Hobi Memelihara Ikan Hias, Kenali 15 Macam Ikan Cupang Hias yang Jadi Buruan

Posted on 23 views
Salah satu dari sekian banyak jenis yang paling diminati yaitu ikan Cupang. Kamu harus tahu 15 macam ikan cupang hias yang jadi buruan berikut ini
Bagikan artikel ini

Tren memelihara ikan hias saat ini sedang naik daun. Salah satu dari sekian banyak jenis yang paling diminati yaitu ikan Cupang.  Oleh karena itu Kamu harus tahu 15 Macam ikan cupang hias yang jadi buruan.

Macam Ikan Cupang
Macam Ikan Cupang

Daftar Macam Macam Ikan Cupang Hias Yang Jadi Buruan

Macam Ikan Cupang Hias
Ikan Cupang Halfmoon

1. Jenis Halfmoon

Dari 15 macam ikan cupang hias yang jadi buruan, Halfmoon merupakan satu yang paling terkenal. Bagi kamu pecinta ikan hias tentunya sudah tidak asing lagi dengan jenis ini. Bentuk tubuhnya sangat cantik dan menawan, sehingga tidak heran banyak yang mencarinya.

Warna yang dimiliki sangat beragam, diantaranya yaitu biru pekat atau tua, ungu, merah, dan yang paling dianggap langkah yaitu kuning. Bentuk sirip dan ekornya membentuk setengah lingkaran yang simetris.

Macam Ikan Cupang Hias
Ikan Cupang Double Tail

2. Jenis Double Tail 

Ikan Cupang jenis Double tail merupakan salah satu dari 15 macam ikan cupang hias yang jadi buruan. Bentuknya juga sangat unik, sehingga tidak sedikit orang akan mencarinya. Pada beberapa informasi terkait dikatakan bahwa untuk harganya juga terbilang cukup mahal.

Mengapa bisa sangat mahal? alasan utama dan pertama karena bentuk dari bagian ekornya terbelah menjadi dua bagian. Uniknya pada dua sisi yang terpisah tersebut warna yang dimiliki juga terlihat berbeda.

Macam Ikan Cupang Hias
Ikan Cupang Sawah

3. Jenis Sawah

Jenis cupang sawah merupakan yang cukup murah. Kehidupan atau habitat aslinya bisa ditemukan di alam liar seperti salah satunya sawah. Jadi tidak heran jika harganya tidak terlalu mahal, selain karena memang bentuknya juga sederhana.

Secara umum bentuk siripnya tidak terlalu lebar dan menyatu dengan ekornya. Warna pada bagian tubuhnya ditandai dengan garis kuning dan biru sebagai pembeda. 

Macam Ikan Cupang Hias
Ikan Cupang Sarawak

4. Jenis Sarawak

Ikan Cupang Sarawak juga merupakan satu dari sekian banyak jenis dari 15 macam ikan cupang hias yang jadi buruan. Seperti halnya nama yang disandangkan, maka kamu pasti sudah bisa menebak dari mana asalnya.

Ciri-ciri khusus yang dimilikinya yaitu terletak pada ekor yang sedikit memiliki bentuk setengah oval yang meruncing di ujung. Kemudian akan kamu temukan pula semacam bentuk garis yang terletak di bagian kiri dan kanan sisi kepalanya. Warna yang dimiliki cenderung cokelat keemasan.

Macam Ikan Cupang Hias
Ikan Cupang Fancy

5. Jenis Fancy

Satu keunikan yang dimiliki oleh ikan cupang jenis Fancy yaitu kombinasi warna pada bagian tubuhnya yang begitu menawan untuk dilihat. Sehingga tidak heran jika termasuk dalam daftar 15 macam ikan cupang hias yang jadi buruan.

Seperti namanya, kesan mewah terlihat jelas pada bagian ekornya membentuk pola setengah lingkaran dalam dua bagian. Degradasi warna yang terletak pada ekor dan juga tubuhnya terlihat serasi dan juga sangat mempesona.

Macam Ikan Cupang Hias
Ikan Cupang Emas

6. Jenis Emas

Jenis selanjutnya yang masuk ke dalam 15 macam ikan cupang hias yang jadi buruan adalah ikan cupang emas. Bagi kamu yang sudah lama memiliki hobi mengoleksi ikan hias, tentu sudah sangat tidak asing lagi dengan jenis yang satu ini.

Secara umum warna yang dimiliki tentu terepresentasikan dengan namanya yaitu emas. Biasanya akan banyak dijumpai di area sawah ataupun aliran air lainnya.

Macam Ikan Cupang Hias
Ikan Cupang Paradise

7. Jenis Cupang Paradise

Cupang Paradise atau surga merupakan jenis yang saat ini banyak dicari, selain karena penampakan fisiknya yang unik juga karena keberadaannya yang semakin langka. Keadaan ini menjadikannya memiliki nilai penawaran dengan harga yang sangat mahal.

