Apa Makanan Ayam yang Cocok untuk Peternakan?

Posted on 27 views
Memiliki ternak ayam tidaklah sulit.Hal terpenting adalah mencari tahu apa makanan ayam yang tepat. Simak informasi macam-macam makanan ayam di artikel berikut.

Hewan yang satu ini memang sangat berguna bagi manusia sebagai bahan pangan. Sangat mudah ditemui menu makanan yang memiliki bahan dasar ayam di berbagai restoran. Oleh sebab itu, mengembangbiakkan ayam dapat menjadi pilihan untuk menambah pemasukan. Memiliki ternak ayam juga tidak terlalu sulit. Hal terpenting adalah mencari tahu apa makanan ayam yang tepat.

Makanan Ayam
Apa Makanan Ayam dan macam-macam pakannya

Pilihan Apa Makanan Ayam yang Mudah Didapatkan

1. Dedak

Ingin mencari apa makanan ayam yang tepat untuk peternakan kamu? Tentu ini adalah makanan yang lazim diketahui oleh orang-orang. Dedak sebenarnya merupakan sisa dari pengolahan sebuah padi menjadi beras. Proses tersebut menghasilkan sisa kulit-kulit beras yang tentu saja tidak digunakan oleh manusia.

Oleh sebagian masyarakat jaman dahulu, mungkin saja tidak mengetahui bahwa sisa tersebut dapat digunakan sebagai pakan ayam. Namun, sekarang ini hampir seluruh peternak ayam memberikan ini kepada ternak-ternaknya.

Tentu sisa pengolahan padi tersebut tidak langsung diberikan sebagai pakan ayam. Perlu proses penggilingan lebih lanjut lagi dengan dicampuri lemak, protein, natrium, dan juga bekatul. Itulah mengapa dedak juga sering disebut dengan bekatul.

Kandungan gizi yang dimiliki makanan jenis ini tidak begitu sempurna bagi hewan ternak. Oleh sebab itu, jika kamu mencari pangan dengan nutrisi yang tinggi, bekatul tidak begitu cocok. Rata-rata orang memakainya hanya untuk makanan pelengkap, namun tidak utama. Dedak juga dapat dijadikan sebagai makanan anak ayam.

Apa Makanan Ayam
Apa Makanan Ayam yang cocok

2. Jagung

Siapa sangka bahwa jagung dapat menjadi jawaban bagi kamu yang sedang mencari pakan ayam yang cocok untuk digunakan?

Pakan yang satu ini memang tidak hanya menjadi konsumsi manusia saja. Banyak hewan memang memburunya sebagai pengisi perut mereka. Jika ingin memberikannya kepada ayam-ayam, maka harus diolah terlebih dahulu dengan cara digiling. Hal tersebut dapat mempermudah ayam dalam mencernanya.

Jagung tidak perlu ditanyakan lagi manfaat di dalamnya. Dengan kandungan asam lemak, kalium, vitamin C, vitamin B, hingga serat pun dapat ditemukan pada setiap butirnya. Oleh karenanya, ini dapat menjawab pertanyaan kamu jika ingin mencari tahu apa makanan ayam yang bergizi. Selain itu jagung juga dapat dijadikan sebagai makanan ayam potong biar cepat besar.

3. Tulang ikan

Tidak banyak diketahui bahwa tulang ikan yang telah dihaluskan dapat sumber makanan bagi ayam. Tulang-tulang tersebut diproses sedemikian rupa hingga terlihat seperti butiran-butiran yang teramat kecil. Oleh sebab itu, sebagian orang menyebutnya tepung tulang.

Berbagai zat yang diperlukan ayam, terdapat di dalamnya. Beberapa diantaranya yaitu natrium, fosfor, kalsium, dan kalium. Oleh karena itu, ini dapat menjadi alternatif bagi kamu yang sedang mencari apa makanan ayam yang menyehatkan.

Nutrisi-nutrisi tersebut dapat memicu pertumbuhan tulang pada hewan ternak. Ikan yang paling tepat untuk diambil tulangnya sebagai santapan ayam yaitu tuna. Jenis ikan tersebut memiliki kandungan gizi yang jauh lebih tinggi daripada lainnya.

4. Ampas Biji Kedelai

Jenis kacang-kacangan yang satu ini memang sering menjadi salah satu pilihan saat mencari pakan ayam yang dapat digunakan pada peternakan kamu. Kedelai mengandung kandungan protein yang sangat tinggi. Selain itu, asam amino juga terdapat di dalamnya.

