Resep Makanan Kucing Terbaik

Posted on
Berbicara mengenai kebutuhan, makanan kucing termasuk ke dalam daftar yang harus rutin dibeli untuk stok. Simak info lengkapnya di artikel berikut.

Siapa dari kamu yang memelihara kucing dan ikut komunitas penyayang kucing? Memang banyak orang yang menjadi pemilik hewan berbulu satu ini. Selain karena ekspresi wajah yang lucu, kucing juga termasuk hewan yang setia dan penyayang. Itu sebabnya banyak orang yang menyukai kucing dan memutuskan untuk memelihara mereka. Namun, kucing yang dipelihara di dalam rumah memiliki beberapa perawatan yang harus diperhatikan oleh pemiliknya.

makanan kucing
Makanan kucing

Beberapa perawatan wajib di antaranya obat-obatan flu dan demam, pembersih bulu dari kutu dan jamur, hingga vitamin harian agar kucing tidak mudah sakit. Memang dibutuhkan tidak sedikit biaya saat merawat kucing, bahkan banyak di kalangan masyarakat yang rela mengeluarkan uang jutaan rupiah demi kucing tersayang.

Berbicara mengenai kebutuhan, makanan kucing termasuk ke dalam daftar yang harus rutin dibeli untuk stok. Makanan kucing juga tersedia dalam beberapa jenis, seperti basah dan kering. Sering kali, harga yang dimiliki oleh makanan kucing juga tergolong mahal sehingga banyak orang berinisiatif untuk mengurangi pengeluaran dengan cara membuat makanan kucing rumahan sendiri. Hanya bermodalkan bahan makanan dan alat-alat dapur yang ada di rumah, seperti panci dan oven listrik saja.

Penasaran akan resepnya? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Resep Makanan Kucing Kaya Nutrisi Terbaik

1.Ikan Kembung

Ikan adalah salah satu makanan favorit kucing. Memiliki bau yang menyengat dan rasa yang nikmat, bagi kucing ikan adalah santapan yang menggugah selera. Dari berbagai macam ikan, ikan kembung adalah salah satu ikan yang disukai oleh kucing. Selain itu, jenis ikan ini tergolong murah jika dibandingkan dengan ikan-ikan lain. Tidak heran jika banyak makanan ikan kalengan yang memiliki ikan kembung sebagai bahan utamanya.

Baca Juga :  Ketahui Berbagai Pakan Ikan Cupang Hias Kontes yang Sehat dan Bergizi

Anda dapat membuat sendiri santapan ikan kembung untuk kucing di rumah. Bahan-bahannya mudah ditemukan dan cara pembuatannya pun sangat sederhana. Tuang sekaleng ikan kembung dan campurkan satu sendok makan minyak ikan. Setelah itu Anda dapat menambahkan air rebusan ikan atau daging ke dalam campuran bahan-bahan tersebut. Dijamin kucing Anda akan lahap menyantapnya!

2. Ikan Sarden

Sarden termasuk ikan yang paling mudah ditemui saat kita memasuki jejeran makanan kaleng atau ikan di supermarket. Termasuk ke dalam ikan yang murah, memilih ikan sarden sebagai makanan kucing di rumah tentu tidak akan membuat kantong Anda kering. Ikan sarden juga dikenal memiliki gizi yang tinggi sehingga sangat cocok untuk kucing Anda. Namun, khusus untuk kucing, Anda bisa mencuci sarden kalengan terlebih dahulu atau gunakan ikan makerel.

Cara membuatnya pun mudah. Anda tinggal menuangkan ikan sarden kalengan yang sudah dicuci bersih, lalu tumbuk 2 batang wortel, serta campurkan dengan oatmeal yang sudah dimasak. Aduk semua bahan-bahan tersebut dan campurkan hingga rata. Selain bergizi untuk kucing Anda, resep ini bisa disimpan selama 3 hari di kulkas. Sangat cocok untuk persediaan di rumah, bukan?

3. Salmon

makanan kucing
Makanan kucing

Ikan yang satu ini sangat digemari oleh para pencinta sushi. Salmon sering disantap dalam keadaan mentah karena nikmat, dan jika diolah dengan benar tidak akan mengeluarkan bau amis. Namun, bukan hanya manusia saja yang menyukai ikan ini, kucing juga sangat menyukainya. Rasanya yang nikmat tentu akan membuat kucing jadi doyan makan. Selain itu, kandungan gizinya dapat membuat kucing menjadi lebih sehat

Anda dapat membuat santapan yang mengandung salmon untuk kucing di rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan. Pertama-tama, Anda harus menuangkan ikan salmon dan mencampurkannya dengan satu buah brokoli yang sudah potong kecil dan dihaluskan. Campurkan juga serpihan roti secukupnya jika mau. Santapan untuk anabul sudahjadi, deh!

Baca Juga :  10 Jenis Makanan Untuk Kucing Umur 1 Bulan yang Tepat

4. Ayam

Bukan rahasia lagi jika kucing sangat menyukai ayam. Biasanya, aroma ayam yang menyengat akan sangat menggugah selera makan kucing. Ada banyak makanan basah dan kering khusus untuk kucing yang memiliki rasa dan aroma ayam. Selain itu, ayam juga menjadi makanan favorit kucing setelah ikan sehingga akan sangat mudah untuk membuatnya karena biasanya Anda memiliki stok ayam, bukan?

Ada resep sederhana dengan bahan utama ayam yang bisa Anda olah untuk makanan kucing di rumah. Caranya, masukkan ayam yang sudah dimasak ke dalam mangkuk kucing (direbus lebih baik), lalu tuangkan brokoli yang sudah dipotong kecil-kecil dan dihaluskan. Setelah itu, tambahkan wortel yang sudah dihaluskan secukupnya ke dalam campuran tersebut. Anda dapat menambahkan kaldu ayam untuk menambah cita rasa. Mudah, bukan?

5. Tuna dan Ayam

Campuran tuna dan ayam mungkin terdengar aneh untuk dimakan manusia. Namun, tuna dan ayam sering kali menjadi kombinasi makanan yang cocok untuk kucing. Banyak makanan basah dan kering yang memiliki rasa ini karena mempunyai bau yang menyengat dan rasa yang enak untuk kucing. Kombinasi makanan ini dapat Anda buat sendiri di rumah, lho!

Selain memiliki rasa yang nikmat, tuna dan ayam dapat menambah nafsu makan kucing yang susah makan. Anda tinggal campurkan setengah ayam yang sudah direbus dengan sekaleng ikan tuna. Setelah dicampurkan, Anda dapat memasukkan wortel dan nasi merah yang sudah dihaluskan. Resep ini bisa Anda masukkan ke kulkas untuk persediaan makan kucing selama beberapa hari. Ingat bahwa makanan basah seperti ini tidak boleh dibiarkan di ruangan terbuka karena cepat basi.

makanan kucing
Makanan kucing

Makanan kucing merupakan salah satu benda pokok yang harus tersedia di semua rumah yang memiliki kucing. Sering kali, membeli terus menerus terkesan boros karena harganya yang cukup tinggi untuk kandungan nutrisi yang lebih t. Namun, dengan mencampurkan dan membuat bahan-bahan makanan kucing sendiri, itu akan sangat menghemat pengeluaran. Semoga bermanfaat!

Baca Juga :  Mau Tau Apa Saja Makanan Untuk Kucing Hamil yang Baik? Simak Infonya Berikut!