Rekomendasi Makanan Ayam Bangkok Agar Cepat Besar dan Sehat

Posted on 103 views
Untuk makanan ayam Bangkok, berikut merupakan rekomendasi yang bisa kamu berikan. Apalagi jika kamu memelihara ayam Bangkok sebagai bisnis dan...
Bagikan artikel ini

Ayam Bangkok menjadi salah satu ayam yang banyak dicari, sebab harganya yang relatif tinggi di pasar. Agar ayam tumbuh dengan sehat, pemberian pakan menjadi faktor penting yang tidak bisa kamu lakukan sembarangan. Untuk makanan ayam Bangkok, berikut merupakan rekomendasi yang bisa kamu berikan. Apalagi jika kamu memelihara ayam Bangkok sebagai bisnis dan ingin ia dalam kondisi prima.

makanan ayam bangkok
Makanan ayam bangkok

Berbagai Makanan Ayam Bangkok Berdasarkan Umur

Pemberian makan untuk ayam Bangkok baiknya disesuaikan dengan keadaan umur ayam, dengan begitu mereka mendapatkan nutrisi yang sesuai untuk tubuhnya. Berikut adalah pakan untuk ayam Bangkok yang diklasifikasikan berdasarkan umurnya, antara lain:

1. Pakan Ayam Bangkok Usia 2 Minggu

Sejak usia dua hari sampai dua minggu, sebaiknya ayam Bangkok cukup diberikan air minum yang telah dicampurkan dengan vitamin. Pada usia ini ayam masih memiliki pencernaan yang lemah, sehingga memerlukan makanan yang halus dan bisa langsung dicerna.

Jika kamu memberikan makanan yang bertekstur kasar, kemungkinan makanan tersebut akan sulit dicerna oleh tubuh. Ayam yang sudah berusia dua minggu bisa kamu mulai berikan pakan dengan konstentrat yang lebih tinggi, karena ayam memang membutuhkan pakan tersebut.

Namun untuk makanan ayam Bangkokketika usianya masih dalam rentang dua hari sampai dua minggu, makanan dengan konsentrat lemak merupakan makanan yang direkomendasikan. Kamu bisa memberikan pakan dengan lemak dan protein yang tinggi, salah satunya adalah pakan ayam pedaging.

Makanan ayam bangkok
Makanan ayam bangkok

2. Pakan Ayam Bangkok Usia 1 Bulan

Rentang antara 2 minggu sampai 1 bulan, ayam Bangkok sudah diperbolehkan makan makanan yang memiliki tekstur lebih keras. Ia juga sudah mulai aktif untuk mencari makannya sendiri, sehingga kamu lebih fleksibel ketika hendak memberikan mereka makan.

Agar kondisinya seimbang, pengurangan pakan yang mengandung lemak dikurangi, karena kebutuhan ayam Bangkok yang diperlukan di usia tersebut berbeda. Pastikan makanan yang kamu berikan mengandung protein yang tinggi, serat, serta lemak dengan presentase paling rendah, maksimal 3 persen.

Jenis makanan ayam Bangkok yang direkomendasikan untuk usia ini adalah jagung, bekatul, hingga tepung ikan yang bisa kamu campurkan secara manual. Kamu juga bisa menambahkan vitamin buatan, misalnya hi-pro-vite 591.

3. Pakan Ayam Bangkok Usia 3 Bulan

Setelah berusia antara 1 sampai 3 bulan, makanan ayam Bangkokbaiknya divariasikan kembali. Sehingga mereka bisa mendapatkan nutrisi yang lebih variatif dibandingkan sebelumnya, caranya dengan melepas ayam untuk mencari makan sendiri.

Jika hendak melepaskan ayam untuk mencari makan sendiri, maksimal waktu yang disarankan hanya 2 jam. Setelah lebih dari jam tersebut, kemungkinan ayam sudah mendapatkan apa yang ia ingin makan dan membuat tubuhnya bergerak lebih aktif. Jika ayam dikurung terus menerus, ia akan lamban bergerak.

Ada beberapa makanan ayam Bangkok yang direkomendasikan untuk ayam Bangkok pada usia ini, diantaranya adalah pakan dengan kode 591 sampai 593. Kode tersebut juga menandai umur untuk masing-masing ayam Bangkok.

Untuk yang berumur satu tahun, menggunakan pakan dengan kode 591, sedangkan untuk usia dua bulan menggunakan pakan dengan kode 592. Terakhir, kamu bisa menambahkan pakan dengan kode 593 untuk ayam Bangkok yang sudah berusia 3 bulan.

