Ternyata Ini Makanan Untuk Kucing 1 Bulan yang Menyehatkan

Posted on 128 views
Taukah kamu apa makanan untuk kucing 1 bulan yang baik? Bagi kamu yang belum paham, tak perlu khawatir. Melalui artikel ini kami akan memberikan informasinya.
Bagikan artikel ini

Cat lovers, salah satu cara untuk merawat anak kucing yang berumur satu bulan adalah dengan memberi makan. Dan taukah kamu apa makanan untuk kucing 1 bulan yang baik? Bagi kamu yang belum paham, tak perlu khawatir. Sebab melalui artikel ini kami akan memberikan informasinya khusus untuk kalian. So, pastikan kamu menyimak hingga akhir ya!

Pada hakekatnya dalam merawat anak kucing berusia 1 bulan tentu membutuhkan perhatian khusus. Sebab anak kucing pada usia tersebut belum bisa mandiri dan hidupnya masih sangat tergantung induknya.

Oleh sebab itu, saat para Cat lovers hendak memberi makanan pun tak bisa sembarangan. Agar nantinya tak terjadi hal-hal yang tak diinginkan, seperti sakit atau bahkan mati.

Lantas, apa saja makanan untuk kucing 1 bulan yang tepat? Berikut kami berikan daftar makanan untuk anak kucing usia satu bulan yang menyehatkan.

Makanan untuk kucing 1 bulan
Makanan untuk kucing 1 bulan

Hal-hal yang harus diperhatikan saat memilih makanan untuk kucing 1 bulan

Cat lovers, saat melihatanak kucing memang memiliki tingkah laku yang begitu lucu dan menggemaskan. Jika ingin memeliharanya, tentu kamu harus merawat serta memberi makan anak kucing 1 bulan tanpa induk tersebut dengan benar.

Di pasaran memang banyak beredar makanan untuk anak kucing. Namun, kamu tak bisa memilih asal-asalan. Pasalnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Kira-kira hal-hal apa saja itu? Yuk, simak ulasan berikut ini ya!

Hal-hal yang wajib untuk diperhatikan ketika hendak memilih makanan untuk diberi pada anak kucing, Antara lain:

1. Sesuaikan makanan dengan usia anak kucing

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan saat memilih makanan untuk kucing 1 bulan adalah sesuaikan dengan usianya. Pasalnya setiap anak kucing membutuhkan nutrisi yang berbeda-beda. Jika kalian membeli makanan di petshop, tentu akan lebih mudah menemukan makanan apa yang sesuai dengan umur anak kucing tersebut.

2. Sesuaikan makanan dengan kebutuhan kucing

Hal yang kedua makanan yang dibutuhkan oleh anak kucing, biasanya adalah makanan yang kaya akan kandungan protein. Hal itu tentu saja berbeda bila dibandingkan dengan kebutuhan yang diperlukan oleh kucing dewasa ataupun kucing yang sedang hamil. So, hal ini penting untuk diketahui ya Cat lovers!

3. Perhatikan kemudahan bagaimana cara untuk mendapatkan makanan tersebut

Ketika kamu hendak memilih asupan yang tepat untuk anak kucing, maka usahakan untuk memilih makanan yang mudah diperoleh serta sebaiknya menyesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Jangan sampai kamu memaksakan kehendak, namun dana yang kamu miliki sebenarnya tak cukup.

Nah, setelah kalian mengetahui hal-hal penting yang harus diperhatikan saat hendak memilih makanan untuk anak kucing. Selanjutnya kita akan membahas jenis-jenis makanan untuk anak kucing. Simak baik-baik ya Cat lovers!

Makanan untuk kucing 1 bulan
Makanan untuk kucing 1 bulan

Jenis-jenis makanan kucing umur 1 bulan

Cat lovers, ada beragam jenis makanan anak kucing yang beredar di pasaran yang bisa kamu pilih serta menyesuaikan dengan kebutuhan. Adapun jenis-jenis makanan untuk anak kucing tersebut antara lain yakni:

1. Makanan basah

Yang pertama makanan basah atau biasa disebut dengan wet food merupakan salah satu makanan kucing 0-2 bulan yang banyak digemari. Selain mudah dicerna dan mengandung air, ternyata makanan ini juga sangat bermanfaat untuk kinerja saluran kemih serta ginjal agar bekerja secara optimal.

2. Makanan kering

Makanan kering atau juga dikenal dengan istilah dry food ini merupakan jenis makanan yang biasa dikemas lebih ekonomis dan memiliki ketahanan hingga cukup lama. Jenis makanan ini biasanya berasal dari ekstrusi daging yang diolah dengan suhu serta tekanan tinggi.

Ada beragam merk makanan kucing umur 1 bulan buatan pabrikan yang bisa kamu temui di pasaran, seperti Whiskas, Royal Canin, Me- O, Frieskies dan lainnya.

Makanan untuk kucing 1 bulan
Makanan untuk kucing 1 bulan

3. Makanan rendah protein

Taukah kamu jika penyakit ginjal ternyata tak hanya menyerang manusia saja lho! Pasalnya penyakit ginjal juga dapat menyerang kucing dengan berbagai umur, tak terkecuali anak kucing. Oleh sebab itu, jika kucing milik kamu menderita penyakit ginjal, maka sebaiknya diberikan makanan untuk kucing 1 bulan buatan sendiri yang rendah protein.

