Ikan Cupang Koi Galaxy : Ciri, Cara Merawat, Harga hingga Makanan

Posted on 12 views
Ikan Cupang Koi Galaxy merupakan salah satu jenis ikan cupang yang merupakan turunan ikan cupang koi. Membahas ✓ Ciri ✓ Cara Merawat ✓ Harga ✓ Jenis Makanan
Bagikan artikel ini

Ikan Cupang Koi Galaxy merupakan salah satu jenis ikan cupang yang juga merupakan jenis turunan dari jenis ikan cupang koi. Selain Cupang Koi Galaxy, terdapat jenis ikan cupang koi lain yaitu Koi Tiger dan Koi Emerald. Sesuai dengan namanya Cupang Koi Galaxy memiliki corak yang mirip dengan ikan koi.

Kemiripan coraknya dengan ikan koi, menjadikan Cupang Koi Galaxy banyak disukai oleh penggemar ikan cupang. Saat ini corak dari Cupang Koi Galaxy pun semakin beragam.

Pada mulanya, jenis cupang koi hanya memiliki perpaduan warna, merah, hitam, oranye, dan kuning. Akan tetapi karena banyaknya proses persilangan, saat ini Cupang Koi memiliki kombinasi yang beragam.

Selain itu bentuk sirip dan ekornya saat ini sudah memiliki variasi sesuai indukan perkawinan silang. Warna dasar Cupang Koi hasil dari beberapa persilangan antara lain warna hitam, biru dan warna gradasi. Kawin silang Cupang Koi juga menghasilkan beberapa paduan corak dan motif baru.

ikan cupang koi galaxy
Ikan Cupang Koi Galaxy

Cupang Koi merupakan jenis cupang yang mengalami pembiakan selektif sehingga memiliki gen lompat. Gen lompat adalah DNA warna pada ikan yang aktif bergerak. Dengan gen ini, Cupang Koi dapat mengalami perubahan warna saat berusia dewasa serta menjadikan pigmen menjadi lebih kuat.

Cupang Koi Galaxy bukanlah jenis cupang yang asli dari alam melainkan merupakan hasil persilangan. Namun Cupang Koi Galaxy merupakan jenis ikan cupang asli hasil breeder di Indonesia. Keberadaannya murni hasil ide cerdas breeder Indonesia dalam mengawin silangkan beberapa jenis ikan cupang.

Cupang Koi Galaxy merupakan hasil kawin silang antara Cupang Plakat dengan Cupang Halfmoon yang menghasilkan anakan bernama Cupang HMPK. Kemudian Cupang HMPK dikawin silangkan kembali dengan Cupang Plakat Fancy yang memiliki warna yang bermacam-macam.

Cupang Plakat sebagai indukan Cupang Koi Galaxy berasal dari negeri Thailand. Di sana, ia dianggap tidak menarik. Akhirnya, beberapa Cupang Plakat banyak dibawa ke Indonesia. Berkat breeder-breeder kreatif Indonesia, Cupang Plakat mampu menjadi indukan dan menghasilkan anakan yang bagus yaitu Cupang Koi Galaxy.

ikan cupang koi galaxy
Ikan Cupang Koi Galaxy

Ciri-Ciri Ikan Cupang Koi Galaxy

Ciri khas yang paling mencolok dari Cupang Koi Galaxy adalah warna. Pada dasarnya Cupang Koi pada umumnya memiliki 3 warna dasar yaitu merah, hitam, kuning, dan oranye. Untuk jenis Cupang Koi Galaxy, ia memiliki warna yang beragam, biasanya merupakan perpaduan hitam, merah, dan kuning. Ciri utama dari Cupang Koi Galaxy adalah sisik mutiaranya yang memiliki bercak seperti corak ikan koi.

Sisik Cupang Koi Galaxy memiliki warna biru mengkilat seperti mutiara. Selain Cupang Koi Galaxy, terdapat beberapa macam Cupang Koi lain seperti Cupang Koi Emerald, Cupang Koi Fancy, dan Cupang Koi Nemo.

Cupang Koi Emerald memiliki ciri yaitu memiliki warna dasar hitam, merah, putih, dan perpaduan kuning dan oranye. Cupang Koi Emerald sangat mirip dengan ikan koi asli. Cupang Koi Nemo memiliki warna dasar hitam, merah, dan putih, terdapat juga beberapa Cupang Koi Nemo yang memiliki warna biru pada sirip dan ekornya.

Cupang Koi Fancy merupakan jenis Cupang Koi paling cantik diantara jenis lainnya, karena memiliki warna gradasi yang Indah. Corak pada Cupang Koi Fancy nampak seperti sebuah lukisan. Coraknya mirip dengan ikan Koi namun coraknya terlihat lebih lembut.

Cupang Koi Galaxy memiliki bentuk tubuh berbentuk lonjong dengan sirip yang panjang dan lebar. Gen Cupang Koi Galaxy merupakan gen cupang halfmoon yang memiliki ekor lebar. Untuk sirip ekor memiliki bentuk yang beragam sesuai dengan indukannya. Ukuran tubuhnya berkisar 3 inchi atau 7,6 cm.