Tempat hidupnya yaitu berada di alam liar, jika di Indonesia kamu bisa menemukannya di wilayah perairan tawar daerah Bali, Jawa, dan juga Sumatera. Ciri-ciri khusus yang dimilikinya yaitu warna bersih cenderung putih dan sedikit pink.

Macam Ikan Cupang Hias
Ikan Cupang Halfmoon Plakat

8. Jenis HPMK (Halfmoon dan Plakat)

Jenis cupang HPMK merupakan hasil dari kawin silang yang dilakukan pada jenis Halfmoon dan juga Plakat. HPMK termasuk juga dalam daftar 15 macam ikan cupang hias yang jadi buruan.

Ciri-cri khusus yang dimilikinya yaitu terletak pada warna sisiknya yang memiliki kecenderungan tampak lebih pucat. Pembeda lain yang menjadi daya tarik yaitu bentuk sirip yang kecil dan mungil, sehingga terlihat lucu dan menarik.

Macam Ikan Cupang Hias
Ikan Cupang Crown Tail

9. Jenis Crown Tail

Ikan cupang crown tail merupakan bagian dari deretan ikan cupang tercantik yang ada di dunia. Pesona warna dan juga bentuk ekornya menjadi daya tarik utama dari pembelinya

Karakteristik yang menjadi pembeda terletak pada bentuk ekor dan siripnya, dimana ketika dibalik akan terlihat seperti sebuah mahkota. Warnanya yaitu biru ada sedikit hijau pastel dan cenderung pucat.

Macam Ikan Cupang Hias
Ikan Cupang Slayer

10. Jenis Slayer

Ikan Cupang slayer juga menempati tempat paling banyak diminati untuk dijadikan sebagai ikan hias. Keberadaannya memiliki daya tarik dan juga pembeda yang unik dan juga cantik.

Satu informasi penting, kamu harus tahu bahwa sebenarnya jenis ini merupakan hasil persilangan antara Halfmoon dan juga cupang serit. Warna tubuh yang dimiliki yaitu cenderung terang. 

Macam Ikan Cupang Hias
Ikan Cupang Plakat

11. Jenis Plakat

Jenis cupang plakat terkenal sebagai ikan cupang aduan. Namun, juga tidak sedikit yang menjadikannya sebagai ikan hias.

Warna yang dimiliki indah dengan motif cukup unik pada tubuhnya. Bentuk ekornya setengah lingkaran terbagi menjadi dua bagian dan satu bagian lagi memanjang di bawah perut.

Macam Ikan Cupang Hias
Ikan Cupang Halfsun

12. Jenis Halfsun

Pada jenis ikan cupang ini juga merupakan hasil dari penyilangan, diberikan sebuah nama yaitu ikan cupang Halfsun. Induk utamanya yaitu jenis Halfmoon dan juga Crown tail. Menjadi peranakan yang paling banyak dicari.

Diberikan nama Halfsun karena bentuk sirip dan juga ekornya menyerupai penampakan setengah lingkaran matahari. Sedangkan untuk kombinasi warnanya cenderung gelap dan terang, seperti biru terang dan hitam.

Macam Ikan Cupang Hias
Ikan Cupang Dumbo

13. Jenis Dumbo

Bagian ke 13 dari 15 macam ikan cupang hias yang jadi buruan ini banyak dikenal dengan sebutan Dumbo atau Big ear. Mengapa demikian? karena banyak yang mengatakan bahwa bentuk dari telinganya besar dan lebar.

Sedangkan untuk warna yang dimilikinya cenderung pucat. Harga yang ditawarkan untuk satu ekornya cukup mahal, namun peminatnya juga banyak. 

Macam Ikan Cupang Hias
Ikan Cupang Over Halfmoon

14. Jenis Over Halfmoon

Jenis Over Halfmoon menjadi sangat banyak diminati karena warna dan juga penampakan ekornya yang cantik. Gradasi dan kombinasi warnanya juga sangat indah sehingga tidak sedikit yang memburunya.

Ciri fisiknya yang khusus yaitu ekor setengah lingkaran dan dapat membentangkannya melebihi ukurannya. Itulah pembeda yang utama dari jenis lain yang serupa yaitu Halfmoon.

Macam Ikan Cupang Hias
Ikan Cupang Spade Tail

15. Jenis Spade Tail

Paling terakhir dari 15 macam ikan cupang hias yang jadi buruan yaitu Spade tail. Saat ini tergolong dalam ikan langka dan harganya juga mahal.

Bentuk ekornya melancip seperti halnya nama yang dimilikinya. Warna yang dimiliki cenderung gelap dengan gradasi terang di ujung.

Penutup

Itulah informasi lengkap terkait  15 macam ikan cupang hias yang jadi buruan. Banyak sekali jenis dan keunikan yang dimilikinya. Semakin langka dan cantik bentuknya, maka harga juga semakin mahal.