4. Makanan mentah

Yang terakhir adalah makanan mentah. Walaupun tak semua anak kucing bisa menerima makanan mentah, namun tak sedikit pula pemilik anak kucing yang memberikan makanan jenis ini kepada kucing peliharaannya. Makanan anak kucing 2 bulan ini contohnya saja seperti tulang dan daging.

Lantas, apa saja makanan untuk kucing 1 bulan yang tepat? Berikut kita simak infonya bersama-sama ya!

Makanan untuk kucing 1 bulan
Makanan untuk kucing 1 bulan

Makanan anak kucing umur 1 bulan

Saat kucing berusia 1 bulan, anak kucing sebenarnya belum bisa lepas sepenuhnya dari induknya. Namun, bagaimana jika induk kucing tersebut pergi atau meninggal? Tentu kamu harus membantunya untuk memberikan makanan yang sesuai kebutuhannya dan hal itu tentu saja tak boleh dilakukan sembarangan.

Langkah tersebut dilakukan agar anak kucing tidak mati atau bahkan mati. Nah, berikut ini kami paparkan sedikit rangkuman makanan kucing 0-6 bulan yang bisa kalian jadikan acuan.

1. Bubur/ makanan halus / makanan basah

Yang pertama makanan kucing kecil tanpa induk adalah bubur atau makanan basah (wet food). Pada umumnya anak kucing yang baru berumur 1 bulan tidak bisa langsung diberikan makanan yang bertekstur kasar.

Oleh sebab itu, kamu harus membuatkan bubur, menghaluskan makanan terlebih dahulu sebelum diberikan untuk anak kucing atau kamu juga bisa memberikannya makanan yang basah. Saat kamu hendak memberikan makanan tersebut, jangan lupa untuk memperhatikan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, antara lain seperti:

  • Vitamin A: bagi metabolisme tubuh, kesehatan kulit dan mata.
  • Omega 3 dan 6: untuk menguatkan dan menjaga kesehatan bulu agar tak mudah rontok.
  • Vitamin C dan E: untuk kesehatan tulang dan gigi.
  • Kalsium: menjaga kesehatan tulang dan gigi.

2. Susu khusus bagi anak kucing

Layaknya bayi manusia yang membutuhkan asi, ternyata makanan untuk kucing 1 bulan yang utama adalah asi. Akan tetapi, jika sang induk kucing meninggal atau tak mau untuk menyusui, maka kamu dapat memberikan susu tambahan khusus untuk anak kucing tersebut. Hal itu bertujuan agar kebutuhan nutrisi untuk anak kucing tetap terpenuhi dengan baik.

Lantas, bagaimana cara memberikan susu tambahan untuk anak kucing? Ada beberapa cara memberikan susu tambahan sebagai makanan untuk kucing 1 bulan antara lain yaitu menggunakan botol susu khusus anak kucing, pipet, ataupun memakai alat suntik.

Sebagai permulaan kamu bisa meneteskan susu secara perlahan ke mulut kucing secara perlahan. Apabila anak kucing sudah mengenalinya, maka ia akan menyedot susu tersebut dengan sendirinya. Saat kamu melakukan hal ini hendaknya secara hati-hati ya, sebab jika tidak bisa-bisa anak kucing malah tersedak.

Makanan untuk kucing 1 bulan
Makanan untuk kucing 1 bulan

Tanya Jawab Seputar Kucing Umur 1 Bulan

Anak kucing 1 bulan makan apa?

Makanan untuk kucing 1 bulan

Apabila kucing tidak bisa menyusu pada induknya, maka Anda dapat memberikan produk bertanda Kitten Milk Replacer (KMR) atau juga susu khusus anak kucing. Hal ini karena formula untuk produk KMR sudah diracik sebaik mungkin sehingga aman dikonsumsi sebagai makanan anak kucing usia 1 bulan.

Apakah kucing umur 1 bulan sudah boleh makan?

Makanan untuk kucing 1 bulan

Biasanya, makanan untuk anak kucing tertulis diperuntukkan bagi kucing berusia 1 – 12 bulan. Tapi di usia awalnya, biasanya anak kucing hanya minum susu dari induknya saja. Kucing biasanya sudah bisa makan makanan kucing saat berusia satu bulan.

Apakah kucing 1 bulan boleh dimandikan?

Makanan untuk kucing 1 bulan

Sebenarnya, kapan usia yang paling tepat untuk mulai memandikan kucing kesayangan? Sebaiknya, kamu melakukannya ketika kucing berusia dua bulan atau delapan minggu. Pada usia ini, imunitas anak kucing sudah mulai kuat dan bisa dimandikan menggunakan air hangat.

Anak kucing boleh makan umur berapa?

Makanan untuk kucing 1 bulan

Berikut adalah takaran makanan anak kucing sesuai dengan usianya: Usia 6–12 minggu, sebaiknya beri makan sebanyak 4 kali sehari. Usia 12 minggu ke atas, sebaiknya beri makan sebanyak 3 kali sehari. Usia 6 bulan, sebaiknya beri makan sebanyak 2 kali sehari.

Kucing lepas menyusui umur berapa?

Makanan untuk kucing 1 bulan

Delapan minggu kehidupan anak kucing Anda

Setelah dua bulan, anak-anak kucing seharusnya berhenti menyusui dari induk mereka dan mulai sepenuhnya mandiri dengan makanan mereka.

Penutup

Demikian makanan untuk kucing 1 bulan yang menyehatkan yang bisa kamu jadikan pilihan. Selamat mencoba ya Cat lovers!

Baca Juga : 5 Makanan untuk Kucing Baru Lahir yang Tepat