Mata Cupang Koi memiliki mata berwarna hitam dan bulat sempurna. Semua mata Cupang Koi Galaxy selalu berwarna hitam, jika berwarna putih dipastikan itu bukanlah Cupang Koi Galaxy.

ikan cupang koi galaxy
Ikan Cupang Koi Galaxy

Cara Memelihara Ikan Cupang Koi Galaxy

Cara memelihara Ikan Cupang Koi Galaxy dengan baik meliputi beberapa aspek sebagai berikut:

  • Makanan Ikan Cupang Koi Galaxy

Dalam merawat dan memelihara Cupang Koi Galaxy, Anda harus memastikan makanan yang diberikan kepada Cupang Koi Galaxy adalah makanan yang bergizi baik. Makanan yang bergizi akan membuat warna Cupang Koi Galaxy terlihat lebih segar.

Sirip dan ekor Cupang Koi Galaxy juga akan menjadi lebih indah. Beberapa makanan bergizi bagi Cupang Koi Galaxy seperti pellet, cacing beku, jentik nyamuk, dan kutu air. Aturan pemberian makan pada Cupang Koi Galaxy adalah 2 kali sehari. Khusus untuk pemberian makan cacing sutra yang masih hidup, cukup diberi sekali sehari.

Porsi makanan yang diberikan kepada cupang koi sebesar bola matanya. Perhatikan bola mata cupang koi, jangan sampai memberikan makan terlalu banyak. Hindari juga mencampur jenis makanan untuk Cupang Koi Galaxy karena akan membuat pencernaannya terganggu. Jika ingin memberi jenis makanan berbeda, dapat diberikan secara berseling setiap minggu.

ikan cupang koi galaxy
Ikan Cupang Koi Galaxy
  • Kondisi Akuarium Ikan Cupang Koi Galaxy

Cupang Koi Galaxy harus dipelihara sendirian di dalam akuarium karena mereka memiliki sifat yang cukup agresif. Cupang Koi Galaxy yang hidup sendirian di dalam akuarium akan berkembang dengan baik. Ia akan menunjukkan warna sisik yang lebih bersinar. Kualitas air di dalam akuarium juga harus diperhatikan agar memiliki filtrasi yang baik.

Jumlah debit air di dalam akuarium sebaiknya diisi minimal sebanyak 56 liter air karena Ikan Cupang Koi Galaxy membutuhkan wilayah yang cukup luas karena sifat agresifnya. Untuk suhu air pada akuarium pastikan berada pada angka 25 sampai 28 derajat Celcius. Sedangkan untuk pH terbaik bagi air akuarium Ikan Cupang Koi Galaxy berada di antara 6,6 sampai 7,5.

Anda juga dapat menempatkan beberapa hiasan seperti batu dan pasir dalam akuarium Ikan Cupang Koi Galaxy. Namun perhatikan hiasan yang digunakan, jangan sampai melukai tubuh Ikan Cupang Koi Galaxy.

  • Pemberian Vitamin Ikan Cupang Koi Galaxy

Agar Cupang Koi Galaxy selalu menampilkan sirip yang indah, ia harus diberi suplemen ikan sebagai vitamin yang mampu mempengaruhi kondisi fisik cupang. Semakin bagus rupa Ikan Cupang Koi Galaxy maka semakin tinggi juga harga jualnya di pasaran.

Pemberian vitamin yang mengandung bakteri Micrococcus Roseus dapat meningkatkan kualitas ikan cupang. Cara pemberian vitamin pada Ikan Cupang Koi Galaxy adalah sebagai berikut:

  • Pertama, larutkan 5 ml suplemen vitamin ikan cupang pada 1 liter akuarium.
  • Aduk air hingga larutan suplemen tercampur secara homogen.
  • Gunakan suplemen setiap Anda mengganti air akuarium.
  • Disarankan untuk penggantian air dilakukan setiap 4 sampai 6 hari sekali.
ikan cupang koi galaxy
Ikan Cupang Koi Galaxy

Harga Ikan Cupang Koi Galaxy

Harga Cupang Koi Galaxy di pasaran biasanya mulai dari harga Rp. 30.000,- per ekornya. Namun harga Cupang Koi Galaxy dapat berubah berdasarkan corak dan ukuran serta kualitas dari Cupang Koi Galaxy.

Penutup

Ikan Cupang Koi Galaxy memiliki keindahan yang unik pada tubuhnya. Dengan mengetahui cara merawatnya, Anda dapat memelihara ikan cupang jenis ini dengan baik. Keindahan sisiknya dapat Anda nikmati, selain itu Anda juga dapat mengikut sertakan Cupang Koi Galaxy Anda dalam kontes cupang yang digemari banyak pecinta ikan cupang.

Baca Juga : Cupang Green Samurai : Ciri, Cara Merawat, Harga Hingga Makanan