Ikan Cupang Blue Rim Panda: Ciri, Cara Merawat, Harga, hingga Makanan

Posted on 108 views
Ikan cupang blue rim panda memiliki ciri khas ekor mengembang dengan warna yang cantik. Membahas tentang ✓ Ciri ✓ Cara Merawat ✓ Harga ✓ Jenis Makanan
Bagikan artikel ini

Apakah kamu merupakan penggemar ikan cupang? Seperti yang telah diketahui bahwa saat ini ikan cupang disukai oleh banyak orang, karena memiliki bentuk yang sangat cantik. Salah satu jenis ikan cupang yang cukup populer adalah ikan cupang blue rim panda yang tentunya sudah tidak asing lagi bagi kalangan para pecinta ikan cupang. Tidak sedikit orang yang sengaja mengoleksi berbagai jenis ikan cupang dengan tujuan untuk hiasan maupun untuk kompetisi.

Ikan cupang mulai trending pada tahun 2019, tetapi sempat tidak menjadi bahan pembicaraan lagi selama beberapa waktu. Namun demikian, pada tahun 2020, ikan hias yang memiliki ciri khas ekor mengembang dengan warna yang cantik ini muncul kembali menjadi trending yang disukai banyak orang. Mungkin kamu sudah mengetahui banyak jenis ikan cupang, salah satunya adalah cupang blue Rim Panda.

Ikan cupang blue rim panda
Ikan cupang blue rim panda

Mengapa Pilih Memelihara Ikan Cupang Blue Rim Panda?

Sebelum trending seperti sekarang, harga ikan cupang terbilang sangat mahal, karena orang yang budidaya ikan cupang juga tergolong sedikit. Bahkan untuk membeli anakan ikan cupang saja, kamu perlu mengeluarkan uang hingga jutaan hingga puluhan juta rupiah per ekornya. Namun seiring berjalannya waktu, banyak orang yang melakukan pembudidayaan ikan cupang, khususnya cupang blue rim panda. Budidaya tersebut sukses menghasilkan banyak jenis ikan cupang yang sangat bervariasi. Ikan cupang blue panda menjadi salah satu jenis ikan cupang yang sangat cocok dipelihara untuk kamu yang ingin memiliki ikan hias dengan harga terjangkau.

Tidak hanya harganya saja yang cenderung terjangkau, ternyata cupang blue rim ini pun memiliki bentuk yang sangat indah. Tidak heran apabila banyak orang yang menyukai ikan cupang ini. Apakah kamu merupakan salah satu pencinta cupang blue rim panda? Jika iya, maka kamu wajib mengetahui beberapa hal berikut ini seputar cupang blue rim panda.

Asal Usul Ikan Cupang Blue Rim

Setiap jenis ikan cupang memiliki asal usul masing-masing. Untuk cupang blue rim sendiri, sebenarnya ini berasal dari Thailand. Cupang blue rim yang sangat cantik ini awalnya dibudidaya dan dikembangbiakkan oleh pembudidaya cupang di Thailand. Ternyata, ikan cupang tersebut memiliki warna yang sangat cantik dan menarik perhatian. Karena hal itulah kemudian banyak orang Indonesia yang ikut serta meniru Thailand untuk mengembangbiakkan cupang blue rim. Jadi, sudah jelas bahwa blue rim sendiri diklaim memiliki asal usul dari Thailand. Jika dibandingkan dengan ikan cupang blue rim panda Thailand., ternyata warna pada sirip dan ekor ikan cupang tidak terlalu terlihat.

Ikan cupang blue rim panda
Ikan cupang blue rim panda

Berapa Harga Cupang Blue Rim Panda?

Bagi para pencinta ikan cupang blue rim pada, tentu sudah mengetahui betapa populernya ikan cupang jenis ini. Untuk mendapatkan ikan cupang jenis blue rim panda ini, harganya sangat bervariasi. Berapa harga ikan cupang blue panda? Kamu bisa mendapatkan ikan blue rim panda dengan harga mulai dari 250 ribu hingga 15 juta. Hal ini tentu disesuaikan dengan grade ikan cupang jenis blue rim panda itu sendiri.

Ketika ikan cupang bertelur, dari ratusan telur ikan yang ada, ternyata tidak semuanya bisa menjadi ikan. Biasanya, hanya 5 sampai 10 persen saja telur yang menetas menjadi ikan cupang. Di Indonesia sendiri, sudah banyak orang yang membudidayakan cupang blue rim panda, sehingga jika kamu ingin memiliki cupang jenis ini, bisa mendapatkannya dengan harga yang terjangkau.

