Ketahui Berbagai Pakan Ikan Cupang Hias Kontes yang Sehat dan Bergizi

Posted on 71 views
Berikut berbagai macam pakan ikan cupang hias kontes yang sehat dan bergizi. Simak di artiket berikut ini. Membahas ✓ Macam-Macam Pakan ✓ Cara ✓ Kesimpulan
Bagikan artikel ini

Kamu tentu tidak asing dengan ikan cupang, yang memiliki banyak varian serta jenis untuk dipelihara. Ikan cupang ini terkenal karena warnanya yang cantik, namun tetap mudah dirawat dan terkenal kuat, salah satunya adalah ikan cupang hias yang dipelihara untuk kontes. Jika kamu memeliharanya, ketahui berbagai pakan ikan cupang hias kontes yang tepat untuk diberikan.

Pakan Ikan Cupang Hias Kontes
Pakan Ikan Cupang Hias Kontes

Rekomendasi Berbagai Pakan Ikan Cupang Hias

Pemberian makanan ikan cupang yang tepat, akan membuatnya tumbuh dan berkembang dengan baik. Warna dari ikan cupang juga terlihat lebih menyala, sehingga memberikan kesan segar dan sehat. Berikut ini adalah rekomendasi pakan yang bisa Anda berikan untuk cupang hias.

Pakan Ikan Cupang Hias Kontes
Pakan Ikan Cupang Udang

1. Udang

Menurut peternak ikan cupang professional, udang bisa menjadi pilihan yang tepat untuk ikan cupang yang baru kamu pelihara. Tentunya udang yang dimaksud adalah udang dengan ukuran yang lebih kecil,  kamu bisa membelinya di tempat pakan ikan atau mencarinya sendiri di sungai.

Banyak orang mengira bahwa makanan yang tepat untuk ikan cupang adalah encu, atau jentik nyamuk, hal yang kemudian dianggap kurang tepat oleh peternak ikan cupang professional, apalagi untuk cupang hias kontes.

Padahal pakan ikan cupang hias kontesyang terbaik adalah udang, karena bisa membuat pertumbuhan, warna, serta ekor ikan cupang menjadi lebih cepat dan maksimal. Untuk memberikannya kamu hanya perlu memotong udang sekecil mungkin, sehingga ikan cupang hias bisa dengan mudah memakannya.

Pakan Ikan Cupang Hias Kontes
Pakan Ikan Cupang Jentik

2. Encu atau Jentik Nyamuk

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jentik nyamuk memang terkenal sebagai makanan yang tepat untuk ikan cupang, baik jenis hias kontes atau jenis yang lain. Kalau kamu memelihara ikan cupang yang masih kecil dan memerlukan gizi yang cukup, maka encu atau jentik nyamuk bisa menjadi pilihan yang tepat.

Encu memang mudah untuk dicari, namun kebanyakan peternak ikan cupang lebih memilih untuk membelinya karena lebih praktis. Praktik jual beli encu juga sudah terus berkurang akhir-akhir ini, sebab setelah ditemukan, encu biasanya langsung diberikan pada ikan cupang hias tersebut.

Hal ini bukan tanpa alasan, encu dianggap sebagai pakan ikan cupang hias kontes yang paling cepat kadaluarsa untuk pakan cupang. Sehingga jika tidak segera diberikan kepada cupang, ia akan tumbuh dewasa dan menjadi pupa nyamuk sebelum keluar menjadi nyamuk muda.

Pakan Ikan Cupang Hias Kontes
Pakan Ikan Cupang Cacing Sutera

3. Cacing Sutera

Pakan ikan cupang hias kontes yang sering diberikan adalah cacing sutera, yang dianggap praktis karena ia memiliki ukuran yang pendek, tipis, dan tepat untuk cupang kebanyakan. Ciri dari cacing sutera sederhana, ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan cacing biasanya, berwarna merah darah, dan mirip seperti rambut. Cacing sutera termasuk makanan ikan cupang agar cepat besar.

Makanan ini dianggap cocok untuk ikan cupang karena kandungan proteinnya yang cukup tinggi, sehingga pertumbuhan cupang hias bisa berlangsung lebih cepat. Kamu bisa menemukan cacing ini di berbagai tempat, misalnya selokan, walau sekarang kamu sudah bisa membeli cacing ini dalam bentuk beku.

Jangan lupa perhatikan takaran pakan ikan cupang hias kontes ketika hendak memberikan cacing sutera kepada cupang hias, karena jika berlebihan akan membuat ikan kembung. Kalau kamu mencari cacing ini sendiri, ingat untuk dibersihkan sebelum diberikan kepada cupang.

