka di pasaran. Untuk lebih jelasnya, berikut ini ada 8 jenis ikan guppy yang populer di masyarakat.

Ikan Gapi
Jenis Ikan Gapi Young Pair Champion

1. Young Pair Champion

Jenis ikan Gapi yang pertama yakni Young Pair Champion . Ciri-ciri ikan jenis ini bisa dilihat dari warnanya yang bergradasi biru mulai dari kepala hingga ekornya yang semakin pekat. Ekornya yang lebar serta berwarna biru gelap semakin membuat ikan ini mempesona. Selain itu, Ikan ini menjadi jenis ikan guppy yang cukup langka di pasaran. Tidak heran jika harganya pun cukup mahal. Untuk bisa memiliki ikan yang satu ini, Anda harus siap merogoh kocek sekitar Rp 1 jutaan untuk satu ekornya.

Ikan Gapi
Jenis Ikan Gapi Magenta

2. Magenta

Salah satu jenis ikan Gapi lokal yang asli dari Indonesia ini nyatanya banyak diminati pecinta Guppy. Selain harganya yang murah, corak warnanya juga sangat cantik. Guppy magenta sangat khas dengan warna dasar merah pada bagian tubuh maupun sirip dan ekornya. Warna dasar merah semakin cantik dengan kombinasi warna biru dan hitam di beberapa bagian tubuhnya. Ekor ikan ini tidak terlalu lebar namun memiliki warna merah yang cantik dengan kombinasi hitam. Karena cukup mudah ditemui, ikan ini pun sangat terjangkau harganya, sekitar Rp 25.000 saja per ekornya.

Ikan Gapi
Jenis Ikan Gapi Neon

3. Neon

ikan Gapi yang satu ini bisa menjadi salah satu jenis yang bisa dipilih, khususnya untuk para pemula. Selain harganya yang cukup murah, ikan guppy ini memiliki warna yang cantik dengan corak yang unik.  Ikan Gapi neon bisa dikenali dengan warna ekornya yang kuning di bagian dalam dan kemerahan di bagian luarnya sehingga terlihat cukup menyala seperti neon. Untuk bagian tubuh guppy neon sangat khas dengan warna hijau kekuningan. Uniknya, warna ikan Neon bisa menyala jika terkena pancaran cahaya. Harga per ekor ikan gapi hias ini sangat terjangkai sekitar Rp 40.000 hingga Rp 50.000 saja.

Ikan Gapi
Jenis Ikan Gapi Merah

4. Merah

Jika dilihat dari namanya, sudah tentu ikan ini memiliki warna merah dominan di seluruh tubuhnya. Warna pekat dan dominan tersebutlah yang membuat ikan Gapi ini sangat menarik. Asal ikan jenis ini yakni dari daratan Amerika Selatan seperti Venezuela, Brasil dan beberapa negara lainnya. Namun, ikan ini sudah banyak dijumpai di Indonesia sehingga semakin banyak yang mengoleksinya. Harga ikan gapi merah ini bervariasi dan tidak mahal.

Ikan Gapi
Jenis Ikan Gapi Japan Blue

5. Japan Blue

Seperti namanya, jenis ikan Gapi ini memang berasal dari negeri Sakura, Jepang. Ciri khas yang dimiliki ikan jenis ini yakni dari warnanya yang didominasi warna biru langit, baik bagian tubuh, sirip maupun ekornya. Namun, di bagian ekor ikan ini memiliki corak warna hitam seperti polkadot. Selain warna biru langit, ternyata ikan guppy ini juga memiliki warna lain seperti turquise hingga ungu. Variasi warna tersebut bisa diakibatkan karena adanya gen lain.

Ikan Gapi
Jenis Ikan Gapi Albino

6. Albino

Warna ikan yang khas dominasi putih membuat ikan Gapi ini diberi nama Albino. Ciri khas lain dari ikan jenis ini yakni matanya yang merah sehingga disebut Red Albino Delta. Namun, ada juga albino yang memiliki warna mata putih. Hal ini disebabkan adanya pengaruh pigmen yang ada di matanya sehingga penglihatan ikan ini kurang tajam. Ikan jenis ini cukup banyak diminati karena keunikan warna serta matanya.

Ikan Gapi
Jenis Ikan Gapi Platinum Half Moon

7. Platinum Half Moon

Bagi pecinta gapi dengan warna cantik dan memiliki sirip serta ekor yang lebar, maka ikan Gapi Platinum Half Moon bisa jadi pilihan. Ciri khas utama dari ikan guppy ini yakni bisa dilihat dari warna silver platinum yang mendominasi tubuh ikan ini. Gradasi warna agak kemerahan membuat ikan ini semakin cantik dan mewah.  Harga jenis ikan ini juga cukup mahal karena kualitas yang dimiliki. Jadi masuk dalam kategori ikan hias yang mahal.

Ikan Gapi
Jenis Ikan Gapi Black Panda

8. Black Panda

Jika dilihat dari namanya, ikan Gapi memang mirip dengan hewan panda.  Warna tubuh ikan guppy jenis ini didominasi dengan warna dasar hitam dan corak putih. Sedangkan bagian ekor ikan ini didominasi warna hitam dengan bagian tubuh hingga kepala memiliki corak keputihan. Namun, uniknya bagian mata ikan ini mirip dengan Panda yakni berwarna hitam. Keunikan inilah yang membuat banyak pecinta ikan hias tertarik untuk memeliharanya. Harga ikan ini termasuk cukup murah yakni Rp 30.000 per ekornya.

Ikan Gapi
Ikan Gapi Black Moscow

9. Black Moscow

Jika Anda menyukai warna hitam, memelihara ikan Gapi Black Moscow bisa jadi pilihan. Warna ikan ini memang didominasi dengan warna hitam pekat mulai dari kepala, tubuh, ekor dan siripnya. Bahkan mata ikan ini pun berwarna hitam. Ukuran tubuh dan ekor Black Moscow cukup kecil. Kehadiran Black Moscow diantara jenis ikan guppy lainnya tentu akan semakin menambah kecantikan akuarium milik Anda. Untuk harganya di pasaran sekitar Rp 35.000 per ekor.

Ikan Gapi
Ikan Gapi Cobra

10. Cobra

Sekilas namanya memang seperti ular. Ya, corak yang dimiliki ikan guppy ini memang sangat mirip dengan ular cobra. Kombinasi warnanya yang menyerupai warna ular cobra inilah yang menjadi keunikannya sendiri sehingga banyak diminati oleh pecinta ikan hias. Warna yang khas melekat di tubuh ikan ini yakni kuning, putih dan hitam. Sedangkan bagian sirip dan ekornya memiliki warna kemerahan. Jenis ikan ini cukup direkomendasikan untuk dipelihara. Jenis ini termasuk jenis ikan gapi termahal.

Baca Juga: Budidaya Ikan Guppy untuk Pemula yang Harus Kamu Ketahui

Penutup

Itulah beberapa jenis ikan Gapi yang bisa menjadi referensi untuk dipelihara di rumah. Sebagai salah satu ikan yang banyak peminatnya, harga ikan guppy pun sangat beragam di pasaran. Tergantung jenis dan corak yang dimiliki. Semakin langka dan unik jenisnya, harganya pun semakin mahal. Namun, jika masih pemula, Anda bisa memilih jenis yang standar dengan harga yang terjangkau dan banyak ditemui di pasaran.

Comments are closed.