Ayam Brahma Asli : Ciri-Ciri, Jenis, Harga, Cara Merawat dan Kelebihan

Posted on
Ayam brahma asli adalah ayam yang berasal dari Amerika Serikat dan didatangkan dari Tiongkok. Membahas tentang ✓ Ciri ✓ Cara Merawat ✓ Harga ✓ Jenis Makanan

Untuk pecinta ayam perlu tahu ayam brahma bukan? Ayam ini unik dan sering dijadikan koleksi. Tidak banyak yang tahu tentang ayam ini karena sangat unik dan tidak populer di Indonesia. Ayam ini sebenarnya adalah ayam yang berasal dari Amerika Serikat.

Ayam ini merupakan ayam hibrida atau ayam silangan yang didatangkan dari China antara tahun 1850 dan 1930. Ayam brahma asli merupakan jenis ayam yang bisa dijadikan sebagai ayam petelur, ayam pedaging, ataupun klangenan.

ayam brahma asli
Ayam brahma asli

Ciri-Ciri Ayam Brahma

Ciri-ciri Ayam Brahma tentunya sangat unik. Ini membuatnya lebih mudah untuk membedakan dari ayam lainnya. Ciri utama ayam brahma adalah bulunya. Bulu dapat ditemukan tidak hanya pada tubuh tetapi juga pada kaki.

Karena ukurannya, ayam brahma biasanya berukuran besar. Pada ayam brahma betina, beratnya biasanya  bisa mencapai 6-7 kg. Tidak diragukan lagi, ayam ini cukup besar dan tingginya bisa mencapai 70 cm.

Baca Juga :  Inilah 7 Cara Berbisnis Ayam Potong Agar Sukses

Perbedaan Ayam Brahma dan Bantam Cochin

Bagi yang penasaran dengan perbedaan Ayam Brahma dan Ayam Cochin, berikut beberapa perbandingannya.

1. Bobot

Dari segi bobot, ayam Brahma dan ayam Cochin sangat berbeda. Ayam jantan cochin biasanya beratnya hanya sampai 5 kg, tetapi ayam brahma bisa mencapai hingga 7 kg seperti yang  disebutkan di atas.

2. Jengger

Ayam cochin memiliki satu jengger dan ayam brahma memiliki tiga jengger. Cochin ini biasanya disebut sebagai supel atau mawar.

3. Ekor

Perbedaan dari ekornya adalah bentuk ekor Cochin yang membulat dan ekor Brahma memiliki bentuk yang ke atas.

ayam brahma asli
Ayam brahma asli

Tips dan Cara Untuk Membedakan Brahma Jantan dan Betina

Selanjutnya kita membedakan antara ayam brahma jantan dan betina. Dengan ayam brahma jantan bobotnya dapat mencapai berat hingga 7 kg, sedangkan betina memiliki berat hingga 4 kg. Selain itu, perbedaan lain dapat dilihat dari beberapa ciri berikut.

1. Bulu

Perbedaan pertama antara ayam brahma betina dan jantan adalah bulu yang mereka miliki. Ayam brahma betina cenderung memiliki bulu yang oval, sedangkan ayam brahma jantan memiliki bulu yang meruncing dibagian ujungnya.

2. Gerakan

Dari segi gerakannya, ayam brahma lebih lincah dan lebih sulit ditangkap daripada ayam brahma betina. Ayam brahma biasanya lebih tenang daripada saat ditangkap. Ayam jantan Brahma mungkin akan melawan, tetapi itu tidak berlangsung lama.

3. Jengger

Hal lain yang membuat ayam brahma betina berbeda dengan ayam brahma jantan adalah jengger yang dimilikinya. Ayam jantan Brahma memiliki jengger yang berbeda dan biasanya mengeluarkan warna kemerahan. Sedangkan pada ayam brahma betina, kepala lebih halus dari biasanya.

Kelebihan Ayam Brahma

Untuk kelebihan yang dimilikinya, Ayam Brahma  memiliki kelebihan dari segi keindahannya. Ayam brahma ini terlihat cantik dan indah, sehingga tidak diragukan lagi digunakan untuk ayam hias daripada ayam ternak. Namun pada kenyataannya ayam jenis ini juga sangat cocok digunakan sebagai ayam pedaging.

ayam brahma asli
Anakan ayam brahma

Cara beternak ayam brahma

Untuk bisa sukses beternak ayam Brahma dengan baik, Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut ini:

Baca Juga :  Cara Memiliki Ternak Bebek Petelur yang Baik

1. Kandang ayam brahma

Yang pertama adalah kandang. Ayam brahma dapat dipelihara dalam kandang atau dipelihara secara lepas. Dalam Hal ini disebabkan karena sifat ayam brahma asli yang cukup jinak.