Namun, tentu kamu harus mengolah biji kedelai agar dapat disantap oleh ayam. Biji kacang tersebut harus dihaluskan terlebih dahulu hingga menghasilkan ampas. Bentuk tersebut dapat membuat proses pencernaan ayam menjadi lebih baik lagi.

Cara yang efektif yaitu ketika memprosesnya menjadi susu. Sari pati yang dihasilkan memang sering menjadi minuman soya bagi mereka yang memiliki alergi terhadap susu sapi. Ketika kedelai sudah menjadi ampas yang tidak lagi dapat diperas, maka dapat diberikan ke ayam-ayam yang dimiliki.

5. Cangkang siput

Banyak orang memang tidak menyangka bahwa cangkang siput dapat menjadi solusi ketika mencari jawaban dari pertanyaan apa makanan ayam untuk ternak yang dimiliki. Namun, tentu saja tidak serta merta cangkang tersebut diberikan kepada ayam untuk dimakan. Teksturnya yang begitu keras tidak dapat dilahap oleh hewan tersebut.

Cangkang keong yang sudah dikumpulkan harus dihaluskan terlebih dahulu. Setelah menjadi seperti tepung, maka dapat diberikan langsung ke ternak-ternak yang dipunyai. Ini sangat berguna karena menjadi alternatif yang begitu berarti untuk mengurangi limbah hasil pengolahan keong.

Manusia dapat menggunakan daging-daging keong yang lembut untuk makanan. Namun, dalam proses tersebut cangkang tidak akan dipakai. Setelah mengetahui informasi mengenai apa makanan ayam yang dapat dipakai ini, maka cangkang-cangkang tersebut tidak menjadi sia-sia.

6. Pelet

Bahan yang sering dipakai menjadi konsumsi ikan ini ternyata dapat menjadi pakan yang cukup baik untuk ayam. Pelet adalah nama makanan ayam petelur yang cukup familiar. Dengan harganya yang sangat mudah dijangkau, kamu tidak akan kesulitan mendapatkannya. Banyak toko ataupun gerai yang menjual pelet.

Zat yang dimiliki pelet didapatkan dari campuran kedelai, dedak, jagung, kunyit, bekatul, bahkan sayuran. Semua makanan tersebut bercampur menjadi satu hingga dihasilkan jenis bahan baru untuk pangan ayam.

7. Sorgum

Bahan yang mulai digemari lagi ini dapat membantu ketika mencari tahu apa makanan ayam yang tepat. Selain dikenal dengan nama sorgum, makanan ini juga dapat disebut sebagai cantrik dan juga batar torjeng.

Salah satu bahan makanan yang terkenal di daerah Nusa Tenggara ini ternyata memiliki kandungan nutrisi yang lengkap. Namun, akan lebih tepat lagi jika pemberiannya terhadap ayam dapat dipadukan dengan kedelai. Hal tersebut dikarenakan kandungan kedua jenis makanan tersebut saling melengkapi dan dapat dijadikan pakan penggemuk ayam.

Meskipun begitu, perlu digarisbawahi bahwa sorgum jangan digunakan sebagai pangan ayam secara berlebihan. Jika lebih dari lima kali dalam seminggu pemberiannya terhadap ayam, maka dapat membuat ternak kamu memiliki potensi yang sangat tinggi untuk mengalami kelainan di kakinya. Selain itu, perkembangannya pun juga malah menurun.

8. Nasi

Bahan makanan pokok kebanyakan masyarakat Asia ini bisa digunakan sebagai pangan ayam. Hasil olahan padi tersebut dapat diberikan tanpa melalui proses yang lebih lanjut lagi. Hal tersebut dikarenakan, nasi sudah memiliki tekstur yang sudah pas untuk ayam.

Pemberian nasi sebagai apa makanan ayam yang diberikan biasanya dicampur dengan bahan yang lain. Pakan ini hanya akan membuat kombinasi tersebut memiliki kadar karbohidrat yang tinggi, sehingga pertumbuhan ayam dapat cenderung lebih ideal. Bahkan ayam-ayam pun juga menjadi besar.