Makanan ayam bangkok
Makanan ayam bangkok

4. Pakan Ayam Bangkok Usia 5 Bulan

Setelah mendapatkan makanan ayam Bangkokdi usia 3 bulan, maka pakan yang diberikan setelahnya juga divariasikan kembali. Unggas pada usia ini jauh lebih banyak bergerak, sehingga pakan yang diberikan harus memiliki nutrisi yang tinggi.

Untuk ayam yang berusia diatas 3 bulan, pakan dengan kode 594 bisa menjadi pilihan yang tepat. Jika sudah berumur diatas 4 bulan, maka campurkan pakan tersebut dengan beras merah. Sebab ayam Bangkok membutuhkan banyak nutrisi agar mereka bisa bergerak dengan aktif serta lincah.

Agar makin sehat, kamu juga bisa menambahkan asupan vitamin untuk mereka, misalnya vitamin B kompleks khusus untuk ayam. Dengan memberikan vitamin tersebut, kebutuhan kalsium ayam bisa terpenuhi, yang nantinya membuat ayam menjadi lebih kuat.

5. Pakan Ayam Bangkok Usia 8 Bulan

Makanan ayam Bangkok usia 5 – 8 bulan juga harus diperhatikan dengan benar, sebab pada fase ini ayam sudah mulai dewasa dan bisa mencerna lebih banyak jenis makanan. Kandungan makanan yang dibutuhkan oleh ayam berusia diatas 5 bulan adalah protein, agar tubuhnya semakin kuat.

Makanan yang direkomendasikan adalah beras merah, karena kandungan protein dan serat yang tinggi, namun rendah lemak. Kamu bisa mengganti makanan pabrik yang telah diberikan sebelumnya dengan memberikan beras merah sebagai pengganti.

Akan tetapi, kamu masih bisa memberikan veer atau makanan pabrik jika memang dibutuhkan, namun dengan ukuran yang lebih sedikit. Makanan pabrik akan membuat bulu ayam menjadi lebih cantik dan halus.

Makanan ayam bangkok
Makanan ayam bangkok

Macam-macam Jenis Makanan Ayam Bangkok

Selain makanan yang disesuaikan dengan usia ayam Bangkok, kamu juga bisa memvariasikan berbagai jenis makanan lain agar ayam tumbuh sehat. Berikut ini merupakan beberapa makanan ayam Bangkok yang memiliki kualitas tinggi, yang bisa kamu berikan sesekali jika dibutuhkan.

  • Konsentrat

Merupakan pakan ayam yang dibuat dari berbagai campuran bahan lain, dengan kandungan yang lebih kompleks. Pemberian konsentrat, atau lebih sering disebut sebagai pur dimaksudkan agar ayam mendapatkan gizi yang lebih seimbang.

Pemberian pur khusus untuk anak ayam Bangkok yang masih kecil, karena mereka belum bisa mengkonsumsi makanan dengan tekstur yang keras. Apalagi pur atau konsentrat memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi, yang memang dibutuhkan oleh anakan ayam.

  • Beras Jagung

Rekomendasi makanan ayam Bangkokselanjutnya adalah beras jagung, yang kandungan gizi dan nutrisinya cukup tinggi. Ayam Bangkok yang diperbolehkan untuk mengkonsumsi beras jagung adalah ayam yang sudah berusia diatas 3 bulan.

Ukuran beras jagung lebih kecil dibandingkan dengan jagung pada umumnya, sehingga dinilai lebih tepat untuk anak ayam yang belum dewasa. Beras jagung jauh lebih mudah dicerna oleh ayam berusia 3 bulan, sehingga memberikan manfaat yang besar untuk kesehatan mereka.

  • Jagung

Jagung sebenarnya direkomendasikan untuk semua jenis ayam, baik ayam Bangkok, kampung, atau petelur. Ini karena jagung memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, yang membuatnya menjadi makanan yang tepat untuk meningkatkan berat badan ayam.

Ayam aduan seperti ayam Bangkok membutuhkan jagung agar mereka bisa memberikan kekuatan pada pukulan yang hendak dilancarkan. Ia juga membuat otot lebih liat dan keras, membuatnya lebih baik dibandingkan dengan jenis pakan yang lain.

Makanan ayam bangkok
Makanan ayam bangkok

Penutup

Ada berbagai makanan ayam Bangkok yang bisa kamu berikan pada ayam jenis tersebut, sesuai dengan usia dan kebutuhan gizinya. Jika diberikan secara teratur dan sesuai dengan panduan, tentu ayam Bangkok yang kamu miliki akan berkembang dengan baik dan sehat. Semoga informasi tersebut dapat membantu pembaca, apalagi untuk mereka yang sedang memelihara ayam Bangkok untuk berbagai keperluan.

Baca Juga : Bagaimana Cara Ternak Ayam Bangkok? Simak Infonya Berikut Ini!