2. Ukuran kandang ayam brahma

Akan lebih baik jika ayam brahma ini harus Anda umbar agar lebih leluasa mencari makan dan mendapatkan pertumbuhan yang maksimal.

3. Bibit ayam brahma

Bibit ayam brahma yang baik harus dipilih yang sehat, lincah, mulus dan memiliki bulu yang mengkilat. Ingat pastikan ayam brahma asli Anda memiliki bulu di bagian kaki untuk memastikan ayam yang Anda beli adalah ayam brahma asli.

4. Pakan ayam brahma asli

Dari segi pakan, ayam brahma asli ini bisa diberi pakan yang bervariasi. Namun, makanan pokok ayam brama ini adalah pur. Campuran Pur penting untuk tubuh yang tinggi, berotot dan kualitas keturunan yang sangat baik.

5. Pakan anakan ayam brahma asli

Untuk anakannya, harus diberikan pur. Namun, Anda juga bisa menambahkan nasi dan sayuran irisan. Ingatlah untuk memberikan vitamin dan air di area yang lebih tinggi agar air minum Anda tetap bersih. Selain itu, kandungan protein yang dikonsumsi ayam sangat penting untuk kualitas kesehatan dan daya tahan ayam.

6. Cara merawat ayam brahma asli

Saat merawat Brahma, sangat penting untuk menjaga kandang tetap sehat dan bersih. Hal ini dikarenakan ayam ini sangat rentan terhadap penyakit. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan bahwa ayam Anda mendapatkan  protein dan memastikan konsumsi vitamin.

Harga Ayam Brahma asli

Dari segi harga, ayam brahma biasanya memiliki poin harga  dalam kisaran yang sama. Namun biasanya yang membedakan adalah ukuran dan jenis kelamin. Untuk informasi lebih lengkap mengenai harga ayam brahma asli berikut ini ulasannya.

1. Ayam brahma asli

Ayam brahma asli dewasa yang siap menjadi indukan biasanya dibanderol dengan harga sekitar Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta.

Baca Juga :  Sebelum Menjalankan Usaha Ternak Ayam Broiler Pemula, ini 5 Hal Dasar yang Harus Dipelajari

2. Sepasang

Untuk harga ayam brahma asli sepasang biasanya sekitar 3-4 juta rupiah.

3. Jantan

Ayam brahma asli jantan harganya bervariasi tergantung usianya. Biasanya berkisar antara 1,25 juta hingga 2 juta, tergantung apakah ia merupakan calon indukan atau siap jadi indukan.

4. Betina

Harga ayam brahma asli betina sama dengan ayam brahma asli jantan.

5. Anak Ayam Brahma Asli

Kisaran harga anakan ayam brahma asli adalah Rp 250.000 untuk ayam brahma umur 1 bulan. Jika sudah 5 bulan, harganya bisa mencapai Rp 2 juta per ekor.

6. Telur ayam brahma asli

Telur ayam brahma asli biasanya cukup mahal, sekitar Rp 170.000.

ayam brahma asli
Ayam brahma dewasa

Tanya Jawab Seputar Ayam Brahma Asli

Berapa berat ayam brahma?

Untuk ayam brahma betina rata-rata mencapai 4 kg, sedangkan ayam brahma jantan bisa mencapai bobot 6-7 kg.

Berapa banyak telur ayam brahma?

Dengan nutrisi yang tepat, ayam bisa bertelur 25-40 butir. Telur bisa ditetaskan dalam 25 hari. “Penetasan menggunakan mesin penetas.

Bagaimana cara membedakan anak ayam jantan dan betina?

Punggung diketuk sehingga kotoran anak ayam keluar. Bagian bawah anus ditekan, kemudian telunjuk tangan kanan ditaruh pada anus. Buka lubang anus sehingga bagian dalamnya menonjol keluar. Jika jantan akan terlihat titik di bagian bawah kloaka, sedangkan betina tidak memiliki titik tersebut.

Apa manfaat memelihara ayam bagi manusia?

Berikut adalah manfaat ayam bagi manusia, di antaranya:

1) Daging ayam sebagai sumber protein hewani untuk bahan makanan.
2) Telur ayam sebagai sumber protein hewani untuk makanan atau bisa sebagai jamu atau obat.
3) Ayam juga bisa sebagai hewan peliharaan atau menjadi usaha ternak ayam yang menghasilkan uang.

Mengapa masyarakat Indonesia lebih memilih peternak ayam?

Ternak ayam kampung memang lebih menguntungkan karena banyak orang yang lebih suka daging nya dan juga telurnya, sehingga akan sangat mudah untuk menjualnya hasil panen, seperti menjual kepada tetangga, atau bisa jga menitipkan telurnya di warung atau toko sekitar tempat tinggal.

Penutup

Demikian penjelasan mengenai Ayam Brahma asli yang dapat kamu ketahui. Semoga bermanfaat!