Ikan cupang blue rim panda
Harga ikan cupang blue panda

Ciri-Ciri Ikan Cupang Blue Rim Panda

Apabila kamu pencinta ikan cupang, maka wajib mengetahui ciri-ciri ikan cupang blue rim ini. Lalu apa saja ciri-cirinya? Jika dibandingkan dengan ikan cupang lainnya, sebenarnya tidak jauh berbeda, karena pastinya terdapat seperti galaxy bintang di tubuh ikan. Berikut ini merupakan penjelasan lebih lengkap terkait dengan ciri atau karakter cupang blue rim panda.

Warna Ikan Cupang Blue Rim Panda

Setiap jenis ikan memiliki warna dasar yang berbeda-beda. Misalnya untuk jenis cupang avatar memiliki warna dasar hitam. Sementara itu, untuk cupang blue rim memiliki warna dasar putih. Namun, tidak seluruh badan ikan ini memiliki warna putih, karena terdapat corak warna biru tua di bagian sirip dan ekornya. Hal ini membuat ikan menjadi terlihat lebih cantik. Di bagian tubuh ikan terdapat titik-titik seperti galaxy.

Bentuk Ikan Cupang Blue Rim Panda

Setelah mengetahui warna ikan cupang, selanjutnya adalah bentuk ikan cupang blue rim panda. Ikan cupang blue rim memiliki ekor yang mengembang sehingga ikan ini terlihat seperti menggunakan rok untuk ballet. Jika dilihat, bentuk ekornya menyerupai huruf C. Secara umum, ciri khas bentuk ikan cupang blue rim sama dengan yang lainnya. Untuk warna biru tuanya sendiri juga tidak selalu sama banyaknya. Ada ikan cupang yang warnanya biru tua tipis dengan jumlah sedikit. Namun ada juga ikan cupang yang memiliki warna biru tua cukup banyak di bagian ekor dan sirip.

Biru Samar

Ikan cupang blue rim panda Indonesia berbeda dengan yang ada di luar negeri. Hal ini disebabkan karena warna biru pada bagian ekor dan sirip merupakan biru samar. Namun, hal ini justru menjadi daya tarik tersendiri bagi ikan cupang ini.

Mata Panda

Cupang blue rim panda ini memiliki mata yang unik. Pasalnya, sebenarnya ada dua jenis ikan, yakni blue rim dan blue panda. Untuk blue panda, mata ikan berwarna hitam penuh dan bentuknya bulat. Karena tubuhnya didominasi putih, dan matanya hitam, maka menyerupai panda.

Ikan cupang blue rim panda
Ikan cupang blue rim panda

Cara Merawat Ikan Cupang Blue Rim Panda

Setelah mengetahui beberapa hal di atas, maka selanjutnya penting untuk memahami bagaimana cara merawatnya. Perawatan dan pemeliharaan ikan cupang ini sangat penting, sehingga ikan cupang bisa terjaga dengan baik. Berikut ini merupakan cara merawat cupang blue rim panda.

Menjaga Kebersihan Air

Taruhlah ikan cupang pada wadah yang airnya bersih. Usahakan untuk selalu menjaga kebersihan air, karena ini bisa menyebabkan ekornya tidak mau mengembang. Ganti air sebanyak 3 hari sekali.

Jangan Diletakkan di dalam Rumah

Baiknya, ikan cupang diletakkan di tempat yang terbuka, bukan di dalam ruangan yang tidak mendapatkan cahaya matahari. Jadi alangkah baiknya disediakan tempat terbuka untuk aquarium ikan cupang.

Pemberian Pakan

Untuk pakan ikan cupang blue rim panda, bisa memberikannya pakan dua kali sehari. Namun hal ini tidaklah pasti, bisa disesuaikan dengan kebutuhan pakan masing-masing ikan. Ada ikan cupang yang makan dua kali sehari, ada pula yang lebih.

Pemberian Makan Ikan Cupang Blue Rim

Jika kamu memelihara ikan cupang blue rim, maka jangan lupa untuk memberinya makan. Berilah makan secara teratur sehingga ikan cupang bisa sehat. Berikut ini ada beberapa pilihan makanan untuk cupang blue rim panda.

  • Udang
  • Cacing darah
  • Cacing beku
  • Cacing sutra
  • Kuning telur
  • Kutu air

Supaya ikan lebih sehat, ekor dan sirip ikan semakin indah, maka bisa menambahkan vitamin dan suplemen pada makanan ikan. Dengan demikian maka perawatan ikan cupang blue rim panda menjadi lebih optimal.

Ikan cupang blue rim panda
Ikan cupang blue rim panda

Penutup

Demikianlah penjelasan terkait dengan ikan cupang blue rim panda yang penting untuk kamu pahami. Sebagai pencinta ikan cupang, tentu tidak boleh ketinggalan informasi menarik seputar berbagai jenis ikan cupang yang ada.

Baca Juga : Kenali Jenis Ikan Cupang Hias dan Harganya