Bagaimana Cara Mengobati Kucing Demam Yang Efektif Tanpa Dokter Hewan?

Posted on 100 views
Kucing dapat mengalami sakit salah satunya adalah demam, oleh karena itu akan dijelaskan mengenai bagaimana cara mengobati kucing demam. Yuk simak sampai habis!
Bagikan artikel ini

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan kesayangan banyak orang karena bentuk dan tingkahnya yang lucu. Tidak jarang pula mereka juga akan mengalami sakit salah satunya adalah demam, oleh karena itu di bawah ini akan dijelaskan mengenai bagaimana cara mengobati kucing demam. Yuk simak sampai habis!

Cara mengobati kucing demam
Cara mengobati kucing demam

Ini Dia Cara Mengobati Kucing Demam

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengobati kucing yang demam, antara lain:

Dinginkan Tubuh Kucing Terlebih Dahulu

Cara mengobati kucing demam yang pertama adalah dengan mendinginkan tubuh kucing terlebih dahulu. Caranya adalah dengan menempatkan kucing di ruangan yang cukup gelap dan sejuk. Lebih baik pula jika ruangan tersebut mempunyai lantai yang terbuat dari batu atau keramik. Untuk menurunkan demamnya, kamu cukup membiarkan tubuh kucing berbaring di lantai.

Adapun cara lain yaitu dengan meletakkan kipas angin di lantai agar tubuh kucing menjadi lebih sejuk. Kamu juga bisa menempelkan kompres es pada cakar atau tubuh kucing.

Berikanlah Air Putih

Umumnya, demam pada kucing disebabkan oleh dehidrasi sehingga memberikan air putih segar merupakan salah satu cara mengatasi kucing demam. Jika kucing masih belum mau diberikan air minum maka gunakan alat suntik tanpa jarum dan berikanlah lewat mulutnya.

Kamu juga bisa menambahkan air tersebut dengan larutan elektrolit atau gatorade guna membantu dalam usaha penurunan demam kucing. Hal ini juga bisa membantu kucing untuk mengembalikan keseimbangan elektrolit terutama jika disertai diare dan muntah.

Cara mengobati kucing demam
Cara mengobati kucing demam

Berikanlah Makanan yang Cukup

Berikanlah makanan kucing yang cukup agar lekas pulih. Jika kucing masih belum mau makan makanan yang keras maupun lunak maka gunakanlah alat suntik yang berisi susu pengganti makanan kucing. Susu ini bisa didapatkan di petshop terdekat. Selain itu, kamu juga bisa minta tolong kepada dokter hewan untuk memberi suplemen cair dengan kalori cukup tinggi agar kucing bisa mengonsumsi makanannya kembali.

Berikanlah Vitamin B, Vitamin C, dan Suplemen Energi

Cara mengobati kucing demam selanjutnya adalah dengan memberikannya vitamin B, vitamin C, dan suplemen energi. Memberikan nutrisi yang baik sangatlah berguna untuk meningkatkan nafsu makan kucing dan suplemen energy untuk mengatasi kucing yang kehilangan nafsu makan. Selain itu vitamin C untuk kucing berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan bakteri atau virus penyebab kucing demam.

Cara memberikan vitamin C pada kucing adalah dengan menyiapkan 1 botol tablet vitamin C dan syringe, kemudian hancurkan 1 tablet dan letakkan dalam syringe. Lalu tambahkanlah air hangat dan berikan pada kucing sebanyak 1 sampai 2 kali dalam satu hari, hal tersebut merupakan cara mengatasi kucing demam dan lemas.

Gunakanlah Antibiotik yang Aman

Jika kucing sedang demam dikarenakan terinfeksi bakteri maka berikanlah antibiotic untuk menurunkannya. Namun pastinya bukanlah antibiotic sembarangan. Ada beberapa antibiotic yang biasanya disarankan oleh dokter untuk hewan seperti amoxicillin, ampisilin, marbofloxacin, doxyxyxline, dan vibravet.

Cara mengobati kucing demam
Cara mengobati kucing demam

Berikanlah Asam Tolfenamic

Cara mengobati kucing demam selanjutnya adalah dengan memberikan asam tolfenamic atau tolfedine. Obat ini merupakan obat anti demam NSAID non steroidal anti inflammatory drug atau obat antiradang nonsteroid yang pastinya aman untuk dikonsumsi kucing. Obat ini biasanya dijual dalam bentuk tablet 6 mg.