9. Ubi

Salah satu jenis ubi yang cocok sebagai bahan pangan bagi ayam adalah ubi jalar. Kandungan yang dimilikinya cukup tepat untuk diberikan. Hewan ternak yang dimiliki dapat bertumbuh dengan baik jika mengonsumsinya. Akan tetapi harus berhati-hati saat mengolahnya. Jangan campurkan daun ubi karena berbahaya bagi pencernaan hewan.

10. Sayur mayur

Berbagai jenis sayur yang sering dijadikan hidangan untuk manusia ternyata dapat juga diberikan untuk ayam. Beberapa diantaranya yaitu selada, sawi, serta kubis. Tetapi, jangan berikan makanan tersebut kepada ayam secara intensif.

Apa Makanan Ayam
Apa Makanan Ayam terbaik

Tanya Jawab Seputar Makanan Ayam

Apakah ayam boleh makan nasi?

Nasi juga bisa dijadikan sebagai salah satu pakan untuk ayam aduan. … Namun, sebaiknya jangan gunakan nasi putih sebagai makanan pokok karena bisa menyebabkan ayam memiliki bobot yang berlebih karena kandungan karbohidrat yang sangat tinggi. Berikan nasi putih sebagia pakan selingan pada ayam.

Apa itu pur makanan ayam?

Pengertian sederhananya pur adalah makanan ayam dari berbagai macam bahan yang dikombinasikan menjadi satu.

Apa saja makanan ayam petelur?

Macam – macam Pakan Ayam Petelur Alternatif.
1. Bahan Pakan Sumber Energi. Jagung Kuning. Dedak Padi. Pollard. Onggok.
2. Bahan Pakan Sumber Protein. Bungkil Kedelai. Tepung Ikan. Meat Bone Meal (MBM) atau Tepung Daging dan Tulang. Corn Gluten Meal (CGM) Tepung Lembaga atau Inti Jagung.
3. Bahan Pakan Sumber Mineral.
4. Bahan Pakan Aditif.

Berapa kali memberi makan ayam?

Lalu sebaiknya berapa kali dalam sehari kita memberikan pakan ayam? Baik, hal ini kembali lagi pada Anda. Jika Anda memiliki waktu untuk memberikan pakan maka Anda bisa membuat jadwal makan ayam 4 kali dalam sehari atau 2 kali dalam sehari.

Voer ayam terbuat dari apa?

Bahan bahan yang di perlukan:

Kedelai = 11% Jagung = 30% Bekatul = 26% Dedak = 5%

Konsentrat ayam terbuat dari apa?

Untuk 100 kg konsentrat, sediakan tepung ikan 26 kg, bungkil kedelai 21 kg, daun turi 28 kg, tepung bulu 14 kg, tepung tulang 0,5 kg, sorgum 10,5 kg. Semua bahan di giling jadi tepung. Siap dicampur dengan bekatul dan jagung. Alternatif lain untuk membuat pakan ayam pedaging.

Bahan apa saja yang dapat dijadikan sumber pakan ternak unggas petelur secara umum?

Bahan baku pakan yang biasa digunakan dalam penyusunan pakan unggas adalah jagung, dedak, tepung ikan, polard, bungkil kedelai, minyak sayur, bungkil kelapa,bungkil sawit, tepung kapur, batuan fosfat, asam amino sintetis (terutama metionin dan lisin) dan campuran vitamin-mineral.

Apakah ayam makan rumput?

Sebenarnya, ayam merupakan hewan pemakan biji. … Rumput dengan serta kasar yang tinggi hanya dapat dicerna oleh hewan ruminansia seperti sapi atau kambing karena hewan ruminansia system pencernaannya telah sesuai untuk mencerna rumput tersebut secara maksimal.

Apakah dedak bagus untuk ayam?

Pakan yang satu ini sudah sering digunakan oleh para peternak ayam. Dedak berasal dari limbah penggilingan beras putih, bekatul, protein, natrium, dan lemak. Karena gizinya yang kurang lengkap, ada baiknya kamu menyelingi dedak dengan pakan lain agar nutrisi ayam terpenuhi.

Penutup

Memilih apa makanan ayam yang tepat tentu membutuhkan berbagai pertimbangan. Memiliki hewan ternak yang sehat dan gemuk, tentu menjadi tujuan dari peternak ayam. Beberapa bahan pangan di atas dapat menjadi alternatif yang bisa digunakan.

Baca Juga:
Cara Ternak Ayam Kampung Bagi Pemula Ini, Mudah untuk Diaplikasikan

Comments are closed.