Pakan Ikan Cupang Hias Kontes
Pakan Ikan Cupang Kutu Air

4. Kutu Air

Kutu air yang berukuran kecil bisa menjadi pilihan yang tepat apabila kamu memelihara anakan cupang kontes. Ia juga disukai oleh anakan ikan cupang jenis lain karena kandungannya yang sehat serta mudah dicerna oleh tubuh cupang,.

Kandungan lemak di kutu air cukup rendah, sehingga jika dikonsumsi secara berlebihan pun tidak akan memberikan efek yang buruk untuk kesehatan. Pakan ikan cupang hias kontesini cukup mudah didapatkan, kamu bisa membelinya di toko pakan khusus ikan.

Kutu air dianggap sebagai makanan yang tepat untuk memperkuat tulang ikan cupang, serta membuat warnanya menjadi lebih terang dan cantik. Harga kutu air memang cukup terjangkau, kamu juga bisa mencarinya sendiri apabila tidak ingin mengeluarkan uang untuk membelinya.

Pakan Ikan Cupang Artemia

5. Artemia

Anakan ikan cupang hias kontes berukuran cukup kecil, sehingga jenis makanan yang bisa Anda berikan selama masa pertumbuhannya cukup terbatas. Inilah yang menyebabkan banyak orang tertarik untuk menggunakan artemia sebagai pengganti pakan mereka. Artemia dapat dijadikan sebagai pakan burayak ikan cupang.

Ikan cupang hias yang masih kecil rasanya tepat jika diberikan artemia, atau nama lain dari udang brine. Bentuk makanan ikan cupang ini mirip dengan pelet pada umumnya, sehingga pembelian bisa dilakukan di pakan ikan, yang ada dimana saja.

Namun pemberian pakan ikan cupang hias kontesini cukup sulit, kamu harus menetaskannya terlebih dahulu karena ia berbentuk telur ketika pembelian dilakukan. Alat yang digunakan untuk menetaskan telur artemia tersebut disebut dengan aerator.

Aerator bisa kamu dapatkan juga di toko pakan ikan, cara menggunakannya juga cukup mudah. Kamu hanya perlu memasukkan telur artemia kedalam selang, kemudian telur ikan tersebut akan bergerak, kamu bisa langsung memberikannya kepada cupang dengan memasukkan selang tersebut ke dalam air.

Pakan Ikan Cupang Hias Kontes
Pakan Ikan Cupang Cacing Beku

6. Cacing Beku

Peternak atau penghobi ikan cupang hias yang tidak mau repot bisa menggunakan cacing beku sebagai alternatif pakan ikan cupang hias kontes yang akan diberikan. Cacing beku dianggap sebagai solusi yang tepat, sebab mereka tidak mudah basi, tidak perlu aerator, serta bisa di dapatkan dengan mudah di berbagai tempat pakan ikan.

Penjualan cacing beku dilakukan dalam kemasan yang pas, sehingga kamu hanya perlu memberikannya sedikit demi sedikit kepada ikan cupang hias tersebut. Harganya juga cukup terjangkau, berkisar antara 10 ribu rupiah hingga puluhan ribu rupiah, tergantung jenis cacing yang ingin kamu berikan.

Pakan ikan cupang hias kontes ini memiliki kandungan protein yang rendah, sebab merupakan makanan yang dibekukan. Kamu bisa memberikan makanan ini sebagai selingan, sehingga cupang tetap mendapatkan gizi dan nutrisi yang cukup.

7. Ketentuan Memberikan Makan untuk Ikan Cupang Hias Kontes

Untuk cupang hias kontes, memberikan pakan alami alih-alih pakan beku merupakan hal yang direkomendasikan. Ini karena mereka memiliki protein yang lebih tinggi, sehingga pertumbuhan ikan berlangsung lebih baik, serta mempengaruhi warna dan ekor yang dimiliki oleh cupang.

Ketika memberikan pakan, berikan secukupnya, sehari bisa satu kali saja. Jika pakan yang kamu berikan terlalu banyak, maka air akuarium akan mudah kotor dan membuat ikan mudah sakit karena lingkungan yang kurang steril.

Kamu bisa mengontrol pemberian makanan untuk ikan cupang ini dengan menggunakan sendok atau selang, sehingga setiap hari mereka mendapatkan porsi yang sama. Jangan lupa tetap jaga kebersihan pakan, apalagi jika kamu mendapatkannya secara mandiri.

Pakan Ikan Cupang Hias Kontes
Pakan Ikan Cupang Hias Kontes

Kesimpulan

Itulah berbagai rekomendasi pakan ikan cupang hias kontes yang lazim diberikan dan memiliki banyak manfaat untuk perkembangan ikan cupang. Semoga informasi tersebut dapat membantu kamu, terutama yang sedang menjadi peternak ikan cupang hias kontes yang hendak dilombakan.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Cupang dengan Mudah dari Rumah, Dijamin Berhasil!