Gunakanlah Meloxicam

Meloxican atau metacam merupakan obat demam kucing yang harus diberikan sesuai dengan resep dokter. Dosis yang paling disarankan adalah 0,005 mg per kg dari berat kucing sesudah makan. Resep atau dosis ini pastinya sangatlah penting untuk digunakan agar kucing tidak mengalami overdosis.

Obat tersebut hanya dapat diberikan untuk menurunkan demam kucing apabila tidak mengalami dehidrasi karena kekurangan cairan. Jika kucing dehidrasi dan diberikan obat meloxican atau metacam ini maka bisa saja mengakibatkan kucing mengalami gangguan ginjal.

Gunakanlah Echinacea

Cara mengobati kucing demam yang selanjutnya adalah dengan memberikan Echinacea. Obat ini merupakan salah satu obat demam kucing di apotik yang berfungsi untuk menurunkan demam pada kucing. Untuk dosis yang disarankan adalah 1 tetes per pon dari berat badan kucing. Echinacea diberikan sebanyak dua kali dalam satu hari hingga demam kucing turun. Salah satu kucing demam obatnya yaitu Echinacea.

Gunakanlah Lysine

Lysine adalah asam amino umum yang bisa membangun blok protein sehingga pertumbuhan virus bisa dihadang sehingga tidak menular ke kucing lain. Untuk dosisnya sendiri, obat ini biasanya atau disarankan digunakan sebanyak 200 sampai 500 mg satu kali dalam satu hari dengan cara mencampurkannya dengan makanan.

Cara mengobati kucing demam
Cara mengobati kucing demam

Gunakanlah Vicks Vapo Rub

Cara mengobati kucing demam selanjutnya adalah dengan menggunakan vicks vapo rub. Obat ini memang biasanya digunakan untuk anak-anak tetapi ternyata aman juga dikonsumsi kucing yang sedang demam.

Cara obati kucing demam yaitu oleskan obat vicks vapo rub pada kapas dan kemudian sapukan dengan lembut di sekitaran kumis kucing. Ulangi proses ini sebanyak 2 kali dalam satu hari atau sampai demam turun.

Berikanlah Madu

Ternyata madu juga bisa diberikan pada kucing yang sedang demam karena madu sendiri mempunyai kandungan propolis yang terkumpul dari pucuk daun bercampur dengan air liur lebah yang juga digunakan lebah untuk mensterilkan sarang dari bakteri, virus, dan jamur.

Selain untuk demam, madu juga bisa diberikan pada kucing yang mengalami muntah-muntah, penyakit kulit, mata berair, diare, dan luka. Cara pemakaiannya adalah dengan memberikan 1 tetes propolis dalam ½ hingga 1 sendok the air minum dan kemudian masukannya ke dalam mulut kucing. Berikanlah 1 sampai 2 kali dalam satu hari untuk kucing dewasa dan setengah bagian saja untuk kucing anakan.

Berikan Cuka Sari Apel

Cara mengobati kucing demam selanjutnya adalah dengan memberikannya cuka sari apel. Selin untuk menurunkan demam, cuka ini juga berfungsi untuk menggemukkan badan, membutuh patogen pada kucing, dan menyeimbangkan pH.

Cara memberikan cuka sari apel pada kucing adalah dengan mencampurkan ½ sendok the cuka pada makanan kucing dan aduk sampai rata. Ulangilah hingga 2 kali dalam satu hari hingga demam sembuh. Jika kucing terus menolak maka masukanlah dalam suntikan tanpa jarum dan berikanlah secara langsung.

Tempatkan Kucing di Ruang Uap

Menempatkan kucing di tempat beruap bertujuan untuk mengatasi jamur pada kucing. Dengan menghirup uap hangat kucing juga akan merasa lebih rileks dan pastinya juga bisa untuk menurunkan demam.

Caranya adalah dengan menyalakan shower air panas di kamar mandi dan kemudian tutup lalu biarkanlah selama beberapa menit hingga kamar mandi dipenuhi uap. Setelah itu bawalah kucing ke kamar mandi dan diamkanlah selama 10 sampai 15 menit. Hal tersebut dapat menangani kucing demam.

Ulangilah cara ini sebanyak 2 sampai 3 kali salah satu hari hingga demamnya cukup turun. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan humidifier.

Cara mengobati kucing demam
Cara mengobati kucing demam

Penutup

Itu dia informasi terkait bagaimana cara mengobati kucing demam yang bisa kami sampaikan untuk kamu semua. Semoga bisa bermanfaat dan membantu untuk mengobati si kucing. Terima kasih dan selamat mencoba!

Baca Juga : Perlu Kamu Ketahui Cara Merawat Kucing Sakit. Ini Cara Mengatasinya!